Sabtu Jadi Jam Kerja, Poin Kunjungan DPRD Sukabumi ke Kanwil Kemenkumham Jabar

Jumat 03 Februari 2023, 19:15 WIB
Rombongan DPRD Kab. Sukabumi lakukan kunjungan ke Kanwil Kemenkumham | Foto : Istimewa

Rombongan DPRD Kab. Sukabumi lakukan kunjungan ke Kanwil Kemenkumham | Foto : Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Rombongan DPRD Kabupatan Sukabumi di bawah pimpinan Yudha Sukmagara melakukan kunjungan kerja ke Kanwil Kemenkumham Jabar dalam rangka kaji terap mengenai Perubahan Peraturan Tata Tertib DPRD, Senin 30 Januari 2023.

Kunjungan tersebut diterima langsung Kabid Hukum Kemenkumham Jabar Lina Kurniasari, didampingi Kasubbid FPPHD Suhartini, Jabatan Fungsional (JF) Perancang Madya Nevrina Hastuti, JF Perancang Muda Bekti Christinawati dan JF Perancang Pertama, Rino Andrianto bertempat di Ruang Legal Drafter Ismael Saleh Kantor Wilayah Jawa Barat, Bandung.

Kegiatan diawali dengan ucapan selamat datang dari Kasubbid FPPHD dan dilanjutkan dengan sambutan dari Kabid Hukum Lina Kurniasari mewakil Kakanwil menyampaikan Tugas Pokok dan Fungsi dari Bidang Hukum serta JFT Perancang Peraturan Perundang-undangan, untuk kemudian dilanjutkan dengan penyampaian maksud dan tujuan dari Ketua DPRD Sukabumi.

Baca Juga: Warga Jangan Lupa! Inilah 7 Wakil Rakyat Dapil V Kabupaten Sukabumi dan Tugasnya

Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara menyampaikan, maksud dan tujuan kedatangannya adalah untuk konsultasi terkait Perubahan Peraturan DPRD Nomor 1 tahun 2019 tentang Tata Tertib DPRD Kabupaten Sukabumi.

“Demi kemajuan Kabupaten Sukabumi, perlu diadakan konsultasi terkait Perubahan Peraturan DPRD Nomor 1 tahun 2019 tentang Tata Tertib DPRD, dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas sambutan dalam kegiatan kunjungan kami ini,” ucap Yudha.

Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi Yudi Widiakrama menambahkan, pihaknya bersyukur dalam kunjungan kali ini mendapat pencerahan dari Kanwil Kemenkumham Jabar

Baca Juga: Mengenal Ade Dasep ZA, Politisi Sang Pengasuh Anak Yatim

"Alhamdulillah kita tadi mendapat pencerahan yang dapat kita implementasikan di DPRD Kabupaten sukabumi baik dari sisi substansi maupun dari aspek pasal per pasal," ungkap Yudi.

Ia kemudian menjelaskan terkait poin-poin yang dihasilkan dari konsultasi tersebut. Adapun poin-poin pentingnya yaitu soal pemilihan pansus dan tata cara beracara di DPRD Kabupaten Sukabumi.

"Ada beberapa hal, pertama disampikan terkait dengan pemilihan Pansus, kemudian terkait Tata Cara Beracara yang menjadi kemudian itu menjadi ranah bahor (Badan kehormatan) dan terkait jam kerja dewan," jelas Yudi.

Menurut Yudi, jam kerja dewan menjadi poin penting, karena biasanya hari kerja itu terhitung dari Senin sampai Jumat. Namun kanwil merespon jika hari Sabtu bisa dihitung menjadi bagian jam kerja.

Baca Juga: Ketua DPRD Dukung Leuweung Hideung di Cibitung Sukabumi Jadi Hutan Lindung

"Jam kerja sebelumnya hari Sabtu bukan bagian dari jam kerja, tapi kita coba karena ada slotnya dan mendapat respon dari Kanwil Kemenkumham bahwa hari Sabtu bisa menjadi bagian dari jam kerja yang bisa ditetapkan," ucapnya.

Kemudian, lanjut Yudi, prinsipnya pembuatan tata tertib itu tidak boleh bertentangan dengan peraturan no 12 tahun 2014.

"Dasar kata kuncinya bahwa pembuatan tata tertib tidak boleh bertentangan dengan no 12 tahun 12. Dan dalam konstitusi kita mengatur bahwa setiap aturan tata tertib mengikuti peraturan yang ada di atas," pungkas Yudi.     

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat23 Juni 2024, 09:00 WIB

Rasakan Sendiri Manfaatnya, 5 Makanan yang Membantu Mencegah Asam Lambung Naik

Asam Lambung naik dapat dicegah dengan makanan-makanan yang tepat.
Ilustrasi Brokoli - Asam Lambung naik dapat dicegah dengan makanan-makanan yang tepat. | Sumber: Youtube Devina Hermawan
Food & Travel23 Juni 2024, 08:00 WIB

8 Pilihan Minuman Terbaik untuk Menyembuhkan Asam Urat Alami Tanpa Obat

Berikut sederet pilihan minuman ideal bagi penderita asam urat, antara lain perbanyak minum air putih, kopi, susu rendah lemak, wine, dan teh hijau.
Air Lemon. Rekomendasi Minuman Terbaik untuk Menyembuhkan Asam Urat Alami Tanpa Obat | Foto: Pixabay/PhotoMIX-Company
Food & Travel23 Juni 2024, 07:00 WIB

Resep Ayam Katsu Simpel, Pakai Daging Paha Fillet Lebih Enak!

Inilah Resep Membuat Ayam Katsu Simpel, Coba Pakai Daging Paha Fillet Agar Rasanya Lebih Enak!
Resep Membuat Ayam Katsu Simpel, Pakai Daging Paha Fillet Lebih Enak! (Sumber : Freepik/@jcomp)
Science23 Juni 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 23 Juni 2024, Sukabumi Cerah Sepanjang Hari

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah pada Rabu 29 Mei 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah pada Rabu 23 Juni 2024. (Sumber : Pixabay.com)
Sukabumi22 Juni 2024, 22:37 WIB

Menteri LHK Bicara Soal Potensi Olahraga Trail Running di Cidahu Sukabumi

Menteri meminta Dirjen bersama para trail runner mengeksplorasi kawasan TNGHS.
Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar di acara Elang Jawa Trail Run di kawasan TNGHS, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (22/6/2024). | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Sukabumi22 Juni 2024, 22:08 WIB

Terkubur! Penemuan Mayat Bayi Berhanduk Merah di Cidahu Sukabumi

Mayat bayi dibawa ke Rumah Sakit Kramat Jati Jakarta untuk diautopsi.
Mayat bayi yang ditemukan di tempat wisata Curug Dua Undak, tepatnya di Kampung Ciherang RT 04/02 Desa Cidahu, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (22/6/2024). | Foto: Istimewa
Bola22 Juni 2024, 21:44 WIB

Tim Sepak Bola U-14 Kabupaten Sukabumi Raih Kemenangan Pertama di Kejurda

Kemenangan ini adalah modal dan semangat untuk pertandingan berikutnya.
Tim sepak bola U-14 Kabupaten Sukabumi di Stadion Wiradadaha Tasikmalaya pada Sabtu (22/6/2024). | Foto: Istimewa
Sukabumi22 Juni 2024, 21:17 WIB

Semarakkan Idul Adha 1445 H, Srikandi PLN Sukabumi Tebar Berkah Daging Kurban

Kegiatan tebar berkah daging ini merupakan wujud nyata kepedulian PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Sukabumi dan Srikandi PLN Sukabumi.
Srikandi PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Sukabumi menebar berkah daging kurban kepada masyarakat. | Foto: PLN
Film22 Juni 2024, 21:00 WIB

Ada Permainan Mematikan, Berikut 11 Rekomendasi Drakor Anak SMA Non Romance

Drama korea bisa menjadi tontonan yang diminati banyak kalangan karena memiliki cerita menarik serta genre berbeda, sehingga bisa dinikmati oleh orang-orang. Salah satu genre paling disukai adalah kehidupan anak SMA.
Ada Permainan Mematikan, Berikut 11 Rekomendasi Drakor Anak SMA Non Romance (Sumber : X @/infodrakor_id)
Sukabumi22 Juni 2024, 20:00 WIB

Tak Cukup Bukti Akibat Imunisasi, Penyebab Kematian Bayi di Sukabumi Masih Dikaji

Wita membantah bidan atau dokter yang melakukan imunisasi masih masa training.
Kepala Bidang P2P Dinkes Kota Sukabumi drg Wita Darmawanti (kerudung biru) ketika mengikuti Zoom meeting dengan Komnas KIPI di Balai Kota Sukabumi pada Kamis, 20 Juni 2024. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi