Fakta Debat Capres Prabowo: Utang LN RI Terhadap PDB Termasuk Terendah di Dunia

Minggu 07 Januari 2024, 22:54 WIB
Capres Nomor Urut 2, Prabowo Subianto | Fakta Debat Capres Prabowo: Utang LN RI Terhadap PDB Termasuk Terendah di Dunia (Sumber : Istimewa)

Capres Nomor Urut 2, Prabowo Subianto | Fakta Debat Capres Prabowo: Utang LN RI Terhadap PDB Termasuk Terendah di Dunia (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Pelaksanaan Debat Ketiga Calon Presiden (Capres) Pemilu 2024 mengundang respon yang beragam.

Hal itu berkaitan dengan klaim para Capres saat Debat Pilpres 2024 berlangsung, Minggu (7/1/2024). Mulai dari Anies Baswedan (capres nomor urut 1), Prabowo Subianto (capres nomor urut 2) hingga Ganjar Pranowo (capres nomor urut 3).

Diketahui, merujuk laman Koalisi Cek Fakta, capres nomor urut 2 Prabowo Subianto menyatakan utang luar negeri terhadap produk domestik bruto salah satu yang terendah di dunia, yakni berada di sekitar 40 persen.

Capres nomor urut 2 itu mengatakan, banyak negara lain yang utangnya jauh di atas Indonesia.

"Mengenai utang luar negeri, Indonesia sekarang utang luar negeri kita, sebagai rasio perbandingan terhadap produk domestik bruto kita salah satu terendah di dunia. Jadi itu masih berada di sekitar 40%, sedangkan banyak negara jauh di atas kita kembali lagi dengan mekanismenya produk pengelolaan yang baik dan dengan strategi ekonomi yang tepat terutama dengan direalisasi di mana kita bilang dapat keuntungan sebagai bangsa ini memperkuat posisi tawar kita jadi saya kok tidak terlalu khawatir negara lain intervensi kita soal utang kita sangat sangat dihormati kita tidak pernah default tuh saya keliling seluruh dunia mereka sangat bermanfaat dengan indonesia kita tidak pernah gagal utang," kata Prabowo saat mengikuti Debat Ketiga Calon Presiden Pemilu 2024 di Istora Senayan Jakarta, Minggu (7/1/2024).

Baca Juga: Benar, Anies Baswedan: Tiongkok Manfaatkan Negara di ASEAN untuk Laut Cina Selatan

Namun, benarkah klaim yang disampaikan Prabowo tersebut? Simak hasil cek fakta berikut sebagaimana merujuk laman cekfakta.com!

Hasil Cek Fakta Prabowo di Debat Pilpres 2024: Utang LN RI Terhadap PDB Termasuk Terendah di Dunia

Menurut data terbaru Kemenkeu, per 30 November 2023, rasio utang terhadap PDB adalah 38,11 persen dengan jumlau pinjan luar negeri sebesar Rp. 886,07 triliun rupiah.

Sementara untuk rasio utang pada akhir 2022 tercatat sebagai 39,70 persen. Kemenkeu mencatat batas rasio utang seperti yang tercatat pada UU nomor 17 tahun 2023 adalah 60 persen.

Baca Juga: Debat Capres: Anies Kritisi Prabowo, Singgung Food Estate dan Alutsista Bekas

Dosen Jurusan Ilmu Hubungan Internasional FISIP Universitas Tidar, Bonifasius Endo Gauh Perdana menyataka sebagian pernyataan Prabowo benar. Sebab utang luar negeri Indonesia pada tahun 2023 tercatat sebesar 29.2% terhadap PDB.

"Pada tahun 2021, utang luar negeri Arab Saudi terhadap PDB adalah 31.65%. Rusia memiliki rasio utang luar negeri terendah di dunia 16.99% pada tahun 2021," kata Bonifasius, Minggu (7/1/24).

Peneliti Isu Hubungan Internasional, Pusat Studi Filsafat Metajurdidika Universitas Mataram, Alwafi Ridho Subarkah juga menyatakan pernyataan soal utang ini sebagian benar.

"Tercatat pada tahun 2023 mencapai 29,2 persen terhadap PDB. sedangkan Arab Saudi mencapai 31.65 persen, dan rusia 16.99 persen," kata Alwafi, Minggu (7/1/24).

Dosen Jurusan Ilmu Hubungan Internasional, UPN Veteram Yogyakarta, Ludiro Madu juga menyatakan hal yang serupa.

"Sebagian benar mengenai presentase di mendekati 40 persen, yaitu 39,6% PDB pada 2022. Ini lebih rendah dibandingkan Korea Selatan di posisi keempat yang mencapai 54,1% dibandingkan PDB negara. Tetapi tidak benar jika hutang tersebut terendah dibanding negara-negara lainnya," kata Ludiro Minggu (7/1/2024).

Baca Juga: Cek Fakta Debat: Kata Prabowo Tanpa Kekuatan Militer, Peradaban Akan Dilindas?

Data & Democracy Research Hub, Monash University Indonesia Prasetia Anugrah Pratama menyatakan Indonesia tak pernah gagal bayar utang.

"Benar, Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, Indonesia memang tidak pernah mengalami default sejak negara ini didirikan pada 1945," kata Prasetia Minggu (7/1/2024).

Berdasarkan penelusuran Cek Fakta Debat Pilpres 2024, Dosen Jurusan Ilmu Hubungan Internasional FISIP Universitas Tidar, Bonifasius Endo Gauh Perdana menyatakan sebagian pernyataan Prabowo benar. Sebab utang luar negeri Indonesia pada tahun 2023 tercatat sebesar 29.2% terhadap PDB.

Sumber: cekfakta.com

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi18 Juli 2024, 23:57 WIB

Tangis Histeris Pedagang Tahu di Sukabumi Diduga Jadi Korban Hipnotis, Uang Rp3 Juta Raib

Seorang pria paruh baya pedagang tahu keliling menangis histeris usai diduga jadi korban hipnotis di Nagrak Sukabumi.
Engkos menangis histeris karena uang hasil jualannya raib dibawa pelaku. Dugaan penipuan modus hipnotis ini terjadi di Nagrak Sukabumi. (Sumber Foto: Tangkapan layar video/Istimewa)
Sukabumi18 Juli 2024, 22:25 WIB

Pemkot Sukabumi Terbitkan Buku Data Statistik Sektoral Daerah, Cek Akses Bacanya di Sini

Berikut link buku Data Statistik Sektoral Daerah tahun 2024 yang diterbitkan Diskominfo Kota Sukabumi.
Kepala Diskominfo Kota Sukabumi Rahmat Sukandar saat menyerahkan buku Data Statistik Sektoral Daerah tahun 2024 kepada Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji. (Sumber : @diskominfo_sukabumikota)
Sukabumi18 Juli 2024, 20:59 WIB

Pengacara Terlapor Hargai Proses Hukum Kasus Pelecehan Seksual Putri Nelayan Palabuhanratu

Kuasa Hukum SRP buka suara terkait kasus pelecehan seksual finalis putri Nelayan Palabuhanratu Sukabumi yang kini naik ke tahap penyidikan.
Gedung Satreskrim Polres Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)
Bola18 Juli 2024, 20:20 WIB

Adam Alis Resmi Jadi Pemain Baru Persib Bandung

Adam Alis didatangkan Persib Bandung dari Borneo FC dengan status pinjaman dengan opsi kontrak permanen.
Persib Bandung umumkan Adam Alis sebagai pemain baru. (Sumber : Medsos Persib)
Jawa Barat18 Juli 2024, 20:20 WIB

Kecam Pelecehan Seksual Putri Nelayan Palabuhanratu, Kohati Badko Jabar Minta Pelaku Dihukum Berat

Korps HMI Wati Badan Koordinasi (Kohati Badko) Jawa Barat memberikan perhatian serius terhadap kasus pelecehan seksual yang diduga melibatkan Ketua Panitia Hari Nelayan Palabuhanratu 2024.
(Foto Ilustrasi) Unit PPA Polres Sukabumi menangani kasus dugaan pemerkosaan salah satu finalis Putri Nelayan Palabuhanratu. | Foto: SU/Ilyas Supendi
Sukabumi18 Juli 2024, 20:01 WIB

Target Rampung 75 Hari, Dinas PU Perbaiki Jalan Caringin-Cidahu Sukabumi

Proyek ini merupakan bagian dari upaya Dinas PU Kabupaten Sukabumi untuk meningkatkan kualitas infrastruktur jalan di Cidahu.
Dinas PU Kabupaten Sukabumi mulai perbaiki ruas jalan Caringin-Cidahu di Desa Pondokkaso Tengah. (Sumber : Istimewa)
Sehat18 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Cara Membantu Mengelola Strategi Perilaku ADHD Pada Anak Anda

Ada Beberapa Strategi Terbaik untuk Mengelola Perilaku ADHD Pada Anak yang Perlu Diperhatikan Orang Tua.
Ilustrasi - Ada Beberapa Strategi Terbaik untuk Mengelola Perilaku ADHD Pada Anak yang Perlu Diperhatikan Orang Tua. (Sumber : Pixabay.com/@SarahRichterArt)
Sukabumi18 Juli 2024, 19:29 WIB

Bocah 10 Tahun di Cidadap Sukabumi Lumpuh Sejak Balita, Butuh Biaya Pengobatan

Ali yang berusia 10 tahun tidak bisa berinteraksi atau bermain dengan anak-anak seusianya. Berat badannya hanya berkisar antara 8 hingga 9 kilogram, setara dengan berat badan anak usia lima tahun.
Muhamad Ali Mursali (10 tahun) dan sang ibu, Solihat, warga di Cidadap Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Arena18 Juli 2024, 19:13 WIB

Peslalom Asal Sukabumi Naik Podium di Autokhana Championship Kejurnas 2024

Bikin bangga, pembalap asal Sukabumi raih juara 2 di event Autokhana Championship Kejurnas 2024.
Bikin bangga, pembalap asal Sukabumi raih juara 2 di event Autokhana Championship Kejurnas 2024. (Sumber : Istimewa).
Sehat18 Juli 2024, 19:00 WIB

3 Gejala ADHD Pada Anak yang Umum Terjadi, Orang Tua Perlu Mengetahuinya

Ada Beberapa Ciri Perilaku ADHD Pada Anak yang Perlu Diperhatikan Orang Tua.
Ilustrasi -  Ada Beberapa Ciri Perilaku ADHD Pada Anak yang Perlu Diperhatikan Orang Tua. (Sumber : pexels.com/@Ketut Subiyanto).