Tekuk Filipina 1-2, Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF 2022

Senin 02 Januari 2023, 21:39 WIB
Timnas Indonesia memastikan diri lolos ke semifinal Piala AFF 2022 setelah mengalahkan Filipina 1-2 di laga terakhir Grup A | Foto: dok.pssi

Timnas Indonesia memastikan diri lolos ke semifinal Piala AFF 2022 setelah mengalahkan Filipina 1-2 di laga terakhir Grup A | Foto: dok.pssi

SUKABUMIUPDATE.com - Timnas Indonesia menang tipis dengan skor 1-2 atas Filipina di pertandingan terakhir fase grup Piala AFF 2022 yang berlangsung di Stadion Rizal Memorial, Senin, 2 Januari 2023 malam.

Hasil tersebut memastikan anak asuh Shin Tae-Yong berhak lolos ke babak Semifinal Piala AFF 2022.
Melansir dari Tempo.co. dua gol dicetak di babak pertama oleh Dendy Sulistyawan dan Marselino Ferdinan.

Sedangkan satu gol dari Filipina dicetak pada babak kedua melalui sundulan Jens Rasmussen.
Dengan hasil ini Indonesia lolos ke semifinal sebagai runner up Grup A dengan 10 poin dari empat laga (tiga kali menang dan sekali imbang).

Baca Juga: Waspada Banjir Rob saat Fenomena Bulan Purnama 6 Januari, Termasuk Pesisir Jawa Barat

Sedangkan Thailand tampil sebagai juara meski memiliki poin yang sama 10, karena unggul dalam selisih gol. Tim berjuluk Gajah Perang ini menang 3-1 dari Kamboja di laga terakhir fase grup yang digelar pada waktu bersamaan dengan laga Filipina vs Indonesia.

Babak pertama baru berjalan satu menit Saddil Ramdani mendapatkan peluang. Menerima umpan dari Witan Sulaeman, tendangan kaki kanan Saddil dari dalam kotak penalti masih bisa ditepis kiper Filipina, Anthony Pinthus.

Kiper Indonesia, Nadeo Argawinata membuat penyelamatan yang cukup bagus. Ia berhasil menepis tendangan dari luar kotak penalti Stephan Shcrock.

Baca Juga: Harga Rp 2 Jutaan HP Vivo Y53t Resmi Diluncurkan, Intip Spesifikasinya

Selama 10 menit pertama Timnas Indonesia mendapatkan tekanan dari Filipina. Nadeo kembali membuat penyelamatan, ia berhasil menepis bola dari umpan silang di sisi kanan yang akan diberikan kepada Stephan Schrock.

Skuad Garuda mendapatkan peluang melalui sepakan pojok. Bola tendangan dari Marc Klok disundul oleh Dendy Sulistyawan namun melambung.

Indonesia unggul 1-0 pada menit 21. Melalui lemparan ke dalam yang jauh dari Pratama Arhan, Dendy Sulistyawan berhasil menyundul dan bola tidak dapat diselamatkan oleh kiper Filipina, Anthony Pinthus.

Baca Juga: Follower Instagram Al Nassr Naik Drastis Efek Bergabungnya Cristiano Ronaldo

Kiper Indonesia, Nadeo Arga Winata tidak dapat melanjutkan pertandingan di menit 24. Ia mengalami cedera setelah bertabrakan dengan Stephan Schrock. Posisi Nadeo pun digantikan oleh Syahrul Trisna.

Dedy Sulistyawan kembali mendapatkan peluang di menit 33. Namun tendangan kaki kiri dari dalam kotak penalti Filipina masih melebar.

Indonesia menambah gol menjadi 2-0 melalui Marselino Ferdinan di menit 42. Pemain berusia 18 tahun ini memanfaatkan umpan dari Saddil Ramdani dan mencetak gol dengan kaki kanan dari dalam kotak penalti.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Hari Ini 2 Januari 2023: Taurus Terjebak Diantara 2 Pihak Berlawanan!

Babak kedua baru berjalan lima menit, Indonesia membuka peluang melalui Witan Sulaeman. Namun bola tendangan dari dalam kotak penalti masih bisa ditangkap kiper Filipina.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong membuat dua pergantian pemain di menit 59. Witan Sulaeman digantikan oleh Yakob Sayuri dan Egy Maulana Vikri menggantikan Saddil Ramdani.

Peluang emas didapat Indonesia di menit 67. Namun umpan dari Egy Maulana Vikri, gagal dimanfaatkan oleh Asnawi Mangkualam di kotak penalti.

Baca Juga: Viral Antri 2 Jam Untuk Beli Kue Oliebollen, Ternyata Pas Datang Mirip Odading

Filipina mendapatkan peluang emas melalui Jens Rasmussen. Namun tendangan dari pemain bernomor punggung 13 ini masih melebar.

Filipina akhirnya bisa memperkecil kedudukan menjadi 1-2. Adalah sundulan dari Jens Rasmussen yang berhasil membobol gawang Syahrul Trisna, kiper Indonesia.

Selanjutnya timnas Indonesia akan melakoni leg pertama semifinal pada Jumat, 6 Januari 2023. Skuad Garuda nantinya akan menghadapi juara Grup B.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi23 April 2024, 20:30 WIB

Banyak PJU Mati, Jalan Di Depan Komplek Perkantoran Palabuhanratu Gelap di Malam Hari

Ruas Jalan Sudirman di Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi kondisinya gelap di malam hari, karena lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) banyak yang tidak menyala alias mati.
Kondisi lampu PJU di ruas jalan Sudirman, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, banyak yang tidak menyala | Foto : Ilyas Supendi
Gadget23 April 2024, 20:30 WIB

10 Rekomendasi HP Samsung Harga Rp 1 Jutaan yang Punya Spesifikasi Bagus

HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar.
Ilustrasi Samsung A03- HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar. (Sumber : samsung.com).
Sukabumi23 April 2024, 20:05 WIB

Viral Emak-emak Ngamuk Maksa Minta Sedekah di Sukabumi, Polisi Turun Tangan

Emak-emak pengemis viral yang ngamuk maksa minta sedekah terekam berulah di Cibeureum dan Baros Sukabumi.
Kolase foto tangkapan layar video viral emak-emak ngamuk maksa minta sedekah di Sukabumi. (Sumber : TikTok esapperdana)
Life23 April 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani

Kebiasaan-kebiasaan sopan membantu menciptakan lingkungan yang positif, menghormati, dan saling mendukung dalam interaksi sosial, sehingga membuat orang yang melakukannya dihormati dan disegani oleh orang lain.
Ilustrasi. Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani. (Sumber : Pexels/Mikhail Nilov.)
Bola23 April 2024, 19:30 WIB

Persib Bandung Siap Tampil dengan Kekuatan Terbaik Saat Jamu Borneo FC di Kandang

Persib akan tampil dengan skuad terbaik saat menjamu Borneo FC.
Persib akan tampil dengan skuad terbaik saat menjamu Borneo FC. (Sumber : Persib.co.id)
Sukabumi23 April 2024, 19:08 WIB

Kuli Bongkar Muat asal Cicurug Sukabumi Meninggal saat Kerja di Area Pabrik Isotonik

Kuli bongkar muat asal Cicurug Sukabumi meninggal saat menurunkan material gula di area TPS Pabrik Isotonik.
Ilustrasi meninggal dunia. (Sumber : Istimewa)
Sehat23 April 2024, 19:00 WIB

5 Daun Herbal untuk Menurunkan Asam Urat dan Cara Membuatnya

Sebelum menggunakan herbal untuk mengurangi kadar asam urat, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli herbal terlebih dahulu, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain atau memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya.
Daun Pepaya Rebus. Daun Herbal untuk Menurunkan Kadar Asam Urat dalam Tubuh. Foto: Instagram/@tunahousegroup
Sukabumi23 April 2024, 18:38 WIB

Anggota DPRD Minta Baznas Turun Tangan Bantu Keluarga Siswa SDN Cipeundeuy Sukabumi

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana mengatakan akan membantu mengkomunikasikan kondisi kedua siswa SDN Cipeundeuy Sukabumi yang punya inisiatif membantu orangtuanya keliling berjualan gorengan.
Murtaqil Apham Dan Muhdani Asrol dua siswa SDN Cipeundeuy 2 Desa Cipeundeuy Kecamatan Surade saat keliling berjualan gorengan | Foto : Ragil Gilang
Sehat23 April 2024, 18:30 WIB

Atasi Asam Urat dengan Pengobatan Rumahan, 7 Cara Ini Bisa Anda Coba Lakukan

Pengobatan ala rumahan ini bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi asam urat.
Ilustrasi minum air putih - Pengobatan ala rumahan ini bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi asam urat. | (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi23 April 2024, 18:18 WIB

Drainase Tersumbat, Banjir Cileuncang Sempat Rendam Jalan Raya Sukaraja Sukabumi

Kapolsek Sukaraja Sukabumi Kompol Dedi Suryadi mengatakan bahwa peristiwa banjir cileuncang ini sepengetahuannya baru pertama kali terjadi.
Kondisi ruas jalan raya Sukaraja Sukabumi tepatnya di depan RSU Hermina pada  Selasa (23/4/2024) siang. (Sumber : Istimewa)