Tekuk Filipina 1-2, Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF 2022

Senin 02 Januari 2023, 21:39 WIB
Timnas Indonesia memastikan diri lolos ke semifinal Piala AFF 2022 setelah mengalahkan Filipina 1-2 di laga terakhir Grup A | Foto: dok.pssi

Timnas Indonesia memastikan diri lolos ke semifinal Piala AFF 2022 setelah mengalahkan Filipina 1-2 di laga terakhir Grup A | Foto: dok.pssi

SUKABUMIUPDATE.com - Timnas Indonesia menang tipis dengan skor 1-2 atas Filipina di pertandingan terakhir fase grup Piala AFF 2022 yang berlangsung di Stadion Rizal Memorial, Senin, 2 Januari 2023 malam.

Hasil tersebut memastikan anak asuh Shin Tae-Yong berhak lolos ke babak Semifinal Piala AFF 2022.
Melansir dari Tempo.co. dua gol dicetak di babak pertama oleh Dendy Sulistyawan dan Marselino Ferdinan.

Sedangkan satu gol dari Filipina dicetak pada babak kedua melalui sundulan Jens Rasmussen.
Dengan hasil ini Indonesia lolos ke semifinal sebagai runner up Grup A dengan 10 poin dari empat laga (tiga kali menang dan sekali imbang).

Baca Juga: Waspada Banjir Rob saat Fenomena Bulan Purnama 6 Januari, Termasuk Pesisir Jawa Barat

Sedangkan Thailand tampil sebagai juara meski memiliki poin yang sama 10, karena unggul dalam selisih gol. Tim berjuluk Gajah Perang ini menang 3-1 dari Kamboja di laga terakhir fase grup yang digelar pada waktu bersamaan dengan laga Filipina vs Indonesia.

Babak pertama baru berjalan satu menit Saddil Ramdani mendapatkan peluang. Menerima umpan dari Witan Sulaeman, tendangan kaki kanan Saddil dari dalam kotak penalti masih bisa ditepis kiper Filipina, Anthony Pinthus.

Kiper Indonesia, Nadeo Argawinata membuat penyelamatan yang cukup bagus. Ia berhasil menepis tendangan dari luar kotak penalti Stephan Shcrock.

Baca Juga: Harga Rp 2 Jutaan HP Vivo Y53t Resmi Diluncurkan, Intip Spesifikasinya

Selama 10 menit pertama Timnas Indonesia mendapatkan tekanan dari Filipina. Nadeo kembali membuat penyelamatan, ia berhasil menepis bola dari umpan silang di sisi kanan yang akan diberikan kepada Stephan Schrock.

Skuad Garuda mendapatkan peluang melalui sepakan pojok. Bola tendangan dari Marc Klok disundul oleh Dendy Sulistyawan namun melambung.

Indonesia unggul 1-0 pada menit 21. Melalui lemparan ke dalam yang jauh dari Pratama Arhan, Dendy Sulistyawan berhasil menyundul dan bola tidak dapat diselamatkan oleh kiper Filipina, Anthony Pinthus.

Baca Juga: Follower Instagram Al Nassr Naik Drastis Efek Bergabungnya Cristiano Ronaldo

Kiper Indonesia, Nadeo Arga Winata tidak dapat melanjutkan pertandingan di menit 24. Ia mengalami cedera setelah bertabrakan dengan Stephan Schrock. Posisi Nadeo pun digantikan oleh Syahrul Trisna.

Dedy Sulistyawan kembali mendapatkan peluang di menit 33. Namun tendangan kaki kiri dari dalam kotak penalti Filipina masih melebar.

Indonesia menambah gol menjadi 2-0 melalui Marselino Ferdinan di menit 42. Pemain berusia 18 tahun ini memanfaatkan umpan dari Saddil Ramdani dan mencetak gol dengan kaki kanan dari dalam kotak penalti.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Hari Ini 2 Januari 2023: Taurus Terjebak Diantara 2 Pihak Berlawanan!

Babak kedua baru berjalan lima menit, Indonesia membuka peluang melalui Witan Sulaeman. Namun bola tendangan dari dalam kotak penalti masih bisa ditangkap kiper Filipina.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong membuat dua pergantian pemain di menit 59. Witan Sulaeman digantikan oleh Yakob Sayuri dan Egy Maulana Vikri menggantikan Saddil Ramdani.

Peluang emas didapat Indonesia di menit 67. Namun umpan dari Egy Maulana Vikri, gagal dimanfaatkan oleh Asnawi Mangkualam di kotak penalti.

Baca Juga: Viral Antri 2 Jam Untuk Beli Kue Oliebollen, Ternyata Pas Datang Mirip Odading

Filipina mendapatkan peluang emas melalui Jens Rasmussen. Namun tendangan dari pemain bernomor punggung 13 ini masih melebar.

Filipina akhirnya bisa memperkecil kedudukan menjadi 1-2. Adalah sundulan dari Jens Rasmussen yang berhasil membobol gawang Syahrul Trisna, kiper Indonesia.

Selanjutnya timnas Indonesia akan melakoni leg pertama semifinal pada Jumat, 6 Januari 2023. Skuad Garuda nantinya akan menghadapi juara Grup B.

Sumber: Tempo.co

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi27 Juli 2024, 08:00 WIB

Info Loker Teknik di Perusahaan Makanan, Posisi Operator Peralatan

Info Loker Teknik Posisi Operator Peralatan. Rekrutmen Pegawai Tetap untuk posisi Operator Peralatan ini dibuka hingga 18 Agustus 2024 mendatang.
Ilustrasi. Info Loker Teknik (Sumber : Freepik/@pvproductions)
Life27 Juli 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya!

Menghadapi seseorang yang tidak punya rasa bersalah bisa sangat menantang.
Ilustrasi. Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya! (Sumber : Pexels/YanKrukau)
Science27 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 Juli 2024, Cek Dulu Yuk Langit di Akhir Pekan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024. (Sumber : Pixabay.com).
Inspirasi26 Juli 2024, 22:02 WIB

Jatim Media Summit Bagikan Tips Bikin Konten Video Disukai Penonton di Medsos

Sebelum memulai membuat konten video, alangkah baiknya untuk mengenal audiens atau penonton. Cari tahu apa yang mereka suka dan dibutuhkan.
Jatim Media Summit, Kamis (25/7/2024) | Foto : Ist
Sukabumi26 Juli 2024, 21:26 WIB

Ini Dugaan Penyebab Kebakaran Gudang Limbah Pabrik di Parungkuda Sukabumi

Warga ungkap asal muasal api yang menjadi penyebab kebakaran gudang limbah pabrik di Parungkuda Sukabumi.
Petugas Damkar berjibaku memadamkan kebakaran yang melanda gudang limbah pabrik kain di Parungkuda Sukabumi. | Foto: Istimewa
Jawa Barat26 Juli 2024, 21:11 WIB

16 Rumah Dilaporkan Rusak, Pj Gubernur Jabar Tinjau Lokasi Gempa di Kuningan

Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin meninjau sejumlah lokasi yang terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Kuningan, Jumat (26/7/2024).
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin saat meninjau lokasi terdampak gempa di Kuningan. (Sumber : Humas Jabar)
Sehat26 Juli 2024, 21:00 WIB

Oatmeal Hingga Minyak Kelapa, 7 Cara Mengatasi Kulit Kering yang Dapat Anda Lakukan

Cuaca dingin dan kering, sering mencuci tangan, atau paparan sinar matahari berlebihan dapat membuat kulit kering.
Ilustrasi - Dengan perawatan yang tepat, kulit kering dapat diatasi dan kembali sehat. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi26 Juli 2024, 20:56 WIB

Langganan Banjir, Warga Minta Pengerukan Sungai Cibening Purabaya Sukabumi

Warga berharap adanya penanganan Sungai Cibening Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi yang mengalami pendangkalan serta penyempitan
Forkopimcam dan relawan saat sedang membersihkan Sungai Cibening Purabaya Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Life26 Juli 2024, 20:30 WIB

10 Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita

Senyuman orang yang memiliki dendam mungkin tampak dipaksakan atau tidak tulus. Ekspresi wajah sering kali tidak selaras dengan kata-kata mereka.
Ilustrasi. Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita (Sumber : Pexels/YanKrukau)
Opini26 Juli 2024, 20:07 WIB

Menengok Pilkada Sukabumi yang Kering Gagasan

Kurang lebih empat bulan lagi, tepatnya pada tanggal 27 November 2024, masyarakat Kabupaten Sukabumi akan memilih Bupati dan Wakil Bupati yang baru
Ilustrasi kepala daerah menyampaikan gagasan membangun Sukabumi | Foto : Pixabay