Nitrogen, Gas Paling Melimpah yang Bisa Picu Ledakan

Kamis 16 Desember 2021, 06:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Nitrogen merupakan gas yang tidak berwarna, tidak berbau dan tidak berasa. Nitrogen juga memiliki wujud cair yang tidak berwarna dan tidak berbau mirip seperti air.

Nitrogen merupakan elemen dengan jumlah paling banyak di atmosfer Bumi dan merupakan unsur kimia yang sangat penting untuk kehidupan di Bumi. Hal ini dikarenakan Nitrogen merupakan komponen dari semua protein yang terdapat pada sistem kehidupan.

Nitrogen yang dicampurkan dengan unsur kimia lain akan membentuk berbagai senyawa dan dimanfaatkan untuk kebutuhan industry dan pertanian. Namun, gas ini dapat menjadi pemicu ledakan. 

Awal Mula Penemuan Nitrogen

photo(Ilustrasi) Pada awal penemuannya, Nitrogen disebut sebagai udara busuk. - (Britannica)

Pada tahun 1772, seorang kimiawan asal Swedia, Carl Wilhelm Scheele menunjukkan bahwa udara adalah campuran dari dua gas.

Menurutnya, kedua gas tersebut adalah ‘udara api’ yang membantu pembakaran dan ‘udara busuk’ karena akan tetap tersisa meskipun ‘udara api’ telah habis (terbakar). ‘udara api’ yang dimaksud adalah Oksigen, sedangkan ‘udara busuk’ merupakan Nitrogen.

Pada tahun 1790, seorang kimiawan asal Prancis, Jean Antoine Claude Chapta melakukan penelitian pada Kalium Nitrat.

Dari hasil penelitiannya, Ia menunjukkan keberadaan gas baru yang menjadi komponen pembentuk Kalium Nitrat. Maka dari itu, gas baru tersebut diberi nama Nitrogen.

Baca Juga :

Penyebaran Nitrogen

photo(Ilustrasi) Nitrogen menjadi salah satu unsur paling melimpah di alam semesta. - (NASA)

Dilansir dari livescience.com, Nitrogen menempati urutan kelima sebagai unsur paling melimpah di alam semesta.

Nitrogen memiliki komposisi 78 persen dari keseluruhan udara (Atmosfer) di Bumi. Selain Nitrogen, atmosfer Bumi juga mengandung sejumlah kecil senyawa Nitrogen seperti Nitrogen Oksida, Asam Nitrat dan Garam Amonium.

Nitrogen dapat ditemukan pada meteorit, gas gunung berapi, area pertambangan, dan beberapa sumber mata air.

Dilansir dari britannica.com, Nitrogen juga terdapat dalam sendawa yang memiliki Kalium Nitrat dan Natrium Nitrat dalam jumlah kecil.

Unsur kimia bernomor atom ‘7’ ini juga bisa ditemukan di air hujan dan tanah sebagai Amonia dan Garam Amonium (Amonium Klorida).

Di air laut, Nitrogen ditemukan dalam berbagai bentuk ion seperti ion Amonium, Nitrit  dan Nitrat.

Nitrogen rata-rata menyusun sekitar 16 persen berat senyawa organik kompleks yang dikenal sebagai protein yang ada di semua organisme hidup.

Siklus Nitrogen

photoBakteri di tanah berperan penting dalam siklus Nitrogen. - (IST)

Nitrogen yang berada di udara bebas (atmosfer) diubah menjadi senyawa organik. Proses ini terjadi secara alami dan penting untuk mempertahankan organisme hidup.

Bakteri di dalam tanah akan mengubah Nitrogen dari atmosfer menjadi Amonia yang dibutuhkan tumbuhan untuk tumbuh.

Bakteri juga mengubah Amonia menjadi Asam Amino dan Protein. Kemudian hewan akan memakan tumbuhan yang mengandung Asam Amino dan Protein tersebut.

Senyawa Nitrogen akan kembali ke tanah melalui kotoran hewan. Bakteri kemudian mengubah kembali Nitrogen di dalam kotoran hewan menjadi Gas Nitrogen dan kembali ke atmosfer.

Manfaat Nitrogen

photo(Ilustrasi) Nitrogen dimanfaatkan sebagai bahan baku peledak. - (openpr.com)

Dilansir dari rsc.org, Nitrogen merupakan unsur penting di industri kimia. Unsur kimia bersimbol atom N ini memiliki beberapa manfaat, di antaranya:

1. Pupuk

Nitrogen digunakan sebagai bahan baku pupuk kimia. Jika kamu berkecimpung di bidang pertanian, kamu akan mengenal Pupuk NPK. Pupuk ini merupakan campuran dari Nitrogen, Fosfor dan Kalium.

Selain Pupuk NPK, ada juga pupuk Urea serta pupuk Amonia yang mengandung unsur Nitrogen. Ketiga jenis pupuk tersebut bertujuan untuk menyuburkan tanah dan meningkatkan tumbuh kembang tumbuhan.

Meskipun bermanfaat, penggunaan pupuk kimia secara berlebihan justru memberikan dampak yang buruk.

Dilansir dari livescience.com, penggunaan pupuk kimia secara berlebihan dapat merusak lingkungan dan berdampak pada kesehatan manusia. Pupuk kimia yang digunakan secara berlebihan akan mencemari tanah dan air.

2. Nilon

Nitrogen digunakan sebagai bahan baku pembuatan Nilon. Nilon merupakan salah satu jenis polimer yang memerlukan senyawa Amonia. Senyawa ini dibentuk oleh Nitrogen dan Hidrogen. Nilon banyak digunakan di industri tekstil sebagai bahan untuk membuat pakaian.

3. Bahan Peledak

Nitrogen juga dimanfaatkan untuk pembuatan bahan peledak seperti TNT (Tri Nitro Toluena). TNT dibuat dengan memanfaatkan Nitrat.TNT biasa digunakan untuk kegiatan pertambangan dan demolition atau penghancuran bangunan,

Ledakan dahsyat yang pernah terjadi di sebuah Dermaga di Kota Beirut, Lebanon berasal dari Amonium Nitrat dalam jumlah yang besar. Amonium Nitrat tersebut berasal dari Pupuk yang tersimpan dalam waktu lama.

Jika Amonium Nitrat dalam jumlah besar dan dibiarkan terlalu lama hingga membatu, maka dapat menciptakan reaksi kimia yang dahsyat (ledakan) jika terkena api. Maka dari itu, tidak heran jika Amonium Nitrat telah digunakan oleh militer di seluruh dunia sebagai bahan peledak.

4. Pengawet Makanan

Dilansir dari airbestpractices.com, Nitrogen digunakan dalam berbagai sistem dan proses industri pengemasan makanan. Nitrogen adalah gas yang aman dan baik untuk menjaga kesegaran, melindungi, nutrisi dan mencegah pertumbuhan mikroba aerobik.

Udara di dalam kemasan makanan akan dimodifikasi menggunakan Nitrogen sehingga Oksigen akan terdorong keluar dari kemasan. Keluarnya Oksigen dari kemasan akan mengurangi kemungkinan makanan teroksidasi dan menjadi basi, sehingga dapat memperpanjang waktu simpan makanan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Bola03 Mei 2024, 14:00 WIB

Hadapi Bali United, Bek Persib Alberto Rodriguez Antusias Tatap Championship Series

Alberto Rodriguez antusias hadapi Bali United di Championship Series.
Alberto Rodriguez antusias hadapi Bali United di Championship Series. (Sumber : X@persib)
Sukabumi03 Mei 2024, 13:49 WIB

Disperkim Segera Bangun Tugu Nol Kilometer Kabupaten Sukabumi, Lokasi Mulai Dirapihkan

Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) telah memulai melakukan penataan area lokasi yang akan menjadi tempat pembangunan Tugu Nol Kilometer Kabupaten Sukabumi yang berada di Alun-Alun Palabuhanratu.
Penataan area pembangunan tugu nol kilometer Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life03 Mei 2024, 13:48 WIB

Hadiahi Perilaku Baik, Ini 8 Cara Mengajarkan Keterampilan Disiplin Diri pada Anak

Apa pun jenis disiplin yang Anda gunakan pada anak, tujuan akhir dari strategi pengasuhan Anda adalah untuk mengajarkan disiplin diri pada anak.
Ilustrasi mengajarkan keterampilan disiplin diri pada anak. | Foto: Pexels.com/@Andrea Piacquadio
Sukabumi03 Mei 2024, 13:36 WIB

Penguatan P2WKSS, Pemkot Sukabumi Tingkatkan Peran Perempuan dalam Pembangunan

Ineu Nuraeni menjelaskan soal P2WKSS dan lokus program di Kelurahan Sukakarya.
Rapat koordinasi program P2WKSS pada Jumat (3/5/2024) di Balai Kota Sukabumi. | Foto: Website KDP Kota Sukabumi
Life03 Mei 2024, 13:30 WIB

6 Alasan Kenapa Perantau Dikenal Punya Mental Tangguh dan Petarung, Ini Penyebabnya

Para perantau pada umumnya akan memiliki mental tanggung dan petarung. Sebab, berada di lingkungan baru membentuknya sedemikian rupa.
Ilustrasi. Alasan perantau punya mental tangguh. Sumber foto : Pexels/GustavoFring
Science03 Mei 2024, 13:25 WIB

Prediksi Temperatur di Jawa Barat, BMKG Soal Suhu Panas di Indonesia dan Asia

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Bandung, Teguh Rahayu, pada Kamis 2 Mei 2024 menjelaskan bahwa fenomena ini dipengaruhi oleh gerak semu matahari.
peta temperatur wilayah pada Jumat (3/5/2024) (Sumber: zoom.earth)
Sukabumi03 Mei 2024, 13:16 WIB

Dipasang Bronjong, Dinas PU Tangani Longsor Tebing Di Jalan Surade Sukabumi

UPTD Pekerjaan Umum Jampangkulon Kabupaten Sukabumi melaksanakan kegiatan pemasangan bronjong pada lokasi longsor di ruas jalan Kadaleman-Mareleng Sta 3+800 di Desa Kadaleman, Kecamatan Surade.
Pemasangan bronjong di lokasi longsor di jalan ruas Kadaleman-Mareleng, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sehat03 Mei 2024, 13:00 WIB

Langkah Simpel Membuat Teh Daun Mangga untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Daun mangga dapat dibuat teh dan dimanfaatkan untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi - Daun mangga dapat dibuat teh dan dimanfaatkan untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : YouTube/G Family Thai).
Life03 Mei 2024, 12:30 WIB

6 Cara Mendidik Anak Agar Jadi Orang yang Berakhlak dan Beradab, Yuk Terapkan!

Cara mendidik anak agar menjadi orang yang berakhlak dan beradab memang impian semua orang tua. Yuk, terapkan!
Ilustrasi. Cara mendidik anak agar berakhlak dan beradab. Sumber foto : Pexels/GustavoRing
Bola03 Mei 2024, 12:00 WIB

Peluang Terakhir ke Olimpiade Paris 2024: Timnas Indonesia U-23 vs Guinea di Laga Play-off

Meskipun kalah dari Irak di perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024, Garuda Muda masih memiliki peluang lolos melalui babak play-off melawan Guinea, wakil Afrika.
Meskipun kalah dari Irak di perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024, Garuda Muda masih memiliki peluang lolos melalui babak play-off melawan Guinea, wakil Afrika. (Sumber : pssi.org)