Alasan dan Penyebabnya Mengapa Ada Orang Alergi Seafood

Rabu 03 Agustus 2022, 00:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kita mungkin pernah melihat beberapa orang mengalami alergi, salah satunya ada orang yang mengalami alergi seafood atau terjadi reaksi setelah mengkonsumsi makanan laut.

Melansir dari Tempo.co, alergi seafood termasuk salah satu alergi makanan yang muncul setelah mengkonsumsi makanan laut, seperti gatal-gatal; kesemutan di mulut; pembengkakan di wajah, bibir, atau mata; sakit perut; sulit bernafas; pusing hingga pingsan. Jenis alergi makanan laut dapat mencakup ikan, kerang, dan makanan laut lainnya.

Melansir dari situs healthdirect, reaksi alergi dari ikan terdapat pada spesies salmon, cod, mackerel, sarden, herring, teri, tuna,  trout, dory, dan belut. Sedangkan kerang termasuk cumi-cumi, udang, lobster, kepiting, dan jenis jenis moluska.

Baca Juga :

Orang dengan alergi seafood biasanya alergi terhadap satu jenis makanan laut, terhadap jenis ikan, kerang, atau keduanya. Gejala alergi berkisar dari reaksi ringan sampai parah muncul dalam beberapa menit setelah makan seafood, bahkan sampai beberapa jam kemudian. 

Penyebab Orang Mengalami Alergi Seafood

photoCapcay Seafood - (via: masakapaharii)</span

Semua alergi menyebabkan sistem kekebalan bereaksi terhadap pemicu alergi (alergen) dalam laman betterhealth. Sistem kekebalan menghasilkan antibodi yang mendeteksi alergen dan mengeluarkan reaksi inflamasi serta bahan kimia, disebut histamin. 

Histamin ini yang menyebabkan gatal-gatal, demam, dan gejala alergi lainnya. Kandungan molekul dalam kerang atau ikan yang memicu alergi, dan penderita mungkin memiliki reaksi alergi terhadap semua makanan yang mengandung molekul sama pada seafood.

Satu-satunya pengobatan untuk mengatasi alergi seafood dengan menghindari makanan yang menyebabkan alergi. Bahkan saat anda berhati-hati, sulit menghindari semua kontak dengan seafood. 

Karena itu, penderita alergi makanan harus terbiasa membaca label makanan atau menanyakan olahan makanan apa saja yang digunakan, misalnya penyedap rasa makanan laut. Seringkali produsen mengubah resep dan tambahan khusus makanan laut telah ditambahkan.

Jika anda memiliki gejala alergi, segera datang ke penyedia layanan kesehatan terdekat agar dapat didiagnosa oleh spesialis imunologi atau alergi klinis. 

Orang dengan reaksi alergi parah sangat disarankan memiliki resep injektor adrenalin dari dokter, selalu bawa injeksi anda setiap saat. Beri tahu staf makanan tentang alergi anda saat makan di luar.

Terutama pada anak-anak, ajari mereka untuk tidak menerima sembarang makanan dari teman, dan kenakan gelang atau tanda peringatan medis yang menunjukkan bahwa memiliki alergi makanan laut.

SUMBER: TEMPO.CO/BALQIS PRIMASARI 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life27 April 2024, 09:30 WIB

5 Manfaat Bangun Subuh Bagi Mental dan Fisik, Nomor 3 Bisa Anda Rasakan Sendiri

Secara umum, bangun subuh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik, mental, dan spiritual.
Secara umum, bangun subuh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik, mental, dan spiritual.| Sumber: Freepik.com (jcomp)
Sehat27 April 2024, 09:00 WIB

Cara Membuat Teh Serai yang Kaya Antioksidan untuk Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Teh serai menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh manusia.
Ilustrasi - Teh serai menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh manusia. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
Sehat27 April 2024, 08:45 WIB

5 Manfaat Kesehatan Teh Hijau untuk Program Diet yang Jarang Diketahui

Teh hijau juga dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh seperti mendukung penurunan berat badan.
Ilustrasi - Teh hijau juga dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh seperti mendukung penurunan berat badan. (Sumber : Pixabay.com/arum33).
Inspirasi27 April 2024, 08:12 WIB

LW Doa Bangsa Sosialisasikan Wakaf dalam Acara Temu Rembug PPPH Kabupaten Kuningan

Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) melakukan kunjungan silaturahmi sekaligus temu rembug dengan calon pengurus LPPPH EWI kabupaten Kuningan
Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) melakukan kunjungan silaturahmi sekaligus temu rembug dengan calon pengurus LPPPH EWI kabupaten Kuningan (Sumber : Istimewa).
Sehat27 April 2024, 08:00 WIB

6 Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Kecerdasan Anak

Berikut Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Mendukung Kecerdasan Anak. Ayah Bunda Yuk Simak!
Frittata, Olahan Telur. Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Kecerdasan Anak (Sumber : via tastyfitnessrecipes)
Life27 April 2024, 07:00 WIB

Lakukan Sekarang! 7 Kebiasaan Positif di Pagi Hari yang Akan Membentukmu Menjadi Orang Sukses

Kebiasaan positif di pagi hari ini akan membentukmu menjadi orang sukses di masa depan.
Ilustrasi. Membaca Buku | Kebiasaan positif di pagi hari ini akan membentukmu menjadi orang sukses di masa depan.(Sumber : pixabay.com/@455992)
Inspirasi27 April 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 April 2024, Yuk Cek Dulu Sebelum Jalan-jalan di Akhir Pekan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 26 April 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 26 April 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi26 April 2024, 23:14 WIB

Marwan Belum Terima 2 Partai Tambahan yang Akan Dukung Asjap di Pilkada Sukabumi, Kenapa?

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menyebut ada dua partai lagi yang ingin turut hadir pada acara deklarasi koalisi tiga partai dalam pengusungan pasangan bakal calon untuk maju di Pilkada 2024.
Marwan Hamami, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 23:09 WIB

Tiga Partai Resmi Berkoalisi, Marwan Beberkan Alasan Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Tiga partai yakni Golkar, Gerindra, dan PPP secara resmi berkoalisi untuk mengusung Asep Japar di Pilkada 2024
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menandatangani kesepakatan koalisi tiga partai Golkar, PPP dan Gerindra, Jumat (26/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 21:49 WIB

Akibat Banjir, Toko Alat Listrik di Cidahu Sukabumi Alami Kerugian hingga Belasan Juta

Banjir yang terjadi di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 membuat beberapa pihak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sejumlah warga dan karyawan toko memindahkan barang yang sebelumnya terendam banjir di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari