Sederet Negara yang Melarang dan Memperbolehkan ChatGPT, Ini Alasannya

Minggu 05 Maret 2023, 21:50 WIB
Ilustrasi. ChatGPT menjadi sesuatu yang hangat diperbincangkan akhir-akhir ini hingga menuai pro dan kontra | Pixabay/Alexandra_Koch

Ilustrasi. ChatGPT menjadi sesuatu yang hangat diperbincangkan akhir-akhir ini hingga menuai pro dan kontra | Pixabay/Alexandra_Koch

SUKABUMIUPDATE.com - Baru-baru ini nama ChatGPT menjadi hangat diperbincangkan termasuk di Indonesia. Apalagi mereka yang selalu beraktivitas dengan teknologikebanyakan telah mengetahui mengenai ChatGPT.

Sebagian orang menganggap jika ChatGPT ini bisa membantu manusia namun tak sedikit orang juga menganggap jika ChatGPT bisa memberikan dampak kurang baik bagi manusia.

ChatGPT sendiri merupakan sebuah program komputer yang mampu memahami bahasa manusia dan memberikan jawaban yang sesuai dengan pertanyaan yang diberikan.

Baca Juga: Mengenal ChatGPT, Teknologi AI Terkini Yang Serba Bisa

Saat menggunakannya, si pengguna akan seolah-olah tengah berbincang dengan seseorang melalui pesan teks. Program tersebut akan memberikan jawaban dari apa yang pengguna tanyakan.

Melansir dari Tempo.co, sejumlah negara di Dunia menyikapi keberadaan program komputer ini dengan kebijakan yang berbeda-beda.

Negara yang Memperbolehkan ChatGPT

Beberapa negara seperti Amerika Serikat, Inggris, dan Kanada menyambut baik keberadaan ChatGPT. Bahkan, ChatGPT dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan, termasuk dalam bidang keamanan, kesehatan, dan pendidikan.

Baca Juga: Skenario Gempa Sesar Cimandiri Menurut BMKG, Magnitudo 6,7 Untuk Wilayah Sukabumi

Dilansir dari Reuters, di Amerika Serikat, pengguna ChatGPT kini dikenakan biaya langganan bulanan $20. Ini akan memberikan layanan yang lebih stabil dan lebih cepat serta kesempatan untuk mencoba fitur baru terlebih dahulu.

Sementara di Inggris, mengutip Turing.ac.uk, ChatGPT telah digunakan untuk layanan kesehatan mental bagi para pasien. Bahkan disebutkan ChatGPT dimanfaatkan untuk menginformasikan putusan hakim dalam kasus pengadilan.

Negara yang Melarang ChatGPT

Namun, tidak semua negara menyambut baik keberadaan ChatGPT. Beberapa negara seperti Cina dan Prancis memiliki kebijakan yang lebih ketat terkait dengan penggunaan teknologi canggih seperti ChatGPT.

Dikutip dari The Verge, pihak pemerintah China telah meminta perusahaan OpenAI untuk berhenti menawarkan akses ChatGPT. Hal ini karena mereka khawatir terhadap adanya balasan tanpa sensor terkait pertanyaan sensitif bermuatan politik.

Baca Juga: Keluarga Singgung Hukuman Mati, Siswa SD di Sukabumi Ternyata Dibacok Depan Adiknya

Beberapa negara Eropa, misalnya, telah mengeluarkan peraturan yang mengharuskan penggunaan teknologi kecerdasan buatan untuk diberi sertifikasi dan diawasi oleh badan pengawas yang kompeten. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyalahgunaan teknologi dan melindungi data pribadi pengguna.

Pihak Universitas Sciences Po di Prancis, misalnya, telah melarang penggunaan ChatGPT pada kalangan akademisi. “Mahasiswa dilarang menggunakan perangkat lunak untuk membuat tugas tertulis atau pemaparan, kecuali untuk tujuan kuliah tertentu, dengan pengawasan dari pengampu mata kuliah,” ujar pihak Science Po dikutip dari Reuters.

Ada juga Queensland, negara bagian Australia yang telah melarang penggunaan ChatGPT. Pihak pemerintah setempat mengatakan akan membuka layanan ChatGPT apabila sudah dinilai memiliki standar kelayakan yang mumpuni.

Sumber: Tempo.co/Haris Setyawan

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Jawa Barat15 Mei 2024, 13:15 WIB

Viral Film Vina: Sebelum 7 Hari, Polisi Rilis Identitas 3 DPO Pembunuh Vina dan Eki

Walaupun tanpa foto, Polda Jabar merilis identitas tiga DPO ini melalui akun media sosial resmi mereka dan menegaskan bahwa pengembangan kasus ini masih terus dilakukan.
Kelompok pelaku pembunuhan vina dan kekasihnya dalam tayangan film vina: sebelum 7 hari (Sumber: Dee Company)
Life15 Mei 2024, 13:15 WIB

4 Alasan Bayi Selalu Merasakan Lapar Yang Patut Diketahui Orang Tua

Bayi akan terlihat selalu lapar, dan orang tua dirumah perlu mengetahui mengapa mereka seperti itu terutama para ibu yang baru saja melahirkan si kecil
alasan mengapa bayi selalu lapar yang jarang disadari orang tua (Sumber : Freepik.com)
Sehat15 Mei 2024, 13:00 WIB

8 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami, Efeknya Langsung Terasa!

Beberapa cara alami sangat ampuh untuk menurunkan kolesterol tinggi.
Ilustrasi. Beberapa cara alami sangat ampuh untuk menurunkan kolesterol tinggi. Sumber: Freepik/freepik
Life15 Mei 2024, 12:45 WIB

Terapkan Yuk Bunda, 10 Cara Untuk Meningkatkan Jumlah ASI Secara Alami

Mengasihi merupakan salah satu kegiatan yang sangat mulia, namun adakah cara yang dapat meningkatkan pasokan ASI? Simak ulasan berikut
ilustrasi seorang ibu meningkatkan jumlah ASI secara alami untuk anaknya (Sumber : Freepik.com)
Sehat15 Mei 2024, 12:30 WIB

Hindari Purin! 8 Tips Makan Sehat untuk Mencegah Serangan Asam Urat

Purin adalah senyawa yang diubah menjadi asam urat dalam tubuh, sehingga membatasi konsumsi makanan tinggi purin dapat membantu mengurangi kadar asam urat.
Ilustrasi. Hindari Purin! Ketahui Tips Makan Sehat untuk Mencegah Serangan Asam Urat. (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Sehat15 Mei 2024, 12:15 WIB

18 Rekomendasi Ikan Laut Rendah Purin yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Beberapa ikan laut ini rendah purin dan aman dikonsumsi penderita asam urat.
Ilustrasi - Beberapa ikan laut ini rendah purin dan aman dikonsumsi penderita asam urat. (Sumber : Pixabay.com/@DanaTentis).
Bola15 Mei 2024, 12:00 WIB

Prediksi Madura United vs Borneo FC di Leg 1 Semifinal Championship Series

Madura United akan menjamu tamunya Borneo FC di Leg 1 Semifinal Championship Series.
Madura United akan menjamu tamunya Borneo FC di Leg 1 Semifinal Championship Series. (Sumber : x/@MaduraUnitedFC/@BorneoSMR).
Life15 Mei 2024, 11:45 WIB

6 Golongan Orang yang Sulit Sukses di Masa Depan, Kamu Termasuk?

Terdapat sejumlah golongan orang yang memiliki karakter dimana nantinya berpotensi sulit sukses di masa depannya di kemudian hari
Orang yang sulit sukses di masa depan karena memilih untuk menyerah (Sumber : Pexels.com/@MARTPRODUCTION)
Nasional15 Mei 2024, 11:35 WIB

Dewan Pers: RUU Penyiaran Tak Sesuai Hak Warga Negara, Bikin Tak Merdeka

RUU Penyiaran menjadi salah satu alasan pers Indonesia tidak merdeka.
(Foto Ilustrasi) Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu mengatakan draf RUU Penyiaran tidak sesuai dengan hak konstitusional warga negara. | Foto: Istimewa
Sehat15 Mei 2024, 11:30 WIB

Infused Water! Manfaat Air Jeruk Lemon untuk Kolesterol, Asam Urat dan Gula Darah

Air jeruk lemon tak hanya memiliki manfaat kesehatan dari satu sisi saja, namun buah kuning sedikit asam ini juga menjadi andalan jitu untuk menurunkan kadar kolesterol, asam urat hingga gula darah.
Ilustrasi. Infused Water! Manfaat Air Jeruk Lemon untuk Kolesterol, Asam Urat dan Gula Darah (Sumber : Pexels/JuliaZolotova)