Instagram dan Facebook Uji Coba Akun Centang Biru Berbayar, Ini Tarifnya

Senin 20 Februari 2023, 14:15 WIB
Instagram dan Facebook Uji Coba Akun Centang Biru Berbayar, Ini Tarifnya. | (Sumber : Freepik.com/rawpixel.com.)

Instagram dan Facebook Uji Coba Akun Centang Biru Berbayar, Ini Tarifnya. | (Sumber : Freepik.com/rawpixel.com.)

SUKABUMIUPDATE.com- Setelah sebelumnya Elon Musk dengan Twitter-nya melakukan akun centang biru berbayar, kini giliran Meta sebagai induk dari Facebook dan Instagram yang sedang menguji coba akun centang biru berbayar.

Akun centang biru berbayar itu bernama Meta Verified dan segera diluncurkan di Australia serta Selandia baru pada minggu ini, sementara peluncuran di negara lain akan dilakukan secara bertahap.

Adapun biaya berlangganan Meta Verified dibanderol dengan harga US$11,99 per bulan atau setara Rp181.840 pada situs web dan US$14,99 atau sekitar Rp227.338 per bulan untuk perangkat seluler.

Baca Juga: Bobotoh Kena Bacok dan Bus Rombongan Dilempar Batu Usai Laga Rans vs Persib

“Minggu ini kami mulai meluncurkan Meta Verified — layanan berlangganan yang memungkinkan Anda memverifikasi akun Anda dengan ID pemerintah, mendapatkan lencana biru, mendapatkan perlindungan peniruan ekstra terhadap akun yang mengaku sebagai Anda, dan mendapatkan akses langsung ke dukungan pelanggan,” tulis Zuckerberg. “Fitur baru ini adalah tentang meningkatkan keaslian dan keamanan di seluruh layanan kami,” seperti dikutip via Tempo.co.

Untuk mendaftar menjadi Meta Verified, Anda harus memenuhi persyaratan aktivitas minimum, berusia minimal 18 tahun atau lebih, dan mengirimkan ID pemerintah yang sesuai dengan nama dan foto yang Anda miliki di Facebook atau Instagram.

Penawaran baru terdengar sangat mirip dengan Twitter Blue versi Elon Musk US$ 8 per bulan, tetapi Meta mencatat bahwa itu tidak akan membuat perubahan apa pun pada akun yang telah diverifikasi menggunakan persyaratan perusahaan sebelumnya, termasuk ketenaran dan keaslian.

Baca Juga: Bukan Bang Edi, Ini 3 Sosok di Preman Pensiun yang Bikin Nyali kang Mus Ciut

Selain itu, pengguna yang mendaftar ke layanan ini akan mendapatkan stiker eksklusif untuk Stories dan Reels, dan juga akan menerima 100 bintang gratis per bulan, atau mata uang digital yang dapat Anda gunakan untuk memberi tip kepada pembuat konten di Facebook.

Meta mencatat bahwa bisnis-bisnis belum dapat mengajukan lencana Meta Verified dan Anda tidak dapat mengubah nama profil, nama pengguna, tanggal lahir, atau foto profil Anda tanpa melalui proses verifikasi lagi.

“Jangka panjang, kami ingin membuat penawaran langganan yang bermanfaat bagi semua orang, termasuk pembuat konten, bisnis, dan komunitas kami pada umumnya,” tulis Meta dalam postingan blog.

Baca Juga: Jual Obat Keras Hexymer dan Tramadol, Pria di Kota Sukabumi Diciduk Polisi

“Sebagai bagian dari visi ini, kami mengembangkan arti dari lencana terverifikasi sehingga kami dapat memperluas akses ke verifikasi dan lebih banyak orang dapat mempercayai bahwa akun yang berinteraksi dengan mereka adalah asli.”

Saat layanan diluncurkan di Australia dan Selandia Baru minggu ini, biayanya $19,99 AUD di web dan $24,99 AUD di seluler, atau $23,99 NZD di web dan $29,99 NZD di seluler. Biaya yang lebih tinggi di iOS dan Android kemungkinan merupakan cara untuk mengimbangi komisi yang diambil Apple dan Google untuk pembelian dalam aplikasi.

Desas-desus tentang layanan ini pertama kali muncul awal bulan ini ketika laporan dari TechCrunch membagikan referensi verifikasi berbayar di kode sumber Instagram. Konsultan media sosial Matt Navarra kemudian mem-posting apa yang tampaknya menjadi halaman dukungan untuk verifikasi berbayar di Instagram versi Australia atau Selandia Baru.

Baca Juga: Kaca Pecah, Cerita Dugaan Pelemparan KA Pangrango Bogor-Sukabumi

Dengan demikian, sulit untuk mengabaikan kesejajaran antara langganan tanda centang baru Meta dan Twitter Blue, yang baru saja diluncurkan kembali oleh Musk beberapa bulan lalu.

Sepertinya Meta menganggap keaslian akun sedikit lebih serius, karena masih mengharuskan pengguna untuk mengirimkan ID pemerintah (seperti yang dilakukan proses verifikasi Twitter lama) dan seharusnya menawarkan perlindungan tambahan terhadap akun palsu, meskipun belum diketahui seperti apa.

Sumber: Tempo.co (THE VERGE)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
DPRD Kab. Sukabumi20 April 2024, 22:35 WIB

DPRD Kecam Kasus Ibu Hamil Asal Ciemas Sukabumi Diduga Ditelantarkan

Dugaan penelantaran terjadi saat petugas kesehatan mengantar Ayu ke RSUD Jampangkulon menggunakan ambulans karena akan melahirkan.
Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Andri Hidayana. | Foto: Istimewa
Sukabumi Memilih20 April 2024, 22:17 WIB

Setelah Demokrat, Deden Deni Wahyudin Daftar Maju Pilkada Sukabumi Lewat PAN

Deden mengatakan keikutksertaannya dalam proses penjaringan bakal calon bupati/wakil bupati Sukabumi melalui partai politik merupakan ikhtiar menjemput amanah memajukan Kabupaten Sukabumi.
Bakal Calon Bupati/Wakil Bupati Sukabumi Deden Deni Wahyudin mendaftar ke PAN, Sabtu (20/4/2024). | Foto: Istimewa
DPRD Kab. Sukabumi20 April 2024, 22:08 WIB

Ingatkan Soal Kesehatan, DPRD Tanggapi Meninggalnya Siswi Sukabumi saat Seleksi Paskibraka

Kayla meninggal setelah mengikuti tes lari bersama peserta lain di Lapang Cangehgar.
Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Muhamad Yusuf. | Foto: Istimewa
Sukabumi20 April 2024, 21:27 WIB

Diturunkan di Warung, Ibu Hamil Asal Ciemas Sukabumi Diduga Ditelantarkan

Awalnya Indra menduga ambulans tersebut akan menjemput keluarga Ayu yang lain.
Ayu Bunga Lestari (18 tahun) dan ibunya saat berada di sebuah warung, depan RSUD Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (20/4/2024). | Foto: Istimewa
Sehat20 April 2024, 21:00 WIB

Tanpa Bahan Kimia, 6 Cara Alami Mengobati Pilek dengan Rempah-rempah

Meskipun rempah-rempah tradisional ini dapat membantu meredakan gejala pilek, penting untuk tetap mengonsumsi makanan bergizi dan minum cukup air untuk membantu tubuh melawan infeksi.
Ilustrasi. Sakit Flu Pilek dan Batuk (Sumber : pexels/lucianphotography)
Life20 April 2024, 20:00 WIB

7 Cara Mencegah Kolesterol Tinggi dengan Gaya Hidup Sehat

Dengan mengadopsi gaya hidup sehat, Anda dapat membantu mencegah kolesterol tinggi dan menjaga kesehatan jantung Anda.
Ilustrasi. Makan Sehat. Cara Mencegah Kolesterol Tinggi dengan Gaya Hidup Sehat | Foto : Pixabay
Keuangan20 April 2024, 19:02 WIB

Rp 6 Juta Sehari! Omzet Tukang Bakso di Jalan Sukabumi-Bogor Akibat Longsor Tol Bocimi

Pendapatan yang meningkat ini dirasakan oleh pedagang dan tukang parkir.
Warung bakso Zaenal (35 tahun) di area Masjid Nurul Anda, Desa Pondokkasolandeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (20/4/2024). | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Sehat20 April 2024, 19:00 WIB

6 Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Kolesterol

Dalam kondisi normal, hati mengatur produksi kolesterol sesuai dengan kebutuhan tubuh. Namun, pola makan tidak sehat dan gaya hidup yang tidak aktif dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, yang nantinya dapat mengarah pada penyakit kardiovaskular
Rendang. Contoh Makanan yang Tidak Dianjurkan Dikonsumsi Berlebihan untuk Penderita Kolesterol (Sumber : YouTube Devina Hermawan)
Life20 April 2024, 18:00 WIB

4 Doa Mohon Diberi Kesehatan, Kesembuhan dan Dilindungi dari Penyakit

Berikut Bacaan Doa Mohon Kesembuhan dan Dilindungi dari Penyakit, Tersedia Arab Latin dan Artinya.
Ilustrasi. Dirawat di rumah sakit. (Sumber : Shutterstock)
Musik20 April 2024, 17:00 WIB

Trending Now! Lirik dan Terjemahan Lagu As I Am Justin Bieber feat Khalid

Berikut Lirik dan Terjemahan Lagu As I Am Justin Bieber feat Khalid yang Sedang Trending di YouTube Music!
Trending Now! Lirik dan Terjemahan Lagu As I Am Justin Bieber feat Khalid | Foto : YouTube/@JustinBieber