Bagaimana Mengecek Nomor BPJS Kesehatan yang Hilang? Simak 6 Cara Berikut

Rabu 04 Januari 2023, 17:15 WIB
Ilustrasi. Kartu BPJS Kesehatan | Foto: Istimewa

Ilustrasi. Kartu BPJS Kesehatan | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Setiap orang yang memiliki BPJS Kesehatan, maka orang tersebut akan memiliki nomor BPJS tersendiri. Nomor ini berfungsi untuk mengecek tagihan serta membayarkan biaya iuran peserta.

Sebab itu, nomor BPJS Kesehatan sangat penting untuk dijaga agar tidak hilang. Lalu, bagaimana cara mengecek Nomor BPJS Kesehatan yang hilang?

Melansir dari Tempo.co, BPJS Kesehatan memberikan sebuah inovasi untuk kemudahan pesertanya dalam mengecek nomor. Terdapat beberapa cara mengecek Nomor BPJS Kesehatan yang hilang, mulai dari melalui SMS Gateway hingga mendatangi kantor cabang terdekat.

Baca Juga: Paling Perhitungan Perkara Uang, 5 Zodiak Ini Memang Terkenal Pelit

Berikut rangkuman informasi mengenai cara mengecek Nomor BPJS Kesehatan yang hilang.

Cara Mengecek Nomor BPJS Kesehatan yang Hilang

Saat ini, cara mengecek nomor BPJS Kesehatan yang hilang menjadi lebih mudah. Pasalnya, BPJS Kesehatan menyediakan beragam inovasi agar para penggunanya dapat mengetahui nomor BPJS Kesehatan kapanpun dan dimanapun.

Nomor BPJS Kesehatan tidak boleh dilupakan begitu saja. Karena, nomor ini digunakan untuk proses pengecekan tagihan dan pembayaran iuran. Mulai dari pengecekan online hingga datang langsung ke kantor cabang, berikut cara mengecek nomor BPJS Kesehatan.

Baca Juga: KK Hilang atau Rusak? Perpres 96/2018 Atur Syarat Penerbitan Dokumen Kependudukan

1. Melalui Aplikasi JKN

Cara pertama untuk mengecek nomor BPJS Kesehatan yang hilang adalah dengan mengakses aplikasi JKN. Tetapi, sebelum mengaksesnya pastikan Anda sudah mengunduh aplikasi tersebut, ya.

Jika aplikasi JKN sudah terpasang, maka Anda harus masuk ke dalam akun yang sudah terdaftar pada BPJS. Setelah itu, pergi ke menu ‘Peserta’ dan Anda bisa langsung melihat nomor BPJS Kesehatan Anda dan info lainnya.

2. Melalui SMS Gateway

Jika Anda tidak bisa mengunduh aplikasi JKN, maka Anda bisa menggunakan SMS Gateway sebagai salah satu cara mengecek nomor BPJS Kesehatan yang hilang. Adapun nomor SMS Gateway yang bisa dihubungi adalah 0877-7550-0400.

Baca Juga: Kembali Lolos ke Semifinal, Rekam Jejak Timnas Indonesia di 4 Besar Piala AFF

Untuk cara mengecek nomor BPJS Kesehatan, kamu cukup kirimkan SMS bersamaan dengan data diri lain yang diperlukan, seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau Nomor Induk Pegawai (NIP). Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  • BPJS Kesehatan melalui NIK: ketik NIK (spasi) Nomor Induk Kependudukan.
  • BPJS Kesehatan melalui NIP: ketik NIP (spasi) Nomor Induk Pegawai.

3. Melalui WhatsApp

Selain dengan mengirimkan SMS, cara mengecek Nomor BPJS Kesehatan juga dapat dilakukan dengan cara mengirimkan pesan melalui WhatsApp. Anda bisa menggunakan layanan ini untuk mengecek nomor BPJS Kesehatan di nomor 0811-8750-400.

Baca Juga: BRIN Ungkap Bakal Ada 4 Gerhana di Tahun 2023, Catat Waktunya

Untuk melakukan pengecekan nomor, Anda bisa menghubungi pihak BPJS Kesehatan melalui chat dengan menyertakan data dan dokumen pendukung yang berisikan informasi penting. Adapun data yang dimaksud adalah Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Induk Pegawai (NIP).

4. Melalui Media Sosial

BPJS Kesehatan mengikuti perkembangan zaman untuk melakukan inovasi terkait pengecekan nomornya. Bahkan, saat ini peserta dapat mengecek Nomor BPJS Kesehatan melalui media sosial, seperti Twitter dan Facebook.

Jika Anda salah satu pengguna aktif media sosial tersebut, maka Anda tidak perlu bingung lagi ketika kehilangan nomor BPJS Kesehatan. Pasalnya, Anda bisa langsung mengirim pesan ke akun resmi BPJS Kesehatan untuk mendapatkan nomor tersebut.

Baca Juga: Demi Konten, Ria Ricis Ajak Anak Main Jetski Tanpa Pengaman, Bikin Netizen Geram!

Caranya juga cukup mudah, Anda cukup pergi ke akun atau halaman resmi BPJS Kesehatan, kemudian mengirimkan pesan ke admin dengan melalui fitur Direct Message (DM).

Setelah itu, admin akan membalas pesan dengan meminta data yang dibutuhkan. Jika Anda telah memberikan data yang diminta, maka admin akan menginformasikan nomor BPJS Kesehatan Anda.

5. Melalui Situs Resmi BPJS Kesehatan

Cara mengecek nomor BPJS Kesehatan yang selanjutnya adalah dengan mengunjungi situs resmi BPJS Kesehatan bpjs-kesehatan.go.id. Setelah Anda masuk ke dalam situs tersebut, pilih menu ‘Cek Iuran BPJS Kesehatan’ kemudian masukkan NIK dan KTP Anda.

Baca Juga: Tenggelamnya Orang Belanda saat Pesta Venesia di Danau Situ Gunung Sukabumi

Setelah itu, secara otomatis sistem akan menampilkan informasi berupa data diri, nomor BPJS Kesehatan, dan total iuran yang harus dibayarkan.

6. Melalui Kantor Cabang Terdekat

Cara mengecek nomor BPJS Kesehatan yang terakhir adalah dengan mendatangi kantor cabang terdekat.

Sama seperti melakukan pengecekan melalui media sosial, Anda juga harus menyiapkan beberapa persyaratan untuk mendapatkan nomor BPJS Kesehatan, seperti KTP dan KK. Setelah itu, ikuti prosedur yang diinstruksikan petugas kantor cabang.

Sumber: Tempo.co/Raden Putri

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi30 April 2024, 21:33 WIB

Akui Sempat Kolaps, PT BDJ Sukabumi Akhirnya Tunaikan Tunggakan Upah Pekerja

Direktur Utama PT Bahtera Dingga Jaya (BDJ) Sukabumi Jane Maureen mengakui jika perusahaanya sempat kolaps hingga menunggak pembayaran upah pada sejumlah karyawannya.
Suasana pembayaran upah pekerja di PT BDJ Sukabumi di Jalan Raya Panggeleseran - Babakan, Desa Parakanlima, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi pada Selasa (30/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Life30 April 2024, 21:16 WIB

Tetap Fokus Pada Pengembangan, Berikut 5 Tips Mengatasi Amukan Balita yang Tidak Terkendali

Amukan balita seringkali membuat kita kelelahan, namun jangan khawatir berikut beberapa tips untuk mengatasinya.
Ilustrasi mengatasi amukan balita / pexels.com/@Kevin Fai
Sukabumi30 April 2024, 21:08 WIB

Dorong Putera Daerah Maju Pilkada Sukabumi 2024, Haji Ucok: Banyak yang Mampu

Tokoh Sukabumi, Ucok Haris Maulana Yusuf melempar wacana sekaligus mendorong agar putera puteri terbaik Sukabumi maju dalam perhelatan pemilihan bupati / wakil bupati yang akan dihelat pada 27 November 2024 mendatang.
H. Ucok Haris Maulana Yusuf | Foto : Facecook H Ucok Hari MY
Sehat30 April 2024, 21:00 WIB

7 Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami, Sehat dan Dijamin Efektif

Mengatasi asam urat dapat dilakukan dengan obat-obatan alami.
Ilustrasi Teh Jahe Mengatasi asam urat dapat dilakukan dengan obat-obatan alami ala rumahan. (Sumber : Freepik/jcomp)
Life30 April 2024, 20:55 WIB

11 Kegiatan untuk Meningkatkan Perkembangan Balita, Salah Satunya Dorong Permainan Pura-Pura

Dorong perkembangan kognitif dan bahasa dengan aktivitas belajar sehari-hari yang menyenangkan untuk balita ini.
Ilustrasi perkembangan balita / Sumber : pexels.com/@pixabay
Life30 April 2024, 20:40 WIB

Memiliki Kontrol Impuls yang Buruk, Waspadai 4 Alasan Anak Berani Mencuri

Dalam kebanyakan kasus, mencuri terjadi karena rasa ingin tahu, kurangnya batasan atau pemahaman, tekanan teman sebaya, dan/atau pencarian sensasi.
Ilustrasi alasan anak berani mencuri / Sumber : pexels.com/@Alexey domidov
Sukabumi30 April 2024, 20:29 WIB

Berawal Kenalan di Medsos, Gadis di Bawah Umur Digilir 2 Remaja di Sukabumi

Berawal dari kenalan di Medsos, Polisi ungkap kronologi kasus dugaan pencabulan oleh dua remaja terhadap gadis 15 tahun di Kota Sukabumi.
Ilustrasi - Kasus dugaan pencabulan dilakukan dua remaja terhadap gadis di bawah umur di Kota Sukabumi. (Sumber : istimewa)
Sehat30 April 2024, 20:00 WIB

6 Jenis Makanan Setengah Matang yang Tidak Baik untuk Penderita Asam Urat

Yuk, Ketahui Apa Saja Jenis Makanan Setengah Matang yang Tidak Baik untuk Penderita Asam Urat!
Ilustrasi. Daging yang belum dimasak dengan baik, seperti steak setengah matang dapat meningkatkan risiko serangan asam urat karena dapat mengandung lebih banyak purin. (Sumber : Freepik/@rawpixel.com)
Life30 April 2024, 19:23 WIB

6 Bukti Jelas Pasangan Kamu Hanya Pura-pura Cinta Selama Ini, Ketahui Tandanya

Terkadang tidak disadari bahwa selama ini pasangan anda hanya pura-pura cinta dan berniat hanya mengambil manfaat materi dari hubungan.
Ilustrasi. Pasangan yang pura-pura cinta. | Sumber Foto : Pexel/RDNE Stock project
Life30 April 2024, 19:19 WIB

Berikan Konsekuensi, Berikut 5 Strategi Disiplin Agar Anak Tidak Mencuri

Biasanya, mencuri dapat diatasi melalui bimbingan, intervensi, dan konsekuensi orang tua. Namun, jika seorang anak terus melakukan perilaku tersebut, mereka mungkin memerlukan bantuan profesional.
Ilustrasi agar anak tidak mencuri | Foto : pexels.com/@kamaji ogino