Jual Motor Hasil Curian di Medsos, Pria Asal Gunungguruh Sukabumi Diringkus Polisi

Sabtu 22 Juni 2024, 00:12 WIB
Pelaku Curanmor saat ditangkap oleh Polsek Parungkuda Polres Sukabumi | Foto : Ist

Pelaku Curanmor saat ditangkap oleh Polsek Parungkuda Polres Sukabumi | Foto : Ist

SUKABUMIUPDATE.com - Seorang pria asal Gunungguruh berinisial RS alias Ajid (29 tahun) diamankan Unit Reskrim Parakansalak. Ajid ditangkap diduga melakukan aksi pencurian sepeda motor. 

Kapolsek Parakansalak, AKP Dodi Irawan mengatakan Ajid ditangkap tanpa perlawanan di kediamannya, tepatnya di Kampung Kutamaneuh RT 16/08, Desa Cikujang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, pada hari Selasa, 18 Juni 2024, sekitar pukul 02.00 WIB.

Menurut Dodi, dalam aksinya, tersangka diduga mencuri kendaraan menggunakan kunci letter T. Kemudian, pelaku nekat membawa kabur sepeda motor tersebut hingga akhirnya menjual hasil barang curian itu melalui salah satu akun media sosial.

Di Hadapan polisi, pelaku mengaku baru pertama kali melakukan aksi pencurian. Pelaku yang berstatus buruh harian lepas juga mengaku, bahwa hasil uang penjualan motor tersebut digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

"Penangkapan ini merupakan hasil dari pengembangan laporan yang diterima dari korban pencurian, Setra Robi Cahyana (30 tahun), yang melaporkan bahwa sepeda motornya, Honda Supra Fit dengan nomor polisi F-3943-UJ, telah dicuri, pada Sabtu, 15 Juni 2024," kata Dodi kepada sukabumiupdate.com, Jumat (21/6/2024).

Baca Juga: DPO Curanmor Ditangkap, 21 Motor Hasil Curian Diamankan Polres Sukabumi

Adapun kronologi kejadian sesuai laporan korban, dimulai saat Setra Robi menghadiri undangan di Sekolah Aliyah Serikat Islam Parakansalak. Karena tempat parkir di area sekolah penuh, ia memarkirkan sepeda motornya di pinggir jalan Kampung Cisarandi Parakansalak.

"Selesai menghadiri acara sekitar pukul 10.00 WIB, ia mendapati sepeda motornya hilang. Dugaan awal, pencurian dilakukan dengan cara merusak dudukan kunci kontak menggunakan kunci palsu jenis letter T," ungkapnya.

Pada hari yang sama, sambung Dodi, sekitar pukul 13.00 WIB, keluarga korban melihat postingan sepeda motor yang mirip dengan milik korban di media sosial Facebook pada grup jual beli Cidahu-Cicurug dan Sukabumi. Menyadari kemiripan tersebut, korban melaporkan kejadian ini ke pihak kepolisian sektor Parakansalak.

"Kami bersama korban melacak akun Facebook yang memposting sepeda motor tersebut dan menemukan bahwa akun tersebut milik Muzammil Ar Rasyid," katanya.

Setelah mendapatkan alamat pemilik akun, Dodi menyatakan, korban bersama polisi mendatangi rumah Muzammil Ar Rasyid. Ternyata, akun tersebut digunakan oleh keponakannya, RS alias Ajid, untuk memposting sepeda motor yang diakui Ajid telah dibeli dan berniat untuk dijual kembali.

"Kami langsung menangkap Ajid dan menemukan helm milik korban sebagai barang bukti," jelasnya.

Kepada polisi, Ajid mengakui bahwa sepeda motor hasil curian tersebut telah dijual melalui sistem COD kepada seseorang berinisial Irman di wilayah Karangtengah Cibadak.

"Saat ini, pelaku telah dibawa ke Mapolsek Parakansalak untuk dimintai keterangan lebih lanjut," tuturnya.

Sementara itu, barang bukti yang berhasil diamankan antara lain, satu buah STNK kendaraan bermotor Honda Supra Fit, satu buah BPKB kendaraan bermotor roda dua Honda Supra Fit, satu unit HP Samsung J1 warna hitam, satu unit sepeda motor Honda Supra Fit, dan satu buah helm warna hitam merk Yamaha.

"Pelaku dijerat dengan Pasal 363 ayat 1 ke 5e dan/atau Pasal 362 KUHPidana tentang pencurian dengan pemberatan," pungkasnya.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi20 Juli 2024, 22:33 WIB

Sempat Terserempet Motor, Surtini Korban Tewas Tabrak Lari Mobil di Sukabumi

Euis membiarkan Surtini karena belum mengetahui kondisi kepribadiannya.
Euis Julaeha (54 tahun), ketua RT tempat Surtini (62 tahun) menjadi korban tabrak lari mobil di Kampung Ciutara RT 16/07 Desa Pondokkaso Landeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Arena20 Juli 2024, 21:07 WIB

Pertama di Asia, Atlet Asal Sukabumi Berhasil Lakukan 10 Kali Juggling Bola di Udara

Fikri terbang dengan ketinggian 1.300 mdpl didampingi pilot paralayang profesional, Derry Farhan Mutaqin.
Muhammad Fikri Sirath saat melakukan juggling bola di udara. | Foto: Muhammad Fikri Sirath
Life20 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Cara Mengetahui Karakter Seseorang, Perhatikan Bagaimana Dia Mengelola Uang

Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten.
Ilustrasi. Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten. (Sumber : pixabay.com/@SzilárdSzabó)
Sukabumi20 Juli 2024, 20:20 WIB

Polisi Selidiki Temuan Limbah Sampel Darah di Jalanan Parungkuda Sukabumi

Polisi akan terus melakukan penyelidikan untuk mengetahui asal sampel darah.
Polisi di lokasi penemuan limbah tabung sampel darah di Jalan Kompa-Cipanggulaan, Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Film20 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan
Reincarnated as a Sword - Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan (Sumber : imdb.com).
Life20 Juli 2024, 19:00 WIB

Kamu Merasa Sulit Sukses? Kenali 5 Kebiasaan Buruk yang Menjadi Penghambatnya

Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif.
Ilustrasi - Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif. (Sumber : unsplash.com/@Joshua Rawson-Harris)
Life20 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Sebelum Memulai Aktivitas Bekerja, Yuk Amalkan Agar Rezeki Lancar Juga Berkah

Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi.
Ilustrasi berdoa. Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi. | (Sumber : Freepik.com)
DPRD Kab. Sukabumi20 Juli 2024, 17:12 WIB

DPRD Terima Studi Banding Mahasiswa UMMI, Bahas Kelembagaan dan Dinamika Politik

Badri berharap dengan studi banding ini mahasiswa bisa berperan aktif dalam politik.
DPRD Kabupaten Sukabumi menerima kunjungan studi banding mahasiswa UMMI di Ruang Bamus DPRD, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Jumat (19/7/2024). | Foto: Istimewa
Musik20 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Teman Biasa dari Band Sukabumi Single Season, “Terjebak Friendzone”

Teman Biasa adalah lagu terbaru dari band Single Season tentang seseorang yang terjebak Friendzone.
Teman Biasa adalah lagu terbaru dari band Single Season tentang seseorang yang terjebak Friendzone. (Sumber : Istimewa)
Inspirasi20 Juli 2024, 16:54 WIB

Pernah 1 Ton Per Bulan, Wanita Sukabumi Jual Daun Pandan dari Tegalbuleud

Pengolahannya dilakukan setelah duri daun pandan dibuang.
Nining Maryani (60 tahun), wanita asal Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memanfaatkan daun pandan untuk bahan kerajinan. | Foto: SU/Ragil Gilang