Curi 20 Motor di Sukabumi: 5 Pelaku Curanmor Ditangkap, 2 Ditembak

Selasa 21 Mei 2024, 18:17 WIB
Barang bukti motor hasil curanmor. (Sumber : SU/Asep Awaludin)

Barang bukti motor hasil curanmor. (Sumber : SU/Asep Awaludin)

SUKABUMIUPDATE.com - Polres Sukabumi Kota mengungkap perkara pencurian motor atau Curanmor di wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi. Dua dari lima pelaku yang ditangkap terpaksa dilumpuhkan polisi dengan timah panas akibat melawan saat diamankan.

Diketahui, kelima tersangka itu yakni RFA alias B (30 tahun), E alias U (50 tahun), IS (37 tahun), YA (23 tahun) dan A alias S (44 tahun). Dalam menjalankan aksinya mereka melarikan sepeda motor jenis matic berbagai merek sebanyak 20 unit.

Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Ari Setyawan Wibowo mengatakan, kelima tersangka itu merupakan satu komplotan atau sindikat dan memiliki peran yang berbeda dalam melaksanakan aksinya.

“Kelima tersangka yang kita amankan yaitu RMA alias B berperan sebagai pengamat pemantau sebelum pelakau utama melaksanakan aksinya kemudian E alias U sebagai pemetik langsung, kemudian IS sebagai joki daripada pemetik, JA sebagai penjual, kemudian A alias S sebgai penadah,” ujar Ari kepada sukabumiupdate.com, Selasa (21/5/2024).

Baca Juga: 1,9 Kg Sabu Disita dari 7 Pengedar Narkoba Jaringan Lapas di Sukabumi

Adapun modus operandi yang dilakukan para tersangka, sebelum melaksanakan aksinya, satu dari kelima tersangka itu diketahui melakukan pemantauan lokasi terlebih dahulu dengan menyasar lokasi serta kendaraan yang kurang pengawasan.

“Modus pelaku yaitu sebelum aksi RFA alias B ini akan melaksanakan pengamatan dulu ke daerah-daerah ataupun ke kampung-kampung dengan melihat situasi apabila merasa sudah dilaksanakan aksinya dia akan menginformasikan kepada saudara E maupun kepada IS selakau pemetik atau jokinya langsung,” kata dia.

“Kemudian para pelaku ini melaksanakan aksi kurang lebih 3 menit itu sudah dapat membawa kendaraan yang menjadi target,” tambah dia.

Lebih lanjut, Ari menyebut dua dari kelima tersangka yang dilumpuhkan timah panas polisi itu yakni E alias U dan IS karena melawan saat diamankan polisi.

“Dari kelima tersangka ada 2 tersangka yang terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas karena mencoba melawan petugas pada saat diamankan,” ucapnya.

Dua pelaku curanmor di Sukabumi yang dilumpuhkan timah panas Polisi.Dua pelaku curanmor di Sukabumi yang dilumpuhkan timah panas Polisi.

Ari mengaku, akan terus mengembangkan perkara dari 20 unit sepeda motor yang berhasil diamankan mengingat TKP diketahui berada di Kota-Kabupaten Sukabumi hingga Bogor.

“Kalau TKP kita akan cek ini ada 20 kendaraan yang sudah kita amankan kita akan cek terkait laporan polisinya karena kebetulan tkpnya bukan hanya di Sukabumi Kota saja tapi juga di wilayah Kabupaten Sukabumi, kita bekerjasama dengan Polres Sukabumi termasuk Bogor juga untuk mengecek terkait masalah LP dan juga korbannya,“ ucapnya.

Selain mengamankan pelaku, Pihaknya juga berhasil mengamankan sejumlah barang bukti lainnya berupa dua kunci leter T yang digunakan para pelaku dan 20 unit sepeda motor berbagai merek.

Barang bukti motor hasil curanmor.Barang bukti motor hasil curanmor.

Terhadap para tersangka, Polisi menjeratnya dengan pasal Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan penjara 7 tahun. Pasal 481 kuhp tentang menjadikan kebiasaan untuk sengaja membeli barang yang didapat dari kejahatan dengan pidana penjara 7 tahun.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life22 Juli 2024, 17:30 WIB

8 Tanda Kamu Mudah Dirindukan Orang Lain Karena Kepribadian yang Dimiliki

Kepribadian yang mudah dirindukan mencerminkan kualitas interpersonal yang kuat dan keterampilan emosional yang tinggi.
Ilustrasi - Kepribadian yang mudah dirindukan mencerminkan kualitas interpersonal yang kuat dan keterampilan emosional yang tinggi. (Sumber : Pexels.com/@Karolina Kaboompics).
Sukabumi22 Juli 2024, 17:24 WIB

Kaca Mobil Pecah Rp490 Juta Raib, Maling Gondol Uang Setoran SPBU di Sukabumi

Uang setoran senilai Rp 490 juta hasil penjualan bahan bakar minyak (BBM) Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 34.43103 Cibolang, Kabupaten Sukabumi raib digondol maling perampokan modus pecah kaca mobil.u
Inafis serta petugas Kepolisian Polres Sukabumi Kota saat melakukan olah TKP di Pool Damri, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi. Senin (22/7/2024) | Foto : Asep Awaludin
Musik22 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Steal My Girl One Direction yang Viral di TikTok

Salah satu penggalan Lirik Lagu Steal My Girl One Direction yang viral di TikTok adalah "Everybody wanna steal my girl. Everybody wanna take her heart away", sehingga banyak dicari warganet.
Official Video Lagu Steal My Girl One Direction. Foto: YouTube/OneDirection
Sukabumi22 Juli 2024, 16:51 WIB

Curug Puncak Manik Terbengkalai, Pemdes Cibenda Sukabumi Bicara Pelepasan Lahan

Curug Puncak Manik, sebuah air terjun eksotis yang dikenal sebagai objek wisata fenomenal, kini menghadapi tantangan serius
Curug Puncak Manik, Desa Cibenda, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Entertainment22 Juli 2024, 16:45 WIB

Unggah Foto Kentang Goreng McD, V BTS Dapat Kritikan dari ARMY Hingga Trending di X

V BTS mendapatkan kritikan dari penggemar dan netizen usai mengunggah foto kentang goreng dari restoran cepat saji McDonald’s (McD) pada Minggu, 21 Juli 2024, di Instagram pribadinya.
Unggah Foto Kentang Goreng McD, V BTS Dapat Kritikan dari ARMY Hingga Trending di X (Sumber : Instagram/@thv)
Film22 Juli 2024, 16:30 WIB

Sinopsis Kang Mak from Peek Mak, Film Remake Horor Thailand yang Dipenuhi Kelucuan

Kang Mak from Peek Mak adalah salah satu film horor komedi terbaru di Indonesia yang akan tayang di seluruh bioskop Tanah Air, pada Kamis, 15 Agustus 2024 mendata
Sinopsis Kang Mak from Peek Mak, Film Remake Horor Thailand yang Dipenuhi Kelucuan (Sumber : Instagram/@vinogbastian__)
Sukabumi22 Juli 2024, 16:07 WIB

Bobby Maulana dan Tim MKTech Bantu Modal Usaha Pak Engkos Korban Hipnotis

Bagian dari program "Menata Kebaikan," Bobby Maulana dan tim MKTech memberikan bantuan modal usaha kepada Pak Engkos. Selain itu, mereka juga memberikan penghargaan sebagai pelaku UKM yang telah konsisten berjualan selama puluhan
Artis Bobby Maulana saat bertemu Pak Engkos (tukang tahu yang jadi korban hipnotis) warga Kota Sukabumi | Foto : Ist
Life22 Juli 2024, 16:00 WIB

7 Ciri Perempuan yang Memiliki Inner Beauty Kuat Dalam Dirinya

Perempuan dengan inner beauty memancarkan daya tarik yang jauh melampaui penampilan fisik.
Ilustrasi - Perempuan dengan inner beauty memancarkan daya tarik yang jauh melampaui penampilan fisik. (Sumber : pexels.com/@Hải Nguyễn).
Entertainment22 Juli 2024, 15:45 WIB

Rilis Foto Welcome Back, 2NE1 Akan Kembali dengan Menggelar World Tour

Kabar gembira buat penggemar Kpop, girl grup legendaris asal YG Entertainment yaitu 2NE1 akan comeback dan menggelar tur secara global untuk bertemu dengan penggemar.
Rilis Foto Welcome Back, 2NE1 Akan Kembali dengan Menggelar World Tour (Sumber : Instagram/@yg_ent_official)
Sukabumi22 Juli 2024, 15:33 WIB

Rumah di Parungkuda Sukabumi Kebakaran, Baru Ditinggalkan 2 Menit oleh Pemilik

Hanya berselang dua menit setelah meninggalkan rumah, api sudah terlihat berkobar.
Rumah Muhammad Raharjo (20 tahun) kebakaran pada Senin (22/7/2024). Rumah ini berlokasi di Kampung Leuwi Orok RT 10/04 Desa Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ibnu Sanubari