Kurang Cermat, Curanmor yang Diamuk Massa di Parungkuda Sukabumi Ternyata ODGJ

Minggu 31 Desember 2023, 08:33 WIB
Pelaku curanmor di Parungkuda dan sempat diamuk massa ternyata kurang waras | Foto : Ibnu Sanubari | Foto : Ibnu Sanubari

Pelaku curanmor di Parungkuda dan sempat diamuk massa ternyata kurang waras | Foto : Ibnu Sanubari | Foto : Ibnu Sanubari

SUKABUMIUPDATE.com - Seorang terduga pelaku pencurian kendaraan bermotor di Rumah Makan Ayam Bakar Kang Yana, Desa Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi dinyatakan tidak waras alias mengidap gangguan jiwa.

Kondisi terduga pelaku berinisial W (22 tahun) yang merupakan warga Kampung Pasir Huni RT 8/2 Desa Pawenang Kecamatan Nagrak tersebut terungkap setelah diamankan di Mako Polsek Parungkuda, pada Sabtu (30/12/2023).

Menurut Kapolsek Parungkuda, AKP Aah Hermawan, diduga pelaku adalah Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ), dan hal ini terungkap setelah pihak keluarga, Pemdes, dan Puskesmas datang ke Mapolsek memberikan surat keterangan terkait kondisi kejiwaan pelaku.

"Orang tersebut, sedang dalam perawatan atau berobat jalan, terhitung mulai usia 17 tahun mengidap gangguan jiwa," ujar Kapolsek kepada sukabumiupdate.com.

Baca Juga: Anggota DPRD Sukabumi Apresiasi Bantuan Sumber Air Bersih dari Kemenhan RI

Selanjutnya, kata Aah, percobaan pencurian juga belum memenuhi unsur, baru diduga, dikarenakan kendaraan sepeda motor belum bergerak dan tidak berpindah.

"Tidak ditemukan alat-alat atau kunci yang mencurigakan, untuk melancarkan aksi pencurian. Motor belum bergeser dan belum berpindah tempat, hanya kekhawatiran tukang parkir yang meneriaki maling, dan warga mengamankan yang diduga pelaku," paparnya.

Oleh karena itu, pihaknya menuturkan, korban tidak merasa dirugikan dan tidak membuat laporan resmi, mengingat bahwa yang bersangkutan mengalami gangguan kejiwaan (ODGJ).

Sebelumnya diberitakan, seorang pemuda ditangkap warga dan petugas kepolisian yang tengah berjaga di Pos Pam Terpadu Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. Ia diamankan dari amukan massa karena telah berbuat onar dan dicurigai hendak maling motor, Sabtu (30/12/2023).

Peristiwa penangkapan yang terjadi sekitar pukul 16.30 WIB itu sempat menjadi tontonan warga dan pengguna jalan khususnya para pengendara mobil yang memasuki pintu Exit Tol Parungkuda Desa Sundawenang.

Baca Juga: Anggota DPRD Sukabumi Apresiasi Bantuan Sumber Air Bersih dari Kemenhan RI

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pemuda tersebut berinisial W (22 tahun) warga Desa Pawenang Kecamatan Nagrak. Ia diamankan dari halaman parkir Rumah Makan Ayam Bakar Kang Yana, yang lokasinya tak jauh dari pintu Exit Tol Bocimi Seksi 2 tersebut.

Komandan Posko Terpadu Parungkuda, Ipda Pready Sandha Purba mengatakan, saat kejadian petugas Kepolisian tengah melaksanakan pengaturan lalu lintas. Kemudian mendapatkan laporan masyarakat bahwa ada seorang pemuda diduga hendak maling motor di rumah makan tersebut.

“Petugas kemudian segera merespons dengan mengamankan pemuda tersebut. Langkah ini diambil untuk mencegah terjadinya amukan massa dan menjaga ketertiban di lokasi,” kata Pready kepada sukabumiupdate.com.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi14 Mei 2024, 16:46 WIB

Pintu Tol Cisaat Bocimi Seksi 3: 20 Bidang Tanah di Cibolang Kaler Belum Dapat Ganti Rugi

Berikut progres pembangunan exit Tol Bocimi Seksi 3 di Cibolang Kaler Cisaat Sukabumi.
Suasana pembangunan exit Tol Bocimi Seksi 3 di Desa Cibolang Kaler, Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Life14 Mei 2024, 16:45 WIB

Jangan Gunakan Emosi, Ini 6 Cara Mudah Menenangkan Bayi yang Sering Menangis

Bayi menangis bukan berarti Anda adalah orang tua yang buruk, karena tangisan pada akhirnya akan berakhir dengan beberapa metode di bawah ini
gambaran ketika bayi menangis sepanjang hari dan perlu ditenangkan (Sumber : pexels.com/@AntoniShkraba)
Sehat14 Mei 2024, 16:30 WIB

Serangan Asam Urat Tak Lagi Menyiksa: 10 Cara Mengobati dan Mencegah Kambuh

Serangan asam urat yang kambuh terkadang sangat menyiksa para penderitanya.
Ilustrasi - Serangan asam urat yang kambuh terkadang sangat menyiksa para penderitanya. (Sumber : Freepik.com).
Life14 Mei 2024, 16:15 WIB

Merasa Bosan, 12 Alasan Bayi Tidak Berhenti Menangis yang Patut Bunda Ketahui

Hampir tidak ada yang lebih menyedihkan daripada saat bayi menangis terutama jika Anda tidak yakin mengapa ia menangis dan semua upaya untuk menenangkannya sepertinya tidak berhasil.
bayi menangis sepanjang hari akan membuat orang sekitar khawatir (Sumber : pexels.com/@LeonardoLiz)
Sukabumi14 Mei 2024, 16:01 WIB

Wabup: Angka Prevalensi Stunting di Kabupaten Sukabumi Turun Signifikan

Secara nasional berdasarkan hasil Survei Kesehatan Indonesia (SKI) tahun 2023, Kabupaten Sukabumi mengalami penurunan prevalensi stunting dari 41,35% pada tahun 2018 menjadi 27% tahun 2023 atau turun sekitar 14,35%.
Wakil Bupati Iyos Somantri Exit Meeting Hasil Audit Efektivitas Program Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Sukabumi | Foto : Dokpim
Food & Travel14 Mei 2024, 16:00 WIB

Cocok untuk Healing dan Melepas Penat, 4 Rekomendasi Wisata Air di Bogor

wisata air sangat cocok untuk liburan healing dan melepas penat.
The Jungle Water Adventure - wisata air sangat cocok untuk liburan healing dan melepas penat. (Sumber : junglebogor.com).
Life14 Mei 2024, 15:45 WIB

Jangan Sepelekan,6 Adab Ditraktir Orang yang Wajib Diketahui dan Diterapkan

Saat ditraktir makan oleh seseorang, maka penting untuk mengedepankan adab . hal ini yang mungkin jarang diketahui banyak orang selama ini
Adab ditraktir makan oleh orang lain yang perlu diketahui dan diterapkan (Sumber : Pexels.com/@cottonbrostudio)
Life14 Mei 2024, 15:30 WIB

6 Tanda Kegagalan Orang Tua dalam Mendidik Anak di Masa Kecil, Yuk Ketahui!

Orang tua yang gagal dalam mendidik anak pada umumnya bisa dilihat dari perkembangan anak saat sudah dewasa nanti
Bukti kegagalan orang tua dalam mendidik anak (Sumber : Pexels.com/@KindelMedia)
Sukabumi14 Mei 2024, 15:18 WIB

16 Siswa SD Keracunan, Dinkes Kabupaten Sukabumi Pantau Peredaran Jajanan Anak

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi tanggapi serius kasus 16 siswa SDN I Cidadap di Jalan Goalpara, Desa Limbangan, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi yang alami keracunan jajanan. Senin (13/5/2024).
Dinas Kesehatan Sukabumi pantau peredaran jajanan anak yang berbahaya| Foto : Asep Awaludin
Sehat14 Mei 2024, 15:15 WIB

7 Obat Tradisional Dipercaya Turunkan Kolesterol dan Baik Untuk Jantung

Selain melakukan pengobatan secara medis, ada beberapa obat tradisional yang dipercaya bisa menurunkan kolesterol dan baik bagi kesehatan jantung. Bahkan beberapa di antaranya sudah digunakan sejak dahulu
bawang putih adalah salah satu obat tradisional yang dipercaya dapat turunkan kadar kolesterol tinggi dan baik untuk jantung. (Sumber : freepik.com/@jcomp)