Akhirnya, Rumah Tak Layak Huni Keluarga Korban Kecelakaan di Cibadak Sukabumi Diperbaiki

Minggu 26 Mei 2024, 22:08 WIB
Rumah milik Fitria di Kampung Pangadegan RT 19/08 Desa Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, diperbaiki swadaya masyarakat. (Sumber : Istimewa)

Rumah milik Fitria di Kampung Pangadegan RT 19/08 Desa Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, diperbaiki swadaya masyarakat. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Rumah tidak layak huni milik Fitria (35 tahun), istri dari Hendi (35 tahun), pengendara motor yang meninggal akibat kecelakaan lalulintas akhirnya mulai diperbaiki dengan swadaya masyarakat. Kegiatan ini difasilitasi oleh pemerintah Desa Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi setempat pada Sabtu, 26 Mei 2024.

Kepala Desa Sundawenang, Wahid, menjelaskan bahwa penanganan rumah milik warga Kampung Pangadegan RT 19/08 itu tidak bisa dilakukan secara struktural oleh pemerintah daerah karena tidak memenuhi syarat.

"Rutilahu itu syarat salah satunya miliki rumah di tanah milik sendiri, sedangkan Bu Fitri menempati tanah desa," ujar Wahid kepada sukabumiupdate.com.

Baca Juga: Huni Rumah Tak Layak, Nasib Keluarga Korban Kecelakaan di Cibadak Sukabumi

Wahid menuturkan bahwa secara birokrasi, pemerintah Desa tidak dapat langsung memberikan bantuan. Namun, pihaknya berupaya mengatasi masalah tersebut dengan membuka donasi.

"Upaya yang kita lakukan dengan open donasi, ke kaum aghniya, tapi yang mau sedekah dalam bentuk apapun diterima," katanya.

"Alhamdulillah, banyak pihak yang berpartisipasi dengan memberikan sumbangan, baik dalam bentuk uang, tenaga, maupun barang," lanjut Wahid.

Hasil membuka donasi, kata Wahid, bata hebel kurang lebih 30 persen sudah terpasang dalam perbaikan rumah yang dihuni Fitria dan kedua anaknya tersebut.

"Artinya meskipun pemerintah desa tidak bisa langsung memberikan anggaran, tetapi kita tetap mengupayakan dengan open donasi yang difasilitasi pemerintah desa," pungkasnya.

Baca Juga: Terlindas Mobil, Kronologi Pemotor Tewas Kecelakaan di Cibadak Sukabumi

Diberitakan sebelumnya, Keluarga Hendi (35 tahun), pengendara motor yang meninggal kecelakaan di Jalan Suryakencana, depan Rumah Sakit Tiara Bunda Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu, 27 April 2024, hidup memprihatinkan.

Hendi meninggalkan istrinya, Fitria (35 tahun), dan dua anak bernama Putra Firmansyah (9 tahun) dan Nurul Analisa (7 tahun). Mereka tinggal di rumah tak layak di Kampung Pangadegan RT 19/08 Desa Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi.

Kondisi rumah yang mereka tempati sangat mengkhawatirkan. Fitria menyebut rumah tersebut termasuk salah satu yang paling tua di lingkungannya.

"Ada tiga sampai enam rumah yang tidak layak, rumah ini paling tua. Tapi kendalanya rumah yang ditempati ini adalah tanah desa. Kemarin baru ada RT dan pihak desa semua di sini," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Jumat, 17 Mei 2024

Fitria mengungkapkan rumahnya sudah miring dan beberapa bagian tidak ada biliknya. "Inginnya semua dibongkar, karena sudah patah, termasuk kosen dan atap. Bilik bolong hingga ditambal menggunakan apa saja, biar tidak masuk angin," katanya.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life15 Juni 2024, 10:00 WIB

Bukan Sekadar Modal Ganteng, 10 Tipe Pria yang Pantas Kamu Perjuangkan untuk Jadi Pasangan Hidup

Ada beberapa tipe pria yang pantas diperjuangkan untuk menjadi belahan jiwa
Ilustrasi - Ada beberapa tipe pria yang pantas diperjuangkan untuk menjadi belahan jiwa. (Sumber : Freepik.com/@marymarkevich)
Sehat15 Juni 2024, 09:45 WIB

Bolehkah Penderita Diabetes Konsumsi Santan? Simak Alasan dan Makanan Penggantinya

Penderita diabetes wajib mengetahui apakah santan aman dikonsumsi olehnya atau tidak serta bahan makanan pengganti santan yang diperbolehkan
Ilustrasi santan apakah boleh dikonsumsi bagi penderita diabetes (Sumber : Pixabay.com/@Lisa Redfern)
Sukabumi Memilih15 Juni 2024, 09:13 WIB

Juga Merapat ke PPP, Fikri Abdul Ajiz Galang Dukungan untuk Calon Wakil Bupati Sukabumi

Fikri dan tim pemenangannya menyambangi Kantor DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Sukabumi
Fikri menyambangi Kantor DPC PPP Kabupaten Sukabumi, di Jalan Sukabumi-Bogor, Desa Cibolang Kaler, Kecamatan Cisaat, Kamis 13 Juni 2024.
Sehat15 Juni 2024, 09:00 WIB

Idul Adha Makan Daging Tapi Tetap Sehat: 5 Tips yang Harus Anda Lakukan

Menikmati berbagai olahan daging selama Idul Adha adalah bagian dari perayaan, tetapi penting untuk melakukannya dengan bijak.
Ilustrasi Tongseng Sapi - Menikmati berbagai olahan daging selama Idul Adha adalah bagian dari perayaan, tetapi penting untuk melakukannya dengan bijak. (Sumber : via Titipku.com)
Sukabumi15 Juni 2024, 08:30 WIB

Sering Ngamuk Usai Cerai, Pria di Ciracap Sukabumi Dibawa Ke RSJ

Seorang pria bernama AS (58 tahun) di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, dievakuasi oleh pemerintah desa setempat ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) karena sering mengamuk dan membahayakan lingkungan.
AS di dalam kendaraan ambulans RSJ Provinsi Jawa Barat, saat akan berangkat | Foto : Ragil Gilang
Life15 Juni 2024, 08:00 WIB

Bebas LDL, 7 Rutinitas Sehat yang Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat dalam Darah

Berjalan kaki atau lakukan aktivitas ringan selama 10-15 menit bisa membantu mencegah lonjakan kadar kolesterol dalam darah.
Ilustrasi. Aktivitas Fisik. Bebas LDL, Rutinitas Sehat yang Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat dalam Darah (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi Memilih15 Juni 2024, 07:30 WIB

Pilkada Sukabumi: Deden Deni Wahyudin Ikuti Wawancara di DPW Gerindra Jawa Barat

Bakal calon bupati dan wakil bupati Sukabumi, Deden Deni Wahyudin, menghadiri undangan interview atau wawancara dari Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Gerindra Jawa Barat pada Jumat, 14 Juni 2024.
Bakal calon bupati / wakil bupati Sukabumi Deden Deni Wahyudin saat berfoto bersama Ketua DPC Gerindra Jabar, dan Bapilu Jabar | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi15 Juni 2024, 07:01 WIB

Bukit Joglo: Destinasi Hits di Geopark Ciletuh untuk Menikmati Panorama Sukabumi

Bukit Joglo sangat direkomendasikan untuk menikmati pemandangan indah dengan suasana yang sejuk dan nyaman.
Bukit Joglo di Kampung Ciporeang, Desa Ciemas, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Food & Travel15 Juni 2024, 07:00 WIB

Resep Tongseng Rendah Kolesterol, Cara Memasaknya Simpel Cuma 7 Langkah!

Dengan Resep Tongseng Rendah Kolesterol, penderita kolesterol tinggi bisa menikmati tongseng yang lezat dan gurih tanpa khawatir akan kenaikan kadar kolesterol. Selamat mencoba!
Tongseng Sapi (Sumber : YouTube/@Devina Hermawan)
Science15 Juni 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 15 Juni 2024, Cek Dulu Langit di Akhir Pekan

Prediksi cuaca hari ini 15 Juni 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya.
Ilustrasi -  Prediksi cuaca hari ini 15 Juni 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung  dan sekitarnya.(Sumber : Freepik.com/@pvproductions)