Hari Kebangkitan Nasional ke-116 Kota Sukabumi: Semangat Menuju Indonesia Emas 2045

Senin 20 Mei 2024, 10:33 WIB
Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-116 di Lapang Apel Setda Kota Sukabumi, Senin (20/5/2024). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi

Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-116 di Lapang Apel Setda Kota Sukabumi, Senin (20/5/2024). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-116 Tingkat Kota Sukabumi berlangsung khidmat di Lapang Apel Setda Kota Sukabumi pada Senin (20/5/2024). Upacara yang diikuti oleh unsur Forkompimda Kota Sukabumi, seluruh SKPD, dan instansi lintas sektor ini mengangkat tema "Bangkit untuk Indonesia Emas".

Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji bertindak sebagai inspektur upacara menyampaikan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika yang memuat pesan penting tentang Hari Kebangkitan Nasional.

Dalam sambutannya, Kusmana Hartadji menyampaikan bahwa Hari Kebangkitan Nasional merupakan momen untuk mengenang perjuangan para pendiri bangsa dan membangkitkan semangat untuk melanjutkan cita-cita mereka.

"Lebih dari seabad lalu, tepatnya pada 20 Mei 1908, lahir organisasi Boedi Oetomo, yang menumbuhkan bibit cita-cita mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Hari ini kita memperingati Hari Kebangkitan Nasional sebagai momen kebangkitan kedua untuk melanjutkan semangat para pendiri bangsa," terangnya.

Baca Juga: Pemkot Sukabumi Rakor Bahas Inflasi, Pertumbuhan Ekonomi, dan Komoditas Strategis

Kusmana Hartadji juga menekankan pentingnya memanfaatkan kemajuan teknologi untuk mencapai "Indonesia Emas 2045". Inovasi teknologi digital berkembang pesat dalam dua dekade terakhir, membuka peluang besar bagi Indonesia untuk mencapai kemajuan. Teknologi digital telah menjembatani jarak dan membuka akses informasi, mendorong lahirnya inovasi baru dan pertumbuhan ekonomi.

"Kemajuan teknologi yang pesat membuka peluang besar bagi Indonesia untuk mencapai 'Indonesia Emas 2045'. Bonus demografi dan potensi transformasi digital menjadi modal dasar untuk mewujudkan cita-cita tersebut," ujarnya.

Bonus demografi Indonesia dengan 60 persen penduduk usia produktif, menjadi modal dasar untuk memaksimalkan potensi ini.

Presiden Joko Widodo menekankan bahwa peluang Indonesia menjadi negara maju dalam 10-15 tahun ke depan terbuka lebar, dengan syarat kita memanfaatkan bonus demografi secara optimal.

Lebih lanjut, Kusmana Hartadji mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersatu dan bekerja sama untuk mewujudkan Indonesia yang maju, adil, dan sejahtera.

"Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-116 menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk menyatukan tekad dan langkah untuk mewujudkan Indonesia yang maju, adil, dan sejahtera bagi seluruh rakyatnya," kata dia.

Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-116 Tingkat Kota Sukabumi ini diharapkan dapat membangkitkan semangat nasionalisme dan patriotisme masyarakat Sukabumi untuk bersama-sama membangun bangsa dan negara. (ADV)

Sumber: Website KDP Kota Sukabumi

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life17 Juli 2024, 18:00 WIB

Bacaan Doa Mohon Perlindungan dari Segala Hal Buruk dan Gangguan Orang Jahat

Dengan membaca doa ini , Insya Allah kita akan selalu terhindar dari segala keburukan dan gangguan orang jahat.
Ilustrasi - Dengan membaca doa ini , Insya Allah kita akan selalu terhindar dari segala keburukan dan gangguan orang jahat. (Sumber : Freepik)
Sukabumi17 Juli 2024, 17:50 WIB

Finalis Putri Nelayan Palabuhanratu Korban Pelecehan Seksual Didampingi Psikolog

Alami trauma, finalis Putri Nelayan Palabuhanratu 2024 korban pelecehan seksual dipastikan dapat pendampingan psikolog.
Kepala DP3A Kabupaten Sukabumi, Eki Radiana Rizki. (Sumber : SU/Ilyas)
Sehat17 Juli 2024, 17:30 WIB

7 Minuman Detoks Terbaik yang Bisa Anda Coba Sendiri Dirumah

Minuman detoks yang sehat dan menyegarkan sangat baik untuk mendukung kesehatan tubuh Anda.
Ilustrasi - Minuman detoks yang sehat dan menyegarkan sangat baik untuk mendukung kesehatan tubuh Anda. (Sumber : Freepik.com).
Keuangan17 Juli 2024, 17:20 WIB

Untuk Seluruh Kendaraan! Mulai 2025, Motor dan Mobil di Indonesia Wajib Asuransi

Untuk menguatkan sektor keuangan, pemerintah berencana mewajibkan asuransi bagi seluruh kendaraan.
Ilustrasi. OJK tengah menyusun skema kebijakan kendaraan wajib asuransi pada 2024 (Sumber: istimewa)
Musik17 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Sayangnya dari Juicy Luicy yang Viral di Medsos

Lagu Sayangnya dipopulerkan oleh Juicy Luicy dan sempat viral di media sosial Instagram hingga YouTube.
Lirik Lagu Sayangnya dari Juicy Luicy yang Viral di Medsos (Sumber : Istimewa)
Sukabumi17 Juli 2024, 16:49 WIB

Tindakan Puskesmas usai Warga Temukan Limbah Medis Berceceran di Parungkuda Sukabumi

Puskesmas buka suara terkait penemuan tabung sampel darah dan jarum suntik bekas yang berceceran di jalanan Parungkuda Sukabumi.
Tabung sampel darah hingga jarum suntik ditemukan tercecer di jalan Kompa-Cipanggulaan, Parungkuda Sukabumi. (Sumber Foto : Istimewa)
Sukabumi17 Juli 2024, 16:42 WIB

Buru-buru Nyari Ojek, Wanita Gendong Anak Ini Embat Duit Warung di Sukabumi

Awalnya, tidak ada yang sadar dengan aksi pencurian ini. Namun saat pemilik warung hendak berbelanja stok barang, ia baru sadar uang Rp3 juta di meja kasir hilang.
Wanita terduga pelaku pencurian uang di warung terekam CCTV (Sumber: CCTV)
Film17 Juli 2024, 16:30 WIB

Sinopsis Longlegs, Film Horror Mengungkapkan Kasus Misterius Pembunuhan Berantai

Longlegs merupakan salah satu film horor thriller terbaru serta terbaik di tahun ini yang telah tayang pada Kamis, 17 Juli 2024 di seluruh bioskop di Tanah Air.
Sinopsis Longlegs, Film Horror Mengungkapkan Kasus Misterius Pembunuhan Berantai (Sumber : Instagram/@neonrated)
Life17 Juli 2024, 16:00 WIB

10 Ciri Orang yang Punya Karakter Berkelas Meski Tampilannya Sederhana

Orang dengan karakter berkelas biasanya menunjukkan kualitas tertentu yang membuat mereka dihormati dan dikagumi.
Ilustrasi - Orang dengan karakter berkelas biasanya menunjukkan kualitas tertentu yang membuat mereka dihormati dan dikagumi. (Sumber : pexels.com/@Sơn Ngọc).
Sukabumi17 Juli 2024, 15:54 WIB

Bupati Ikut Bersuara, Kasus Pelecehan Seksual Putri Nelayan Palabuhanratu Sukabumi

Marwan menunggu mekanisme hukum yang sedang berjalan di kepolisian.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami ketika dimintai komentar soal kasus dugaan pelecehan seksual salah satu finalis Putri Nelayan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Rabu (17/7/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi