Rapat Dinas, Dinkes Sukabumi Perkuat Sinergitas dan Integrasi Dalam Pelayanan Kesehatan

Kamis 21 Maret 2024, 21:43 WIB
Momen kebersamaan Jajaran Dinkes dan Puskesmas di wilayah Kabupaten Sukabumi dalam kegiatan Rapat Dinas, Kamis (21/3/2024). (Sumber : SU/Ibnu)

Momen kebersamaan Jajaran Dinkes dan Puskesmas di wilayah Kabupaten Sukabumi dalam kegiatan Rapat Dinas, Kamis (21/3/2024). (Sumber : SU/Ibnu)

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi menggelar rapat dinas dan serah terima jabatan Kepala Puskesmas dan kepala sub bagian tata usaha Puskesmas yang dilaksanakan di Hotel Augusta Sukabumi Jalan Raya Cikukulu Nomor 72, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (21/3/2024).

Informasi yang dihimpun, sasaran kegiatan rapat dinas semester 1 Tahun 2024 di Lingkup Dinkes Kabupaten Sukabumi ini adalah 100 orang. Terdiri dari 58 orang Kepala Puskesmas, jajaran struktural Dinkes Kabupaten Sukabumi, pejabat Fungsional atau Ketua Tim Kerja di Lingkungan Dinkes Kabupaten Sukabumi, Kepala Gudang Farmasi Dinkes Kabupaten Sukabumi dan Kepala Laboratorium Kesehatan Daerah Kabupaten Sukabumi.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Sukabumi, Agus Sanusi mengatakan, rapat dinas ini dilaksanakan guna mewujudkan sinergitas dan integrasi yang baik dari semua unsur khususnya unsur Dinkes dengan puskesmas, dalam mendukung pelayanan kesehatan yang baik kepada masyarakat.

"Awal tahun ini merupakan momen yang baik untuk kita bisa bersama-sama memantapkan rencana proses yang sudah kita susun diakhir tahun yang lalu, sehingga semuanya yakin di tahun 2024 ini kita dapat melaksanakannya dengan lebih baik lagi," ujarnya kepada sukabumiupdate.com.

Menurut Agus, dalam memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat, jajaran Dinkes dan Puskesmas harus meyakinkan bahwa semuanya sudah disiapkan baik sarana prasarana, SDM maupun anggaran.

"Dalam pemenuhan sarana prasarana maupun SDM, kita harus benar benar memahami mana yang dapat difasilitasi dinas kesehatan dan mana yang swakelola oleh puskesmas masing-masing dengan menggunakan anggaran pendapatannya," katanya.

Demikian juga dalam pengelolaan keuangan, Agus menyebut jajarannya harus benar-benar memahami regulasi yang ada sehingga bisa sama sama aman dalam menjalankannya.

"Regulasi apa yang belum ada mari identifikasi dan upayakan regulasi itu tersedia untuk memayungi kerja kita," jelasnya.

Agus menyebut, momen acara rapat dinas ini harus dioptimalkan untuk saling memberikan informasi dan solusi, berdiskusi membahas bagaimana teknis pengadaan, pembelanjaan dan pelaporannya.

"Jangan sampai di akhir kita mendapatkan masalah karena kekurangpahaman kita dalam melaksanakannya. mungkin nanti secara teknis akan dibahas oleh pak sekretaris dinas kesehatan, para kepala bidang dan kasubag," paparnya.

"Jadi 3 hal yang saya tekankan dalam hal ini, yaitu tentang kesiapan regulasi, pemenuhan sarana prasarana, pemenuhan sumber daya manusia, proses pengadaan atau pembelanjaan dan pelaporannya," lanjutnya.

Selain itu, kata Agus, keberhasilan pembangunan kesehatan sangat ditentukan oleh upaya yang berkesinambungan yang dilaksanakan oleh berbagai pihak, semua harus berupaya melakukan perbaikan dari apa yang masih menjadi kekurangan.

"Dan kita harus terus bersama sama melakukan peningkatan, dengan mendaya gunakan segenap potensi yang ada, baik di tingkat dinas maupun puskesmas," ucapnya.

Tak hanya itu, Agus menyatakan keberhasilan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang berkualitas tentunya akan memberi dampak terhadap status kesehatan masyarakat, yang terukur dari indeks kesehatan masyarakat dan indeks kesejahteraan masyarakat (IKM).

"Dengan meningkatnya angka harapan hidup, menurunnya angka kematian ibu dan bayi, dan zero new stunting pada anak anak penerus bangsa ini," tegasnya.

"Sekali lagi saya berharap semoga rapat dinas ini dapat memberi manfaat, dilaksanakan dengan penuh keseriusan dan menghasilkan sesuatu yang bisa kita jadikan bahan perbaikan kedepan," tambahnya.

Tak hanya itu, pada kesempatan tersebut, Agus menyampaikan selamat kepada yang purnabakti, yang mendapat rotasi, mutasi maupun promosi.

"Semoga Allah memberikan yang terbaik kepada kita semua dan pada hari ini saya secara pribadi maupun kedinasan menghaturkan beribu terimakasih yang tak terhingga atas dedikasi pengabdiannya pada dinas kesehatan," ucapnya.

"Semoga yang purnabakti senantiasa diberikan kesehatan, keberkahan dan kebahagiaan, dan yang rotasi, mutasi maupun promosi diberikan kelancaran kesehatan dalam menjalankan tugasnya," pungkasnya menambahkan. (ADV).

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
DPRD Kab. Sukabumi16 Juli 2024, 21:43 WIB

4 Pabrik di Sukabumi Gulung Tikar Gegara Krisis Ekonomi Global, Ini Respons DPRD

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar soal badai PHK dan empat pabrik tutup akibat resesi ekonomi global.
Hera Iskandar, Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : SU
Sehat16 Juli 2024, 21:15 WIB

KKI Sambut Aturan Baru Label Bahaya BPA, Desak BPOM Lakukan Sosialisasi

Komunitas Konsumen Indonesia (KKI) menyambut baik terbitnya revisi peraturan BPOM tentang label label peringatan bahaya BPA pada galon air minum.
Ilustrasi. BPOM terbitkan aturan baru terkait label peringatan bahaya BPD pada galon air minum bermerek dengan bahan polikarbonat. (Sumber : iStock)
Life16 Juli 2024, 21:00 WIB

7 Ciri Orang yang Memiliki Pengalaman Trauma Masa Kecil, Kamu Salah Satunya?

Memahami dan mengenali ciri-ciri orang yang memiliki pengalaman trauma masa kecil adalah langkah pertama yang penting dalam memberikan dukungan dan intervensi yang diperlukan.
Ilustrasi - Memahami dan mengenali ciri-ciri orang yang memiliki pengalaman trauma masa kecil adalah langkah pertama yang penting dalam memberikan dukungan dan intervensi yang diperlukan. (Sumber : pexels.com/@Min An).
Kecantikan16 Juli 2024, 20:30 WIB

Serum Wajah: Jenis, Manfaat dan Tips Memilih yang Cocok untuk Kulit

Serum wajah adalah tambahan yang efektif untuk rutinitas perawatan kulit, menawarkan manfaat yang spesifik untuk berbagai masalah kulit.
Ilustrasi. Serum untuk Perawatan Kulit Wajah (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi16 Juli 2024, 20:29 WIB

Heboh Tabung Sampel Darah dan Jarum Suntik Tercecer di Jalanan Parungkuda Sukabumi

Berikut kesaksian warga terkait penemuan barang diduga limbah medis berupa tabung sampel darah hingga jarum suntik bekas yang tercecer di Parungkuda Sukabumi.
Tabung sampel darah hingga jarum suntik ditemukan tercecer di jalan Kompa-Cipanggulaan, Parungkuda Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi16 Juli 2024, 20:16 WIB

UPTD PU Monitoring 3 Lokasi Pekerjaan Perbaikan Jalan di Jampangkulon Sukabumi

UPTD PU Wilayah Jampangkulon, melakukan monitoring pelaksanaan kegiatan di bawah bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi
UPTD PU Jampangkulon Sukabumi lakukan monitoring pekerjaan perbaikan jalan | Foto : Ragil Gilang
Life16 Juli 2024, 20:00 WIB

6 Kisah Misteri Leuweung Sancang yang Disebut Tempat Menghilangnya Prabu Siliwangi

Leuweung Sancang, sebuah hutan lindung di Garut, Jawa Barat, menyimpan legenda yang erat kaitannya dengan sosok Prabu Siliwangi, raja ternama Kerajaan Padjajaran.
Ilustrasi - Leuweung Sancang, sebuah hutan lindung di Garut, Jawa Barat, menyimpan legenda yang erat kaitannya dengan sosok Prabu Siliwangi, raja ternama Kerajaan Padjajaran.  (Sumber : Pixabay.com/@AlanFrijns/Istimewa)
Sukabumi Memilih16 Juli 2024, 19:54 WIB

Kang Icak Buka Suara Soal Dukungan Golkar Ke Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Politisi senior Golkar Jawa Barat, Phinera Wijaya, menyatakan bahwa partai Golkar memastikan akan mendukung kader dalam perhelatan Pilkada Kabupaten 2024.
Phinera Wijaya atau Kang Icak, Anggota Fraksi Golkar DPRD Jawa Barat | Foto : Asep Awaludin
Kecantikan16 Juli 2024, 19:30 WIB

9 Manfaat Masker Jelly untuk Perawatan Kulit Wajah dan Tips Menggunakannya

Masker jelly bisa membantu memberikan hidrasi mendalam dan membantu menjaga kelembaban kulit, menjadikan kulit tampak lebih segar dan kenyal.
Ilustrasi Memakai Masker Wajah (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi16 Juli 2024, 19:26 WIB

Respons Dispar Soal Pelecehan Seksual Finalis Putri Nelayan Palabuhanratu Sukabumi

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi Jujun Juaeni berharap pihak kepolisian bisa memproses secepatnya kasus dugaan pemerkosaan ini.
Jujun Juaeni, Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa