Disangka Geng Motor, 3 Warga Bogor Nyaris Dihakimi Massa di Ciutara Sukabumi

Selasa 27 Februari 2024, 01:48 WIB
Tangkapan layar video 3 pemuda asal Bogor ditangkap dan nyaris dihakimi massa di Ciutara Sukabumi. (Sumber : Istimewa)

Tangkapan layar video 3 pemuda asal Bogor ditangkap dan nyaris dihakimi massa di Ciutara Sukabumi. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Beredar cuplikan video yang memperlihatkan tiga orang pemuda ditangkap dan nyaris dihakimi massa di Jalan Ciutara, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi karena disangka anggota geng motor.

Informasi yang dihimpun, peristiwa itu terjadi pada Minggu dini hari 25 Februari 2024, sekitar pukul 03.00 WIB tepatnya di Kampung Ciutara, Desa Pondokkaso Landeuh.

Kapolsek Parungkuda Kompol Aah Hermawan membenarkan adanya kejadian dalam video itu. Ia menyebut kronologi bermula saat tiga orang pemuda asal Bogor berinisial MM (17 tahun), MN (21 tahun) dan MR (18 tahun) mengendarai motor Yamaha X-Ride bonceng tiga dari arah Sukabumi menuju Bogor.

Saat itu, mereka tengah beriringan dengan dua motor lainnya. Sesampainya di lokasi kejadian, lanjut Aah, ketiga motor itu diadang warga karena dicurigai anggota geng motor. Celakanya, mereka malah melarikan diri sehingga mengakibatkan kecurigaan warga makin menguat.

"Warga spontan menduga bahwa rombongan tersebut diduga geng motor, lalu warga memberhentikan rombongan tersebut namun melarikan diri," kata Aah kepada sukabumiupdate.com, Senin (26/2/2024).

Baca Juga: 12 Pelajar Sukabumi Diserahkan Ortu dan Guru ke Polisi Gegara Hendak Tawuran

Alhasil warga kemudian melakukan pengejaran hingga MM salah satu pengendara Yamaha X-Ride terjatuh dari motornya dan ditangkap seperti dalam video yang beredar.

“Salah satu pengendara sepeda motor yang ditunggangi oleh tiga orang terjatuh, kemudian masyarakat mencoba untuk menghakimi akan tetapi dapat dicegah oleh personil Polsek yang bersiaga di Kampung Ciutara bersama warga," tuturnya.

Setelah kejadian itu, Aah menuturkan, anggotanya mengamankan dua remaja pengendara motor Yamaha X-Ride lainnya ke Mako Polsek Parungkuda, sedangkan MM diberikan pertolongan medis karena mengalami luka akibat terjatuh dari sepeda motor.

"Selanjutnya ketiga orang tersebut dimintai keterangan apakah ada keterlibatan dengan kelompok geng motor," terangnya.

Berdasarkan hasil interogasi dari ketiganya, Aah menyebut tidak didapatkan keterlibatan dengan kelompok geng motor dan tidak didapati adanya senjata tajam. Ketiganya kemudian diperkenankan pulang.

Lebih lanjut Aah mengungkapkan, adanya aksi main hakim sendiri itu akibat sehari sebelumnya warga Kampung Ciutara, Desa Pondokkaso Landeuh mendapatkan ancaman dari sekelompok gerombolan bermotor yang membawa senjata tajam.

Menurut Aah, ancaman itu diduga dipicu kesalahpahaman. Kelompok bermotor tak terima ditegur warga yang saat itu melaksanakan ronda malam.

“Hari Sabtu Tanggal 24 Februari 2024 Sekira Pukul 03.00 WIB dinihari terjadi kesalahpahaman antara warga kampung itu dengan sekelompok pengendara Sepeda Motor,” kata dia.

“Diduga sewaktu ditegur oleh warga yang melaksanakan ronda malam dan masa (kelompok bermotor) tidak terima kemudian mengeluarkan senjata tajam dengan meneriakan ancaman bahwa pada malam Minggu akan melakukan penyerangan terhadap warga,” jelasnya.

Warga kemudian memberitahukan kejadian tersebut ke Polsek dan Forkopincam Parungkuda.

"Menyikapinya, Forkopimcam, kades dan Staff, RT, RW serta perwakilan warga mengadakan pertemuan untuk mengantisipasi kejadian serupa di Aula Balai desa Pondokkaso Landeuh," katanya.

"Dan sekira malam harinya atau sekitar pukul 23.00 WIB, Forkopimcam dan warga Kampung Ciutara mengadakan ronda malam," pungkasnya menambahkan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi03 Mei 2024, 21:46 WIB

5 Perangkat Daerah Kabupaten Sukabumi Akan Dinilai Ombudsman, Ini Arahan Sekda

5 perangkat daerah Kabupaten Sukabumi yang akan dinilai Ombudsman yaitu DPMPTSP, Dinsos, Dinkes, Disdik dan Disdukcapil.
Sekda kabupaten Sukabumi Ade Suryaman, memimpin rapat pembahasan persiapan penilaian pelayanan publik oleh Ombudsman. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Life03 Mei 2024, 21:00 WIB

12 Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar

Berikut Beberapa Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. Meskipun Hati Sangat Kesal pada Mereka, Coba untuk Tetap Empati Ya!
Ilustrasi. Pasangan bertengkar. Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. (Sumber : Freepik.com)
Sehat03 Mei 2024, 20:30 WIB

7 Daun yang Berkhasiat Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi daun kelor. Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Instagram/@dina_dara_chadank)
Sukabumi03 Mei 2024, 20:08 WIB

Kronologi Pasutri Tewas Tertabrak KA Siliwangi di Sukabumi, Korban Sudah Diteriaki

Warga ceritakan detik-detik suami istri tewas tertabrak kereta api KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi.
Tempat Kejadian Perkara Pasutri tertabrak kereta api di Kampung Babakansirna, Rt 03/04, Desa/Kecamatan Kebonpedes, Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Keuangan03 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!

Waspada Terhadap Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!
Finansial Terbatas. Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidup Miskin | Foto : Karolina Grabowska/Pexels
Gadget03 Mei 2024, 19:30 WIB

Begini Langkahnya, 7 Tips Mengatasi Memori Internal yang Penuh di HP Android

Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.
Ilustrasi. Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.(Sumber : Freepik/@rawpixel.com)
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 19:11 WIB

Pelajar Sukabumi Darurat Kekerasan Seksual, DPRD: Penguatan Ilmu Agama, Sekolah dan Rumah

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Budi Azhar merespon dua kasus kekerasan seksual yang melibatkan pelajar.
Budi Azhar Mutawalli, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto: Aji
Sukabumi Memilih03 Mei 2024, 19:10 WIB

50 Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Hasil Pemilu 2024 Ditetapkan, Berikut Daftar Namanya

Sah! Berikut daftar nama Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024.
KPU gelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi parpol dan penetapan calon angggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024, Kamis 2 Mei 2024. (Sumber : Istimewa)
Life03 Mei 2024, 19:00 WIB

Biasa Menjadi Luar Biasa: 10 Kebiasaan Kecil yang Membuatmu Dihormati dan Disegani

Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha.
Ilustrasi -Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha. (Sumber : pexels.com/Alexander Suhorucov)
Nasional03 Mei 2024, 18:35 WIB

57 Pemimpin Redaksi Deklarasi ICEC di Hari Pers Internasional, Cek Visi dan Misinya!

ICEC sendiri bertujuan untuk bertukar ide dan keahlian dalam mengelola dan memimpin media. Selain itu, untuk membangun redaksi yang berpihak pada kepentingan publik.
Perwakilan dari 57 Pemimpin Redaksi meneken deklarasi Perhimpunan Pemimpin Redaksi Indonesia (Indonesia Chief Editors Club/ICEC). (Sumber: istimewa)