Disangka Geng Motor, 3 Warga Bogor Nyaris Dihakimi Massa di Ciutara Sukabumi

Selasa 27 Februari 2024, 01:48 WIB
Tangkapan layar video 3 pemuda asal Bogor ditangkap dan nyaris dihakimi massa di Ciutara Sukabumi. (Sumber : Istimewa)

Tangkapan layar video 3 pemuda asal Bogor ditangkap dan nyaris dihakimi massa di Ciutara Sukabumi. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Beredar cuplikan video yang memperlihatkan tiga orang pemuda ditangkap dan nyaris dihakimi massa di Jalan Ciutara, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi karena disangka anggota geng motor.

Informasi yang dihimpun, peristiwa itu terjadi pada Minggu dini hari 25 Februari 2024, sekitar pukul 03.00 WIB tepatnya di Kampung Ciutara, Desa Pondokkaso Landeuh.

Kapolsek Parungkuda Kompol Aah Hermawan membenarkan adanya kejadian dalam video itu. Ia menyebut kronologi bermula saat tiga orang pemuda asal Bogor berinisial MM (17 tahun), MN (21 tahun) dan MR (18 tahun) mengendarai motor Yamaha X-Ride bonceng tiga dari arah Sukabumi menuju Bogor.

Saat itu, mereka tengah beriringan dengan dua motor lainnya. Sesampainya di lokasi kejadian, lanjut Aah, ketiga motor itu diadang warga karena dicurigai anggota geng motor. Celakanya, mereka malah melarikan diri sehingga mengakibatkan kecurigaan warga makin menguat.

"Warga spontan menduga bahwa rombongan tersebut diduga geng motor, lalu warga memberhentikan rombongan tersebut namun melarikan diri," kata Aah kepada sukabumiupdate.com, Senin (26/2/2024).

Baca Juga: 12 Pelajar Sukabumi Diserahkan Ortu dan Guru ke Polisi Gegara Hendak Tawuran

Alhasil warga kemudian melakukan pengejaran hingga MM salah satu pengendara Yamaha X-Ride terjatuh dari motornya dan ditangkap seperti dalam video yang beredar.

“Salah satu pengendara sepeda motor yang ditunggangi oleh tiga orang terjatuh, kemudian masyarakat mencoba untuk menghakimi akan tetapi dapat dicegah oleh personil Polsek yang bersiaga di Kampung Ciutara bersama warga," tuturnya.

Setelah kejadian itu, Aah menuturkan, anggotanya mengamankan dua remaja pengendara motor Yamaha X-Ride lainnya ke Mako Polsek Parungkuda, sedangkan MM diberikan pertolongan medis karena mengalami luka akibat terjatuh dari sepeda motor.

"Selanjutnya ketiga orang tersebut dimintai keterangan apakah ada keterlibatan dengan kelompok geng motor," terangnya.

Berdasarkan hasil interogasi dari ketiganya, Aah menyebut tidak didapatkan keterlibatan dengan kelompok geng motor dan tidak didapati adanya senjata tajam. Ketiganya kemudian diperkenankan pulang.

Lebih lanjut Aah mengungkapkan, adanya aksi main hakim sendiri itu akibat sehari sebelumnya warga Kampung Ciutara, Desa Pondokkaso Landeuh mendapatkan ancaman dari sekelompok gerombolan bermotor yang membawa senjata tajam.

Menurut Aah, ancaman itu diduga dipicu kesalahpahaman. Kelompok bermotor tak terima ditegur warga yang saat itu melaksanakan ronda malam.

“Hari Sabtu Tanggal 24 Februari 2024 Sekira Pukul 03.00 WIB dinihari terjadi kesalahpahaman antara warga kampung itu dengan sekelompok pengendara Sepeda Motor,” kata dia.

“Diduga sewaktu ditegur oleh warga yang melaksanakan ronda malam dan masa (kelompok bermotor) tidak terima kemudian mengeluarkan senjata tajam dengan meneriakan ancaman bahwa pada malam Minggu akan melakukan penyerangan terhadap warga,” jelasnya.

Warga kemudian memberitahukan kejadian tersebut ke Polsek dan Forkopincam Parungkuda.

"Menyikapinya, Forkopimcam, kades dan Staff, RT, RW serta perwakilan warga mengadakan pertemuan untuk mengantisipasi kejadian serupa di Aula Balai desa Pondokkaso Landeuh," katanya.

"Dan sekira malam harinya atau sekitar pukul 23.00 WIB, Forkopimcam dan warga Kampung Ciutara mengadakan ronda malam," pungkasnya menambahkan.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi19 Juli 2024, 23:32 WIB

Identitas Wanita Korban Tabrak Lari di Parungkuda Sukabumi Terungkap

Keluarga korban tabrak lari di Parungkuda Sukabumi berharap polisi bisa menangkap pelaku.
Polisi saat olah TKP kasus kecelakaan yang menewaskan seorang wanita usai disambar mobil di Jalan Raya Sukabumi-Bogor, Parungkuda Sukabumi. (Sumber Foto : Istimewa)
Nasional19 Juli 2024, 22:41 WIB

Wanita Sukabumi Ini Ditangkap Bareskrim Karena Terlibat Kasus Scam Online Internasional

Berikut peran dari Wanita Sukabumi yang ditangkap Bareskrim Polri saat pulang kampung karena terlibat kasus Scam Online Internasional Jaringan Dubai.
Kasubdit II Dittipidsiber Bareskrim Polri Kombes Alfis Suhaili saat konpers terkait penangkapan wanita Sukabumi tersangka scam online internasional di Gedung Bareskrim, Jakarta Selatan, Jumat (19/7/2024). (Sumber : Humas Polri)
Sehat19 Juli 2024, 21:44 WIB

BPA pada Kemasan Air Minum Dilarang, Uni Eropa Resmi Terapkan Akhir 2024

Sebanyak 27 negara maju yang bergabung dalam Uni Eropa tegas menyatakan, BPA sudah tidak boleh lagi digunakan mulai akhir tahun 2024.
(Foto Ilustrasi) Uni Eropa mengeluarkan aturan terkait penggunaan BPA pada kemasan galon isi ulang. | Foto: Istimewa
Life19 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Cara Mendidik Anak ADHD dengan Pola Pengasuhan yang Efektif dan Tepat

Beberapa pengasuhan yang tepat untuk mendidik anak ADHD adalah solusi yang bisa dilakukan.
Ilustrasi - Beberapa pengasuhan yang tepat untuk mendidik anak ADHD adalah solusi yang bisa dilakukan. (Sumber : unsplash.com/@Séan Gorman)
Sukabumi19 Juli 2024, 20:53 WIB

Resmi Jadi Kapolres Sukabumi Kota, Ini Pesan AKBP Rita Suwadi

Kedatangan AKBP Rita Suwadi sebagai Kapolres Sukabumi Kota baru disambut polisi cilik dan tradisi pedang pora.
Tradisi pedang pora sambut kedatangan AKBP Rita Suwadi sebagai Kapolres Sukabumi Kota yang baru. (Sumber : Istimewa)
DPRD Kab. Sukabumi19 Juli 2024, 20:32 WIB

Harapan Anggota DPRD Sukabumi Terkait Penyelenggaraan Healthy Cities Summit 2024

Harapan dan pesan Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Badri Suhendi terkait penyelenggaraan event HCS 2024 pada 28-31 Juli 2024 mendatang.
Badri Suhendi, Anggota Komisi I DPRD Fraksi Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto: dok setwan
Sukabumi19 Juli 2024, 20:00 WIB

Terekam CCTV, Wanita Tanpa Identitas Tewas Ditabrak Lari Mobil di Parungkuda Sukabumi

Berikut keterangan Polisi terkait insiden wanita tanpa identitas tewas ditabrak lari mobil saat menyeberang jalan di Parungkuda Sukabumi.
Wanita tanpa identitas jadi korban tabrak lari mobil di Jalan Raya Sukabumi-Bogor tepatnya di Parungkuda Sukabumi. (Sumber Foto: Tangkapan layar CCTV/Istimewa)
Life19 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Ciri Kamu Sebenarnya Adalah Orang Baik Jika Dilihat dari Kebiasaan Sehari-hari

Menilai apakah seseorang adalah orang baik bisa dilihat dari kebiasaan sehari-hari mereka.
Ilustrasi - Menilai apakah seseorang adalah orang baik bisa dilihat dari kebiasaan sehari-hari mereka. (Sumber : Freepik.com)
Nasional19 Juli 2024, 19:35 WIB

Kronologi Helikopter Jatuh di Bali Diduga akibat Terlilit Tali Layangan

Berikut kronologi dan kondisi penumpang helikopter wisata yang jatuh di Bali. Kecelakaan ini diduga akibat baling-baling terlilit tali layangan.
Helikopter jatuh tidak lama lepas landas dari Helipad GWK, Bali pada Jumat (19/7/2024) pukul 14.33 WIB. (Sumber : Istimewa)
Sehat19 Juli 2024, 19:00 WIB

Tak Hanya Susu Saja, Ini 8 Makanan yang Dapat Membantu Memperkuat Tulang

Makanan sangat berpengaruh dalam membantu menjaga kesehatan tulang.
Ilustrasi Salmon  - Makanan sangat berpengaruh dalam membantu menjaga kesehatan tulang. (Sumber : pexels.com/Valeria Boltneva)