Viral, Warga Sakit Ditandu Lewati Jalan Berlumpur di Tegalbuleud Sukabumi

Minggu 07 Januari 2024, 09:48 WIB
Pasien ditandu melewati jalan rusak dan berlumpur di Sumberjaya Tegalbuleud Sukabumi | Foto : capture video Ragil Gilang

Pasien ditandu melewati jalan rusak dan berlumpur di Sumberjaya Tegalbuleud Sukabumi | Foto : capture video Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Viral video di media sosial Facebook, seorang warga di Kampung Sidodadi RT 01/06 Dusun Cilampahan, Desa Sumberjaya, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi ditandu oleh sejumlah warga melintasi jalan rusak karena sakit.

Saat dikonfirmasi sukabumiupdate.com, Yusuf (33 tahun) membenarkan bahwa video tersebut diunggah di Medsos oleh dirinya sendiri. Yusuf mengatakan warga yang sakit (pasien) yang ditandu tersebut adalah Ibunya sendiri, bernama Ningsih (55 tahun).

Kata Yusuf, Ibunya baru pulang berobat dari RS Hasan Sadikin, pada Jumat (5/1/2024), pukul 06.00 WIB.

Yusuf menuturkan, sebelumnya, ibunya, pernah dirawat di RS Jampangkulon, pada 29 Oktober 202 lalu, kemudian dirujuk ke RS Hasan Sadikin pada 1 November 2023. "Ibu saya menderita komplikasi dan meningitis sehingga harus dioperasi pada tulang punggungnya," ungkap Yusuf, Minggu ( 7/1/2024).

Baca Juga: DPRD Minta Drainase Diperbaiki, Proyek Gudang di Cicurug Sukabumi Picu Banjir

Terkait dengan kondisi jalan yang rusak seperti terlihat dalam video, menurut Yusuf, ada tiga kedusunan yang akses jalannya sangat sulit dilintasi, yaitu Dusun Cilampahan, Kiaralawang, dan Kiarasapi.

"Memang ada jalan desa dengan jarak sekitar 15 kilometer ke jalan nasional Tegalbuleud, berupa pengerasan atau balasan, namun kondisinya sudah rusak, sedangkan lewat jalan perkebunan hanya 7 kilometer, dengan kondisi jalan tanah. Kedua akses jalan tersebut sangat sulit dilewati kendaraan, apalagi kendaraan kecil, baik saat musim kemarau, apalagi musim hujan, kecuali kendaraan truk," ungkapnya.

Oleh karenanya, ujar Yusuf, warga di ketiga kedusunan tersebut, kalau ada yang sakit, memilih untuk menandu lewat jalan perkebunan. Sebelumnya, pada malam Jumatnya juga ada pasien yang meninggal di RS Hasan Sadikin, dibawa dengan ditandu lewat jalan itu.

Kepala Seksi Binwas Kecamatan Tegalbuleud Leni Nurliah mengakui bahwa pihak Kecamatan Tegalbuleud, Pemda Kabupaten Sukabumi, serta Pemdes sudah mengetahui viralnya video tersebut. Saat ini, kata Leni, pihaknya sedang berusaha untuk komunikasi dengan pihak perkebunan PTPN 8 Cikaso.

"Akses jalan yang digunakan warga adalah jalan perkebunan, bukan jalan desa, Pemdes tidak punya hak untuk memperbaikinya, kecuali ada kesepakatan Hak Guna Pakai (HGP) dengan pihak perkebunan, inilah yang akan kami tempuh dan berkomunikasi dengan perkebunan," ucap Leni kepada sukabumiupdate.com.

Baca Juga: Terpaksa Jalan Kaki, Curhat Penumpang Usai Angkot Cibadak Sukabumi Mogok Narik

Hal itu pun, sambung Leni, sudah dilaporkan kepada pak Bupati Sukabumi, dan beliau pun sudah merespon dan sudah menginstruksikan langsung kepada Dinas Perkim, DPMD, serta Dinas PU untuk menindaklanjuti dan mengecek kelapangan.

"Hari Senin besok, akan dicek kelapangan, dan berkomunikasi dengan pihak perkebunan. Kepala Desa Sumberjaya pun sudah mulai bergerak melakukan komunikasi, dan koordinasi," terangnya.

"Kalaupun ada kesepakatan dalam Hak Guna Pakai. Pihak perkebunan memperbolehkan untuk dibangun jalan tersebut, nanti juga akan dilihat dan berkoordinasi dengan dinas terkait, apakah menggunakan DD atau ADD, nanti akan dilihat regulasinya," imbuhnya.

Hingga berita ini diterbitkan, sukabumiupdate.com suda berusaha konfirmasi ke Kepala Desa Sumberjaya, namun belum ada balasan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional07 Mei 2024, 10:04 WIB

Deklarasi Oposisi! Tiga Poin Ganjar Pranowo untuk Pemerintahan Prabowo-Gibran

Pernyataan ini disampaikan Ganjar dalam sambutan kepada TPN Ganjar-Mahfud.
Ganjar Pranowo menyatakan oposisi terhadap pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. | Foto: Istimewa
Life07 Mei 2024, 10:00 WIB

Kemampuan Mengatasi Kegagalan, 7 Ciri Orang yang Akan Sukses di Masa Depan

Orang yang akan sukses di masa depan menunjukan ciri-ciri yang dapat dikenali.
Orang yang akan sukses di masa depan menunjukan ciri-ciri yang dapat dikenali. | (Sumber : Freepik.com/@kues)
Keuangan07 Mei 2024, 09:30 WIB

7 Tantangan Orang Kaya Agar Tidak Jatuh Miskin, Jangan Lengah!

Dengan manajemen keuangan yang tepat, disiplin, dan perencanaan yang baik, orang kaya dapat memitigasi risiko dan menjaga kekayaan mereka dari kemungkinan jatuh miskin.
Ilustrasi. Orang kaya. Ada beberapa faktor yang bisa memengaruhi stabilitas keuangan seseorang meskipun memiliki kekayaan yang substansial. (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Sehat07 Mei 2024, 09:00 WIB

6 Bahan Alami yang Efektif Mengatasi Sakit Lambung, Maag dan Gangguan Pencernaan

Anda dapat mengatasi asam lambung dan meningkatkan kualitas hidup Anda dengan mengonsumsi bahan-bahan alami.
Ilustrasi Teh Chamomil - Anda dapat mengatasi asam lambung dan meningkatkan kualitas hidup Anda dengan mengonsumsi bahan-bahan alami.  (Sumber : Freepik.com/@8photo)
Nasional07 Mei 2024, 08:54 WIB

Tak Masuk Akal, Drh Slamet Kritik Rencana Impor Beras Akibat Gelombang Panas

Slamet menyebut kondisi negara-negara pengimpor lebih parah ketimbang Indonesia.
Anggota Komisi IV DPR RI F-PKS drh Slamet mengkritik rencana impor beras yang diusulkan pemerintah pada tahun ini. | Foto: Istimewa
Sukabumi07 Mei 2024, 08:30 WIB

Kota Sukabumi dalam Musrenbangnas 2024, Sinkronisasi dan Koordinasi Pembangunan

Kusmana akan bersinergi dengan pemerintah pusat dalam melaksanakan program.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji (kanan) dan Kepala BAPPEDA Kota Sukabumi Asep Suhendrawan (kiri) hadir dalam Musrenbangnas 2024, Senin, 6 Mei 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sehat07 Mei 2024, 08:00 WIB

Tetap Hati-hati, Ini 7 Tantangan Hidup Sehat Bagi Penderita Asam Lambung

Stres dapat meningkatkan produksi asam lambung dalam tubuh, sehingga dapat memperburuk gejala asam lambung.
Ilustrasi - Sakit Perut. Tantangan Hidup Sehat Bagi Penderita Asam Lambung. (Sumber : Freepik.com/@diana.grytsku)
Life07 Mei 2024, 07:00 WIB

7 Ciri Anak Stres Karena Memiliki Masalah di Sekolah, Tingkahnya Beda!

Anak yang bermasalah di sekolah bisa kehilangan nafsu makan atau makan berlebihan sebagai respons terhadap stres, dan juga mungkin memiliki masalah tidur, seperti kesulitan tidur atau terbangun dalam tidur.
Ilustrasi. Ciri Anak Stres Karena Memiliki Masalah di Sekolah (Sumber : pixabay.com/@ธนาวุธเกตุชีพ)
Sehat07 Mei 2024, 06:00 WIB

5 Air Rebusan untuk Mengobati Asam Lambung Secara Alami

Cara membuat air rebusan untuk mengobati asam lambung bisa dengan mencampurkan salah satu atau beberapa bahan alami berikut ke dalam air panas, biarkan meresap beberapa saat, kemudian saring dan minum air rebusan tersebut.
Ilustrasi. Jahe. Air Rebusan untuk Mengobati Asam Lambung Secara Alami (Sumber : Freepik)
Science07 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 7 Mei 2024, Sukabumi Cerah dari Pagi Hingga Malam

Prakiraan cuaca tanggal 7 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi
Ilustrasi. Prakiraan cuaca tanggal 7 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi. | Foto: Pixabay/yeskay1211