Kronologi Kebakaran Rumah di Cibadak Sukabumi, Korban Alami Luka Bakar 27 Persen

Senin 20 November 2023, 18:34 WIB
Sopian, korban kebakaran rumah di Cibadak Sukabumi alami luka bakar hingga 27 persen | Foto : Ibnu Sanubari

Sopian, korban kebakaran rumah di Cibadak Sukabumi alami luka bakar hingga 27 persen | Foto : Ibnu Sanubari

SUKABUMIUPDAte.com - Rismawati (33 tahun), istri dari Sopian (35 tahun), menceritakan awal mula api melalap rumah mereka, tepatnya di Kampung Pancalikan RT 02/15, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Minggu, 19 November 2023, sekitar pukul 19.50 WIB.

Diketahui, Risma dan Sopian memiliki warung yang menyediakan berbagai jajanan; seperti  seblak, cilok, dan jajanan anak-anak lainya.

Menurut Risma, waktu kejadian, ia sedang bersiap makan bersama keluarga. Ia mengetahui salah satu kompor tidak berfungsi normal dengan adanya suara bunyi gas (bocor), meskipun gasnya baru dibeli.

Sedangkan saat itu, kata Risma, satu kompor masih digunakan oleh keponakannya yang sedang memasak seblak. Ia sempat menyarankan untuk menunda dan cabut regulatornya.

Kemudian, kata Risma, suaminya (Pian Sopian) berinisiatif mencabut regulator gas tersebut. Namun saat mencabut regulator itu, api tiba-tiba menyambar dan membakar Sopian.

Baca Juga: Undercover.co.id: SEO Strategi Digital untuk Kemenangan Bisnis

"Suami saya langsung melompat keluar jendela untuk menyelamatkan diri, mengingat pintu depan tidak bisa digunakan karena terhalang api," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Senin (20/11/2023).

Selain itu, tambah Risma, kakak perempuan Sopian mengalami luka terkilir, sementara kakak laki-laki mengalami luka bakar pada bagian kaki dan tangan.

Sementara itu, terkait kondisi korban terbakar, Humas RSUD Sekarwangi, Muhammad Rizal Perdana mengonfirmasi bahwa Pian Sopian telah dirawat di rumah sakit setempat sejak pukul 20.00 WIB, tadi malam.

"Luka bakarnya mencapai sekitar 27 persen di bagian wajah dan tangan. Kita akan melakukan operasi besok setelah dilakukan pemeriksaan dokter," jelasnya.

Meski awalnya akan dirujuk ke RSUD R. Syamsudin, keluarga meminta penanganan di rumah sakit terdekat. "Proses pemeriksaan telah dilakukan, dan operasi akan dilaksanakan besok oleh dokter bedah," pungkasnya.

Baca Juga: Hari Anak Sedunia 2023: "Untuk Setiap Anak Setiap Hak", Bagaimana di Gaza?

Sebelumnya diberitakan, kebakaran menghanguskan rumah warga di Kampung Pancalikan RT 02/15 Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Minggu, 19 November 2023 sekira pukul 19.50 WIB. Akibat kejadian ini satu orang dilarikan ke rumah sakit.

Wakil Danton Damkar Posko 4 Cibadak Asep Romal menerima laporan kebakaran sekira pukul 20.05 WIB. Saat tiba di lokasi, Asep menyatakan api sudah mengecil sehingga pihaknya tinggal melakukan pendinginan. Hampir 50 persen bangunan terbakar.

"Informasi ke damkar agak telat, tapi kita meluncurkan dua mobil damkar. Kita langsung melakukan penyisiran sekitar 10 menit, " kata Asep kepada sukabumiupdate.com.

Asep menyebut penanganan tidak mengalami kesulitan sehingga kebakaran rumah yang dihuni warga bernama Sopian bersama istrinya berhasil dipadamkan. Berdasarkan pengecekan, peristiwa ini diduga dipicu kelalaian dalam penggunaan gas LPG 3 kilogram.

"Pemilik rumah memiliki warung sehingga sumber api berasal dari kebocoran gas yang ada di warung dan akan digunakan untuk memasak," katanya.

Baca Juga: Rumah Sakit Indonesia di Gaza Diserang Tank Israel, 12 Orang Tewas

Menurut Asep, taksiran kerugian mencapai Rp 25 juta karena 50 persen bangunan rumah dan warung semi permanen dengan ukuran 6x6 meter milik Sopian hangus terbakar. Sopian saat ini berada di RSUD Sekarwangi karena mengalami luka bakar, ditemani istrinya.

"Pemilik rumah Pak Sopian sekarang dirawat di RSUD Sekarwangi akibat luka bakar di tangannya," ujar Asep.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional07 Mei 2024, 18:19 WIB

Nany Afrida dan Bayu Wardhana Terpilih Sebagai Ketum dan Sekjen AJI 2024-2027

Pemilu AJI 2024 telah memilih Nany Afrida dan Bayu Wardhana terpilih sebagai Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal Aliansi Jurnalis Independen (AJI) periode 2024-2027 melalui
Nany Afrida dan Bayu Wardhana terpilih sebagai Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal Aliansi Jurnalis Independen (AJI) periode 2024-2027 | Foto : Dok. AJI
Sukabumi07 Mei 2024, 18:18 WIB

Melihat Progres Pembangunan Exit Tol Bocimi Seksi 3 di Cisaat Sukabumi

Total lahan yang terdampak proyek pembangunan Exit Tol Bocimi seksi 3 di Desa Cibolang Kaler Cisaat Sukabumi kurang lebih sekitar 23 hektare.
Kondisi lahan di Cibolang Kaler, Cisaat Sukabumi yang dibersihkan untuk proyek pintu exit Tol Bocimi Seksi 3, Selasa (7/5/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Food & Travel07 Mei 2024, 18:15 WIB

Long Weekend Libur 9-10 Mei 2024, Glamping di Sukabumi Yuk! Ini Daftar Spotnya

Ada long weekend di depan mata, 9 dan 10 Mei 2024 libur. Mau kemana nih? glamping tipis-tipis di sukabumi aja, ada spot baru dan seru!
Glamping di puncak manis Kadudampit Sukabumi, Spot terbaru glamping di Sukabumi (Sumber: istimewa/aditya)
Sehat07 Mei 2024, 18:15 WIB

10 Penyebab yang Bisa Membuat Kepala Mudah Gatal, Harus Diwaspadai

Kepala yang mudah gatal bisa terasa seperti sensasi terbakar, terasa perih, atau rasa gatal yang intens di kulit kepala.
Ilustrasi kepala yang gatal (Sumber : pixabay.com / @nidzom)
Life07 Mei 2024, 18:00 WIB

3 Ayat Al-Quran untuk Memohon Selamat dan Terhindar dari Orang-orang Zalim

Doa ini terdapat dalam Al-Quran dan sangat bermanfaat untuk memohon selamat dan terhindar dari orang zalim.
Ilustrasi - Doa ini terdapat dalam Al-Quran dan sangat bermanfaat untuk memohon selamat dan terhindar dari orang zalim. | Foto : Pixabay
Food & Travel07 Mei 2024, 17:45 WIB

7 Tips Tetap Sehat Ketika Cuaca Panas yang Perlu Diketahui

Suhu panas saat ini sangat meningkat hingga mencapai kisaran 36 derajat. Suhu panas akan menyebabkan gangguan kesehatan pada tubuh dan mengganggu aktivitas di luar ruangan.
Ilustrasi cuaca panas yang sedang terjadi agar bisa menjaga kesehatan (Sumber : Freepik.com)
DPRD Kab. Sukabumi07 Mei 2024, 17:37 WIB

Anggota DPRD Badri Suhendi Puji Capaian Prestasi Damkar Kabupaten Sukabumi

nggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Badri Suhendi, memberikan apresiasi atas capaian prestasi yang luar biasa yang telah ditorehkan oleh petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar).
Badri Suhendi, Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi (Fraksi Demokrat) | Foto : Ilyas Supendi
Life07 Mei 2024, 17:30 WIB

10 Sikap yang Membuat Kamu Kehilangan Wibawa di Mata Orang Lain

Ada beberapa sikap yang dapat membuat kamu kehilangan wibawa di mata orang lain.
Ilustrasi - Ada beberapa sikap yang dapat membuat kamu kehilangan wibawa di mata orang lain. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi07 Mei 2024, 17:27 WIB

Jembatan Ambruk di Sukabumi, Lebih 3 Bulan Warga Nekat Turun ke Cadas Ngampar

Warga menanti perbaikan jembatan yang ambruk digerus luapan sungai cicatih pada Minggu 18 Februari 2024 silam.
Kiri; jembatan cicuwol mekarsari cicuruh saat ambruk. Kanan tiga bulan kemudian belum juga diperbaiki (Sumber: istimewa/warganet)
Sukabumi07 Mei 2024, 17:19 WIB

Kutuk Israel, Universitas Muhammadiyah Sukabumi Gelar Aksi Bela Palestina

Rektor UMMI Sukabumi Reny Sukmawani mengatakan, berbagai serangan, penindasan, pengusiran dan pembunuhan dilakukan Zionis Israel untuk menguasai tanah Palestina.
Aksi Bela Palestina dan Kutuk Israel yang digelar Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah (UMMI) Sukabumi. (Sumber : Istimewa)