Ancam 7 Rumah Warga, Kebakaran Kebun Jati di Geopark Ciletuh Sukabumi

Kamis 21 September 2023, 08:40 WIB
Kebakaran lahan di Kampung Nyomplong RT 05/03 Desa Mekarsakti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Rabu malam, 20 September 2023. | Foto: Istimewa

Kebakaran lahan di Kampung Nyomplong RT 05/03 Desa Mekarsakti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Rabu malam, 20 September 2023. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Kebakaran lahan terjadi di kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi. Peristiwa ini tepatnya terjadi di Kampung Nyomplong RT 05/03 Desa Mekarsakti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Rabu malam, 20 September 2023.

Camat Ciemas Usep Supelita mengatakan lahan yang terbakar adalah kebun pohon jati milik warga. Api pertama kali terlihat sekira pukul 20.30 WIB oleh saksi bernama Alu. Ketika itu Alu sedang melintasi Jalan Nyomplong-Cibadak dan melihat kebakaran.

"Api membesar karena angin sangat kencang. Semak belukar dan ilalang mulai kering sehingga api terus meluas dan membesar," kata dia kepada sukabumiupdate.com, Kamis (21/9/2023).

Lahan yang terbakar adalah milik Saripudin yang berdomisili di luar Desa Mekarasakti dengan luas yang hangus sekitar 3 hektare. Kebakaran ini merambat dan mengancam beberapa rumah warga yang berada tidak terlalu jauh dari lokasi kebun yang terbakar.

Baca Juga: Ditinggal ke Kebun, Rumah Panggung Warga Sagaranten Sukabumi Kebakaran

Usep menyebut terdapat tujuh rumah yang terancam yakni milik Liski (27 tahun) rumah panggung, Mahmudin (35 tahun) rumah permanen, Rohmat (36 tahun) rumah permanen, Encep (42 tahun) rumah permanen, Sunarwan (41 tahun) rumah permanen, Ahmad (50 tahun) rumah permanen, dan Sarah atau Kiroh (55 tahun) rumah permanen.

"Tak ada korban luka maupun jiwa dalam kejadian ini. Api yang merambat berhasil dipadamkan sekira pukul 23.30 WIB," ujarnya.

Unsur yang terlibat penangan di lokasi adalah Forkopimcam Ciemas, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Satpol PP, Damkar Unit Ciemas, Pemerintah Desa Mekarsakti, RAPI, P2BK, dan Warga setempat. "Kami masih memonitor kondisi hari ini," kata Usep.

Geopark Ciletuh Sukabumi atau lengkapnya Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark (CPUGGp) tersebar di 74 desa di delapan kecamatan Kabupaten Sukabumi yakni Cisolok, Cikakak, Palabuhanratu, Simpenan, Waluran, Ciemas, Ciracap, dan Surade.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat21 Februari 2024, 09:00 WIB

8 Makanan Terbaik untuk Mengurangi Risiko Terkena Alzheimer dan Demensia

Menurut beberapa penelitian, sejumlah makanan dipercaya mampu mengurangi seseorang terkena risiko penyakit Alzheimer dan Demensia.
Ilustrasi Berry - Menurut beberapa penelitian, sejumlah makanan dipercaya mampu mengurangi seseorang terkena risiko penyakit Alzheimer dan Demensia. (Sumber : pexels.com /@Josh Sorenson).
Life21 Februari 2024, 08:00 WIB

Sering Gunakan Emoji? Kepribadian Seseorang Dilihat dari Caranya Mengetik Pesan

Berikut ini kepribadian seseorang dilihat dari cara mereka mengetik pesan singkat
Ilustrasi - Sering Gunakan Emoji? Kepribadian Seseorang Dilihat dari Caranya Mengetik Pesan (Sumber : Freepik/tirachardz)
Produk21 Februari 2024, 07:25 WIB

Jelang Ramadan, Harga Cabai di Pasar Parungkuda Sukabumi Tembus Rp90 Ribu Per Kg

Pedagang ungkap penyebab semakin pedasnya harga cabai di Pasar Parungkuda Sukabumi jelang bulan Ramadan 2024.
Harga cabai mahal di Pasar Parungkuda Sukabumi jelang bulan Ramadan 2024. Pedagang ungkap penyebabnya. (Sumber : SU/Ibnu)
Life21 Februari 2024, 07:00 WIB

Harganya Seringkali Mahal, Simak 10 Cara Menanam Cabai Rawit di Polybag

Berikut ini cara menanam cabai rawit di polybag agar berhasil panen dengan memuaskan
Berikut ini cara menanam cabai rawit di polybag agar berhasil panen dengan memuaskan (Sumber : Freepik/Racool_studio)
Food & Travel21 Februari 2024, 06:00 WIB

Resep Roti Telur Lipat Korea, Inspirasi Sarapan Enak untuk Anak-anak

Roti Telur Lipat Korea adalah pilihan sarapan yang mudah, bergizi, dan lezat untuk anak-anak.
Roti Telur Lipat Korea adalah pilihan sarapan yang mudah, bergizi, dan lezat untuk anak-anak. (Sumber : YouTube/@Devina Hermawan).
Science21 Februari 2024, 05:30 WIB

Prakiraan Cuaca Jabar 21 Februari 2024, Cek Daerah Mana Saja yang Hujan!

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 21 Februari 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya
Ilustrasi. Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 21 Februari 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya | Foto: Pixabay
Life21 Februari 2024, 05:00 WIB

Doa Malam Nisfu Sya’ban dari Nabi Yunus AS, Amalkan Sebanyak 3 Kali

Doa Nabi Yunus di malam Nisfu Sya'ban ini dianjurkan diamalkan.
Ilustrasi - Doa Nabi Yunus di malam Nisfu Sya'ban ini dianjurkan diamalkan. | (Sumber : Pixabay.com)
Nasional20 Februari 2024, 22:52 WIB

KPU Sebut Ada Kesalahan Data Pileg di 4.167 TPS dan Pilpres di 1.223 TPS

KPU mengungkapkan adanya kesalahan data pemilihan legislatif atau pileg di 4.167 Tempat Pemungutan Suara atau TPS di Indonesia.
Konferensi pers KPU soal perkembangan Pemilu 2024. (Sumber : KPU RI)
Nasional20 Februari 2024, 22:30 WIB

Perpres Publisher Rights Resmi Disahkan Presiden Jokowi, Ini Harapan AMSI

AMSI mengapresiasi keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengesahkan Perpres Publisher Rights.
Pengesahan Perpres Publisher Rights diumumkan oleh Presiden Jokowi dihadapan para pimpinan perusahaan media dan organisasi jurnalis pada puncak peringatan Hari Pers Nasional di Ancol, Jakarta. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi20 Februari 2024, 22:21 WIB

Antisipasi Kerusakan, Perumdam TJM Sukabumi Perbaiki Kebocoran Pipa di Cicurug

Kepala Perumdam TJM Sukabumi cabang Cicurug, Tatang Somantri, menjelaskan bahwa pekerjaan rutin ini dilakukan untuk mengatasi indikasi kebocoran.
Petugas Perumdam TJM Kabupaten Sukabumi cabang Cicurug saat memperbaiki saluran pipa di Ruas Jalan Caringin-Cidahu. (Sumber : Istimewa)