Diduga Korupsi Dana PIP, 2 Honorer di Sukabumi Jadi Tersangka

Senin 04 September 2023, 21:03 WIB
Dua orang pegawai honorer di lingkungan Pemkot Sukabumi ditetapkan menjadi tersangka kasus korupsi dana PIP oleh Kejari. (Sumber : Dok. Kejari Kota Sukabumi)

Dua orang pegawai honorer di lingkungan Pemkot Sukabumi ditetapkan menjadi tersangka kasus korupsi dana PIP oleh Kejari. (Sumber : Dok. Kejari Kota Sukabumi)

SUKABUMIUPDATE.com - Dua orang pegawai honorer di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi ditetapkan menjadi tersangka kasus Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) penyalahgunaan dana Program Indonesia Pintar (PIP), usulan pemangku kepentingan tahun 2019-2020.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Sukabumi, Setiyowati mengatakan, kedua orang tersebut berinisial DS dan KH yang bertugas sebagai operator Data Pokok Pendidikan (Dapodik) di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Sukabumi.

Menurut Setiyowati, kedua tersangka terbukti melakukan pemotongan uang dari dana PIP tahun 2019-2020 sebesar 35 persen dari total Rp1,9 Miliar di 14 SMP dan 11 SD di Kota Sukabumi, baik swasta maupun negeri. Akibatnya, negara mengalami kerugian mencapai Rp 700 juta lebih.

“Setiap anak SD-SMP itu mendapat Rp 450 ribu, yang dipotong rata-rata oleh saudara DS dan KH ini sebanyak 35 persen, untuk kepentingan pribadi,” kata Setiyowati kepada awak media, Senin (4/9/2023).

Baca Juga: Jenazah Korban Tabrak Maut Cikukulu Dimakamkan di Nagrak Sukabumi

Setiyowati menuturkan, DS dan KH sebelumnya berstatus sebagai saksi dalam kasus ini. Namun berdasarkan dari hasil pemeriksaan, evaluasi dan gelar perkara, keduanya ditetapkan sebagai tersangka karena terdapat alat bukti yang cukup bahwa keduanya diduga telah melakukan korupsi penyalahgunaan dana PIP.

“Hari ini penyidik telah meningkatkan status DS dan KH, dari saksi menjadi tersangka, dan selanjutnya terhadap yang bersangkutan kami lakukan tindakan penahanan untuk 20 hari ke depan di Lapas Kelas IIB Sukabumi,” jelasnya.

Ditanya apakah ada dugaan adanya keterlibatan orang dalam dalam kasus ini, Setyowati menegaskan, hingga saat ini pihaknya menyebut belum ditemukan adanya keterlibatan orang lain.

Adapun pasal yang diterapkan terhadap kedua tersangka yaitu Pasal 2 UU no 31 tahun 1999 juncto UU RI no 20 tahun 2001 ttg pemberantasan tipikor subsider pasal 3 UU no 31 th 1999 juncto UU RI no 20 th 2001 ttg pemberantasan tipikor minimal 4 tahun.

Sekedar diketahui, tujuan Program PIP untuk meningkatkan akses bagi anak usia 6-21 tahun untuk mendapatkan layanan Pendidikan sampai tamat, untuk mencegah anak putus sekolah (membantu biaya operasional peserta didik miskin atau rentan miskin) untuk:
1) Membeli Buku,
2) Membeli Pakaian Seragam Sekolah/ Praktik dan kelengkapan sekolah (sepatu, tas atau sejenisnya)
3) Membiayai trasportasi peserta didik ke sekolah
4) uang saku peserta didik
5) biaya kursus/les tambahan
6) biaya praktik tambahan dll

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Film27 Februari 2024, 20:10 WIB

5 Fakta Menarik Ruy Iskandar, Aktor dari Indonesia di Avatar The Last Airbender

Berikut fakta-fakta menarik dari Ruy Iskandar, aktor Indonesia yang menarik perhatian karena berperan menjadi Letnan Zee di Avatar The Last Airbender.
Ruy Iskandar (tengah) berfoto dengan Paul Sun Hyun Lee dan Dallas Liu ketika Syuting Avatar The Last Airbender. Sumber Foto: Instagram/@ruyiskandar
Aplikasi27 Februari 2024, 20:00 WIB

Link Download Gambar Ramadan 2024, Desain Baru dan Menarik

Berikut ini kumpulan link download Ramadan 2024 yang bisa digunakan secara gratis
Link Download Gambar Ramadan 2024, Desain Baru dan Menarik (Sumber : Freepik/pikisuperstar)
Sukabumi27 Februari 2024, 19:48 WIB

Dinkes Sukabumi: Total Siswa Korban Keracunan Capai 35 Orang, 3 Dirujuk ke RS

Dinkes Kabupaten Sukabumi mengirimkan sampel jajanan penyebab keracunan massal siswa SD untuk diuji di Labkesda Jabar.
Penyidik dari Polres Sukabumi Kota saat mengamankan sampel jajanan yang menyebabkan puluhan Siswa SD Sukabumi keracunan. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 19:42 WIB

Kantongi 91 Ribu Suara, Hergun Optimis Kembali Melenggang ke Senayan

Caleg petahana DPR RI dari Partai Gerindra Heri Gunawan kembali mengukir prestasi gemilang dengan meraih suara terbanyak di Dapil Jawa Barat IV, melingkupi Kabupaten dan Kota Sukabumi.
Heri Gunawan, Caleg petahana DPR RI dari Partai Gerindra di Dapil Jabar IV (Kokab Sukabumi) | Foto : Sukabumi Update
Kecantikan27 Februari 2024, 19:00 WIB

Hindari Kebotakan! 7 Cara Perawatan Rambut Rontok dengan Bahan Alami

Berikut ini cara merawat rambut rontok dengan menggunakan bahan-bahan alami
Ilustrasi - Berikut ini cara merawat rambut rontok dengan menggunakan bahan-bahan alami (Sumber : Freepik.com/@stockking)
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 18:52 WIB

10 PPK di Kota Sukabumi Diperiksa Bawaslu, Dugaan Pemindahan Suara Caleg PDIP

10 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) terlapor dihadirkan di tengah persidangan kasus dugaan pemindahan suara Pileg 2024 DPRD Kota Sukabumi
Proses Persidangan dugaan pemindahan suara yang digelar di Kantor Bawaslu Kota Sukabumi pada Selasa (27/2/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 18:32 WIB

Buntut Dugaan Pemindahan Suara, Caleg PDIP DPRD Kota Sukabumi Saling Lapor

Caleg PDIP DPRD Kota Sukabumi Saling Melaporkan ke Bawaslu, Adu Data Soal dugaan kecurangan.
Ketua Tim Pemenangan Ujang Taufik, Firmansyah Kusmayadi menyerahkan laporan ke Bawaslu Kota Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Food & Travel27 Februari 2024, 18:30 WIB

4 Tempat Wisata Dekat Stasiun Cipatat, Berwisata Seru Naik Kereta

Berikut ini empat destinasi wisata dekat stasiun Cipatat yang bisa dikunjungi dengan menaiki kereta api
Tempat Wisata Dekat Stasiun Cipatat, Berwisata Seru Naik Kereta (Sumber : Google Maps/Agus Rustandi)
Life27 Februari 2024, 18:00 WIB

5 Doa Menyambut Ramadan Bulan Penuh Keberkahan

Berikut ini kumpulan doa yang bisa diamalkan dalam menyambut datangnya bulan Ramadan yang penuh berkah
Ilustrasi - Berikut ini kumpulan doa yang bisa diamalkan dalam menyambut datangnya bulan Ramadan yang penuh berkah (Sumber : Freepik)
Sukabumi27 Februari 2024, 17:27 WIB

Mangsa 4 Ekor Ayam, Ular Piton 5 Meter Ditangkap Warga Cibadak Sukabumi

Seekor ular Piton kepergok saat hendak memangsa ayam warga di Kampung Bojong Setra RT 1/3 Kelurahan Cibadak Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi, Selasa (27/2/2024).
Ular Piton panjang 5 meter ditangkap warga di Cibadak Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari