Cerita Penemuan 9 Mayat di Sukabumi

Sabtu 26 Agustus 2023, 18:42 WIB
Penemuan 9 mayat secara beriringan di Sukabumi dalam rentang bulan Juni hingga Agustus 2023 | Foto : Su

Penemuan 9 mayat secara beriringan di Sukabumi dalam rentang bulan Juni hingga Agustus 2023 | Foto : Su

SUKABUMIUPDATE.com - Warga Sukabumi dihebohkan dengan penemuan mayat yang terjadi nyaris beriringan yang terjadi selama rentang bulan Juni hingga Agustus 2023.

Dari informasi yang dihimpun sukabumiupdate.com baik dari pihak kepolisian maupun keterangan warga terkait identitas korban serta penyebab kematiannya;  Ada yang berhasil diungkap dan ada juga yang belum terungkap.

Berikut adalah deretan penemuan mayat yang terjadi di Sukabumi:

1. Penemuan Mayat Perempuan di Tebing Cisolok Sukabumi

Seorang pencari sarang semut menemukan mayat perempuan tergeletak di tebing bawah jalan menuju Villa Bayanadi, Kampung Pasirrandu RT 02/08, Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi pada Sabtu pagi, 17 Juni 2023.

Baca Juga: Jalan Raya Sukabumi Diperlebar, Antisipasi Kemacetan di Gerbang Tol Bocimi Parungkuda

Setelah dilaporkan kepada pihal kepolisian, mayat perempuan tersebut kemudian dibawa ke rumah sakit guna dilakukan pemeriksaan luar dan otopsi.

Dari informasi yang berhasil dihimpun sukabumiupdate.com dari hasil otopsi terhadap Mayat Perempuan tersebut yang dilakukan pada 18 Juni 2023 menunjukan bahwa mayat diperkirakan sudah meninggal antara tiga hingga tujuh hari. Sedangkan umur si perempuan tersebut diperkirakan berusia paling muda usia 20 dan maksimal 40 tahun dengan tinggi badan 157 centimeter dan berat tubuhnya diperkirakan 70 kilogram.

Hingga kini, identitas sebenarnya mayat perempuan tersebut belum terungkap, termasuk penyebab kematiannya.

Berikut ciri-ciri mayat perempuan yang ditemukan ditebing di Kecamatan Cisolok.

Baca Juga: Niat dan Tata Cara Sholat Istisqa Lengkap dengan Doa Meminta Hujan di Musim Kemarau

1. Tinggi badan kurang lebih 157 cm
2. Usia berdasarkan tengkorak merujuk pada usia 26-42 tahun
3. Berdasarkan usia dari gigi bungsu yang tidak ada, diperkirakan dibawah 21 tahun
4. Pada gigi geraham atas kanan dan kiri ada bekas penambalan
5. Mayat ditemukan memakan kaos lengan panjang warna hitam krem berukuran XXL merek MAREEMA.ID
6. Mayat juga ditemukan memakai celana training hitam ada logo Michael Jordan
7. Mayat tidak menggunakan pakaian dalam (bh dan underwear)
8. Pada jari manis tangan kanan memakai cincin serupa cincin batu giok berwarna coklat kehitaman.

Bagi warga masyarakat yang mempunyai informasi terkait dengan penemuan mayat wanita yang dimaksud agar menghubungi Kanit Tipidum Ipda Sapri dengan nomor kontak 081563698777.

2. Penemuan Mayat di Ciracap Sukabumi

Warga digegerkan dengan penemuan mayat tanpa identitas di lokasi perkebunan kelapa PT. Asabaland Apdeling 1 kampung Warung Jati RT 054/013 Desa Purwasedar Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Selasa (27/6/2023). Lokasi penemuan mayat di tengah perkebunan sekitar 1 km lagi jalan raya.

Dari pantauan sukabumiupdate.com, sesosok mayat laki laki tanpa identitas dengan kodisi sudah membusuk dengan ciri-ciri usia sekitar 55 tahun hingga 60 tahun, menggunakan celana pendek warna lusuh, badan kurus, berambut panjang dan dekat korban ditemukan 1 buah sarung.

Baca Juga: Prihatin Kasus BOS Fiktif, DPRD Sukabumi Minta Disdik Evaluasi Pola Pengawasan

Mayat ditemukan oleh seorang warga yang sedang mencari burung atau berburu, saat ditemukan mayat dalam posisi terlentang diatas semak belukar di areal perkebunan kelapa.

Dugaan sementara mayat tersebut merupakan ODGJ karena sampai saat ini tidak ada yang melaporkan tentang kehilangan orang, dan warga sekitar tidak dapat mengenali ciri-ciri korban.

3. Penemuan Mayat di Sungai Cipanengah Sukabumi

Mayat ditemukan mengambang di Sungai Cipanengah Kota Sukabumi. Mayat pertama kali diketahui oleh seorang anak yang sedang mandi dan berenang di sungai tersebut pada Sabtu (1/7/2023). Sekitar pukul 11.00 WIB.

Diketahui, mayat tersebut adalah  pria inisial J (46 tahun) asal kampung Parigi, Kelurahan Situmekar, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi. J merupakan seorang pedagang cilok keliling di kampung tersebut, selain itu ia juga memiliki aktifitas lain di sela pekerjaannya yaitu memancing.

Baca Juga: Spot Mancing Asik di Muara Indah Cikaso Tegalbulued Sukabumi, Bisa Sambil Rekreasi

Berdasarkan keterangan warga setempat, kemungkinan J turun ke sungai itu karena pancingannya yang nyangkut dan diduga J terpeleset dan jatuh.

Korban diduga meninggal dunia kurang lebih pada Jumat tengah malam, karena saat ditemukan belum tercium aroma busuk pada tubuhnya. Ditemukan baju dan alat pancing di sekitar tempat kejadian.

4. Penemuan Mayat di Sungai Cikaso Sukabumi

Penemuan mayat mengambang di Sungai Cikaso. Mayat ditemukan oleh warga yang melakukan pencarian pada malam hari dengan berbekal lampu senter.

Jasad korban, ditemukan mengambang dalam posisi tubuh telungkup dan di punggung korban menempel sebuah benda yang diduga alat setrum yang digunakan untuk menangkap ikan.

Baca Juga: Jadwal Resmi Seleksi Penerimaan CPNS dan PPPK 2023 yang Dirilis BKN, Cek Disini!

Jasad tersebut adalah seorang yang hilang dan setelah hampir dua hari dilakukan pencarian, adalah Agus (38 tahun), warga Kampung Sinagar, Desa Sukaluyu, Kecamatan Kalibunder Kabupaten Sukabumi yang hilang saat mencari ikan di sungai Cikaso ditemukan dalam kondisi mengambang dan sudah tidak bernyawa, Sabtu (8/7/2023) malam.

5. Penemuan Mayat Mengambang di Sungai Cibuni.

Mayat laki-laki ditemukan di Sungai Cibuni pada Sabtu (19/8/2023). Jenazah mengambang di sungai yang masuk wilayah Kampung Babakan Awi, Desa Bojongkaso, Kecamatan Agrabinta, Kabupaten Cianjur, berbatasan dengan Kampung Huni, Desa Rambay, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi.

Jenazah laki-laki yang diketahui berinisial W (22 tahun) itu ditemukan warga Desa Rambay dalam kondisi tengkurap. Korban adalah buruh serabutan yang bertempat tinggal di Kampung Buni Setra RT 02/04 Desa Bojongkaso, Kecamatan Agrabinta.

Saat ditemukan bersama korban terdapat barang-barang, antara lain handphone Android merek Vivo, headset, charger, uang Rp 18 ribu, korek, dan gunting kuku di tas selempang korban," kata dia kepada sukabumiupdate.com.

Baca Juga: 8 Kecamatan Paling Timur di Sukabumi yang Berbatasan dengan Cianjur

Korban ditemukan sekira pukul 10.00 WIB oleh warga yang sedang memancing di sungai. Warga itu pun langsung melaporkan kejadian ini ke Pemerintah Desa Bojongkaso dan Rambay.

Setelah dievakuasi selanjutnya jenazah diserahkan ke pihak keluarga serta kemudian dimakamkan.

6. Penemuan Mayat Wanita Lansia di Kebonpedes Sukabumi

Warga Kampung Cikaret Hilir, Desa Sasagaran, Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi dihebohkan dengan penemuan mayat di dalam rumah yang sudah mengeluarkan bau tak sedap. Keberadaan mayat yang merupakan wanita lansia itu diketahui warga usai bau busuk yang ditimbulkan menyengat tercium.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, jenazah wanita lansia yang diketahui berinisial ER (66 tahun) tersebut ditemukan dalam sebuah kamar dengan kondisi rumah terkunci. Usai ditemukan, warga berbondong-bondong berdatangan ke lokasi.

Baca Juga: Pengguna Tol Bocimi Sukabumi Melonjak hingga 38 Persen

Peristiwa penemuan mayat ini terjadi pada Kamis 10 Agustus 2023 sekitar pukul 15.00 WIB. Korban merupakan warga sekitar yang sehari-harinya sebagai ibu rumah tangga.

Berdasarkan hasil pemeriksaan,  tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan terhadap korban.

Menurut para saksi dan warga sekitar bahwa korban menderita penyakit hipertensi. Mayat kemudian dibawa ke RSUD Syamsudin SH untuk dilakukan visum luar.

7. Penemuan Mayat di Terminal Palabuhanratu Sukabumi

Mayat pria ditemukan di Terminal Tipe B Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, pada Minggu (13/8/2023).

Pengawas Terminal Tipe B Palabuhanratu, Dayan, mengatakan sebelum ditemukan meninggal sekira pukul 09.00 WIB, S sempat mondar-mandir mengenakan jaket warna merah marun di lingkungan terminal, tepatnya sekira pukul 08.00 WIB.

Baca Juga: Kenali 9 Ciri Drama Queen: Reaksi Berlebihan dan Dramatis!

Mayat itu kemudian diketahui adalah seorang berinisial S (38 tahun), warga Kampung Ciputat, Desa Cikangkung. S merupakan duda dengan dua orang anak. S adalah duda bercerai dan sudah lama tidak bekerja. S juga dikenal suka bepergian ke luar daerah atau desa tanpa tujuan.

Pihak keluarga kemudian menjemput jenazah S ke RSUD Palabuhanratu.

8. Penemuan Mayat Tergantung di Pohon Alpukat di Sukaraja Sukabumi

Penemuan mayat tergantung di pohon alpukat di Desa Cisarua Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi pada Sabtu (19/8/2023). Kemudian diketahui mayat tersebut adalah pria berusia 32 tahun.

Korban pertama kali ditemukan tetangganya berinisial US sekira pukul 08.00 WIB saat akan bekerja di kebun di sekitar lokasi kejadian.

Berdasarkan informasi yang dihimpun sukabumiupdate.com, korban yang diduga gantung diri merupakan warga kampung setempat dan dikenal sebagai orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Baca Juga: Kejutan Cuaca, Hujan Guyur Cicurug dan Parungkuda Sukabumi Saat Kemarau

Adapun jarak pohon alpukat dengan rumah korban cukup jauh.

Setelah itu mayat diurus dan dimandikan oleh pihak keluarga serta tetangga warga sekitar.

9. Penemuan Mayat di Muara Cikaso

Seorang pemuda berusia 19 tahun yang tenggelam di perairan laut Tegalbuleud, tepatnya di sekitar Dermaga SBP, Desa Buniasih Kecamatan Tegalbuleud Kabupaten Sukabumi, akhirnya ditemukan.

Pantauan sukabumiupdate.com pada Rabu (28/8/2023), korban yang berinisial F (sebelumnya ditulis PR) itu ditemukan tak bernyawa oleh nelayan di bibir Pantai Muara Cikaso atau sekitar 2 kilometer kearah barat dari titik awal korban tenggelam, sekitar pukul 17.30 WIB.

Diketemukan oleh warga setempat yang sedang melintas mencari ikan dengan posisi telungkup di pinggir pantai jarak sekitar 2 Km dari lokasi kejadian.

Baca Juga: DPRD Sukabumi Usul Warga Kurang Mampu dan Guru Ngaji Tak Bayar PBB

Selanjutnya warga yang menemukan jasad korban langsung melaporkan ke Tim SAR Gabungan yang tengah melakukan pencarian hingga kemudian dilakukan evakuasi terhadap korban dengan cara digotong menuju jalan raya.

Selanjutnya menggunakan Kendaraan Basarnas menuju ke Rumah duka untuk proses pemulasaraan dan pemakaman Jenazah.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Science02 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 2 Mei 2024, Pagi Hari Cerah dan Siang Hujan Sedang

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Kamis 2 Mei 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Kamis 2 Mei 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi01 Mei 2024, 22:58 WIB

Kepergok Warga, Maling Kotak Amal Kabur Tinggalkan Motor di Cicantayan Sukabumi

Berikut kesaksian warga terkait upaya pencurian kotak amal di Cicantayan Sukabumi. Pelaku kabur tinggalkan motor.
Motor maling kotak amal yang ditahan warga Kampung Cijabon RT 19/07, Desa Cimahi, Cicantayan Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life01 Mei 2024, 21:37 WIB

6 Gaya Bicara yang Menjadikan Anda Lebih Berwibawa dan Berkharisma, Ini Caranya

Gaya bicara seseorang menentukan apakah nanti akan dipandang berwibawa atau justru diremehkan orang lain di masyarakat.
Ilustrasi. Gaya berbicara yang dipandang berwibawa. | Sumber foto : Pexels/Werner Pfenning
Life01 Mei 2024, 21:31 WIB

Fokus Pada Jangka Panjang, Ini 10 Tips Menerapkan Disiplin Pada Anak Tetap Konsisten

Penerapan disiplin pada anak tidaklah mudah, maka dari itu orang tua perlu melakukannya dengan konsisten.
Ilustrasi menerapkan disiplin tetap konsisten / Sumber : pexels.com/@Emma Bauso
Sehat01 Mei 2024, 21:00 WIB

8 Bahan Alami untuk Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi dalam Tubuh

Bahan alami ini dipercaya dapat membantu menurunkan gula darah secara efektif.
Ilustrasi - Bahan alami ini dipercaya dapat membantu menurunkan gula darah secara efektif. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
DPRD Kab. Sukabumi01 Mei 2024, 20:56 WIB

May Day, Komisi IV DPRD Sukabumi Serap Aspirasi Buruh Terkait Upah Hingga Isu Pungli

Komisi IV DPRD Sukabumi serap aspirasi serikat buruh terkait upah hingga isu praktik pungli di perusahaan.
Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi, Hera Iskandar terima kunjungan serikat buruh di momen May Day 2024. (Sumber : SU/Ilyas)
Sehat01 Mei 2024, 20:30 WIB

Pantangan! 4 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Beberapa makanan dan minuman dianjurkan dihindari bagi penderita asam urat karena memiliki kandungan purin tinggi.
Ilustrasi - Beberapa makanan dan minuman dianjurkan dihindari bagi penderita asam urat karena memiliki kandungan purin tinggi. (Sumber : pexels.com/@Julia Filirovska).
Life01 Mei 2024, 20:00 WIB

8 Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental, Melepaskan Emosi yang Terpendam

Salah Satu Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental Yakni Menjadi Sarana Melepaskan Emosi yang Terpendam.
Ilustrasi. Bersedih. Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental. (Sumber : Pexels/CottonbroStudio)
Sukabumi01 Mei 2024, 19:57 WIB

Termasuk dari Bule, Uluran Tangan Berdatangan Bantu Titin Penghuni Rumah Reyot di Sukabumi

Bantuan mulai berdatangan untuk mak Titin, janda paruh baya asal Surade Sukabumi yang sebatang kara huni rumah reyot.
Seorang Bule asal Australia saat berkunjung ke rumah Mak Titin di Surade Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life01 Mei 2024, 19:30 WIB

7 Sikap Sederhana yang Membuat Kamu Bisa Dikagumi Banyak Orang

Ingatlah bahwa sikap-sikap sederhana ini tidak datang dengan sendirinya. Dibutuhkan usaha dan latihan untuk menjadikannya kebiasaan.
Ilustrasi - Ingatlah bahwa sikap-sikap sederhana ini tidak datang dengan sendirinya. Dibutuhkan usaha dan latihan untuk menjadikannya kebiasaan. (Sumber : Freepik.com)