Kejutan Cuaca, Hujan Guyur Cicurug dan Parungkuda Sukabumi Saat Kemarau

Jumat 25 Agustus 2023, 19:00 WIB
Beberapa tempat d Kabupaten Sukabumi diguyur hujan, menjadi kejutan bagi warga ditengah kemarau panjang | Foto : Pixabay

Beberapa tempat d Kabupaten Sukabumi diguyur hujan, menjadi kejutan bagi warga ditengah kemarau panjang | Foto : Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Di tengah musim kemarau yang panjang, kejadian yang dinanti-nantikan akhirnya tiba di wilayah Kabupaten Sukabumi dan sekitarnya. Hujan turun dengan cukup lebat, pada Jumat (25/08/2023) sekitar pukul 16.00 hingga pukul 17.00 sore tadi.

Dari pantauan sukabumiupdate.com, hujan turun di beberapa tempat di Sukabumi bagian utara, diantaranya; Kecamatan Cicurug, Parungkuda, Ciambar dan Bojonggenteng. 

Setelah beberapa minggu berada dalam genggaman musim kemarau yang disebabkan oleh fenomena El Nino. Warga Sukabumi bagian utara dan sekitarnya merasakan lega atas turunnya hujan yang telah lama dinantikan.

Baca Juga: Pesona Bebatuan Unik di Curug Caweni Sukabumi, Terlihat Jelas saat Kemarau

Seorang petani di Kecamatan Cicurug, Ihwan, mengatakan dirinya merasa senang hati atas turunnya hujan yang terjadi pada sore tadi. Ia menyebut bagaimana pengalamannya tentang dampak buruk yang ditimbulkan oleh musim kemarau yang berkepanjangan.

"Tanaman pertanian kami hampir mati akibat kekeringan. Harga sayuran dan buah-buahan pun kabarnya melonjak akibat pasokan yang berkurang. Kami sangat khawatir dengan masa depan tanaman dan mata pencaharian kami," jelasnya kepada sukabumiupdate.com, Jumat (25/08/2023).

Hal sama diungkapkan seorang ibu rumah tangga di Parungkuda, Wulan, ia merasa bersyukur atas perubahan cuaca, meskipun hanya sesaat. "Air sumur kami hampir kering, dan kami harus menghemat air untuk kebutuhan sehari-hari. Tetapi sekarang, dengan hujan yang turun, kami merasa lega," ujarnya.

Baca Juga: Doa Setelah Sholat Istikharah Agar Diberikan Pilihan Terbaik Atas Keraguan

Seorang petani di wilayah Parungkuda, Anwar, menambahkan dengan turunnya hujan bisa memberi harapan baik bagi hasil pertaninnya.

"Saya merasa senang, sebab, memberikan dampak positif terhadap tanaman-tanaman yang hampir kering selama musim kemarau. Hujan ini memberi harapan baik hasil panen kami," tandasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Jawa Barat20 April 2024, 11:11 WIB

Pemerintah Siapkan Pompanisasi untuk Dongkrak Produksi Beras Termasuk di Sukabumi

ementerian mengantisipasi hal-hal semacam itu agar tak menghambat produksi padi. Salah satunya lewat program pompanisasi di setiap daerah.
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman mengikuti rapat koordinasi ketahanan pangan dan produktivitas pertanian di Jawa Barat, di Gedung Sate, Bandung, Kamis, 18 April 2024 (Sumber: dokpim)
Sehat20 April 2024, 11:00 WIB

5 Minuman Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Cara mengelola keinginan penderita asam urat konsumsi asupan tinggi protein purin bisa dengan mengonsumsi banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan protein nabati rendah lemak, serta membatasi konsumsi daging merah, makanan laut, dan alkohol.
Kopi. Salah Satu Minuman Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. (Sumber : pexels.com/ChevanonPhotography)
Keuangan20 April 2024, 10:46 WIB

Buruh di Sukabumi: Kami Berjuang Sendirian! Mediasi Tunggakan Upah Kembali Buntu

proses mediasi turut dihadiri oleh para petinggi perusahaan yakni HRD, Personalia, PPIC, kepala produksi, direktur utama hingga penasehat perusahaan serta dihadiri sekurangnya 60 eks buruh.
Puluhan eks-buruh PT Bahtera Dingga Jaya (BDJ) kembali melakukan mediasi bersama Pihak Perusahaan untuk memperjuangkan haknya datangi Disnakertrans (Sumber: istimewa)
Life20 April 2024, 10:00 WIB

7 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Hidup Tenang, Yuk Lakukan!

Ingin Hidup Tenang dan Bahagia? Yuk Lakukan Kebiasaan Sederhana Ini!
Ilustrasi. Kebiasaan Sederhana yang Membuat Hidup Tenang (Sumber : Pexels/Kaushal Moradiya)
Sehat20 April 2024, 09:00 WIB

5 Bahan Alami untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh, Tanpa Obat!

Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.
Ilustrasi - Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.| Foto: Pixabay/_Alicja_
Sehat20 April 2024, 08:00 WIB

Bisa Menurunkan Gula Darah, 5 Manfaat Kencana Ungu untuk Kesehatan

Selain sebagai tanaman hias, beberapa spesies kencana ungu juga memiliki nilai pengobatan tradisional dalam beberapa budaya.
Ilustrasi. Cek Diabetes. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun kencana ungu dapat membantu menurunkan kadar gula darah, yang bermanfaat bagi penderita diabetes atau orang yang memiliki masalah kontrol gula (Sumber : Pexels/PhotoMixCompany)
Life20 April 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang yang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apakah Kamu Salah Satunya?

Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran.
Ilustrasi - Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran. (Sumber : Freepik.com)
Food & Travel20 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Asam Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Begini Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti 8 Langkahnya Yuk!
Asam Jawa. Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya! (Sumber : Freepik/jcomp)
Science20 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 April 2024, Cek Dulu Sebelum Berakhir Pekan!

Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : Freepik)
Sukabumi20 April 2024, 00:14 WIB

Usai Lebaran, Pasien Membludak di RSUD Palabuhanratu Sukabumi

Humas RSUD Palabuhanratu Sukabumi sebut pasien yang datang rata-rata mengeluhkan penyakit demam, pencernaan, metabolik, serta penyakit dalam.
Kondisi di sekitar IGD RSUD Palabuhanratu Sukabumi, Jumat (19/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)