Sempat Diprotes Warga, Dinas PU Mulai Perbaiki Ruas Jalan Cicatih Cicurug Sukabumi

Kamis 24 Agustus 2023, 16:58 WIB
Dinas PU mulai melakukan perbaikan ruas Jalan Cicatih (Cicurug - Tangkil) Desa Bangbayang, Cicurug, Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari

Dinas PU mulai melakukan perbaikan ruas Jalan Cicatih (Cicurug - Tangkil) Desa Bangbayang, Cicurug, Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Pekerjaan Umum (Dinas PU) Kabupaten Sukabumi sudah mulai melakukan pengerjaan perbaikan jalan Cicatih, Desa Bangbayang, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi pada Kamis (24/08/2023). Perbaikan jalan berupa rabat beton serta pengaspalan hotmix.

Hal tersebut sesuai dengan pernyataan yang disampaikan bahwa Dinas Pekerjaan Umum (Dinas PU) akan segera merealisasikan perbaikan jalan tersebut saat merespon tuntutan warga setempat serta pengguna jalan yang meminta agar jalan yang menghubungkan Cicurug dan Tangkil dengan kondisi rusak itu untuk segera diperbaiki.

Kepala Cabang UPTD PU Wilayah III, Uus Iskandar menyebut bahwa pengerjaan perbaikan ruas jalan Cicurug - Tangkil, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi telah dimulai sejak hari Selasa, 22 Agustus 2023.

Baca Juga: Simak Ya! Cara Klaim Garansi Motor Honda yang Rangka eSAFnya Berkarat

"Pekerjaan ini meliputi penambalan dengan rabat beton seluas 40 meter dan lebar 5 meter, serta pengaspalan hotmix sepanjang 390 meter," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Kamis (24/08/2023).

Ia mengatakan, proses perbaikan dilakukan secara bertahap. Pada hari Senin, tim melakukan pengukuran, dan pada Selasa, material pekerjaan tiba. Proses pekerjaan telah dimulai sejak Selasa.

"Hari ini, fokus pekerjaan adalah pengaspalan hotmix sepanjang 390 meter, terutama pada bagian jalan yang masih kurang baik kondisinya," jelasnya.

Uus juga menjelaskan bahwa setelah tahap hotmix selesai, akan ada proses pembetonan dekat Desa Bangbayang.

Baca Juga: Waspada 5 Gejala Hipoksia, Sesak Napas hingga Bicara Cadel

"Selama pengerjaan, jalan tetap dibuka dengan sistem buka-tutup, memungkinkan satu jalur tetap dapat digunakan oleh pengendara," tuturnya.

Lanjutnya, Uus menyatakan target waktu pengerjaan keseluruhan adalah sekitar 39 hari. Namun, Ia berharap bahwa proses hotmix dapat selesai dalam satu bulan.

"Mengingat perlu waktu untuk pengeringan yang minimal 15 hari, tahap berikutnya akan memakan waktu 15 hari lagi. Dengan demikian, diharapkan pekerjaan akan selesai dalam waktu sekitar 28 hari," paparnya.

Meskipun proses perbaikan berlangsung, Uus menginformasikan bahwa tidak ada penutupan jalan sepenuhnya. Pihaknya akan melakukan pengerjaan secara bertahap, sehingga akses jalan tetap dapat digunakan.

"Cuaca yang mendukung juga telah membantu kelancaran proses perbaikan, semoga cuaca tetap bersahabat agar pekerjaan dapat berjalan dengan baik," pungkasnya.

Baca Juga: Dana BOS Nol, 4 Guru Honorer SDN di Tegalbuleud Sukabumi Terpaksa Diberhentikan

Kerusakan jalan Cicatih sebelumnya sempat di protes ratusan warga dan pengguna jalan dengan cara memblokir jalan dan membakar ban bekas.

Polisi dan Forkopimcam Cicurug setelah bernegosiasi akhirnya kembali bisa membuka ruas jalan tersebut.

Warga setempat memperotes karena merasa kerusakan pada ruas jalan tersebut sangat membahayakan. Bahkan, pada Minggu 20 Agustus 2023, salah satu lubang di area tersebut ditanami pohon pisang oleh warga, menunjukkan bahwa jalan tersebut sudah sangat tidak layak dilintasi.

Dinas Pekerjaan Umum atau Dinas PU Kabupaten Sukabumi menyatakan bahwa proses lelang proyek perbaikan jalan tersebut sudah selesai. Hal itu disampaikan Kepala Cabang UPTD PU Wilayah III, Uus Iskandar. Bahkan, saat itu, ia menjanjikan rentang beberapa hari akan ada realisasi perbaikan.

"Bahkan besok Selasa 22 Agustus 2023 ruas jalan tersebut mulai dikerjakan," kata Uus kepada sukabumiupdate.com via aplikasi perpesanan WhatsApp, Senin 21 Agustus 2023.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat05 Mei 2024, 09:00 WIB

9 Rekomendasi Sarapan Terbaik Bagi Penderita Asam Lambung (GERD)

Ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk sarapan bagi penderita asal lambung (GERD).
Ilustrasi Crepes - Ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk sarapan bagi penderita asal lambung (GERD). (Sumber : pexels.com/@ The Castlebar).
Sehat05 Mei 2024, 08:00 WIB

Picu Serangan, 4 Bahaya Terlalu Banyak Makan Purin untuk Penderita Asam Urat

Penderita asam urat memiliki metabolisme yang tidak efisien dalam mengurai purin.
Ilustrasi - Serangan Asam Urat di Rumah Adalah Salah Satu Bahaya Makan Purin Berlebihan (Sumber : Freepik/freepik)
Food & Travel05 Mei 2024, 07:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Daun Jawer Kotok untuk Mengobati Diabetes, 7 Langkah Simpel!

Daun Jawer Kotok memiliki aroma yang khas dan rasa yang sedikit pahit namun bisa diolah sebagai air rebusan untuk mengobati diabetes secara alami.
Ilustrasi. Daun Jawer Kotok, Bahan Air Rebusan untuk Mengobati Diabetes Secara Alami. Foto: Instagram/@gerbanghijau
Science05 Mei 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 5 Mei 2024, Langit Pagi Cerah Berawan untuk Sukabumi

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 5 Mei 2024.
Ilustrasi. Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 5 Mei 2024. (Sumber : Unplash/Gabriel Garcia Marengo)
Sukabumi04 Mei 2024, 23:13 WIB

Mau Diperbaiki? Jembatan Reyot Penghubung Waluran-Surade Sukabumi Ditinjau Staf Kemenlu

Jembatan gantung yang berada di aliran Sungai Cikarang, Kampung Cukangbayur, Desa Caringinnunggal, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi, kondisinya sudah lapuk.
Pemdes Caringinnunggal Kecamatan Waluran. Staf Kemenlu, Relawan dan Pemdes saat meninjau Jembatan Gantung Sungai Cikarang | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi04 Mei 2024, 22:54 WIB

58 Persen Masyarakat Kabupaten Sukabumi Kurang Puas Atas Kinerja Marwan-Iyos

Lembaga Kajian dan Penelitian Skala Institute, merilis hasil survei terkait tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten Sukabumi dibawah kepemimpinan Bupati Marwan Hamami dan Wakil Bupati Iyos Somantri.
Gedung Pendopo Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Sukabumi04 Mei 2024, 21:49 WIB

Niat Cari Kerja: Pelaku Tolak Sodomi hingga Duel Sebelum Bunuh Pria di Citepus Sukabumi

Kasat Reskrim Polres Sukabumi, AKP Ali Jupri, mengatakan bahwa pelaku berinisial A (20 tahun) awalnya mendatangi Ceceu ini dengan niat mencari kerja, sebelum akhirnya membunuh korban
Pelaku pembunuhan setelah ditangkap di Mapolsek Parungkuda Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi04 Mei 2024, 21:09 WIB

Pemkab Sukabumi Akan Relokasi Rumah yang Terdampak Longsor di Cibadak

Pemerintah Kabupaten Sukabumi berencana merelokasi warga terdampak longsor di Kampung Cibatu Hilir RT 01/RW 11, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, yang berdampak pada belasan rumah.
Foto udara lokasi longsor di Kampung Cibatu Hilir RT 01/11, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Instagram/@kiekiesukabumi
Sehat04 Mei 2024, 21:00 WIB

8 Cara Sehat Menyembuhkan Asam Urat Agar Tidak Kambuh di Malam Hari

Berikut Sederet Cara Sehat Menyembuhkan Asam Urat Agar Tidak Kambuh di Malam Hari yang Bisa Dilakukan.
Ilustrasi - Pijat Ringan untuk Meringankan Penyakit Asam Urat (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi Memilih04 Mei 2024, 20:46 WIB

Survei Terbaru Elektabilitas 17 Calon Bupati Sukabumi: Tidak Ada Sosok yang Kuat

asil survei dirilis oleh Lembaga Kajian dan Penelitian Skala Institute bekerjasama dengan Litbang Sukabumiupdate.com.
Ilustrasi pasangan calon bupati/wakil bupati Sukabumi dari jalur perseorangan atau independen | Foto : Sukabumi Update