Kabar Duka, Pohon Santigi Di Geopark Ciletuh Sukabumi Punah

Jumat 18 Agustus 2023, 21:06 WIB
Pohon Santigi yang merupakan Biodiversity di kawasan Geopark Ciletuh akhirnya punah, dalam foto terakhir pohon santigi tinggal satu pada tahun 2021 | Foto : Ragil Gilang

Pohon Santigi yang merupakan Biodiversity di kawasan Geopark Ciletuh akhirnya punah, dalam foto terakhir pohon santigi tinggal satu pada tahun 2021 | Foto : Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Pohon Santigi yang tumbuh di atas karang Santigi dan menjadi bagian dari zona Geopark Ciletuh Palabuhanratu Sukabumi. Berlokasi di kawasan pantai Ombak Tujuh, perbatasan antara Kecamatan Ciracap dan Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, kondisinya kini mati dan hancur (punah).

Hal tersebut diungkapkan penanggung jawab kegiatan susur pantai HUT RI ke-78, pengibaran bendera merah putih di Pantai Pulau Keris.

"Kita kehilangan salah satu spot biodiversity atau kekayaan hayati," ujar Beni Bunyamin kepada sukabumiupdate.com, Jumat (18/8/2023).

Beni menjelaskan, pada pertama kegiatan susur pantai 2015, Pohon Santigi yang eksotis ini masih tumbuh sumbur, dan merupakan penduh pantai Ombak Tujuh di Perbatasan Ciracap dan Ciemas, dan mulai dijarah sekitar tahun 2019.

Baca Juga: Disperkim: Tugu Nol Kilometer di Palabuhanratu Sukabumi Dibangun Tahun Ini

"Mulai pada tahun itu, ratusan pohon satu persatu ada yang menebang. Dan kini tersisa tinggal tunggulnya saja. Itupun ada beberapa tunggul yang dipahat, lalu diambil," tuturnya.

"Ini merupakan kabar duka, bagi dunia lingkungan," imbuhnya.

Santigi (pemphis acidula) merupakan tumbuhan perdu yang tumbuh di daerah pesisir berkarang dan mempunyai tinggi rata-rata empat meter.

Karakter pohon tersebut memiliki batang berkelok dan bengkok, serta percabangan yang tidak teratur. Kulit batang berwarna abu-abu hingga cokelat tua dan bersisik (pecah-pecah).

Pohon tersebut memiliki daun tunggal dan tumbuh bersilangan, berwarna hijau pucat, berdaging tebal, berbentuk elips atau lonjong bulat telur, dengan panjang 1 hingga 3 sentimeter dan lebar 0,3 hingga 1 sentimeter.

Baca Juga: Sukakarya Dikukuhkan Sebagai "Kampung Bebas Narkoba" di Kota Sukabumi

Benyamin menuturkan, punahnya Pohon Santigi akibat ulah manusia-manusia yang serakah. Menurutnya, pohon-pohon santigi itu diambil secara berkala oleh mereka-mereka dengan alasan seni dan pemubudidayaan (dijadikan pohon bonsay). 

"Siapa yang bertanggungjawab, saya sampaikan saat ini pada dunia, Santigi khas Pajampangan sudah punah," tandasnya.  

Ia pun mengkritisi bahwa selama ini euforia Geopark hanya selesai pada acara-acara seremonial, sedangkan perawatan terhadap biodiversity yang langka sebagai ciri khas keragaman hayati di kawasan Geopark malah terabaikan. 

"Lanjutkan saja ceremoni-ceremoni itu, dan plasma nutfah-plasma nutfah satu per satu yang ada hilang," ratap Benyamin. 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life02 Mei 2024, 18:30 WIB

10 Cara Membahagiakan Diri Sendiri Tanpa Harus Bergantung Pada Orang Lain

Membahagiakan diri sendiri tanpa bergantung pada orang lain adalah sebuah konsep yang penting dalam pengembangan kesejahteraan dan kebahagiaan pribadi.
Ilustrasi -  Membahagiakan diri sendiri tanpa bergantung pada orang lain adalah sebuah konsep yang penting dalam pengembangan kesejahteraan dan kebahagiaan pribadi. (Sumber : pexels.com/@Matheus Bertelli).
Sukabumi02 Mei 2024, 18:23 WIB

Status UHC Non-Cut Off Dicabut, Dinkes Sukabumi Jelaskan Layanan Kesehatan Warga Miskin

BPJS Kesehatan cabut status UHC Non-Cut Off Kabupaten Sukabumi, ini kata Dinkes soal layanan kesehatan warga miskin.
Sekretaris Dinkes Kabupaten Sukabumi Andi Rahman saat menjelaskan soal pencabutan status UHC Non-Cut Off oleh BPJS Kesehatan. (Sumber : Istimewa)
Life02 Mei 2024, 18:00 WIB

Doa Meminta Rezeki dari Segala Penjuru: Halal, Berkah dan Berlimpah

Berdoa meminta rezeki dapat memberikan harapan dan optimisme bahwa Allah SWT akan memberikan yang terbaik bagi mereka, meskipun dalam situasi yang sulit.
Ilustrasi. Berdoa.  Berdoa meminta rezeki dapat memberikan harapan dan optimisme bahwa Allah SWT akan memberikan yang terbaik bagi mereka, meskipun dalam situasi yang sulit. Sumber Foto : Pexels/Alena Darmel
Jawa Barat02 Mei 2024, 17:52 WIB

Sukseskan WHO24, LP3H EWI Bogor Gelar Temu Rembug dan Sosialisasi Wakaf Uang

Untuk sukseskan program Wajib Halal Oktober 2024 (WHO24), formatur pengurus Lembaga Pendamping Proses Produk Halal Edukasi Wakaf Indonesia (LP3H EWI) Kabupaten Bogor menginisiasi temu rembug dengan pengurus LP3H EWI Jabar
LP3H EWI Bogor Gelar Temu Rembug dan Sosialisasi Wakaf Uang | Foto : Ist
Sukabumi02 Mei 2024, 17:28 WIB

Setuju Duel Terkapar 1, Polisi Tetapkan 2 Tersangka Tawuran Pelajar di Palabuhanratu Sukabumi

Polisi ungkap kronologi aksi tawuran yang viral di media sosial antara dua kelompok pelajar sekolah menengah atas (SMA) di Jalan Patuguran, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi yang menelan korban luka parah.
Tangkapan layar video tawuran antar pelajar di Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Ist
Musik02 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Cinta Luka Sempurna Iqbaale Ramadhan Eks Personil CJR

Inilah Lirik Lagu Cinta Luka Sempurna Iqbaale Ramadhan Ex Personil Coboy Junior (CJR) yang Viral di Medsos.
Lirik Lagu Cinta Luka Sempurna Iqbaale Ramadhan. Foto: YouTube/IqbaalRamadhan
Keuangan02 Mei 2024, 16:30 WIB

Hindari 5 Gaya Hidup Boros yang Membuat Hidup Miskin dan Sulit Kaya

Yuk Hindari Sekarang! Inilah Sederet Gaya Hidup Boros yang Membuat Hidup Miskin dan Sulit Kaya
Ilustrasi. Belanja berlebihan. | Gaya Hidup Boros yang Membuat Hidup Miskin dan Sulit Kaya. (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Bola02 Mei 2024, 16:28 WIB

Malam Ini, Nobar Pila AFC U-23 Indonesia VS Irak di Halaman Mapolres Kota Sukabumi

Perebutan juara ketiga yang mempertemukan antara Indonesia dengan Irak itu akan digelar hari ini pada Kamis (02/5) sekira pukul 22:30 WIB, malam.
Nonton bareng pertandingan Piala AFC U-23 Indonesia vs Irak di Halaman Maporles Kota Sukabumi | Foto : Ist
Entertainment02 Mei 2024, 16:00 WIB

Rizky Febian dan Mahalini Dikabarkan Bakal Menikah Secara Adat di Bali Pada 5 Mei

Rizky Febian dan Mahalini dikabarkan akan melangsungkan pernikahan secara adat di Bali pada Minggu, 5 Mei 2024.
Rizky Febian dan Mahalini dikabarkan akan melangsungkan pernikahan secara adat di Bali pada Minggu, 5 Mei 2024. (Sumber : Instagram/@rfasmusic)
Life02 Mei 2024, 15:23 WIB

6 Sikap yang Membuat Anda Sulit Dipercaya Orang Lain di Masyarakat

Beberapa sikap dalam hidup rupanya berpengaruh terhadap penilaian orang lain, salah satunya menjadi patokan apakah dipercaya apa tidak di mata orang
Sikap yang membuat orang sulit dipercaya | Foto : Pexels/Liza Summer