Penambang Ciemas Sukabumi Curhat Masalah Izin Ke Eros Djarot

Senin 10 Juli 2023, 18:39 WIB
Anggota Reformasi Hukum, Eros Dajrot saat bertemu dengan penambang emas Sukabumi | Foto : Ragil Gilang

Anggota Reformasi Hukum, Eros Dajrot saat bertemu dengan penambang emas Sukabumi | Foto : Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Seniman sekaligus anggota Kelompok Kerja Reformasi Hukum Sektor Agraria dan Sumber Daya Alam pada Percepatan Reformasi Hukum, Eros Djarot temui para penambang atau Gurandil Pajampangan bertempat di Kampung Mekarasih, Desa Ciemas, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Senin (10/7/2023).

Kehadiran Eros Djarot di Ciemas merupakan respon atas munculnya pengajuan perizinan peruntukan lahan dari para warga penambang. Eros Djarot dijadwalkan akan melakukan peninanjuan lokasi pengajuan blok tambang rakyat, di Blok Cibuluh petak 103 B, akan tetapi dibatalkan.

Para penambang yang hadir dalam pertemuan tersebut, menyampaikan aspirasinya terkait proses perizinan sangat sulit.

"Untuk membuat izin pertambangan sangat sulit. Kami ingin pertambangan rakyat ini secepatnya dilegalkan, dan kami memohon dengan sangat karena ini berkaitan dengan kelangsungan hidup. Kasihan pak anak kami, jangan melanjutkan sekolah, untuk makan sehari-hari saja kami sulit. Kalau bisa mulai besok, kami sudah diberikan izin untuk memulai aktivitas pertambangan," jelas Ace menyampaikan aspirasinya kepada Eros Djarot yang sengaja hadir untuk menampung keinginan penambang.

Ketua Koperasi Ratu Jaya Perkasa, Maemunah menyampaikan bahwa pihaknya mengajukan perubahan peruntukan lahan di Blok Cibuluh sebanyak 10 Hektar.

"Pengusulan perubahan peruntukan kawasan hutan dan fungsi kawasan hutan seluas 10 Ha untuk menjadi kawasan kegiatan tambang rakyat yang berpedoman kepada UUD 1945 Pasal 33 Ayat 1 dan Pasal 27 Ayat 2," jelasnya. 

Menanggapi aspirasi yang disampaikan, Eros Djarot menyampaikan bahwa rakyat wajib makmur sesuai dengan amanah dari UU 1945 pasal 33 ayat 1 dan 2  bahwa kekayaan yang terpendam di alam ini sepenuhnya dikuasai oleh negara untuk kesejahteraan rakyat Indonesia.

"Disini terjadi satu kasus yakni 1500 penambang, darinya ada 1500 Kepala Keluarga (KK), yang mana merasa teraniaya. Padahal tujuannya tidak lebih hanya ingin makan, menyekolahkan anak, dan selebihnya bisa hidup dengan layak," ucap Eros Djarot.

Ia menegaskan setiap warga Indonesia wajiba sejahtera. "Jadi, sama di sini juga warga Indonesia jadi wajib sejahtera. Maka yang melanggar UUD 1945 pasal 33 1 dan 2 sudah merupakan pelanggaran serius," tegasnya.

Lebih jauh, Eros Djarot menyinggung keberadaan PT Wilton, yang tidak memperhatikan lingkungan, itu terlihat dari jalan kabupaten yang menuju Kecamatan Ciemas rusak, ditambah lagi PT Wilton katanya sudah tidak ada lagi kegiatan penambangan, tapi penjualan di pasar modal sudah terjadi yakni ke Singapura dan Malaysia.

"Padahal izinnya sendiri 9 mei 2022, sudah dicabut dan penambangan disini sudah sepenuhnya milik warga," imbuhnya.

Pertemuan tersebut juga nampak dihadiri unsur pemerintahan setempat. 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life21 Februari 2024, 08:00 WIB

Sering Gunakan Emoji? Kepribadian Seseorang Dilihat dari Caranya Mengetik Pesan

Berikut ini kepribadian seseorang dilihat dari cara mereka mengetik pesan singkat
Ilustrasi - Sering Gunakan Emoji? Kepribadian Seseorang Dilihat dari Caranya Mengetik Pesan (Sumber : Freepik/tirachardz)
Produk21 Februari 2024, 07:25 WIB

Jelang Ramadan, Harga Cabai di Pasar Parungkuda Sukabumi Tembus Rp90 Ribu Per Kg

Pedagang ungkap penyebab semakin pedasnya harga cabai di Pasar Parungkuda Sukabumi jelang bulan Ramadan 2024.
Harga cabai mahal di Pasar Parungkuda Sukabumi jelang bulan Ramadan 2024. Pedagang ungkap penyebabnya. (Sumber : SU/Ibnu)
Life21 Februari 2024, 07:00 WIB

Harganya Seringkali Mahal, Simak 10 Cara Menanam Cabai Rawit di Polybag

Berikut ini cara menanam cabai rawit di polybag agar berhasil panen dengan memuaskan
Berikut ini cara menanam cabai rawit di polybag agar berhasil panen dengan memuaskan (Sumber : Freepik/Racool_studio)
Food & Travel21 Februari 2024, 06:00 WIB

Resep Roti Telur Lipat Korea, Inspirasi Sarapan Enak untuk Anak-anak

Roti Telur Lipat Korea adalah pilihan sarapan yang mudah, bergizi, dan lezat untuk anak-anak.
Roti Telur Lipat Korea adalah pilihan sarapan yang mudah, bergizi, dan lezat untuk anak-anak. (Sumber : YouTube/@Devina Hermawan).
Science21 Februari 2024, 05:30 WIB

Prakiraan Cuaca Jabar 21 Februari 2024, Cek Daerah Mana Saja yang Hujan!

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 21 Februari 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya
Ilustrasi. Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 21 Februari 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya | Foto: Pixabay
Life21 Februari 2024, 05:00 WIB

Doa Malam Nisfu Sya’ban dari Nabi Yunus AS, Amalkan Sebanyak 3 Kali

Doa Nabi Yunus di malam Nisfu Sya'ban ini dianjurkan diamalkan.
Ilustrasi - Doa Nabi Yunus di malam Nisfu Sya'ban ini dianjurkan diamalkan. | (Sumber : Pixabay.com)
Nasional20 Februari 2024, 22:52 WIB

KPU Sebut Ada Kesalahan Data Pileg di 4.167 TPS dan Pilpres di 1.223 TPS

KPU mengungkapkan adanya kesalahan data pemilihan legislatif atau pileg di 4.167 Tempat Pemungutan Suara atau TPS di Indonesia.
Konferensi pers KPU soal perkembangan Pemilu 2024. (Sumber : KPU RI)
Nasional20 Februari 2024, 22:30 WIB

Perpres Publisher Rights Resmi Disahkan Presiden Jokowi, Ini Harapan AMSI

AMSI mengapresiasi keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengesahkan Perpres Publisher Rights.
Pengesahan Perpres Publisher Rights diumumkan oleh Presiden Jokowi dihadapan para pimpinan perusahaan media dan organisasi jurnalis pada puncak peringatan Hari Pers Nasional di Ancol, Jakarta. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi20 Februari 2024, 22:21 WIB

Antisipasi Kerusakan, Perumdam TJM Sukabumi Perbaiki Kebocoran Pipa di Cicurug

Kepala Perumdam TJM Sukabumi cabang Cicurug, Tatang Somantri, menjelaskan bahwa pekerjaan rutin ini dilakukan untuk mengatasi indikasi kebocoran.
Petugas Perumdam TJM Kabupaten Sukabumi cabang Cicurug saat memperbaiki saluran pipa di Ruas Jalan Caringin-Cidahu. (Sumber : Istimewa)
Nasional20 Februari 2024, 22:10 WIB

Dorong Jurnalisme Berkualitas, Jokowi Akhirnya Teken Perpres Publisher Rights

Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah meneken Peraturan Presiden (Perpres) Publisher Rights. Perpres ini disebut sebagai bentuk dukungan pemerintah terhadap produk jurnalisme yang berkualitas.
Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutan di Hari Pers Nasional di Econventional Hall Ecopark Ancol, Jakarta, Selasa (19/2/2024) | Foto : Capture Youtube Sekretariat Presiden