Mengunjungi Jembatan Cinumpang, Spot Selfie dan Progres Lingkar Utara Sukabumi

Sabtu 18 Maret 2023, 14:50 WIB
Proses pembangunan bagian sayap di kanan kiri jembatan Cinumpang jalan lingkar utara Sukabumi yang disebut sebagai spot selfie dan pedesterian. (Sumber: sukabumiupdate/awaludin)

Proses pembangunan bagian sayap di kanan kiri jembatan Cinumpang jalan lingkar utara Sukabumi yang disebut sebagai spot selfie dan pedesterian. (Sumber: sukabumiupdate/awaludin)

SUKABUMIUPDATE.com - Jembatan Cinumpang yang merupakan ikon jalan lingkar utara Kabupaten Sukabumi ternyata punya bagian yang mirip ‘sayap’ yang disebut-sebut sebagai spot selfie. Jembatan ini memang ikonik, karena membentang tinggi di atas lembah Cinumpang yang eksotis di kawasan kaki gunung gede pangrango.

Proyek yang mulai digarap tahun 2021 ini masih berlangsung. Lingkar utara akan menghubungkan 4 kecamatan di yang berada di lereng gunung gede pangrango, yaitu kadudampit, Sukabumi, Sukaraja hingga Sukalarang dengan total

Berdasarkan pantauan sukabumiupdate.com pada Jum'at, 17 Maret 2023 tampak sejumlah pekerja sedang melakukan pembangunan trotoar dan selokan, dari simpang tiga jalan raya Kadudampit hingga di jembatan Cinumpang.

Baca Juga: Melihat Progres Pembangunan Jalur Lingkar Utara Sukabumi di Cinumpang

Kawasan ini sudah menghitam, alias sudah dilapisi aspal yang masih baru dan belum kering sepenuhnya. Pengaspalan membentang sepanjang 440 meter dengan lebar 9 meter, dihitung dari gerbang masuk Cinumpang kadudampit dan berakhir di ujung jembatan yang berada di wilayah Kecamatan Sukabumi.

Di jembatan dengan panjang 90 meter dan lebar 9 meter terlihat belum ada pengerjaan lanjutan. Di tengah jembatan besi bergaya dua lengkungan besar ini ada bagian yang cukup menarik perhatian, menonjol keluar di kanan dan kiri badan jembatan, spot selfie kah?

Jembatan yang membentang di ketinggian hingga 90 meter dari lembah sungai Cinumpang ini memang dibangun dengan konsep infrastruktur kekinian. Dalam DED (Detail Engineering Design), jembatan ini akan dilengkapi dua ‘sayap’ yang akan dijadikan pedestrian sekalian bisa digunakan untuk spot selfie.

Baca Juga: Jembatan Cinumpang Selesai, Progres Lingkar Utara Sukabumi: Kadudampit-Sukalarang

Bagian ini terbuat dari besi baja yang di tempel langsung ke beton tiang tengah jembatan. Berbentuk setengah lingkaran yang memiliki panjang kurang lebih 5 meter pada setiap sisinya.

Jika dari arah Kadudampit, Spot Selfie sebelah kiri menghadap ke Gunung Gede Pangrango dan spot kanan menghadap lembah Sukabumi.

Apih (54 tahun) mandor proyek CV Limba Jaya Abadi menjelaskan saat ini timnya bertugas membangun trotoar dan trotoar sepanjang kurang lebih 350 meter. “Kami yang bertugas ngerjain trotoar dan selokan dari gerbang hingga jembatan, pekerja kurang lebih 30 orang," ujarnya kepada sukabumiupdate.com.

Dalam proses pembangunan, jembatan cinumpang yang menjadi ikon jalan lingkar utara Kabupaten SukabumiDalam proses pembangunan, jembatan cinumpang yang menjadi ikon jalan lingkar utara Kabupaten Sukabumi

Baca Juga: Lingkar Utara 28 Km, Kadudampit-Sukalarang Sukabumi Mulai Dibangun Juni 2021

Warga sekitar jembatan Cinumpang berharap pembangunan jalan lingkar utara ini cepat selesai. Seperti diungkap Ketua RT setempat Isep Saepul Alam (40 tahun.

"Kalau warga pengen cepat selesai, karena bisa untuk akses petani ke kebun, ngirim pupuk jadi gampang terus angkut hasil panen juga jadi gampang" jelas Isep

Ia juga berharap jalan baru dan jembatan cinumpang bisa membuat kawasan yang dilintasinya berkembang, terutama wisata dan pertanian. “Selain itu dengan adanya akses ini, jalan menuju tempat wisata juga jadi lebih mudah, mudah-mudahan aja kedepannya bisa ramai" sambung dia.

Baca Juga: Progres Jalan Baru Lingkar Utara Sukabumi, Cinumpang Hingga Lebaksiuh

Jalan lingkar utara rencananya akan membentang sepanjang 28 kilometer dari Kecamatan Kadudampit hingga Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi. Proses cut and fill saat ini masih berlangsung.

Adapun anggaran cut and fill proyek menurut papan proyek tersebut adalah senilai Rp 4.597.915.051 yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sukabumi Tahun 2022 lewat Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang.

Pengerjaan cut and fill dilakukan selepas rampungnya pembangunan Jembatan Cinumpang. Jembatan ikonik berkelir merah yang memiliki bentangan sepanjang 90 meter dengan lebar 9 meter ini dibangun setinggi kurang lebih 90 meter di atas sungai dan menjadi penghubung Kecamatan Kadudampit dan Kecamatan Sukabumi.

Baca Juga: Rp535 Miliar untuk Bangun Jalur Lingkar Utara Kabupaten Sukabumi

Jalan lingkar di kaki Gunung Gede Pangrango ini akan menjadi pemecah volume kendaraan di wilayah utara Kabupaten Sukabumi. Keberadaannya juga menjadi akses pendukung sejumlah potensi wisata alam yang ada di empat kecamatan tersebut.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Sukabumi Asep Jafar pada Mei 2022 mengatakan pembangunan jembatan cinumpang diperkirakan menelan anggaran hingga Rp 25 miliar yang bersumber dari APBD.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi22 Juli 2024, 17:52 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Beri Layanan dan Edukasi Ke Warga di Pasar Ramayana Sukabumi

BPJS Ketenagakerjaan Kota Sukabumi memberikan pelayanan secara langsung kepada masyarakat di Toserba Ramayana, Tipar, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. Selasa 16 Juli 2024.
Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi, Oki Widya Gandha | Foto : Ist
Life22 Juli 2024, 17:30 WIB

8 Tanda Kamu Mudah Dirindukan Orang Lain Karena Kepribadian yang Dimiliki

Kepribadian yang mudah dirindukan mencerminkan kualitas interpersonal yang kuat dan keterampilan emosional yang tinggi.
Ilustrasi - Kepribadian yang mudah dirindukan mencerminkan kualitas interpersonal yang kuat dan keterampilan emosional yang tinggi. (Sumber : Pexels.com/@Karolina Kaboompics).
Sukabumi22 Juli 2024, 17:24 WIB

Kaca Mobil Pecah Rp490 Juta Raib, Maling Gondol Uang Setoran SPBU di Sukabumi

Uang setoran senilai Rp 490 juta hasil penjualan bahan bakar minyak (BBM) Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 34.43103 Cibolang, Kabupaten Sukabumi raib digondol maling perampokan modus pecah kaca mobil.u
Inafis serta petugas Kepolisian Polres Sukabumi Kota saat melakukan olah TKP di Pool Damri, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi. Senin (22/7/2024) | Foto : Asep Awaludin
Musik22 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Steal My Girl One Direction yang Viral di TikTok

Salah satu penggalan Lirik Lagu Steal My Girl One Direction yang viral di TikTok adalah "Everybody wanna steal my girl. Everybody wanna take her heart away", sehingga banyak dicari warganet.
Official Video Lagu Steal My Girl One Direction. Foto: YouTube/OneDirection
Sukabumi22 Juli 2024, 16:51 WIB

Curug Puncak Manik Terbengkalai, Pemdes Cibenda Sukabumi Bicara Pelepasan Lahan

Curug Puncak Manik, sebuah air terjun eksotis yang dikenal sebagai objek wisata fenomenal, kini menghadapi tantangan serius
Curug Puncak Manik, Desa Cibenda, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Entertainment22 Juli 2024, 16:45 WIB

Unggah Foto Kentang Goreng McD, V BTS Dapat Kritikan dari ARMY Hingga Trending di X

V BTS mendapatkan kritikan dari penggemar dan netizen usai mengunggah foto kentang goreng dari restoran cepat saji McDonald’s (McD) pada Minggu, 21 Juli 2024, di Instagram pribadinya.
Unggah Foto Kentang Goreng McD, V BTS Dapat Kritikan dari ARMY Hingga Trending di X (Sumber : Instagram/@thv)
Film22 Juli 2024, 16:30 WIB

Sinopsis Kang Mak from Peek Mak, Film Remake Horor Thailand yang Dipenuhi Kelucuan

Kang Mak from Peek Mak adalah salah satu film horor komedi terbaru di Indonesia yang akan tayang di seluruh bioskop Tanah Air, pada Kamis, 15 Agustus 2024 mendata
Sinopsis Kang Mak from Peek Mak, Film Remake Horor Thailand yang Dipenuhi Kelucuan (Sumber : Instagram/@vinogbastian__)
Sukabumi22 Juli 2024, 16:07 WIB

Bobby Maulana dan Tim MKTech Bantu Modal Usaha Pak Engkos Korban Hipnotis

Bagian dari program "Menata Kebaikan," Bobby Maulana dan tim MKTech memberikan bantuan modal usaha kepada Pak Engkos. Selain itu, mereka juga memberikan penghargaan sebagai pelaku UKM yang telah konsisten berjualan selama puluhan
Artis Bobby Maulana saat bertemu Pak Engkos (tukang tahu yang jadi korban hipnotis) warga Kota Sukabumi | Foto : Ist
Life22 Juli 2024, 16:00 WIB

7 Ciri Perempuan yang Memiliki Inner Beauty Kuat Dalam Dirinya

Perempuan dengan inner beauty memancarkan daya tarik yang jauh melampaui penampilan fisik.
Ilustrasi - Perempuan dengan inner beauty memancarkan daya tarik yang jauh melampaui penampilan fisik. (Sumber : pexels.com/@Hải Nguyễn).
Entertainment22 Juli 2024, 15:45 WIB

Rilis Foto Welcome Back, 2NE1 Akan Kembali dengan Menggelar World Tour

Kabar gembira buat penggemar Kpop, girl grup legendaris asal YG Entertainment yaitu 2NE1 akan comeback dan menggelar tur secara global untuk bertemu dengan penggemar.
Rilis Foto Welcome Back, 2NE1 Akan Kembali dengan Menggelar World Tour (Sumber : Instagram/@yg_ent_official)