Jembatan Cinumpang Selesai, Progres Lingkar Utara Sukabumi: Kadudampit-Sukalarang

Jumat 13 Mei 2022, 13:11 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pembangunan jalur lingkar utara Kabupaten Sukabumi dari Kadudampit hingga Sukalarang (berbatasan dengan Kabupaten Cianjur Jawa Barat), memasuki babak baru. Jalur sepanjang 28 kilometer ini mulai digeber oleh pemerintah daerah melalui Dinas Pekerjaan Umum, setelah jembatan cinumpang selesai dibangun.

Kabar selesainya pembangunan jembatan ini diinformasikan oleh pemda melalui Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian. "Jembatan Cinumpang Tahap I di kawasan Cinumpang, Kecamatan Kadudampit, sudah rampung dikerjakan," tulis admin akun facebook, DIskominfosan Kabupaten Sukabumi, beberapa hari lalu.

Akun ini juga menayangkan video jembatan berkelir merah yang memiliki bentangan sepanjang 90 meter dengan lebar 9 meter. Jembatan ikonik dibangun dengan ketinggian kurang lebih 90 meter diatas sungai, dan keberadaannya menjadi penghubung Kecamatan Kadudampit dan Sukabumi.

“Alhamdulillah, hasil monitoring dan evaluasi Tim Teknis Dinas PU Kabupaten Sukabumi pekerjaan tahap pertama sudah terselesaikan,”ujar Kepala Dinas PU Kabupaten Sukabumi, Asep Japar dalam video yang diunggah tanggal 10 Mei 2022 tersebut.

photoKepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi Asep Japar bersama tim saat meninjau jembatan cinumpang di Kadudamput yang selesai dibangun - (dok Diskominfosan Kabupaten Sukabumi)</span

Selanjut tim kata Asep Japar akan langsung melaksanakan pengerjaan jalan dan fasilitas lainnya yang masuk dalam program tahap kedua. Jalan sepanjang 28 kilometer akan membentang menghubungkan 4 kecamatan, yaitu Kadudampit, Sukabumi, Sukaraja dan Sukalarang.

Jalan lingkar kaki Gunung Gede Pangrango ini akan menjadi pemecah volume kendaraan di wilayah utara Kabupaten Sukabumi. Keberadaannya juga menjadi akses pendukung  sejumlah potensi wisata alam yang ada di 4 kecamatan tersebut.

Kepada sukabumiupdate.com, Asep Japar menjelaskan pembangunan jalan dan jembatan 'lingkar utara' ini ditaksir menelan anggaran hingga Rp 25 Miliar, yang bersumber dari APBD.

"Setelah jembatan cinumpang selesai. Rencana pembangunan jalan akan berlangsung selama 6 bulan ke depan. Semoga rampung sesuai target,” bebernya.

Baca Juga :

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Sukabumi Jawa Barat mulai membangun jalan lingkar utara penghubung Kecamatan Kadudampit hingga ke Sukalarang pada Juni 2021 lalu. Akses ini dipersiapkan untuk mendukung potensi wisata agro di kawasan utara khususnya kaki gunung Gede Pangrango di wilayah Kabupaten Sukabumi.

Hal ini diungkapkan Bupati Marwan Hamami usai melakukan survey lapangan rencana pembangunan jalan dan jembatan di Cinumpang Kadudampit, pada tanggal 1 April 2021 lalu. Pemkab berencana membangun jalan sepanjang 28 Km  dengan Lebar 30 meter dan badan jalan 20 meter, mulai dari dari kantor Kecamatan Kadudampit sampai batas Cianjur di Kecamatan Sukalarang. 

"Jalur ini harus memberikan dampak pengembangan potensi Pariwisata dan pertanian, kalau sudah terbuka Insya Allah masyarakat akan terbantu, terutama akses pasar akan lebih mudah untuk pertanian mereka" ungkap Bupati Marwan Hamami saat itu.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi12 Juli 2024, 23:56 WIB

Diduga Pakai Sianida, Pengolahan Emas di Bojong Pari Sukabumi Resahkan Warga

Sungai pun turut tercemar, aktivitas pengolahan emas di Bojong Pari Waluran Sukabumi tersebut hingga saat ini kata warga belum tersentuh oleh penegak hukum.
Tong tempat pengolahan emas di Kampung Bojong Pari, Desa Waluran Mandiri, Waluran Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Inspirasi12 Juli 2024, 22:52 WIB

Puluhan UMKM Ramaikan Event Jampang Ngabhuana 2 di Surade Sukabumi

Sebanyak 40 pelaku UMKM meramaikan event tahunan Jampang Ngabhuana 2 di lapang Lodaya Setra Surade Sukabumi.
Pelaku UMKM ramaikan event Jampang Ngabhuana 2 di lapang lodaya setra Kelurahan/Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ragil)
DPRD Kab. Sukabumi12 Juli 2024, 22:32 WIB

Dukung Aksi Demo HMI soal Truk ODOL, DPRD Sukabumi Minta Dishub Tegakan Aturan

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar dukung aksi unjuk rasa HMI kepada Dishub terkait penegakan aturan jam operasional truk ODOL.
Demo massa HMI cabang Sukabumi di kantor Dishub Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi12 Juli 2024, 22:05 WIB

Disdik Kabupaten Sukabumi Beri Beasiswa Tahfidz Quran untuk 64 Pelajar

Disdik Kabupaten Sukabumi memberikan beasiswa tahfidz quran tingkat SMP tahun 2024 kepada 64 pelajar. Ini harapannya.
64 pelajar SMP yang mendapatkan beasiswa Hafidz Quran di Kantor Disdik Kabupaten Sukabumi, Jumat (12/7/2024). (Sumber : Istimewa)
Nasional12 Juli 2024, 21:35 WIB

Lewat Perpres, Jokowi Obral HGU IKN ke Investor hingga 190 Tahun

Presiden Jokowi teken Perpres kebut pembangunan IKN Nusantara, investor bisa pakai HGU hingga 190 Tahun.
Presiden Joko Widodo saat melakukan groundbreaking pembangunan gedung kantor PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk di Kawasan IKN Nusantara Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur pada Rabu, 5 Juni 2024. (Sumber : BPMI Setpres)
Sukabumi12 Juli 2024, 21:15 WIB

Dinilai Tak Tegas Tegakan Aturan Jam Operasional Truk, Dishub Sukabumi Digeruduk HMI

HMI Cabang Sukabumi geruduk kantor Dishub Kabupaten Sukabumi di Cikembar, desak tegakkan Perda terkait jam Operasional Truk ODOL.
Aksi unjuk rasa HMI di depan kantor Dishub Kabupaten Sukabumi,  Jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Cikembar, Jumat (12/7/2024). (Sumber : SU/Ibnu)
Life12 Juli 2024, 21:00 WIB

8 Bahasa Tubuh Pria yang Menyukaimu Secara Diam-diam

Bahasa tubuh pria saat jatuh cinta atau menyukai seseorang dapat dilihat dan dikenali.
Ilustrasi - Bahasa tubuh pria saat jatuh cinta atau menyukai seseorang dapat dilihat dan dikenali. (Sumber : Freepik/Pressfoto)
Sehat12 Juli 2024, 20:00 WIB

8 Pengobatan Rumahan untuk Mengatasi Kolesterol Tinggi

Mengelola kolesterol tinggi dengan perubahan gaya hidup dan, jika perlu, obat-obatan adalah kunci untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.
Ilustrasi. Olahraga Rutin. Pengobatan rumahan adalah salah satu cara untuk mengatasi kolesterol tinggi. Sumber: Freepik/freepik
Sukabumi12 Juli 2024, 19:32 WIB

Potensi Cisolok, Surga Wisata Alam hingga Budaya di Kabupaten Sukabumi

Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, merupakan salah satu kecamatan yang memiliki kekayaan alam dan budaya yang luar biasa
Kantor Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa
Sehat12 Juli 2024, 19:28 WIB

Bupati Sukabumi Apresiasi RSUD Sekarwangi dan RSHS Kerja Sama Pengampuan Layanan KJSU

Apresiasi kerja sama RSUD Sekarwangi dan RSHS Bandung dalam pengampuan layanan KJU, ini harapan Bupati Sukabumi Marwan Hamami.
Jajaran RSUD Sekarwangi dan RSHS Bandung berfoto bersama Bupati Sukabumi Marwan Hamami. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)