Jalannya Sempit! Ini Jalur Alternatif Bogor Sukabumi Hindari Macet Jembatan Pamuruyan

Jumat 16 Desember 2022, 20:23 WIB
Jalan desa di Ciambar. Jalur alternatif hindari macet longsor jembatan pamuruyan Cibadak Sukabumi. | Foto: kanal youtube edwar widodo

Jalan desa di Ciambar. Jalur alternatif hindari macet longsor jembatan pamuruyan Cibadak Sukabumi. | Foto: kanal youtube edwar widodo

SUKABUMIUPDATE.com - Ada sejumlah jalan alternatif akses Bogor Sukabumi atau sebaliknya yang bisa digunakan untuk menghindari macet longsor jembatan Pamuruyan Cibadak. Namun kondisi jalannya tidak begitu baik dan sempit, sehingga hanya direkomendasikan untuk motor, itupun lebih aman dilintasi siang hari.

Adalah youtuber Edwar Widodo (Konten Kreator Sukabumi) yang membagikan jalur alternatif ini untuk publik melalui kanal dengan nama yang sama, pada Jumat (16/12/2022). Youtuber yang rajin mengabarkan pembangunan tol bocimi ini tak hanya riset lewat google maps, tapi merekam jalur alternatif tersebut, menyusuri jalan-jalan itu dengan motor dan merekamnya melalui kamera helm.

Jika dari arah Bogor, jalur ini masuk dari jalan Tenjoayu Cicurug, menuju Kecamatan Ciambar, Parungkuda melintas Nagrak dan keluar di Karangtengah Cibadak. Jalur ini tak hanya solusi kemacetan akibat sistem satu arus buka tutup akibat longsor jembatan Pamuruyan tapi juga menghindari kepadatan kendaraan di Pasar Cicurug, Parungkuda, dan Pasar Cibadak.

Jalur ini juga melintas di atas jalan tol bocimi seksi 2, yang berada di wilayah Desa Purwasari Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi. Dalam video berdurasi lebih daru 44 menit itu Edward sangat detil menjelaskan setiap persimpangan yang harus dilalui, menjelaskan lokasi dan kondisi jalan.

“Tidak disarankan dilintasi saat malam dan hujan, karena beberapa ruas jalannya masih bebatuan dan tanah. Terutama saat melintasi Cibunar Jaya menuju nagrak, jalannya masih bebatuan dan tanah, licin saat hujan,” jelas Edwar dalam video tersebut.

Jalur alternatif ini melintasi jalan-jalan desa penghubung antar kedusunan atau kampung, sehingga masih cukup sempit, lebar rata-rata 4 hingga 5 meter. Bahkan akses dari Ciambar menuju Nagrak, ada yang hanya bisa dilintasi oleh satu kendaraan saja.

Baca Juga: Kapolda Jabar Bilang Kendaraan Satu Arus di Jembatan Pamuruyan Sukabumi

“Alternatif menuju Cibodas Nagrak jalannya masih bebatuan cukup sempit jadi kalau mobil berpapasan salah satu harus mengalah dan mundur. Kendaraan harus dipastikan baik karena kontur jalannya juga banyak tanjakan dan turunan,” lanjut Edwar.

Tiga jam setelah diposting, video berjudul Jalur Alternatif Bogor Sukabumi | Jalan Alternatif Sukabumi | suasana pedesaan jawa barat ini sudah ditonton lebih dari 700 viewers. Dalam narasinya Edwar menegaskan video ini dibuat karena banyak request dari followersnya, yang meminta jalur alternatif menghindari kemacetan akibat longsor jembatan pamuruyan Cibadak. (untuk lebih jelas, tonton video edwar widodo pada tautan ini).

Melintasi jalan tos bocimi seksi 2. Jalur alternatif hindari macet longsor jembatan pamuruyan Cibadak SukabumiMelintasi jalan tos bocimi seksi 2. Jalur alternatif hindari macet longsor jembatan pamuruyan Cibadak Sukabumi

Seperti diberitakan sebelumnya, longsor sebagian badan jembatan Pamuruyan di Cibadak Sukabumi membuat arus lalu lintas jalan nasional di lokasi tersebut harus buka tutup. Petugas membatasi volume kendaraan saat melintas jembatan pamuruyan.

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Suntana mengatakan arus kendaraan yang seharusnya berjalan lancar, terhambat lantaran ada perbaikan Jembatan Pamuruyan yang ambrol pada 13 Desember 2022 oleh Kementerian PUPR. Hingga saat ini petugas masih menerapkan sistem buka tutup di jembatan tersebut.

Suntana menyatakan sistem satu arah dengan buka tutup diterapkan karena jalur semakin menyempit. "Jalur semakin menyempit. Dari segi bahaya juga harus diperhitungkan untuk keamanan dan kenyamanan. Tapi kalau memang bisa dua arus, kita akan jalankan dua arus," kata Suntana.

"Sekarang terpaksa harus satu arus. Apalagi yang pulang ke Sukabumi pada Jumat, Sabtu, Minggu, cukup banyak (kendaraan). Mohon pengertiannya," imbuh dia.

Baca Juga: Kementerian PUPR Ungkap Teknis dan Target Perbaikan Jembatan Pamuruyan Sukabumi

Suntana menyebut pada 20 Desember 2022 akan diupayakan lalu lintas di Jembatan Pamuruyan kembali normal untuk dua arah. "Insyaallah tanggal 20 (Desember 2022) bersama teman-teman dari (Kementerian) PUPR, optimis jalur ini akan berjalan normal lagi," katanya.

"Kemudian setelah tahun baru, pada Januari atau paling lambat Februari, jembatan ini akan memiliki tambahan jembatan yang baru sehingga lebar yang sekarang 7 meter, setelah terealisasikan akan menjadi 9 meter," ujar Suntana.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Produk19 April 2024, 10:09 WIB

Data Diskumindag 19 April 2024: Ini Daftar Harga Bapokting di Pasar Kota Sukabumi

Informasi harga ini diunggah Diskumindag Kota Sukabumi di Instagram.
(Foto Ilustrasi) Diskumindag Kota Sukabumi merilis update harga sejumlah bahan pokok di Pasar Pelita dan Pasar Tipar Gede pada Jumat (19/4/2024). | Foto: Freepik
Life19 April 2024, 10:00 WIB

Kesehatan Mental Terganggu, 11 Ciri Orang yang Memiliki Luka Batin Dalam Hidupnya

Luka batin adalah bekas luka emosional yang tertanam dalam diri seseorang akibat pengalaman menyakitkan di masa lalu.
Ilustrasi - Luka batin adalah bekas luka emosional yang tertanam dalam diri seseorang akibat pengalaman menyakitkan di masa lalu.  (Sumber : unplash/@Danie Franco)
Inspirasi19 April 2024, 09:30 WIB

8 Panduan Sederhana untuk Bisnis Online Pemula, Jangan Lupa Riset Pasar!

Bisnis online dapat dijalankan dengan cara membuat toko online, memasarkan produk melalui marketplace, atau menawarkan jasa melalui situs web atau platform online lainnya.
Ilustrasi. Bisnis online. Sumber : pixabay/janeb13
Sehat19 April 2024, 09:00 WIB

Menurunkan Gula Darah Secara Alami, 7 Langkah Ubah Pola Makan dan Gaya Hidup

Sebaiknya Anda menghindari hal ini dengan melakukan beberapa perubahan gaya hidup sehat untuk menurunkan gula darah.
Ilustrasi. Sebaiknya Anda menghindari hal ini dengan melakukan beberapa perubahan gaya hidup sehat untuk menurunkan gula darah. Sumber: Freepik/freepik
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 08:38 WIB

DPRD Minta DLH Pikirkan Solusi Soal Masalah Sampah di Sagaranten Sukabumi

Menurut Budi, masalah sampah bukan hanya terjadi di Kecamatan Sagaranten.
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali. | Foto: SU
Life19 April 2024, 08:19 WIB

Cukup 4 Bahan, Asam Urat Minggat! Yuk Bikin Minuman Herbal Ala Zaidul Akbar

Asam urat memiliki gejala yang membuat persendian nyeri saat kambuh.
Resep minuman herbal cuma 4 bahan untuk atasi asam urat ala Zaidul Akbar. | Foto: Freepik.com/8foto
Life19 April 2024, 08:12 WIB

Asam Urat Kambuh Setelah Lebaran? Bikin Minuman Herbal Sederhana Ala Zaidul Akbar Ini

Penyakit asam urat yang kambuh setelah lebaran pasti membuat Anda tidak nyaman dan tubuh terasa tidak enak.
Resep minuman herbal sederhana ala Zaidul Akbar yang dapat meredakan asam urat saat kambuh. | Foto: Freepik.com/jcomp
Sehat19 April 2024, 08:00 WIB

6 Jenis Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Penderita Gula Darah

Sobat Sehat Merapat! Yuk, Ketahui Apa Saja Jenis Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Berlebihan oleh Penderita Gula Darah.
Bola Sarden. Olahan Ikan. | Contoh Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Berlebihan oleh Penderita Gula Darah. Foto: YouTube/MamaSuka Indonesia
Life19 April 2024, 07:00 WIB

10 Gaya Hidup Sehat yang Bisa Membantu Menurunkan Gula Darah

Yuk Lakukan Gaya Hidup Sehat yang Bisa Membantu Menurunkan Gula Darah Ini!
Ilustrasi. Gaya Hidup Sehat yang Bisa Membantu Menurunkan Gula Darah. (Sumber : Pexels/JaneTrangDoan)
Food & Travel19 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Jambu Biji untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Daun jambu biji juga mengandung senyawa-senyawa aktif seperti flavonoid dan tanin yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. Beberapa orang juga mengonsumsi teh atau ekstrak daun jambu biji untuk mendukung kesehatan secara umum.
Ilustrasi. Cara Membuat Air Rebusan Jambu Biji untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti Langkah-Langkahnya! (Sumber : Instagram/@parboaboa)