Penarikan Retribusi di Pantai Istana Presiden Tuai Protes, Ini Respon Dispar Sukabumi

Jumat 17 Maret 2023, 08:04 WIB
Tangkapan layar video sejumlah pedagang dan jukir.melakukan protes kepada petugas di pos retribusi tiket wisata Pantai Istana Presiden Citepus. (Sumber : Istimewa)

Tangkapan layar video sejumlah pedagang dan jukir.melakukan protes kepada petugas di pos retribusi tiket wisata Pantai Istana Presiden Citepus. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Hari pertama pemberlakuan sistem tiketing di kawasan objek wisata Pantai Istana Presiden (IP), Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis 16 Maret 2023, diwarnai aksi protes.

Pos retribusi atau tolgate sementara milik Dinas Pariwisata atau Dispar Kabupaten Sukabumi sebagai tempat penukaran tiket kepada pengunjung, digeruduk sejumlah pedagang dan Juru Parkir (Jukir) di kawasan tersebut.

Mereka menuding adanya sistem berupa penarikan tarif retribusi sebesar Rp5000 per orang ini, telah membuat Pantai IP sepi pengunjung. Video aksi protes ini kemudian beredar viral di grup WhatsApp dan media sosial.

"Sebenarnya itu perwakilan daripada pelaku usaha yang ada di IP, mereka menuntut ditiadakannya tolgate (pos retribusi) itu, artiannya ketika melakukan penagihan misalkan jangan perorang, tadi kejadian satu toring (mobil bak) ada 20 orang, kalau per orang 5.000 jadi 100 ribu, ada kebijakan, apalah," ungkap Rusdian, salah seorang juru parkir di pantai IP.

Baca Juga: Dispar Sukabumi Bakal Terapkan Tiket Wisata di Pantai Istana Presiden Citepus

Menurutnya, keluhan lain di antaranya meminta Dinas Pariwisata membenahi fasilitas di pantai IP. Seperti toilet, musala dan fasilitas wisata lain sehingga pengunjung tidak merasa keberatan dikenakan tiket masuk.

Tak hanya itu, tukang parkir juga mengeluhkan tidak bisa memungut uang parkir kepada pengunjung karena sebelumnya sudah diminta membayar tiket di pos retribusi.

"Tukang parkir ngerasa keberatan, karena terkait tolgate itu artinya di atas diminta uang masuk," kata Rusdian.

"Sementara kalau gak ada yang parkir motor masuk apalagi kalau banyak gak ada yang merapikan dan menjaga, sementara tolgate kan di atas, jarak dari parkir ke atas itu kan dekat, ketika mereka di atas sudah parkir ketika pulang ditagih lagi, memang (pengunjung ada yang ngasih) seadanya tapi etikanya gak ada," ucapnya.

Saat dikonfirmasi, Subkor Destinasi Baru Dispar Kabupaten Sukabumi, Riki Agus Ramdan mengatakan, keberadaan pos retribusi tiket masuk pantai istana presiden (IP) sudah sesuai dengan Peraturan Daerah (PERDA) Kabupaten Sukabumi Nomor 7 Tahun 2018, tentang retribusi tempat rekreasi dan olahraga. Terlebih, lahan pantai IP merupakan kawasan dalam pengelolaan Dinas Pariwisata.

"Besaran tarif kalau di dalam Perda itu nomor 7 tahun 2018 perorang itu 5.000 rupiah dan teknik pembayaran pun sistemnya tunai dan non tunai. Makanya kita berlakukan khususnya di non tunai, untuk pemaksimalan pendapatan ke kas daerah kita," ucapnya.

Baca Juga: Dimulai di Curug Sodong, Dispar Sukabumi Bakal Terapkan Tiket Wisata Pakai QRIS

Terkait aksi protes sejumlah pedagang dan juru parkir, Riki menyebut pihaknya telah melakukan musyawarah. Pihaknya juga saat ini sudah melakukan kajian untuk penataan pantai Istana Presiden. Sehingga Riki memastikan penarikan retribusi ini tetap dilanjutkan.

"Sudah dimusyawarahkan dengan desa khususnya dengan kepala Desa. Berhubung kita di lapangan harus menjalankan tugas dari pimpinan, kita laksanakan kegiatan di hari ini, adapun informasi riak-riak seperti itu kita terima dan itu pun sudah kita komunikasikan dengan pedagang maupun tukang parkir, sudah ada solusi," jelasnya.

Menurut Riki, untuk penataan pantai Istana Presiden sudah masuk dalam program prioritas, terutama segi penerangan di kawasan di daerah pantai.

"Dalam kondisi saat ini pasti prioritas kita paling penataan di penerangan jalan dulu, khususnya areal objek wisata yang ada di IP, karena tugas kita di lapangan khususnya rekan-rekan sebanyak mungkin supaya kunjungan wisata itu meningkat," kata Riki.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Science18 Juni 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 18 Juni 2024, Termasuk untuk Wilayah Sukabumi, Bogor dan Cianjur

Prediksi cuaca hari ini 18 Juni 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prediksi cuaca hari ini 18 Juni 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung  dan sekitarnya. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
Sukabumi18 Juni 2024, 00:59 WIB

RAI Hergun Pastikan Terbuka Terima Silaturahmi Semua Kandidat Pilkada Sukabumi

Menjelang Pilkada Sukabumi, Rumah Aspirasi dan Inspirasi Heri Gunawan (RAI HerGun) terbuka untuk siapapun, baik warga Kota maupun Kabupaten Sukabumi yang hendak menyalurkan aspirasi dan inspirasinya
Anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra, Heri Gunawan (Sumber : dok Heri Gunawan)
Sukabumi Memilih18 Juni 2024, 00:17 WIB

Bertemu Heri Gunawan, Iyos dan Iman Jajaki Dukungan Gerindra di Pikada Sukabumi?

Bakal Calon Bupati Sukabumi Iyos Somantri dan Ketua DPC Partai Demokrat Iman Adinugraha menyambangi Rumah Aspirasi dan Inspirasi (RAI) untuk bertemu Anggota DPR RI dari Partai Gerindra, Heri Gunawan, Senin (17/6/2024) petang.
Iyos Somantri dan Iman Adinugraha bertemu politisi Gerindra Heri Gunawan di RAI Hergun di Kota Sukabumi | Foto : Istimewa
Sehat17 Juni 2024, 21:00 WIB

5 Alasan Kadar Gula Darah Tidak Mau Turun, Anda Pernah Mengalaminya?

Beberapa orang mungkin pernah mengalami kadar gula darahnya tidak mau turun.
Ilustrasi. Beberapa orang mungkin pernah mengalami kadar gula darahnya tidak mau turun. (Sumber : Freepik/@xb100)
Sukabumi Memilih17 Juni 2024, 20:21 WIB

Dapat Perintah DPP, Miftahul Janah Dipastikan Maju di Pilkada Kota Sukabumi

Dewan Pengurus Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB) dikabarkan akan mendorong salah satu kadernya, Miftahul Janah untuk maju di Pilkada Kota Sukabumi 2024.
Miftahul Janah, Bakal Calon Wali Kota / Wakil Wali Kota di Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Ist
Life17 Juni 2024, 20:00 WIB

6 Rutinitas Sehat yang Bisa Mencegah Lonjakan Kolesterol dalam Darah

Dengan menerapkan rutinitas sehat setiap hari, Anda dapat secara efektif mencegah lonjakan kolesterol dalam darah dan menjaga kesehatan jantung.
Ilustrasi. Rutinitas Sehat yang Bisa Mencegah Lonjakan Kolesterol dalam Darah (Sumber : Freepik.com)
Jawa Barat17 Juni 2024, 19:21 WIB

Gempat Darat M3,4 Guncang Cianjur, BMKG Imbau Warga Waspadai Gempa Susulan

Gempa 3.4 magnitudo mengguncang Cianjur, Jawa Barat, Senin (17/6/2024) pukul 81.21 WIB.
Gempa 3.4 magnitudo di Cianjur, Jawa Barat, Senin (17/6/2024) pukul 81.21 WIB | Foto : Ist
Gadget17 Juni 2024, 19:00 WIB

Laptop Sering Nge Freeze? Begini 9 Langkah untuk Mengatasinya

Laptop nge-freeze adalah kondisi di mana laptop tidak dapat merespons perintah pengguna.
Ilustrasi -  Laptop nge-freeze adalah kondisi di mana laptop tidak dapat merespons perintah pengguna. (Sumber : Freepik.com).
Life17 Juni 2024, 18:00 WIB

Doa Minta Jodoh Terbaik untuk Laki-laki Maupun Perempuan, Yuk Amalkan

Doa minta jodoh terbaik ini dapat diamalkan bagi perempuan atau laki-laki yang sedang mencari pasangan hidup.
Ilustrasi - Doa minta jodoh terbaik ini dapat diamalkan bagi perempuan atau laki-laki yang sedang mencari pasangan hidup. (Sumber : Pixabay.com/@OlcayErtem).
Internasional17 Juni 2024, 17:40 WIB

Idul Adha yang Muram, Warga Gaza Lakukan Salat Ied di Tengah Puing-puing

Suasana muram menyelimuti perayaan Hari Raya Idul Adha kali ini di Gaza. Ratusan warga pada Minggu, 16 Juni 2024, melaksanakan salat Idul Adha di tengah puing-puing dan bangunan yang hancur.
Warga Gaza laksanakan salat Idul Adha di tengah reruntuhan rumah mereka : Foto : Capture Youtube FRANCE 24 English