Jalan Cipatuguran Sukabumi Rusak, Warga Jayanti: Banyak Dilintasi Kendaraan PLTU

Selasa 07 Maret 2023, 23:38 WIB
Jalan Patuguran | Foto : Ilyas

Jalan Patuguran | Foto : Ilyas

SUKABUMIUPDATE.com - Jalan Kabupaten ruas simpang tiga Jayanti-Cipatuguran di Desa Jayanti, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, rusak parah seperti kubangan kerbau saat hujan.

Kondisi jalan sangat ancur dan mengkahawatirkan, pasalnya kondisi jalan tersebut banyak lubang, saat musim hujan dipenuhi genangan air.

Kepala Desa Jayanti, Nandang mennyatakan jalan tersebut statusnya merupakan jalan kabupaten, mulai dari persimpangan pertigaan Jayanti sampai dengan Jalan Pelita Palabuhanratu.

"Yang masuk wilayah desa Jayanti kurang lebih 3 kilo meter, namun setengahnya kondisinya memang rusak parah. Nah khusus yang parahnya itu di prediksi mungkin ada 2 kilo meter dari mulai pertigaan sampai dengan jembatan kampung Caringin, sebelum mengarah ke PLTU," ujar Nandang kepada sukabumiupdate.com, Selasa, (7/3/2023).

Baca Juga: DPRD Soroti Karakter Pelajar, Buntut Kasus Bacok Siswa SD di Palabuhanratu Sukabumi

Menurut Nandang, jalan tersebut sudah sangat lama mengalami kerusakan yakni dengan banyak lubang-lubang cukup berbahaya bagi para pengendara yang melintas, terlebih saat ini cuaca hujan banyak terjadi genangan-genangan air.

"Sebelumnya jalan rusak ini, bagi warga yang memang tidak tahu mereka banyak komplain, dan memang komplan itu kepada desa, karena warga berpikir itu menjadi kewenangan pemerintah desa padahal sebetulnya itu jalan statusnya masuk jalan kabupaten," jelasnya.

Kata Nandang, berbagai upaya telah dilakukan pemerintah desa Jayanti bersama dengan tokoh lingkungan selalu mencoba melakukan upaya perbaikan dengan tambal sulam dengan cara menabur batu kerikil.

"Itu dilakukan agar kerusakan yang terjadi tidak terlalu parah, bahkan kegiatannya sudah sering dilakukan pemdes Jayanti dengan tokoh masyarakat, sekedar melakukan tambal sulam tanpa di aspal," terangnya.

Baca Juga: Soroti Maraknya Kenakalan Remaja, Ayep Zaki Ajak Semua Pihak Tingkatkan IPM Sukabumi

Selanjutnya, Nandang mengaskan upaya pemerintah desa Jayanti dalam hal ini karena status jalan masuk kedalam jalan kabupaten, dalam setiap kesempatan forum baik formal atau nonformal selalu disampaikan agar jalan segera diperbaiki.

"Bahkan ketika dulu bersama sama pak camat kumpul dengan menejemen PLTU,  dishub dan unsur terkait dan menyampaikan terkait jalan tingkat kerusakan sudah parah, memohon agar jalan segera diperbaiki, siapapun yang memiliki kewenangannya untuk segera di perbaiki," bebernya.

"Upaya lain pemerintah desa juga sudah mengusulkan melalui SIPD agar jalan segera di perbaiki dan mudah mudahan untuk tahun ini harapan kami usulan itu bisa terealisasi oleh pihak pemerintahan kabupaten," imbuhnya.

Diterangkan Nandang, kerusakan jalan akibat dilintasi kendaraan besar perusahaan yang mengarah ke PLTU yang mengangkut Bottom Ash PLTU dan perusahaan PT Wings.

Baca Juga: Wabup Iyos Minta Lahan Kritis di Kabupaten Sukabumi Dihijaukan Kembali

"Harapan kami dimohon ke pihak terkait segera memperbaiki, menormalkan jalan agar bisa efektif dilalui oleh kendaraan dan bikin masyarakat menjadi nyaman," ucapnya.

Sementara itu, Kepala UPTD PU Wilayah IV Palabuhanratu, Edi Mulyadi menambahkan status jalan simpang tiga Jayanti - kampung Pelita kewenangan kabupaten dengan panjang 7 KM.

Namun, sambung Edi yang menjadi kewenangan pemiliharaan dinas pekerjaam umum hanya 4 KM. "Nah 3 KMnya itu CSR dari PLTU yang mengelola, sudah dikemukakan saat rapat dengan pak Kadis, kita masih kordinasi, mudah mudahan segera ada penanganan," tandas Edi.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life27 April 2024, 10:00 WIB

9 Alasan Mengapa Semakin Dewasa Kamu Pasti Merasa Kesepian

Ada beberapa alasan yang menunjukan seseorang mengalami kesepian dalam hidupnya.
Ilustrasi - Ada beberapa alasan yang menunjukan seseorang mengalami kesepian dalam hidupnya. (Sumber : pexels.com/mikoto.raw Photographer).
Life27 April 2024, 09:30 WIB

5 Manfaat Bangun Subuh Bagi Mental dan Fisik, Nomor 3 Bisa Anda Rasakan Sendiri

Secara umum, bangun subuh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik, mental, dan spiritual.
Secara umum, bangun subuh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik, mental, dan spiritual.| Sumber: Freepik.com (jcomp)
Sehat27 April 2024, 09:00 WIB

Cara Membuat Teh Serai yang Kaya Antioksidan untuk Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Teh serai menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh manusia.
Ilustrasi - Teh serai menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh manusia. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
Sehat27 April 2024, 08:45 WIB

5 Manfaat Kesehatan Teh Hijau untuk Program Diet yang Jarang Diketahui

Teh hijau juga dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh seperti mendukung penurunan berat badan.
Ilustrasi - Teh hijau juga dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh seperti mendukung penurunan berat badan. (Sumber : Pixabay.com/arum33).
Inspirasi27 April 2024, 08:12 WIB

LW Doa Bangsa Sosialisasikan Wakaf dalam Acara Temu Rembug PPPH Kabupaten Kuningan

Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) melakukan kunjungan silaturahmi sekaligus temu rembug dengan calon pengurus LPPPH EWI kabupaten Kuningan
Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) melakukan kunjungan silaturahmi sekaligus temu rembug dengan calon pengurus LPPPH EWI kabupaten Kuningan (Sumber : Istimewa).
Sehat27 April 2024, 08:00 WIB

6 Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Kecerdasan Anak

Berikut Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Mendukung Kecerdasan Anak. Ayah Bunda Yuk Simak!
Frittata, Olahan Telur. Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Kecerdasan Anak (Sumber : via tastyfitnessrecipes)
Life27 April 2024, 07:00 WIB

Lakukan Sekarang! 7 Kebiasaan Positif di Pagi Hari yang Akan Membentukmu Menjadi Orang Sukses

Kebiasaan positif di pagi hari ini akan membentukmu menjadi orang sukses di masa depan.
Ilustrasi. Membaca Buku | Kebiasaan positif di pagi hari ini akan membentukmu menjadi orang sukses di masa depan.(Sumber : pixabay.com/@455992)
Inspirasi27 April 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 April 2024, Yuk Cek Dulu Sebelum Jalan-jalan di Akhir Pekan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 26 April 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 26 April 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi26 April 2024, 23:14 WIB

Marwan Belum Terima 2 Partai Tambahan yang Akan Dukung Asjap di Pilkada Sukabumi, Kenapa?

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menyebut ada dua partai lagi yang ingin turut hadir pada acara deklarasi koalisi tiga partai dalam pengusungan pasangan bakal calon untuk maju di Pilkada 2024.
Marwan Hamami, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 23:09 WIB

Tiga Partai Resmi Berkoalisi, Marwan Beberkan Alasan Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Tiga partai yakni Golkar, Gerindra, dan PPP secara resmi berkoalisi untuk mengusung Asep Japar di Pilkada 2024
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menandatangani kesepakatan koalisi tiga partai Golkar, PPP dan Gerindra, Jumat (26/4/2024) | Foto : Asep Awaludin