Longsor, DPRD dan DPU Sukabumi Pantau Jalan Alternatif Cibadak Cicantayan Cikembar

Kamis 02 Maret 2023, 14:37 WIB
Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar dan DPU pantau longsor yang ancam jalan alternatif cibadak cicantayan cikembar (Sumber: Hera Iskandar)

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar dan DPU pantau longsor yang ancam jalan alternatif cibadak cicantayan cikembar (Sumber: Hera Iskandar)

SUKABUMIUPDATE.com - DPRD dan Dinas Pekerjaan Umum atau Dinas PU Kabupaten Sukabumi memantau longsor yang mengancam akses jalan alternatif penghubung Cibadak Cicantayan dan Cikembar. Jalan kabupaten di Cicantayan mulai tergerus longsor yang dikhawatirkan meluas dan mengancam memutus akses warga.

Rabu petang, 1 Maret 2023, anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar bersama perwakilan Dinas PU dan pemerintah desa setempat meninjau lokasi longsor tersebut di Sukadamai Cicantayan.

“Kami memantau laporan dari pemerintah desa, pak kades sukadamai soal kondisi longsoran di jalan kabupaten yang menjadi alternatif penghubung Cibadak Cicantayan dan Cikembar di Sukabumi,” jelas Hera kepada sukabumiupdate.com, Kamis (2/3/2023).

Baca Juga: Curah Hujan Tinggi, Rumah Warga Tertimbun Tanah Longsor di Ciambar Sukabumi

Menurut Hera, jalan kabupaten itu mengalami longsor sejak beberapa waktu lalu. Karena berada di bibir tebing yang curam dan terus terkikis karena curah hujan tinggi.

“Dengan ketinggian dan kemiringan tebing, Dinas PU menyebut rencana penanggulangan agar jalan itu tak habis tergerus longsor adalah membuat jalur baru, atau jalan dilebarkan ke sisi lainnya,” beber Hera.

Namun rencana ini menghadapi kendala harus membebaskan lahan warga yang ada di pinggir jalan. Dimana pembicaraan sudah dilakukan namun belum ada titik temu soal harga pembebasan lahan tersebut.

Baca Juga: Sempat Tutup Jalan, Pohon Setinggi 8 Meter Tumbang di Ciemas Sukabumi

“DPRD dan bersama pemerintah desa, akan membantu memfasilitasi. Artinya ancaman longsor jalan alternatif yang menjadi akses penting bagi banyak warga Sukabumi ini harus diselamatkan. Jangan sampai nanti keburu putus, karena akan lebih banyak biaya dan kerugian yang ditimbulkan,” ungkap Hera.

Dengan curah hujan yang masih cukup tinggi, sistem drainase jalan tidak berfungsi baik, dikhawatirkan jalan tersebut terputus akibat longsor. “Semoga segera terealisasi perbaikan jalan tersebut guna optimalisasi penggunaan jalan yg menjadi alternatif dari cibadak , cicantayan ke cikembar,” tegasnya.

 

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life24 Juli 2024, 13:00 WIB

5 Ciri Orang yang Tidak Suka dengan Kita, Lihat Sikap dan Tatapannya!

Mengenali ciri-ciri seseorang yang tidak suka dengan kita bisa sangat penting untuk memahami dinamika sosial dan menjaga kesehatan emosional.
Ilustrasi - Mengenali ciri-ciri seseorang yang tidak suka dengan kita bisa sangat penting untuk memahami dinamika sosial dan menjaga kesehatan emosional. (Sumber : Pexel.com/@Keira Burton).
Musik24 Juli 2024, 12:30 WIB

Digelar Tiga Hari dan Ada Neck Deep, Berikut Line Up The Sounds Project 7

The Sounds Project merupakan festival musik bergengsi serta di Indonesia yang kembali hadir. Pada tahun ini festival musik tersebut akan digelar selama tiga hari dari 9-11 Agustus 2024 di Ecopark, Ancol, Jakarta Utara.
Digelar Tiga Hari dan Ada Neck Deep, Berikut Line Up The Sounds Project 7 (Sumber : Instagram/@thesoundsproject)
Sehat24 Juli 2024, 12:24 WIB

Tarik OKKO dari Peredaran! BPOM Cek Kandungan Natrium Dehidroasetat di 2 Roti Made In Bandung

Keduanya adalah roti made in Bandung yang selama ini dikenal sebagai jajanan warung yang laris karena murah dan awet alias tahan lama.
Dua roti made in bandung yang diterpa isu mengandung rpengawet kosmetik (Sumber : istimewa)
Bola24 Juli 2024, 12:00 WIB

Prediksi Grup B Piala Presiden 2024: Bali United vs Madura United, H2H Hingga Skor

Bali United akan melawan Madura United dalam lanjutan Piala Presiden Grup B.
Bali United akan melawan Madura United dalam lanjutan Piala Presiden Grup B. (Sumber : X/@BaliUtd/@MaduraUnitedFC).
Life24 Juli 2024, 11:30 WIB

9 Ciri Orang Memiliki Dendam Pada Kita, Terlihat dari Sikapnya

Orang yang dendam pada kita mungkin menghindari interaksi sosial atau mengurangi komunikasi.
Ilustrasi. Ciri Orang Memiliki Dendam pada Kita (Sumber : Pexels/AndreaPiacquadio)
Nasional24 Juli 2024, 11:07 WIB

Wakil Presiden RI ke-9 Hamzah Haz Meninggal Dunia

Jenazah Hamzah Haz akan dimakamkan di kompleks pemakaman keluarga.
Wakil Presiden ke-9 RI Hamzah Haz. | Foto: ppp.or.id
Musik24 Juli 2024, 11:00 WIB

Dimulai dari 2 Juta, Berikut Harga Tiket Konser TXT ACT: PROMISE di Jakarta

Boygrup Tomorrow X Together atau TXT akan menggelar world tour di Indonesia bertajuk ACT: PROMISE pada Rabu, 2 Oktober 2024, di ICE BSD HALL, Tangerang.
Dimulai dari 2 Juta, Berikut Harga Tiket Konser TXT ACT: PROMISE di Jakarta (Sumber : Instagram/@txtupdateina)
Life24 Juli 2024, 10:31 WIB

12 Etika Berkomunikasi dengan Orang Lain, Jangan Memotong Pembicaraan!

Etika Berkomunikasi dengan Orang Lain. Dengarkan tanpa langsung membuat penilaian atau asumsi negatif menujukkan Anda adalah orang yang memiliki etika.
Ilustrasi. Gunakan kata-kata yang tepat dan jelas untuk menghindari kesalahpahaman ketika berkomunikasi dengan orang lain. (Sumber : Pexels/AndreaPiacquadio)
Nasional24 Juli 2024, 10:10 WIB

Sejak 2019! 50 WNI Dikirim Jadi PSK di Australia, Tersangka Untung Rp 500 Juta

Djuhandhani menyatakan FLA mendapatkan uang ini setelah beroperasi sejak 2019.
(Foto Ilustrasi) Polisi menangkap FLA (36 tahun), tersangka penjualan 50 orang WNI untuk dijadikan PSK di Sydney, Australia. | Foto: Istimewa
Sukabumi Memilih24 Juli 2024, 10:02 WIB

Heboh Artis Omesh Posting Berita Politik Pilkada Sukabumi 2024, Apa Kata Warganet?

Omesh, artis asal Sukabumi mengunggah foto tangkapan layar Hasil Survei Elektabilitas Sukabumi 2024. Di postingan itu, namanya disandingkan dengan beberapa pejabat Sukabumi, seperti Iyos Somantri dan Asep Japar.
Artis Omesh Posting Berita Politik Pilkada Sukabumi 2024. Foto: Instagram/omeshomesh