Bukan Bocimi! Jalan Tol Ini Bisa Dilewati Sepeda Motor, Satu-satunya di Indonesia

Kamis 02 Maret 2023, 17:00 WIB
Tol Bali Mandara menjadi satu-satunya tol di Indonesia yang bisa dilewati Sepeda Motor termasuk motor kecil maupun motor gede atau moge | Foto: bpjt.pu.go.id

Tol Bali Mandara menjadi satu-satunya tol di Indonesia yang bisa dilewati Sepeda Motor termasuk motor kecil maupun motor gede atau moge | Foto: bpjt.pu.go.id

SUKABUMIUPDATE.com - Mungkin selama ini kita mengetahui bahwa jalan tol tidak bisa dilalui sepeda motor termasuk tol Bocimi yang menghubungkan Bogor dan Sukabumi.

Hal tersebut telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol.
Dalam PP tersebut tepatnya pada Pasal 38 dijelaskan bahwa jalan tol hanya diperuntukkan bagi kendaraan beroda empat atau lebih.

Namun, pada Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 2009, Pemerintah merevisi aturan larangan sepeda motor masuk jalan tol dengan menambahkan satu ayat pada Pasal 38.

Baca Juga: 7 Pejabat Kemenkeu yang Miliki Motor Gede: Sri Mulyani Hingga Suryo Utomo

Dalam pasal tersebut disebutkan sepeda motor dapat melintas. Namun, hanya di jalan tol yang memiliki ruas jalan khusus sepeda motor.

"Pada jalan tol dapat dilengkapi dengan jalur jalan tol khusus bagi kendaraan bermotor roda dua yang secara fisik terpisah dari jalur jalan tol yang diperuntukan bagi kendaraan bermotor roda empat atau lebih," bunyi Pasal 38 Ayat (1a).

Nah, jalan tol manakah yang memiliki ruas khusus bagi sepeda motor? Baru-baru ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dalam akun media sosial pribadinya mengungkapkan jalan tol yang bisa dilewati sepeda motor.

Disebutkan jika tol tersebut merupakan satu-satunya di Indonesia yang dapat dilalui kendaraan roda dua.

“Jalur khusus untuk pengendara roda dua terdapat pada Jalan Tol Bali Mandara. Jalan tol ini menjadi satu-satunya di Indonesia dengan jalur khusus untuk sepeda motor yang masuk ke dalam Golongan VI dengan tarif Rp 5.000.” tulis akun resmi Kementerian PUPR dalam keterangan postingan tersebut.

Baca Juga: 7 Mitos Bunga Wijaya Kusuma, Datangkan Jodoh Hingga Kesayangan Nyi Roro Kidul

Selain itu, ada beberapa kelengkapan yang dipasang pada jalan tol Bali Mandara ini agar aman dilewati sepeda motor.

Pada jalan tol ini telah dipasang anemometer (alat ukur kecepatan angin) di setiap gerbang tol (Nusa Dua, Ngurah Rai, dan Benoa). Ketika kecepatan angin melebihi 40 km/jam, jalur sepeda motor ditutup. Kemudian apabila sudah melebihi 80 km/jam, jalur mobil juga ikut ditutup.

Mengutip laman resmi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Tol Bali Mandara mulai beroperasi pada 2013 dan dibangun untuk mengurangi kepadatan lalu lintas yang terpusat di Bali Selatan.

Ruas tol khusus motor tersebut menghubungkan daerah Nusa Dua, Ngurah Rai dan Benoa. Pengendara yang melalui tol ini diharuskan memacu kendaraannya minimal dengan kecepatan 25 km/jam dan maksimal 40 km/jam.

Baca Juga: Fakta Anime Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba Season 3, Tayang Maret 2023

Jalan tol Bali Mandara memiliki panjang 12,7 kilometer. Arti nama Mandara sendiri berasal dari singkatan "Maju, Aman, Damai dan Sejahtera" dan mengusung konsep green, strong, dan beauty toll road.

Jalan tol ini juga menjadi jalan tol di atas air terpanjang di dunia setelah Jiaozhou Bay di China (42 Km), Lake Pontchartrain Causeway, Amerika Serikat (38,4 Km), Chesapeake Bay, Amerika Serikat (24,01 Km) dan Jalan Tol Penang - Malaysia (24 Km).

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life24 Juli 2024, 13:00 WIB

5 Ciri Orang yang Tidak Suka dengan Kita, Lihat Sikap dan Tatapannya!

Mengenali ciri-ciri seseorang yang tidak suka dengan kita bisa sangat penting untuk memahami dinamika sosial dan menjaga kesehatan emosional.
Ilustrasi - Mengenali ciri-ciri seseorang yang tidak suka dengan kita bisa sangat penting untuk memahami dinamika sosial dan menjaga kesehatan emosional. (Sumber : Pexel.com/@Keira Burton).
Musik24 Juli 2024, 12:30 WIB

Digelar Tiga Hari dan Ada Neck Deep, Berikut Line Up The Sounds Project 7

The Sounds Project merupakan festival musik bergengsi serta di Indonesia yang kembali hadir. Pada tahun ini festival musik tersebut akan digelar selama tiga hari dari 9-11 Agustus 2024 di Ecopark, Ancol, Jakarta Utara.
Digelar Tiga Hari dan Ada Neck Deep, Berikut Line Up The Sounds Project 7 (Sumber : Instagram/@thesoundsproject)
Sehat24 Juli 2024, 12:24 WIB

Tarik OKKO dari Peredaran! BPOM Cek Kandungan Natrium Dehidroasetat di 2 Roti Made In Bandung

Keduanya adalah roti made in Bandung yang selama ini dikenal sebagai jajanan warung yang laris karena murah dan awet alias tahan lama.
Dua roti made in bandung yang diterpa isu mengandung rpengawet kosmetik (Sumber : istimewa)
Bola24 Juli 2024, 12:00 WIB

Prediksi Grup B Piala Presiden 2024: Bali United vs Madura United, H2H Hingga Skor

Bali United akan melawan Madura United dalam lanjutan Piala Presiden Grup B.
Bali United akan melawan Madura United dalam lanjutan Piala Presiden Grup B. (Sumber : X/@BaliUtd/@MaduraUnitedFC).
Life24 Juli 2024, 11:30 WIB

9 Ciri Orang Memiliki Dendam Pada Kita, Terlihat dari Sikapnya

Orang yang dendam pada kita mungkin menghindari interaksi sosial atau mengurangi komunikasi.
Ilustrasi. Ciri Orang Memiliki Dendam pada Kita (Sumber : Pexels/AndreaPiacquadio)
Nasional24 Juli 2024, 11:07 WIB

Wakil Presiden RI ke-9 Hamzah Haz Meninggal Dunia

Jenazah Hamzah Haz akan dimakamkan di kompleks pemakaman keluarga.
Wakil Presiden ke-9 RI Hamzah Haz. | Foto: ppp.or.id
Musik24 Juli 2024, 11:00 WIB

Dimulai dari 2 Juta, Berikut Harga Tiket Konser TXT ACT: PROMISE di Jakarta

Boygrup Tomorrow X Together atau TXT akan menggelar world tour di Indonesia bertajuk ACT: PROMISE pada Rabu, 2 Oktober 2024, di ICE BSD HALL, Tangerang.
Dimulai dari 2 Juta, Berikut Harga Tiket Konser TXT ACT: PROMISE di Jakarta (Sumber : Instagram/@txtupdateina)
Life24 Juli 2024, 10:31 WIB

12 Etika Berkomunikasi dengan Orang Lain, Jangan Memotong Pembicaraan!

Etika Berkomunikasi dengan Orang Lain. Dengarkan tanpa langsung membuat penilaian atau asumsi negatif menujukkan Anda adalah orang yang memiliki etika.
Ilustrasi. Gunakan kata-kata yang tepat dan jelas untuk menghindari kesalahpahaman ketika berkomunikasi dengan orang lain. (Sumber : Pexels/AndreaPiacquadio)
Nasional24 Juli 2024, 10:10 WIB

Sejak 2019! 50 WNI Dikirim Jadi PSK di Australia, Tersangka Untung Rp 500 Juta

Djuhandhani menyatakan FLA mendapatkan uang ini setelah beroperasi sejak 2019.
(Foto Ilustrasi) Polisi menangkap FLA (36 tahun), tersangka penjualan 50 orang WNI untuk dijadikan PSK di Sydney, Australia. | Foto: Istimewa
Sukabumi Memilih24 Juli 2024, 10:02 WIB

Heboh Artis Omesh Posting Berita Politik Pilkada Sukabumi 2024, Apa Kata Warganet?

Omesh, artis asal Sukabumi mengunggah foto tangkapan layar Hasil Survei Elektabilitas Sukabumi 2024. Di postingan itu, namanya disandingkan dengan beberapa pejabat Sukabumi, seperti Iyos Somantri dan Asep Japar.
Artis Omesh Posting Berita Politik Pilkada Sukabumi 2024. Foto: Instagram/omeshomesh