Wabup Iyos Minta Lahan Kritis di Kabupaten Sukabumi Dihijaukan Kembali

Kamis 01 Desember 2022, 12:09 WIB
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri dalam rapat koordinasi (rakor) Satgas Konservasi Sumber Daya Alam Kabupaten Sukabumi 2022. Wabup Iyos berharap lahan kritis dapat dihijaukan kembali. | Foto: Dokpim Setda Kabupaten Sukabumi

Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri dalam rapat koordinasi (rakor) Satgas Konservasi Sumber Daya Alam Kabupaten Sukabumi 2022. Wabup Iyos berharap lahan kritis dapat dihijaukan kembali. | Foto: Dokpim Setda Kabupaten Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri menghadiri rapat koordinasi (rakor) Satgas Konservasi Sumber Daya Alam Kabupaten Sukabumi 2022. Dalam arahannya, Wabup Iyos berharap lahan kritis dapat dihijaukan kembali.

Menurut dia, menghijaukan kembali lahan-lahan kritis merupakan sebuah upaya memuliakan bumi dan mensejahterakan masyarakat.

Iyos mengatakan yang menjadi dasar pembentukan satuan tugas konservasi sumberdaya alam adalah Keputusan Bupati Sukabumi nomor EM.03.04/KEP.673-SDA/2022, tentang Satuan Tugas Konservasi Sumberdaya Alam.

Hal tersebut kata Iyos, merupakan salah satu ikhtiar melestarikan sumberdaya alam serta ekosistemnya untuk kepentingan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sukabumi.

Baca Juga: Gempa Cianjur Berdampak ke Sukabumi, Wabup Iyos: Lakukan Prosedur Kebencanaan

"Kegiatan Pengelolaan sumberdaya alam dan ekosistemnya di wilayah Kabupaten Sukabumi dilakukan oleh instansi/lembaga pusat, pemerintah daerah Provinsi Jawa Barat dan Sebagian oleh Pemerintah Kabupaten Sukabumi sesuai pembagian kewenangan berdasarkan regulasi yang ada," kata Iyos, Rabu, 30 November 2022.

Menurutnya, pembagian kewenangan ini diharapkan tidak menjadi pembatas dalam upaya konservasi yang selama ini terkesan dilaksanakan secara sektoral pemegang kewenangan.

"Bahwa usaha usaha konservasi yang kita lakukan bersama sedapat mungkin tidak mengganggu kebijakan makro seperti kebijakan tata ruang perizinan dan lain lain tetapi dalam pelaksanaannya menyesuaikan dan mensinergikan dengan kebijakan," ujarnya.

Baca Juga: Pesan Wabup Iyos ke PPK di Sukabumi: Paham Perencanaan Hingga Pengawasan

Lebih lanjut, Kabag SDA Setda Kabupaten Sukabumi Prasetyo menjelaskan Rakor Satgas Konservasi Sumber Daya Alam Kabupaten Sukabumi 2022 bertujuan untuk menyamakan persepsi dan komitmen para pihak kemudian merumuskan satgas konservasi baik itu di bidang konservasi penanaman pohon baik itu bidang tata kelola sampah, dan juga mitigasi bencana.

Menurut dia, rakor yang diselenggarakan di salah satu hotel di Kabupaten Sukabumi berlangsung selama 2 hari yaitu 30 November dan 1 Desember.

"Rakor ini dilaksanakan dua hari yakni tanggal 30 november dengan Perangkat Daerah dan 1 Desember dengan Kecamatan pelaksana," ujarnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life24 April 2024, 13:00 WIB

10 Ciri Anak Mengalami Stres Karena Pikirannya Tidak Tenang

Ayah Bunda Yuk Kenali Sederet Ciri Anak Mengalami Stres Karena Pikirannya Tidak Tenang.
Ilustrasi. Ciri Anak Mengalami Stres Karena Pikirannya Tidak Tenang (Sumber : Freepik/@freepik)
Bola24 April 2024, 12:00 WIB

Prediksi Persebaya Surabaya vs Bali United di Liga 1: Susunan Pemain, H2H dan Skor Akhir

Persebaya akan melawan Bali United di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33 sore ini.
Persebaya akan melawan Bali United di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33 sore ini. (Sumber : X@persebayaupdate/@BaliUtd).
Life24 April 2024, 11:40 WIB

Perhatian Positif Bisa Kurangi Masalah Perilaku, Terapkan 3 Tips Ini untuk Bantu Anak

Memiliki hubungan yang sehat dan positif dengan anak dapat membantu mengurangi masalah perilaku dan mempererat hubungan orang tua dan anak.
Ilustrasi perhatian positif dapat mengurangi masalah perilaku pada anak. | Foto: Freepik
Sukabumi Memilih24 April 2024, 11:29 WIB

Belum Ditambah dari Jabar, Pilkada 2024 Kota Sukabumi akan Habiskan Rp 25 Miliar

Anggaran Rp 25 miliar ini muncul setelah perampingan dari pengajuan Rp 37 miliar.
(Foto Ilustrasi) KPU menyebut pilkada serentak tahun 2024 di Kota Sukabumi akan menyerap anggaran sekitar Rp 25 miliar. | Foto: Istimewa
Sukabumi Memilih24 April 2024, 11:08 WIB

Anggaran Pilkada Kota Sukabumi Capai Rp25 Miliar

Ketua KPU Kota Sukabumi Imam Sutrisno mengatakan anggaran sebesar Rp25 miliar itu muncul setelah melalui proses perampingan anggaran.
Ketua KPU Kota Sukabumi saat diwawancarai pada Selasa (23/4/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Life24 April 2024, 11:01 WIB

Beri Pujian, Terapkan 8 Cara Mendisiplinkan Anak Tanpa Memukul

Memukul sering dilakukan oleh banyak orang tua, karena menurut mereka hal ini efektif untuk mendisiplinkan anak. Padahal, hal ini memiliki efek negatif jangka panjang pada diri anak.
Ilustrasi mendisiplinkan anak tanpa memukul. | Foto: Freepik
Life24 April 2024, 11:00 WIB

Melihat Dirimu Apa Adanya, 10 Ciri Si Dia Ternyata adalah Jodoh Sejatimu

Jodoh adalah seseorang yang akan menemani kita dalam suka dan duka, menjadi partner hidup, dan membangun keluarga bersama.
Ilustrasi - Jodoh adalah seseorang yang akan menemani kita dalam suka dan duka, menjadi partner hidup, dan membangun keluarga bersama. (Sumber : Freepik.com/@marymarkevich)
Sukabumi24 April 2024, 10:52 WIB

Selamat! 66 Siswa Dapat Beasiswa Wali Kota Sukabumi di Universitas Nusa Putra

Calon mahasiswa peraih beasiswa ini merupakan hasil seleksi dari ratusan peserta.
Pemerintah Kota Sukabumi bekerja sama dengan Universitas Nusa Putra memberikan beasiswa kepada 66 siswa. | Foto: Universitas Nusa Putra
Life24 April 2024, 10:31 WIB

6 Cara Mendisiplinkan Anak Tanpa Membentak, Salah Satunya Tetapkan Aturan yang Jelas

Ketika sering membentak atau mengomel anak, maka mereka akan menangkap bahwa hal itu boleh dilakukan kepada orang lain. Ada cara lain untuk mendisiplinkan anak tanpa perlu membentak.
Ilustrasi mendisiplinkan anak tanpa membentak. | Foto: Pexels.com/@Monstera Production
Sehat24 April 2024, 10:30 WIB

10 Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Gula Darah

Penderita Diabetes atau Gula Darah Tinggi Yuk Simak, Ini Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Gula Darah!
Ilustrasi - Konsumsi Buah-buahan Sehat. Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Gula Darah (Sumber : Freepik/ASphotofamily)