Mengenal Tagana Kabupaten Sukabumi, Tim Tanggap Bencana dan Bantuan Sosial

Sabtu 04 Maret 2023, 12:02 WIB
Tagana Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi saat bertugas di lokasi bencana (Sumber: Tagana)

Tagana Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi saat bertugas di lokasi bencana (Sumber: Tagana)

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Sosial sebagai instansi pemerintah dengan peran meningkatkan kualitas kesejahteraan sosial perorangan, kelompok dan masyarakat, juga memiliki regu khusus, untuk penanganan cepat kebencanaan. Taruna Tanggap Bencana atau Tagana, selama ini menjadi salah satu pilar penanganan kedaruratan dan bantuan sosial bagi warga terdampak bencana di Kabupaten Sukabumi.

Ini adalah implementasi salah satu tugas Dinas Sosial dalam membantu kepala daerah, melaksanakan urusan pemerintahan di bidang sosial, termasuk tugas pembantuan yang diberikan kepada daerah oleh pemerintah pusat.

Dengan nomenklatur tersebut, Tagana dibekali kemampuan asesmen kebencanaan, termasuk suplai bantuan darurat, seperti sandang, sembako, selimut dan lainnya bagi warga terdampak bencana. Peran yang cukup viral di Kabupaten Sukabumi sebagai salah satu wilayah di Indonesia dan jawa Barat yang memiliki potensi kebencanaan tinggi, mulai dari gempa bumi, tsunami, longsor, angin kencang, banjir dan lainnya.

Baca Juga: Nah Lho! Di Bali Turis Bule Protes Bising Suara Ayam Berkokok

Yus Sandras, Ketua Forum Komunikasi Tagana Kabupaten Sukabumi, sekaligus Ketua Tim Tagana Dinas Sosial mengatakan bahwa secara mudah tugas yang mereka emban adalah memastikan warga terdampak bencana tetap bisa makan.

Mulai dari tenda shelter untuk tempat tinggal sementara serta dapur umum untuk menyiapkan konsumsi.

“Seperti di Cianjur kemarin. Kami bergabung dengan tim tagana dinsos dari sejumlah kabupaten kota yang dikoordinir langsung oleh Kementerian Sosial. Menyiapkan konsumsi di 22 dapur umum, satu dapurnya menyediakan 3200 paket makanan, selama 37 hari. Dimana seluruh biaya operasional dari Kemensos." ucapnya kepada sukabumiupdate.com, Jumat 3 Maret 2023.

Baca Juga: Update Kebakaran Depo Pertamina Plumpang: 17 Meninggal, 2 Anak-anak

Tagana juga melengkapi diri dengan sejumlah peralatan pendukung lainnya, seperti boat atau perahu karet, serta APD lainnya. Diperkuat armada kendaraan operasional siaga bencana, mulai dari mobil Tangki air, mobil dapur umum, truk angkutan, motor trail, motor roda tiga (angkutan) dan mobil rescue patwal.

Tagana juga memiliki kepanjangan tangan di setiap kecamatan. Artinya lanjut Yus Sandras di Kabupaten Sukabumi ada 47 petugas tagana sesuai jumlah kecamatan yang dibutuhkan untuk menjangkau dan merespon lebih cepat ke lokasi bencana, sehingga proses assessment lebih cepat, dan penyaluran bantuan tidak terkendala waktu serta jarak.

“Jumlah total keseluruhan tagana dinsos kabupaten sukabumi itu ada 67 orang,” bebernya.

Baca Juga: Nama Sunda Mulai Hilang? Millenial Sukabumi Tak Kenal Denok Jatma Bulah atau Itoh

Yus menerangkan bahwa dalam menjalankan tugasnya tagana tetap berpegang teguh para prinsip kemanusian dan aturan yang berlaku. Ada sejumlah tahap permohonan bantuan yang dimulai dari desa dengan mengetahui dari pihak kecamatan kecamatan,melampirkan berita komisi kebencanaan, dokumentasi KTP dan KK penyintas/pemohon, serta ditandatangani oleh PB2BK,TAGANA, TKSK, BABINSA setempat, dengan format yang sudah disediakan.

“Jenis bantuan dibawah 50 orang penyintas (korban bencana) akan di cover oleh Dinas Sosial, jika lebih dari itu akan ditangani oleh dinas provinsi dan kemensos,” lanjut Yus Sandras.

Dinas sosial dalam proses rekrutmen tagana juga berlandaskan pada kebijakan yang sudah ditentukan. Melalui tahapan, pendidikan dan pendalaman keahlian. Disini tagana berada dibawah divisi perlindungan sosial.

Reporter: Restu (Kontributor)

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Kecantikan19 Juli 2024, 16:00 WIB

8 Rahasia Kecantikan Wanita Jepang, Kulit Bersih dan Mulus yang Bisa Anda Tiru

Wanita Jepang terkenal dengan kulit mereka yang mulus, cerah, dan awet muda.
Ilustrasi - Wanita Jepang terkenal dengan kulit mereka yang mulus, cerah, dan awet muda. (Sumber : Instagram/@mikakotabee).
Sukabumi19 Juli 2024, 15:33 WIB

5 Jembatan di Sukabumi Putus, Pelajar Nekat Bergelantungan Lintasi Sungai untuk Sekolah

Masyarakat membuat jembatan sementara sebagai pengganti jembatan yang putus.
Tangkapan layar pelajar asal Kampung Cigirang, Desa Neglasari, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi, bergelantungan pada rangka jembatan yang putus. | Foto: Istimewa
Entertainment19 Juli 2024, 15:30 WIB

Satu Hari Sebelum Comeback, Seluruh Member Stray Kids Perbarui Kontrak dengan Agensi

Kabar gembira datang dari Stray Kids yang seluruh membernya dikabarkan telah memperpanjang kontrak dengan agensi, JYP Entertainment pada Kamis, 18 Juli 2024.
Satu Hari Sebelum Comeback, Seluruh Member Stray Kids Perbarui Kontrak dengan Agensi (Sumber : x/@Stray_Kids)
Nasional19 Juli 2024, 15:00 WIB

Setahun Lebih Lapor Polisi Karena Dianiaya Kekasih, Wanita Sukabumi: Pelaku Masih Berkeliaran

JN menceritakan peristiwa dialami pada Juni 2023 lalu. Penganiayaan dilakukan pria berinisial UTP (24 tahun) yang kini sudah jadi mantan kekasihnya.
Dokumentasi foto korban yang mengalami sejumlah luka akibat penganiayaan (Sumber: istimewa)
Bola19 Juli 2024, 15:00 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs PSM Makassar di Grup A Piala Presiden 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Grupa A Piala Presiden 2024 antara Persib Bandung vs PSM Makassar berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Grupa A Piala Presiden 2024 antara Persib Bandung vs PSM Makassar berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Istimewa).
Sukabumi19 Juli 2024, 14:40 WIB

Pemerintah Siap Fasilitasi Pengobatan Bocah Cidadap Sukabumi yang Lumpuh

Sejak usia satu bulan, Ali tidak menunjukkan perkembangan seperti bayi-bayi lainnya.
Pemerintah saat mengunjungi Muhamad Ali Mursali (10 tahun) di rumahnya di Kampung Sirnasari, Desa Padasenang, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Film19 Juli 2024, 14:30 WIB

Digelar Hari Ini, Berikut Nominasi Blue Dragon Series Awards ke-3

Ajang penghargaan ternama asal Korea Selatan, Blue Dragon Series Awards ke-3 akan diselenggarakan hari ini, Jumat, 19 Juli 2024, di Incheon Paradise City pukul 20.30 waktu setempat atau 18.30 WIB.
Digelar Hari Ini, Berikut Nominasi Blue Dragon Series Awards ke-3 (Sumber : X @/infodrakor_id)
Inspirasi19 Juli 2024, 14:25 WIB

Kunci Sukses Pendidikan Anak: Guru dan Ortu Wajib Paham Karakteristik Perkembangan Sang Buah Hati

mengembangkan peluang peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, mandiri dan demokratis serta warga negara yang bertanggung jawab.
Ilustrasi pendidikan anak sedari dini (Sumber: Pinterest)
Inspirasi19 Juli 2024, 14:00 WIB

Lowongan Kerja Service Crew di Minimarket dengan Penempatan di Kota dan Kabupaten Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Service Crew di Minimarket dengan Penempatan di Kota dan Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sukabumi19 Juli 2024, 13:32 WIB

Ada Gereja Sidang Kristus, Tim Cagar Budaya Uji Tiga Objek Bersejarah di Kota Sukabumi

Kegiatan ini untuk menyempurnakan dokumen usulan penetapan cagar budaya.
Gereja Sidang Kristus Kota Sukabumi. | Foto: Facebook/GSK Sukabumi