Pemilihan Ketua RW di Cipatuguran Sukabumi Rasa Pilpres, Kotak Suara dari Triplek

Minggu 19 Februari 2023, 15:45 WIB
Proses pemilihan Ketua RW 21 Kampung Cipatuguran Kelurahan/Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, digelar layaknya Pilpres. | Foto: Ilyas

Proses pemilihan Ketua RW 21 Kampung Cipatuguran Kelurahan/Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, digelar layaknya Pilpres. | Foto: Ilyas

SUKABUMIUPDATE.com - Unik, pemilihan Ketua RW 21 Kampung Cipatuguran Kelurahan/Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Minggu (19/2/2023) digelar layaknya pemilihan umum presiden atau kepala daerah.

Proses pemilihan dilakukan secara demokrasi, yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) diharuskan mencoblos salah satu dari dua pasangan kandidat ketua RW dan wakilnya di bilik suara. Pemilih yang datang, diharuskan mendaftar terlebih dahulu. Usai mencoblos warga wajib menempelkan tinta ke jarinya sebagai tanda telah memilih.

Ketua Panitia, Tendi mengatakan tahapan pemilihan dilakukan seperti pemilu pada umumnya. Diantaranya ada proses penjaringan pasangan calon ketua RW, lalu dilakukan pemutakhiran data pemilih (Pentarlih) oleh Petugas Pentarlih yang dibentuk panitia, hingga pembentukan panitia pemungutan suara (PPS).

"Pertama-tama kemaren pada waktu pas ketua RW 21 pak Ujang Sudira selesai masa baktinya, maka warga antusias untuk membentuk kepanitiaan pemilihan, dan alhamdulillah saya sendiri sebagai panitia, terpilih di internal panitia sebagai ketua. Setelah itu saya mencanangkan pemilihan ini layaknya dalam pemilihan Pemilu," ujarnya kepada sukabumiupdate.com.

Baca Juga: Viral Pengeroyokan di Sukaraja Sukabumi, Berawal dari Tukang Parkir Tak Terima Ditegur

Menurutnya, pemilihan ketua RW yang dilakukan layaknya Pilpres ini sangat didukung penuh oleh warga RW 21 yang terdiri dari 4 RT. Diketahui, biasanya pemilihan Ketua RW dilakukan dengan musyawarah biasa atau ditunjuk dan mengajukan sendiri warga yang ingin menjadi ketua RW.

"Ini permintaan dari warga juga bahwa pelaksanaan pemilihan RW ini ingin betul-betul dilaksanakan secara demokratis, makanya ini bukan sebatas pemilihan, ini adalah wisata demokrasi. Seolah-olah ini pembelajaran untuk nanti pelaksanaan pemilu," jelasnya.

"Proses tahapannya ketika saya terbentuk sebagai ketua panitia, saya langsung menyerahkan administrasi ke Kelurahan, setelah itu saya langsung di SK-kan, setelah itu maka tahapan-tahapannya penjaringan calon, terus pentarlih, pelaksanaan DPS dan DPT itu dilaksanakan," tambahnya.

Tendi menuturkan total warga yang terdaftar dalam DPT ada 852. Adapun calon yang bertarung adalah pasangan nomor 1 Sudiarto Bahari dan Dasiwan, sedangkan pasangan nomor 2 yaitu Wahyu dan Ai Solehah.

Sebelum mencalonkan diri, lanjut Tendi, para calon kandidat pasangan ketua RW dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp 250 ribu per pasangan calon.

"Sebelumnya sih ada tiga calon, sehubungan ini ada namanya biaya pendaftaran sebesar Rp 250 ribu, maka satu calon mengundurkan diri, sehingga yang lolos itu cuman 2 calon," tuturnya.

Baca Juga: Curug Ciseupan, Hidden Gem di Bantargadung Sukabumi yang Mempesona

Tedi mengatakan, sebelumnya di RW 21 pernah dilakukan pemilihan semacam ini, namun antusias warga tidak seantusias seperti sekarang.

"Sebelum-sebelumnya memang pernah juga dilaksanakan, tapi tidak seantusias seperti ini, dan juga kemarin-kemarin tidak dilaksanakan seperti pentarlih, hanya sebatas pelaksanaan biasa saja," ucapnya.

Saking antusiasnya warga dalam pemilihan ketua RW, terlihat para pedagang berdatangan ke Posyandu Cipaturugan sebagai lokasi pemilihan. Warga pun terlihat antre menunggu mencoblos sebelum dipanggil oleh panitia. Aparat keamanan dari Linmas pun terlihat melakukan pengamanan di tempat pemungutan suara.

"Ya seperti layaknya pemilihan pemilu aja, seperti tinta untuk tanda mencoblos juga disediakan, bilik suara juga disiapkan sebanyak 4 bilik suara karena ini pemilihnya membludak lebih dari 800, maka saya sediakan 4 bilik suara, termasuk kotak suara satu terbuat dari triplek bilik dan kotak suaranya," pungkasnya.

Saat berita ini ditayangkan, waktu pencoblosan sudah selesai, dan sedang digelar proses penghitungan suara. Adapun pengumuman siapa ketua RW 21 yang terpilih akan digelar selepas penghitungan suara rampung.

Selama pelaksanaan para pendukung masing-masing calon bersikap sportif, dan menerima hasil siapa yang terpilih nantinya.

Reporter: Ilyas Supendi (CRP)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat29 April 2024, 12:00 WIB

Bebas Asam Urat: 10 Cara Alami Menyembuhkan Penyakit Degeneratif Tanpa Obat

Asam urat termasuk salah satu penyakit degeneratif, yakni penyakit yang biasanya dialami oleh lansia. Meskipun saat ini, penyakit asam urat juga kerap dimiliki oleh generasi millenial dan Z.
Ilustrasi. Tenaga Profesional Kesehatan | Cara Alami Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Obat dengan Rutin Konsultasi Dokter (Sumber : pixabay.com/@Max)
Inspirasi29 April 2024, 11:57 WIB

Program Light Up The Dream, PLN UP3 Sukabumi Laksanakan Penyalaan Listrik Gratis

Light Up The Dream merupakan program penyambungan listrik gratis dari donasi pegawai PLN.
PT PLN (Persero) UP3 melalui ULP Sukaraja melaksanakan penyambungan listrik gratis melalui program LUTD kepada masyarakat. | Foto: PLN
Sukabumi29 April 2024, 11:31 WIB

84 Orang Diduga Keracunan Makanan Hajatan di Kabandungan Sukabumi, Begini Kondisinya

Rombongan pengantin laki-laki dan tamu undangan mulai merasa tidak enak badan pada Minggu sore.
Salah satu warga saat dirawat di puskesmas setelah diduga keracunan makanan hajatan pernikahan di Desa Tugubandung, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Minggu, 28 April 2024. | Foto: Istimewa
Life29 April 2024, 11:30 WIB

6 Tanda Kamu Memiliki Bakat Jadi Pemimpin di Masa Depan, Ini Buktinya

Jika orang memiliki jiwa sebagai pemimpin, biasanya akan nampak pada sikapnya, baik untuk dirinya maupun kepada orang lain.
Ilustrasi. Tanda orang yang berjiwa pemimpin. Sumber foto : Pexels/Rebrand Cities
Life29 April 2024, 11:00 WIB

10 Cara Sopan Mengingatkan Teman yang Tidak Tahu Diri

Inilah Beberapa Cara Sopan Mengingatkan Teman yang Tidak Tahu Diri. Yuk, Coba Lakukan!
Ilustrasi -  Cara Sopan Mengingatkan Teman yang Tidak Tahu Diri (Sumber : pexels.com/@Askar Abayev)
Life29 April 2024, 10:59 WIB

Beri dengan Segera, 5 Cara Mengatur Sistem Hadiah untuk Anak Balita

Sistem penghargaan bergantung pada penguatan positif untuk mendorong perilaku yang baik. Berikut cara membuat sistem penghargaan untuk balita, anak prasekolah, dan anak usia sekolah.
Ilustrasi hadiah untuk balita. | Foto: Pexels.com/@jonathan borba
Life29 April 2024, 10:30 WIB

5 Cara Menjadi Orang yang Berhati Lembut Agar Bijak Menjalani Hidup

Memiliki hati lembut tentu diidamkan sebagian orang. Karena dengan berhati lembut tidak akan mudah grasak-grusuk, emosian dan marah-marah menyikapi sesuatu.
Ilustrasi. Cara menjadi orang yang berhati lembut. Sumber foto : Pexels/RDNE Stock project
Sukabumi29 April 2024, 10:27 WIB

161 Penerima Beasiswa 1000 Anak Negeri 2024 Ikut Bimtek SCAU Universitas Nusa Putra

Program beasiswa 1000 anak Negeri merupakan persembahan Universitas Nusa Putra dalam memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk menempuh pendidikan tinggi.
Penerima beasiswa 1000 Anak Negeri tahun 2024 Universitas Nusa Putra di ruang auditorium Universitas Nusa Putra, Cisaat-Sukabumi, Jumat, 26 April 2024. | Foto: Universitas Nusa Putra
Life29 April 2024, 10:10 WIB

5 Penyebab Balita Menggigit, Salah Satunya Membantu Berkomunikasi

Banyak anak usia 1 tahun yang menggunakan giginya dibandingkan lidahnya. Berikut ini penyebab balita yang senang menggigit.
Ilustrasi balita menggigit. | Foto: Freepik
Gadget29 April 2024, 10:00 WIB

Begini Langkahnya, 8 Cara Mengatasi Laptop yang Sering Nge Freeze

ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi laptop yang nge freeze.
Ilustrasi - ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi laptop yang nge freeze. (Sumber : Freepik.com/@KamranAydinov).