12 Tim Supervisi Bappelitbangda Sukabumi Dikerahkan Kawal 47 Musrenbang Kecamatan

Selasa 14 Februari 2023, 21:38 WIB
Kepala Bappelitbangda Kabupaten Sukabumi, Asep Abdul Wasit, MM saat menghadiri acara Musrenbang Kecamatan | Foto : Istimewa

Kepala Bappelitbangda Kabupaten Sukabumi, Asep Abdul Wasit, MM saat menghadiri acara Musrenbang Kecamatan | Foto : Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Sukabumi, mengerahkan 12 tim supervisi untuk mengikuti serangkaian acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di seluruh Kecamatan di Kabupaten Sukabumi.

Musrenbang kecamatan yang diselenggarakan mulai tanggal 13-16 Februari 2023 tersebut bertempat di masing-masing kecamatan dengan mengundang Anggota DPRD, Tim Supervisi dari Kabupaten UPTD/UPTB Perangkat Daerah Wilayah Setempat, Perwakilan Desa (Kepala Desa/BPD), Perwakilan Tokoh Masyarakat/Pemuda/Organisasi Masyarakat Wilayah Kecamatan.

Kepala Bappelitbangda Kabupaten Sukabumi, Asep Abdul Wasith menyampaikan bahwa tim supervisi disiapkan oleh Bappelitbangda untuk melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap tahapan pelaksanaan perencanaan pembangunan pada tingkat Musrenbang Kecamatan dan melakukan penetapan prioritas usulan kegiatan di setiap Kecamatan

"dalam pelaksanaan musrenbang kecamatan Bappelitbangda berperan sebagai tim supervisi pelaksanaan musrenbang di kecamatan. Dibentuk 12 Tim Supervisi yang terdiri dari perwakilan Bappelitbangda, DPMD, Administrasi Pembangunan, BPKAD dan Bagian Tata Pemerintahan Setda Kabupaten Sukabumi," ungkap Asep

Asep menjelaskan, tujuan dilaksanakannya Musrenbang Kecamatan adalah membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan dan Menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi Perangkat Daerah untuk penyusunan RKPD Kabupaten Sukabumi tahun 2024.

"hasil dari pelaksanaan Musrenbang Kecamatan adalah Berita Acara kesepakatan usulan prioritas pembangunan di kecamatan untuk tahun berikutnya yang diselaraskan dengan program prioritas pembangunan perangkat daerah," jelasnya. 

Ditempat yang sama, Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian Dan Evaluasi Pembangunan Daerah (PPEPD) Agus Surya Manggala menyampaikan sesuai dengan amanat Permendagri Nomor 86 Tahun 2017, pasal 94 ayat (1) bahwa Bappelitbangda melaksanakan dan mengkoordinasikan Musrenbang RKPD Kabupaten, yang terdiri dari Musrenbang RKPD Kabupaten dan Musrenbang RKPD di Kecamatan dan salah satu tahapan dalam penyusunan RKPD adalah Musrenbang.

"Musrenbang Kecamatan adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan ditingkat Kecamatan untuk mendapatkan masukan kegiatan prioritas dari desa/kelurahan serta menyepakati rencana kegiatan lintas desa/kelurahan di kecamatan yang bersangkutan sebagai dasar penyusunan Rencana Kerja Kecamatan dan Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah kabupaten pada tahun berikutnya," imbuh Agus. 

Agus menambahkan tidak ada pembatasan usulan program dari setiap desa, tetapi dari usulan yang banyak itu dilakukan penetepan prioritas sejak saat pra musrenbang kecamatan.

"utamanya adalah usulan kegiatan yang memiliki outcome yang signifikan dalam pembangunan di wilayah kecamatan, mendukung SPM, mendukung Indikator kinerja utama dan mendukung proyek prioritas," beber Agus.

"setiap usulan pada setiap tahapan di input melalui Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) dari mulai usulan dari tingkat desa selanjutnya di lakukan penetapan prioritas usulan pada tingkat kecamatan melalui kegiatan Musrenbang kecamatan tersebut," tandas Agus.

Dari pantauan sukabumiupdate.com di hari ke 2 pelaksanaan musrenbang kecamatan, setidaknya terdapat 24 kecamatan yang sudah melaksanakan musrenbang.  

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Keuangan19 April 2024, 23:24 WIB

Upaya Bapenda Sukabumi Mudahkan Layanan Perpajakan Bagi Wajib Pajak di Desa

Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri mengatakan inovasi tersebut menekankan pentingnya integrasi sistem administrasi pajak daerah dari tingkat desa hingga kabupaten.
Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri. | Foto: SU/Ilyas (Sumber : SU/Ilyas)
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 22:01 WIB

DPRD Minta Bakesbangpol Usut Penyebab Meninggalnya Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar turut berbelasungkawa atas meninggalnya Kayla Nur Syifa saat mengikuti seleksi Paskibraka.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Opini19 April 2024, 21:44 WIB

Menjadi Lelaki Berkualitas: Inspirasi dari Kartini

Sosok Kartini, seorang pejuang kesetaraan gender dari Indonesia pada abad ke-19, memberikan pandangan yang menarik dan relevan, bukan saja bagi perempuan, bahkan bagi kaum laki-laki masa kini.
Dr. Ari Riswanto, M.Pd., MM / Dosen Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi/Pengurus DPW Forum shilaturahmi Doktor Indonesia | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi19 April 2024, 21:08 WIB

Dinsos Sukabumi Salurkan Program Makan Untuk Lansia Di Tegalbuleud Sukabumi

Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, bantu salurkan program bantuan makanan bagi lanjut usia (Lansia), yang merupakan program Kemensos RI.
Program makan bagi lansia di Tegalbuleud Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi19 April 2024, 21:04 WIB

Kronologi dan Dugaan Penyebab Meninggalnya Siswi Sukabumi saat Ikut Tes Seleksi Paskibraka

Berikut kronologi dugaan penyebab meninggalnya Kayla Nur Syifa Siswi Sukabumi peserta seleksi Paskibraka.
Suasana rumah duka Kayla Nur Syifa di Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Life19 April 2024, 20:29 WIB

5 Penjelasan Kenapa Seseorang Mudah Menangis Tanpa Sebab

Ketika seseorang menangis tanpa alasan yang jelas, hal itu seringkali dapat menjadi pengalaman yang membingungkan dan membuat frustrasi.
Kenapa seseorang mudah menangis tanpa sebab | Foto : pixabay/jouycristoo
Sukabumi19 April 2024, 20:11 WIB

Ratusan Buruh Garmen di Cicurug Sukabumi Demo Tuntut Perusahan Bayar Gaji

Ratusan buruh pabrik garmen berdemonstrasi di depan halaman PT Indo Garment Lestari (IGL) tepatnya di Kampung Bojong Pereng, Desa Nyangkowek, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024).
Sejumlah buruh pabrik garmen melakukan aksi demo di depan halaman PT IGL | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi19 April 2024, 20:05 WIB

Cita-citanya Polwan, Orang Tua Terpukul Kehilangan Kayla Siswi Peserta Paskibraka Sukabumi

Orang tua Kayla Nur Syifa peserta seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi yang meninggal punya cita-cita jadi Polwan.
Orang tua Kayla Nur Syifa peserta Paskibraka Kabupaten Sukabumi yang meninggal saat diwawancarai sukabumiupdate.com di rumah duka (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sehat19 April 2024, 20:00 WIB

8 Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Updaters Wajib Mengetahui Apa Saja Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat.
Ilustrasi - Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat (Sumber : pexels.com/@Sebastian Coman Photography)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 19:25 WIB

Gelar Perundingan Kebonpedes, Kader PDIP Minta Yudi Suryadikrama Maju Pilkada Sukabumi

Sejumlah kader PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi menggelar pertemuan dalam rangka menyikapi pemilihan bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan dihelat pada 27 November 2024 mendatang.
Kader PDI Perjuangan menggelar Perundingan Kebonpedes, Jumat (19/4/2024) | Foto : Syams