TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Warga Protes Jalan Antar Kecamatan di Sukabumi Rusak, UPTD PU Usulkan Perbaikan

Warga menyebut rusaknya jalan di selatan Kabupaten Sukabumi ini diduga disebabkan truk bermuatan berlebih.

Penulis
Sabtu 4 Feb 2023, 17:50 WIB

Jalan rusak di ruas Palayangan-Cibodas, penghubung Kecamatan Cimanggu, Kalibunder, dan Cibitung, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Sejumlah warga dan pengguna jalan berharap jalan kabupaten ruas Palayangan-Cibodas, penghubung Kecamatan Cimanggu, Kalibunder, dan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, yang mengalami kerusakan, segera diperbaiki.

Menurut Moch Jaenal Fazri (28 tahun), warga Kampung Neglasari RT 16/06 Desa Banyuwangi, Kecamatan Cibitung, kerusakan jalan tersebut sudah terjadi mulai wilayah Desa Banyuwangi hingga wilayah Desa Cimahpar, Kecamatan Kalibunder.

Jaenal menyebut rusaknya jalan diduga disebabkan kendaraan truk bermuatan berlebih yang sering melintasi jalan tersebut.

"Kendaraan bermuatan berlebih itu antara lain truk pasir, truk gula, dan truk kayu. Selain muatan berlebih, kendaraan itu juga melintas bersamaan, mengakibatkan jalan cepat rusak," kata dia kepada sukabumiupdate.com, Jumat, 3 Februari 2023.

Baca Juga: Warga dan Pelajar Ciemas Demo Jalan Rusak di Kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi

Jaenal mengatakan jalan kabupaten ruas Palayangan-Cibodas merupakan jalur paling cepat untuk menuju pusat Kecamatan Cibitung. Jalan ini juga akses ekonomi bagi warga Desa Banyuwangi yang bekerja di pusat Cibitung, Surade, dan Jampangkulon.

"Terlebih saat musim hujan, jalan akan lebih parah. Genangan air, lumpur, menyatu dengan bebatuan, mengakibatkan jalan licin di sepanjang yang rusak," kata dia.

Banyak pengguna jalan yang mengeluh kerusakan jalan tersebut lantaran membuat beberapa kendaraan terperosok di kubangan. Ada juga yang pecah ban, bahkan tak jarang kendaraan yang mengalami patah as roda. Ini menghambat perjalanan.

Jaenal mengatakan bagi para pengendara sepeda motor, ruas jalan ini juga sangat membahayakan. Kondisinya yang kurang baik, bergelombang, dan licin, beberapa kali mengakibatkan kendaraan sangat mudah tergelincir dan bisa terjatuh.

"Pemerintah daerah kiranya memperhatikan jalur ini karena banyak warga yang sudah mengeluh," katanya. "Titik rusak mulai Jembatan Cisereuh atau perbatasan Desa Banyuwangi dengan Cibodas sampai Desa Cimahpar. Kerusakan sekitar 5 hingga 6 kilometer," imbuh dia.


Halaman :
Berita Terkait
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x