Warga dan Pelajar Ciemas Demo Jalan Rusak di Kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi

Selasa 31 Januari 2023, 13:40 WIB
Ratusan warga dan pelajar di Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, berdemo menuntut penuntasan perbaikan jalan pada Selasa (31/1/2023). | Foto: SU/Ragil Gilang

Ratusan warga dan pelajar di Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, berdemo menuntut penuntasan perbaikan jalan pada Selasa (31/1/2023). | Foto: SU/Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Ratusan warga dan pelajar di Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, berdemo dan melakukan orasi menuntut penuntasan perbaikan jalan kabupaten ruas Girimukti-Ciemas. Total jalan di kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi yang sebagian sudah diperbaiki ini adalah 7,35 kilometer.

Pada 2021 sepanjang 6 kilometer jalan kabupaten ruas Girimukti-Ciemas tersebut sudah diperbaiki. Tersisa 1,35 kilometer yang belum diperbaiki, masih rusak dan berupa bebatuan. Ini yang diprotes warga dan pelajar supaya segera dituntaskan perbaikannya. Warga dan pelajar melakukan protes pada Selasa (31/1/2023).

Ruas jalan yang sebagian masih rusak ini merupakan jalur alternatif bagi warga maupun wisatawan yang akan berkunjung ke kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi atau Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp). Jalan ini juga menjadi akses pelajar Tunas Bangsa, SMPN 4 Ciemas, SDN Cikondang, dan SDN Ciemas 2.

Baca Juga: Kembali Mulus, Jalan Rusak yang Banyak Makan Korban di Cicurug Sukabumi Kini Diaspal

Pantauan sukabumiupdate.com pada Selasa ini, ratusan warga dan pelajar menyuarakan tuntutan mereka dengan turun ke jalan yang rusak tepatnya di Kampung Pasirsalam, Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas. Salah satu warga bernama Dede Muchayar (58 tahun) menyebut aksi tersebut spontanitas masyarakat.

"Kami turun ke jalan menuntut perbaikan sisa jalan yang belum direalisasikan sepanjang 1 kilometer 350 meter. Berharap tahun ini bisa ditangani," kata Dede.

Hal senada disampaikan tokoh pemuda, Taopik Guntur Rochmi. Dia menyebut aksi itu wajar dilakukan warga dan pelajar karena sebagian jalan belum tuntas diperbaiki.

Baca Juga: Gak Perlu Golput! Jalan Rusak di Berekah Sukabumi Bakal Dibeton Dinas PU

"Ini akses alternatif, baik wisata, pendidikan, dan pertanian. Bahkan banyak wisatawan merasa terjebak saat mereka melintasi jalan itu, masuk dari awal, ternyata saat di akhir jalan, mereka melintas jalan rusak," ujar Guntur. "Kalau tidak direalisasikan tahun ini, mereka akan berangkat bersilaturahmi ke gedung DPRD Kabupaten Sukabumi, langsung dipimpin saya sendiri," imbuh dia.

Plt Kepala UPTD PU (Pekerjaan Umum) Ciemas Dadang Kuswara mengatakan jalan itu penunjang Geopark Ciletuh dan sudah ditangani pada 2021 sepanjang 6 kilometer. Sisanya diusulkan tahun ini. "Sisanya 1,35 kilometer akan diusulkan pada program reguler 2023. Kami koordinasikan dengan bagian perencanaan," kata Dadang.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel24 Juli 2024, 13:30 WIB

7 Asupan untuk Menambah Nafsu Makan Anak dan Tips Melakukannya

Asupan untuk Menambah Nafsu Makan Anak. Tips: Gunakan pemotong kue untuk membuat roti, keju, atau buah dengan bentuk-bentuk lucu agar menambah nafsu makan anak.
Ilustrasi. Makanan menarik. Makanan untuk Menambah Nafsu Makan Anak (Sumber : Pexels.com/@RogerCziwerny)
Life24 Juli 2024, 13:00 WIB

5 Ciri Orang yang Tidak Suka dengan Kita, Lihat Sikap dan Tatapannya!

Mengenali ciri-ciri seseorang yang tidak suka dengan kita bisa sangat penting untuk memahami dinamika sosial dan menjaga kesehatan emosional.
Ilustrasi - Mengenali ciri-ciri seseorang yang tidak suka dengan kita bisa sangat penting untuk memahami dinamika sosial dan menjaga kesehatan emosional. (Sumber : Pexel.com/@Keira Burton).
Musik24 Juli 2024, 12:30 WIB

Digelar Tiga Hari dan Ada Neck Deep, Berikut Line Up The Sounds Project 7

The Sounds Project merupakan festival musik bergengsi serta di Indonesia yang kembali hadir. Pada tahun ini festival musik tersebut akan digelar selama tiga hari dari 9-11 Agustus 2024 di Ecopark, Ancol, Jakarta Utara.
Digelar Tiga Hari dan Ada Neck Deep, Berikut Line Up The Sounds Project 7 (Sumber : Instagram/@thesoundsproject)
Sehat24 Juli 2024, 12:24 WIB

Tarik OKKO dari Peredaran! BPOM Cek Kandungan Natrium Dehidroasetat di 2 Roti Made In Bandung

Keduanya adalah roti made in Bandung yang selama ini dikenal sebagai jajanan warung yang laris karena murah dan awet alias tahan lama.
Dua roti made in bandung yang diterpa isu mengandung rpengawet kosmetik (Sumber : istimewa)
Bola24 Juli 2024, 12:00 WIB

Prediksi Grup B Piala Presiden 2024: Bali United vs Madura United, H2H Hingga Skor

Bali United akan melawan Madura United dalam lanjutan Piala Presiden Grup B.
Bali United akan melawan Madura United dalam lanjutan Piala Presiden Grup B. (Sumber : X/@BaliUtd/@MaduraUnitedFC).
Life24 Juli 2024, 11:30 WIB

9 Ciri Orang Memiliki Dendam Pada Kita, Terlihat dari Sikapnya

Orang yang dendam pada kita mungkin menghindari interaksi sosial atau mengurangi komunikasi.
Ilustrasi. Ciri Orang Memiliki Dendam pada Kita (Sumber : Pexels/AndreaPiacquadio)
Nasional24 Juli 2024, 11:07 WIB

Wakil Presiden RI ke-9 Hamzah Haz Meninggal Dunia

Jenazah Hamzah Haz akan dimakamkan di kompleks pemakaman keluarga.
Wakil Presiden ke-9 RI Hamzah Haz. | Foto: ppp.or.id
Musik24 Juli 2024, 11:00 WIB

Dimulai dari 2 Juta, Berikut Harga Tiket Konser TXT ACT: PROMISE di Jakarta

Boygrup Tomorrow X Together atau TXT akan menggelar world tour di Indonesia bertajuk ACT: PROMISE pada Rabu, 2 Oktober 2024, di ICE BSD HALL, Tangerang.
Dimulai dari 2 Juta, Berikut Harga Tiket Konser TXT ACT: PROMISE di Jakarta (Sumber : Instagram/@txtupdateina)
Life24 Juli 2024, 10:31 WIB

12 Etika Berkomunikasi dengan Orang Lain, Jangan Memotong Pembicaraan!

Etika Berkomunikasi dengan Orang Lain. Dengarkan tanpa langsung membuat penilaian atau asumsi negatif menujukkan Anda adalah orang yang memiliki etika.
Ilustrasi. Gunakan kata-kata yang tepat dan jelas untuk menghindari kesalahpahaman ketika berkomunikasi dengan orang lain. (Sumber : Pexels/AndreaPiacquadio)
Nasional24 Juli 2024, 10:10 WIB

Sejak 2019! 50 WNI Dikirim Jadi PSK di Australia, Tersangka Untung Rp 500 Juta

Djuhandhani menyatakan FLA mendapatkan uang ini setelah beroperasi sejak 2019.
(Foto Ilustrasi) Polisi menangkap FLA (36 tahun), tersangka penjualan 50 orang WNI untuk dijadikan PSK di Sydney, Australia. | Foto: Istimewa