Lalat Makin Banyak, Warga Warnajati Sukabumi Protes Kebersihan Kandang Ayam

Sabtu 21 Januari 2023, 21:33 WIB
Serbuan lalat ke permukiman warga di Kampung Pangapuan RT 03/10 Desa Warnajati, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

Serbuan lalat ke permukiman warga di Kampung Pangapuan RT 03/10 Desa Warnajati, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Sejumlah warga di Kampung Pangapuan RT 03/10 Desa Warnajati, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, mengeluhkan serbuan lalat yang masuk ke permukiman warga dan mengganggu aktivitas rumah.

Warga bernama Roni (42 tahun) mengatakan banyaknya lalat yang menyerbu rumah warga ini diduga akibat keberadaan peternakan ayam yang dinilai kurang menjaga kebersihan kandang sehingga mengundang lalat dalam jumlah banyak.

"Ini kerap terjadi saat panen ayam karena sebelumnya tidak ada lalat. Bahkan sudah dikomplain masyarakat dan lapor aparat setempat," kata Roni, Sabtu (21/1/2023).

Menurut Roni, serbuan lalat sudah terjadi selama dua tahun setiap setelah panen. "Panen sekitar dua bulan sekali. Habis panen bersih-bersih lagi. Kadang habis panen sekitar dua minggu (tidak harus satu bulan) lalat menghilang," ujarnya.

Baca Juga: Warga Sukabumi Protes Bau dan Banyak Lalat, Satpol PP Datangi Gudang Getah Karet

Roni mengatakan rata-rata ayam di peternakan itu dipanen dua bulan sekali dan setelah itu lalat berdatangan. "Selama sekitar satu bulan (lalat datang). Satu bulan ke depan aman. Bulan selanjutnya begitu lagi karena kembali ke masa panen," kata dia.

Roni menyatakan lokasi kandang dengan permukiman warga masih satu kampung. Adapun jarak kandang ayam tersebut kurang lebih 700 meter ke rumah Roni.

"Yang sudah-sudah, sebelum panen dan sebelum ngedug pupuknya, dipastikan dulu tidak ada lalat dari kandang dengan cara diobat semprot. Jadi lalat mati di lokasi peternakan, tidak sampai menyebar ke rumah warga (seperti sekarang)," ujarnya.

Baca Juga: Ulang Tahun ke-30, Crayon Shinchan Kolaborasi dengan Komik Lokal Tahilalats

Roni menilai pengelolaan kandang kurang maksimal secara kebersihan, terutama cara mengatasi lalat. Roni merasa terganggu ketika beraktivitas di rumah, khususnya saat waktu makan sehingga dia kerap menutup makanan dengan lebih ekstra.

"Saya pribadi sering mengeluhkan, walaupun makanan sudah ditutup, tapi ada waktunya dibuka. Bahkan ketika makan, tak jarang ditemani lalat. Kalau satu atau dua masih wajar, ini jumlahnya banyak," kata dia.

"Hal ini sudah saya sampaikan ke aparat setempat, kemudian sering lapor ke RT dan RW setempat. Tapi tidak tahu disampaikan lagi atau tidak oleh pihaknya karena warga yang lain juga sama, merasa terganggu adanya lalat," imbuh Roni.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita

Bagaimana Tahi Lalat Terbentuk?

Jumat 04 Maret 2022, 15:27 WIB
Bagaimana Tahi Lalat Terbentuk?
Berita Terkini
Inspirasi16 Juni 2024, 09:00 WIB

Lowongan Kerja Staff IT Service Support di KAI Services, Minimal Lulusan SMA/SMK

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi. Lowongan Kerja Staff IT Service Support di KAI Services, Minimal Lulusan SMA/SMK. (Sumber : Freepik)
Aplikasi16 Juni 2024, 08:00 WIB

30 Link Twibbon Idul Adha 2024, Cocok Untuk Dibagikan di Sosial Media

Twibbon Idul Adha 2024 ini bisa kamu bagikan di media sosial untuk merayakan Hari Raya Umat Muslim.
Ilustrasi - Twibbon Idul Adha 2024 ini bisa kamu bagikan di media sosial untuk merayakan Hari Raya Umat Muslim. (Sumber : twibbonize.com).
Musik16 Juni 2024, 07:57 WIB

Kepala Tanpa Otak, Dari Sukabumi AX6 Gebrak Dunia Metal Industrial Core

Kepala Tanpa Otak menjadi judul album sekaligus judul lagu pamungkas dari kelahiran kembali AX6.
AX6, Ali topen (vokalis) bersama Raka, Iskandar dan Heri. (Sumber : Istimewa)
Life16 Juni 2024, 07:00 WIB

50 Ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H, Tebarkan Semangat Kebersamaan

Ucapan Idul Adha dapat membantu kita berbagi kebahagiaan dengan orang lain dan menciptakan suasana yang meriah dan penuh sukacita.
Ilustrasi - Ucapan Idul Adha dapat membantu kita berbagi kebahagiaan dengan orang lain dan menciptakan suasana yang meriah dan penuh sukacita.(Sumber : Freepik)
Food & Travel16 Juni 2024, 06:30 WIB

4 Resep Makanan Lebaran yang Ramah Asam Urat: Opor, Sate hingga Kue Kering

Resep Makanan Lebaran yang Ramah Asam Urat ini menggunakan bahan-bahan yang rendah purin dan kaya nutrisi untuk membantu mengelola kadar asam urat dalam tubuh.
Ilustrasi. Ilustrasi. Sate. Resep Makanan Lebaran yang Ramah Asam Urat: Opor hingga Kue Kering (Sumber : Freepik/@jcomp)
Science16 Juni 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 16 Juni 2024, Pagi Hari Langit Cerah di Semua Wilayah

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah pada Minggu 16 Juni 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah pada Minggu 16 Juni 2024. (Sumber : Pixabay.com)
Nasional15 Juni 2024, 23:22 WIB

Harun Masiku Menyamar Jadi Guru dan Marbut Masjid di Luar Negeri

Berdasarkan informasi terbaru, Harun Masiku, buron kasus korupsi suap PAW Caleg DPR RI, diketahui menggunakan berbagai penyamaran untuk menghindari pengejaran hukum.
Harun Masiku, Buronan KPK | Foto : Ist
Sukabumi15 Juni 2024, 22:53 WIB

9 WNA China Terombang-ambing di Laut Sukabumi dan Sempat Ditangkap Tentara Australia

Sebanyak sembilan warga negara asing (WNA) asal China dan tiga WNI asal NTT berhasil diamankan di Polres Sukabumi. Setelah di tolong oleh nelayan Sukabumi karena kapal yang mereka tumpangi bermasalah
WNA asal China saat diperiksa di Satreskrim Polres Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi15 Juni 2024, 22:13 WIB

Maling Modus Ganjal ATM di Sukabumi Kepergok, Acungkan Pistol Ke Pengunjung Minimarket

Viral di media sosial, tiga pria misterius acungkan benda mirip pistol ke arah pengunjung tertangkap kamera cctv sebuah minimarket.
Aksi pria acungkan pistol ke pengunjung minimarket di Jalan Lingkar Selatan, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi | Foto : Capture video CCTV
Film15 Juni 2024, 22:00 WIB

Sinopsis Drama Korea Hierarchy, Menceritakan Kehidupan Siswa Elite SMA Jooshin

Drama korea Hierarchy menceritakan tentang kehidupan siswa-siswi di SMA elite bernama Jooshin. Selain itu, drakor tersebut juga memperlihatkan berbagai intrik hingga masalah utama yang dihadapi para siswa kelas atas itu.
Sinopsis Drama Korea Hierarchy, Menceritakan Kehidupan Siswa Elite SMA Jooshin (Sumber : X @/infodrakor_id)