6 Cara Mudah Mengusir Lalat di Rumah, Dijamin Efektif

Selasa 30 Agustus 2022, 10:49 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Lalat sering kali muncul di dalam rumah dan tentunya hal tersebut cukup mengganggu karena binatang kecil itu dapat membawa berbagai macam penyakit.

Hal tersebut dikarenakan, lalat kerap kali hinggap di tempat-tempat kotor seperti tempat sampah atau bahkan kotoran hewan lain.

Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara sederhana namun efektif untuk mengusir lalat di rumah.

Tidak perlu khawatir, ada beberapa cara mudah mengusir lalat di rumah dengan bahan dan peralatan yang gampang didapatkan, seperti dirangkum oleh Suara.com dari berbagai sumber.

Baca Juga :

1. Kulit Jeruk

photoIlustrasi Kulit Jeruk - (Pinterest)</span

Dilansir dari laman Hello Sehat, daripada dibuang, sebaiknya simpan kulit jeruk untuk mengusir lalat dari rumah. 

Bau kulit jeruk yang menyengat menjadi salah satu hal yang dibenci oleh lalat. Tidak heran, jika selama ini banyak produk pembasmi lalat yang menggunakan ekstrak citrus sebagai aromanya.

2. Kantong Plastik Berisi Air

Dilansir dari laman Hello Sehat, salah satu cara ampuh mengusir lalat dari dalam rumah adalah menggunakan kantong plastik berisi air. 

Kantong plastik berisi air ini paling tepat digantungkan di gagang pintu serta jendela yang terbuka, khususnya pada siang hari.

Diketahui, lalat memiliki jumlah lensa yang banyak pada matanya sehingga memungkinkan mereka mendeteksi gerakan cahaya. Sementara itu, genangan air di plastik dapat memantulkan cahaya ke seluruh tempat sehingga bisa membuat si lalat bingung.

3. Cuka Sari Apel dan Sabun Cuci Piring

Menurut laman Prevention, campuran cuka sari apel dan sabun cuci piring juga dapat digunakan sebagai pengusir ampuh lalat di rumah.

Bau dari cuka apel dapat menarik lalat terbang mendekatinya, sedangkan sabun akan membasmi lalat, bahkan merusak saluran pencernaan dan menghancurkan dinding sel serangga tersebut.

Jangan lupa, tambahkan sedikit gula pada mangkuk yang berisi campuran cuka sari apel dan sabun cuci piring.

4. Buah Busuk

Berbeda dengan manusia, lalat sangat menyukai bau dari buah busuk. Jadi, manfaatkan hal ini dengan membuat perangkap supaya rumah bisa bebas dari lalat.

Caranya, cukup tempatkan buah busuk ke dalam toples dengan tutup plastik berlubang, dengan begitu lalat akan masuk ke sana dan terperangkap.

5. Kamper

Selain dapat digunakan sebagai penghilang bau di lemari dan toilet, rupanya kamper juga cukup efektif mengusir lalat dari dalam rumah.

Tanpa perlu repot-repot membuatnya, kamper bisa dengan mudah didapatkan di supermarket. Tempatkan di atas permukaan panas, seperti hot plate. 

Letakkan kamper di dekat jendela terbuka serta pintu masuk utama untuk mencegah lalat masuk ke rumah.

6. Tanaman di Dalam Rumah

Cara mengusir lalat selanjutnya adalah dengan menempatkan tanaman di dalam rumah. Beberapa tanaman seperti mint, lavender, dan sereh, dipercaya dapat mengusir lalat berkat baunya yang menyengat.

Meski hal tersebut ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, tentu saja tidak ada salahnya memelihara tanaman di dalam rumah.

Itulah beberapa cara mengusir lalat di rumah yang bisa diterapkan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Baca Juga :

SOURCE: SUARA.COM | HILLARY SEKAR PAWESTRI

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkini
Science22 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 22 Juli 2024, Cek Dulu Langit di Awal pekan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Senin 22 Juli 2024.
Ilustrasi. Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Senin 22 Juli 2024. (Sumber : Unplash/Gabriel Garcia Marengo)
Sukabumi21 Juli 2024, 23:20 WIB

Aksi Maling Nekat Terekam CCTV di Sukabumi, Bawa Kabur Motor di Depan Korban

Terekam CCTV aksi nekat maling motor yang bawa kabur barang curiannya di depan korban di Cicurug Sukabumi.
Sosok pelaku pencurian motor di depan Toko Kosmetik di Jalan Cimelati, Cicurug Sukabumi. (Sumber : Tangkapan Layar CCTV/Istimewa)
Sukabumi21 Juli 2024, 22:34 WIB

RW 05 Kebon Manggu Kota Sukabumi Peringati 10 Muharram Dengan Santuni Anak Yatim dan Jompo

Pengurus RW 05 Kampung Kebon Manggu Kota Sukabumi peringati 10 muharram 1446 H dengan memberikan santunan kepada anak yatim piatu dan jompo.
RW 05 Kampung Kebon Manggu, Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi menggelar kegiatan pemberian santunan kepada anak yatim dan jompo dalam rangka memperingati 10 Muharram 1446 H. (Sumber : Istimewa)
Life21 Juli 2024, 22:00 WIB

9 Tips Hidup Bahagia di Usia Tua, Yuk Rencanakan Masa Depan dengan Bijak!

Pastikan Anda merencanakan keuangan dengan baik untuk keamanan finansial di masa tua. Konsultasikan dengan penasihat keuangan jika diperlukan agar hidup bahagia di usia tua nanti.
Ilustrasi. Lansia. Jangan lupa untuk sering tertawa dan menikmati momen-momen ringan. Humor dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati. (Sumber : Freepik/@jcomp)
Game21 Juli 2024, 21:00 WIB

9 Cara Mencegah Anak Kecanduan Game Online, Manfaatkan Fitur Parental Controls

Jika kecanduan game sudah mengkhawatirkan, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan psikolog anak atau terapis.
Ilustrasi. Anak bermain gadget. |  Cara Mencegah Anak Kecanduan Game Online Foto: Pixabay
Sukabumi Memilih21 Juli 2024, 20:11 WIB

PKS Resmi Usung Iyos di Pilkada 2024, Ini Kata Mantan Bupati Sukabumi Sukmawijaya

Sukmawijaya blak-blakan soal alasan PKS akhirnya menyatakan dukungan kepada Iyos Somantri untuk maju sebagai Bakal Calon Bupati Sukabumi di Pilkada 2024.
Mantan Bupati Sukabumi yang juga Dewan Pakar DPD PKS Kabupaten Sukabumi, Sukmawijaya. (Sumber : SU/Ibnu)
Life21 Juli 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Malas di Malam Hari Ini Tak Boleh Dicontoh, Begini Solusinya!

Orang malas biasanya tidak membersihkan diri atau tempat tidur dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan gangguan kesehatan.
Ilustrasi. Menonton Film Hingga Larut Malam. Kebiasaan Orang Malas di Malam Hari yang Tidak Boleh Dicontoh (Sumber : Freepik)
Kecantikan21 Juli 2024, 19:00 WIB

11 Rutinitas Skincare di Malam Hari, Gak Cuma Cuci Muka Ya!

Rutinitas Skincare di Malam Hari Gak Cuma Cuci Muka.Pilih serum berdasarkan kebutuhan kulit, seperti serum anti-aging, serum pencerah, atau serum yang mengandung hyaluronic acid untuk hidrasi.
Ilustrasi. Memakai Skincare Malam. Perhatikan reaksi kulit terhadap produk baru dan hindari produk yang menyebabkan iritasi. | Sumber: Freepik.com (artursafronovvvv)
Life21 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW

Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW. Dikisahkan, Zaid bin Tsabit suatu malam mengadu kepada Rasulullah SAW saat semalaman tidak bisa tidur.
Ilustrasi. Membaca Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW (Sumber : Freepik/@freepik)
Internasional21 Juli 2024, 17:46 WIB

Kemlu Pastikan Tidak Ada WNI Korban Serangan Israel ke Pelabuhan Yaman

Kemlu RI memastikan tidak ada WNI yang menjadi korban dalam keganasan serangan Israel ke Pelabuhan Hudaidah, Yaman.
Asap dan api mengepul dari Pelabuhan Hodeidah usai serangan udara Israel di Yaman, 20 Juli 2024. Ledakan terjadi setelah pesawat tempur Israel menyerang pelabuhan tersebut. (Sumber Foto: Houthi Media Centre/Handout via REUTERS)