Program IFISH Ikan Sidat Kabupaten Sukabumi, FAO: Jadi Pilot Projek di Jabar

Senin 16 Januari 2023, 08:15 WIB
Pemkab Sukabumi bersama FAO dan KKP RI (Sumber : Instagram/@sukabumikab)

Pemkab Sukabumi bersama FAO dan KKP RI (Sumber : Instagram/@sukabumikab)

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri Mewakili Bupati menerima kunjungan Food and Agriculture Organization (FAO) headquarters dan tim Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI di wilayah kerja proyek IFISH Kabupaten Sukabumi.

Pertemuan Pemerintah Kabupaten Sukabumi dengan FAO dan KKP RI ini bertempat di Aula Setda-Palabuhanratu, Minggu (15/1/2023).

A-FAO Representative Indonesia Ageng Herianto mengatakan tujuan kunjungan tersebut ialah untuk melakukan survei langsung ke lokasi wilayah kerja proyek IFISH yang berada di Kabupaten Sukabumi.

"Kami dari FAO Indonesia dan Senior Coordinator Global Environment Facility of FAO Headquarter, Roma, Italia secara bersama-sama untuk melihat apa yang terjadi apa yang sudah dilakukan tim IFISH di Sukabumi, kami percaya ifish sudah benar-benar bekerja dan yakin sudah bekerja dengan baik" jelasnya, dikutip Senin (16/1/2023).

Baca Juga: Produksi Lele Dumbo Sukabumi Capai 656.684 Ton, Mengenal Ikan Persilangan Afrika-Taiwan

Lebih lanjut, Mr. Jeffrey Griffin selaku Senior Coordinator Global Environment Facility of FAO Headquarter, Roma, Italia menyampaikan apresiasi atas kinerja tim IFISH yang telah bekerja secara baik setelah melakukan survey lapangan.

"Saya sampaikan apresiasi dan terima kasih, bagaimana kolaborasi yang telah dilakukan oleh beberapa pihak yang menghasilkan implementasi-implementasi yang baik untuk projek ini dan keseluruhan penyelenggaraan ifish Kabupaten Sukabumi sangat baik" ungkapnya.

Bahkan menurut Griffin, Kabupaten Sukabumi disebut akan menjadi pilot projek program IFISH di Indonesia.

Proyek IFISH sendiri adalah program jangka panjang dalam pemanfaatan dan pengelolaan perikanan sidat di Kabupaten Sukabumi dan ini bisa sekaligus menjadi contoh di jabar bahkan untuk daerah lain dengan inovasi-inovasinya.

"Sukabumi bisa menjadi contoh di jabar bahkan untuk daerah lain dengan inovasi-inovasinya" terangnya.

Masih di kesempatan yang sama, wabup menyampaikan rasa syukur dan bangga bahwa Kabupaten Sukabumi mendapatkan nilai yang baik dari FAO.

Baca Juga: Wakili ASEAN Jadi Anggota FAO, Drh Slamet Minta Indonesia Tak Terlena

FAO turut mengapresiasi tentang pemberdayaan pangan di Kabupaten Sukabumi yang tergolong cukup bagus terutama di budidaya sidat yang menjadi perhatian dan hal ini diharapkan bisa berkembang lebih ke depannya.

Serta terkait dengan keberadaan fishway yang dibangun KSDA di Cibareno Palabuhanratu, Sukabumi.

Proyek IFISH Kabupaten Sukabumi diyakini dapat memberikan keuntungan bagi berbagai pihak, yang dalam hal ini adalah Sukabumi, KKP RI dan FAO, dalam Pengelolaan Perikanan Darat dan terwujudnya Perda serta Masterplan Pengelolaan Perikanan Sidat di Kabupaten Sukabumi.

Sumber : Kab. Sukabumi

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat16 Mei 2024, 12:30 WIB

Ada Durian Tinggi Purin, 7 Buah Ini Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Durian adalah buah tropis yang kaya akan purin dan sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat.
Ilustrasi. Kios Buah. Ada Durian Tinggi Purin, Deretan Buah Ini Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat (Sumber : Pexels/MariaOrlova)
Life16 Mei 2024, 12:15 WIB

Usahakan Tetap Tenang, Begini 5 Tips Jitu Mengatasi Balita Yang Selalu Emosi

Mengatasi emosi besar pada balita kita dan mengetahui cara meresponsnya adalah salah satu bagian tersulit dalam mengasuh balita.
mengatasi balita yang emosi dengan tenang (Sumber : pexels.com/@AlexanderDummer)
Bola16 Mei 2024, 12:00 WIB

Leg 2 Championship Series Persib Bandung vs Bali United: Suporter Bali United Dilarang Datang!

Laga Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024, suporter Bali United dilarang datang ke Bandung.
Laga Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024, suporter Bali United dilarang datang ke Bandung. | (Sumber : persib.co.id)
Keuangan16 Mei 2024, 11:49 WIB

Bicara di Seminar Ombudsman, Ayep Zaki Bahas Peran Lembaga Keuangan Alternatif

Peran lembaga keuangan alternatif sangat penting dalam memajukan ekosistem perekonomian.
Ayep Zaki menjadi pembicara dalam seminar bersama Ombudsman Republik Indonesia di Aula Bank BJB, Sukabumi, Rabu, 15 Mei 2024. | Foto: Instagram/Ayep Zaki
Life16 Mei 2024, 11:45 WIB

Terapkan 6 Cara Ampuh Berikut Untuk Memperkuat Hubungan Ayah dan Anak Laki-laki

Menghabiskan waktu positif bersama, membicarakan pelajaran hidup, disertai dengan banyak mendengarkan dengan tenang dan penuh perhatian, akan membantu mengembangkan hubungan yang membina dan bermakna dengan putra Anda
Ilustrasi cara memperkuat hubungan ayah dengan anak laki-laki (Sumber : pexels.com/@NathanCowley)
Sukabumi Memilih16 Mei 2024, 11:44 WIB

Kini Sebut Wajib Mundur, Ketua KPU Berubah Soal Caleg Terpilih Maju Pilkada 2024

Sempat sebut tak wajib mundur jika caleg terpilih pemilu 2024 maju di pilkada serentak 2024, kini bilang wajib mundur.
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari saat menggelar rapat pleno rekap hasil penghitungan perolehan suara tingkat nasional Pemilu 2024 hari ke-18, Sabtu (16/3/2024). (Sumber: Youtube KPU)
Food & Travel16 Mei 2024, 11:30 WIB

Cara Membuat Air Lemon untuk Mengurangi Stres, 10 Step Simpel dan Gampang!

Aroma lemon diketahui memiliki efek menenangkan pada pikiran dan tubuh. Minum air lemon dapat membantu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan mood.
Ilustrasi. Coba sesuaikan resep membuat Infused Water Air Lemon sesuai dengan selera pribadi, baik dari segi konsentrasi perasan lemon, tambahan gula, atau penambahan bahan-bahan lain seperti daun mint atau buah lainnya. (Sumber : Pexels/Alleksana)
Sehat16 Mei 2024, 11:15 WIB

3 Obat Alami Untuk Asam Urat yang Bisa Dilakukan dan Dibuat di Rumah

ada beberapa cara yang bisa dilakukan atau dibuat di rumah bagi penderita asam urat agar rasa nyerinya ketika muncul bisa berkurang dengan baik atau bisa dicegah
Ceri adalah salah satu dari tiga obat alami yang dipercaya bisa mengobati penyakit asam urat. (Sumber : freepik.com/@azerbajian_stockers)
Life16 Mei 2024, 11:00 WIB

10 Cara Membentuk Karakter Anak yang Baik, Simpel dan Mudah Loh Bund!

Anak-anak cenderung meniru perilaku orang dewasa di sekitar mereka. Maka dari itu, Cara Membentuk Karakter Anak yang Baik Bisa dengan menjadi contoh yang baik pula.
Ilustrasi. Cara Membentuk Karakter Baik Anak yang Bisa Dilakukan Orang Tua (Sumber : Pixabay/JupiLu)
Sehat16 Mei 2024, 10:45 WIB

Asam Urat di Pergelangan Kaki? Lakukan 7 Hal Ini Agar Bisa Cepat Pulih

Ternyata asam urat juga bisa menyerang pergelangan kaki, sudah pasti akan mengganggu aktivitas sehari-hari karena sakitnya yang begitu menyakitkan. Maka dari itu penting mengetahui hal yang bisa membantu pemulihan asam urat
Ilustrasi asam urat yang menyerang pergelangan kaki, maka 7 hal ini bisa dilakukan agar cepat pulih. (Sumber : Freepik.com)