Pasangan Muda, Petani dan Guru di Sukabumi Ini Kompak Nyaleg di Pemilu 2024

Selasa 26 Desember 2023, 18:53 WIB
Retno Eko dan Yuyum Yumanah. Pasangan muda petani dan guru warga Sukaraja Kabupaten Sukabumi memilih berkiprah di politik pada Pemilu 2024 (Sumber: istimewa)

Retno Eko dan Yuyum Yumanah. Pasangan muda petani dan guru warga Sukaraja Kabupaten Sukabumi memilih berkiprah di politik pada Pemilu 2024 (Sumber: istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Memutuskan untuk nyaleg atau menjadi calon legislatif di Pemilu 2024 menjadi salah satu langkah berani pasangan suami istri di Sukabumi Jawa Barat ini. Retno Eko (42 tahun) dan Yuyum Yumanah (38 tahun) kompak nyaleg pada pemilu 2024 untuk DPRD Kota dan Kabupaten Sukabumi.

Keputusan yang tidak mudah karena keduanya adalah pasangan muda produktif yang tekun di dunia masing-masing. Retno Eko adalah petani bunga hias dan sayuran yang terus mengembangkan pasarnya ke luar negeri, sedangkan sang istri, Yuyum adalah ibu rumah tangga yang punya komitmen kuat di dunia pendidikan, menggunakan waktu luangnya untuk menjadi relawan pengajar taman kanak-kanak.

Berpolitik, ungkap Retno adalah keputusan penting dalam hidupnya, sebagai upaya membaktikan tenaga dan ilmunya kepada warga Sukabumi. Mengangkat derajat hidup para petani, mengembangkan pertanian modern perkotaan, menurut Eko harus diperjuangkan secara politik, melalui kebijakan.

“Selama ini saya membangun pertanian sebagai pelakunya. Kami (petani) seringkali dihadapkan dengan kondisi lapangan yang tidak mendukung bahkan cenderung menyulitkan. Untuk itu perlu kontrol langsung untuk memastikan kebijakan yang berpihak dan pelaksanaan kebijakan untuk pertanian berjalan sesuai treknya,” ucap Retno Eko kepada sukabumiupdate.com, Selasa (26/12/2023).

Retno Eko bermimpi menjadikan warga Kota Sukabumi hidup sejahtera dan modern dengan kearifan lokal. Mimpi ini bisa diwujudkan dengan sejumlah langkah strategis, salah satunya mendorong lahirnya regulasi atau perda kesejahteraan yang pro masyarakat kecil dan keluarga petani.

“Selain itu saya juga akan fokus membangun sumber daya manusia dengan keluarga sehat, cerdas dan agamis dengan kebudayaan lokal sekitarnya. Juga mendorong infrastruktur pro kelestarian alam dan lingkungan serta kearifan lokal yang modern,” sambung Retno Eko yang mantap berjuang menuju pemilu 2024 mendatang dalam barisan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dari daerah pemilihan Kota Sukabumi 2; Baros, Lembursitu, Cibereum (Bacile), nomor urut 3.

Langkah alumni Fakultas Pertanian Agronomi Universitas Bung Karno, Jakarta ini ternyata tak hanya direstui keluarga tapi juga dengan mantap diikuti sang istri, Yuyum Yumanah. Perempuan ini maju menjadi caleg DPRD Kabupaten Sukabumi dari partai yang sama dengan sang suami, yaitu PSI.

“Saya maju menjadi caleg DPRD Kabupaten Sukabumi dari dapil 6 (waluran, kalibunder, jampangkulon, surade, ciemas, ciracap, cimanggu, cibitung, dan tegalbuleud) nomor urut 4,” ucap Yuyum kepada sukabumiupdate.com.

Menurut bu guru taman kanak-kanak ini, mewujudkan masyarakat Kabupaten Sukabumi lebih bermartabat dan sejahtera adalah perjuangan politiknya di pemilu 2024 mendatang.

Caleg Kota dan Kabupaten Sukabumi. Pasutri warga Sukaraja Sukabumi ini memilih PSI untuk Pemilu 2024 mendatang,Caleg Kota dan Kabupaten Sukabumi. Pasutri warga Sukaraja Sukabumi ini memilih PSI untuk Pemilu 2024 mendatang,

“Berjuangan mewujudkan sarana dan prasarana infrastruktur pedalaman desa yang yg terkoneksi ke setiap wilayah. Menjadikan sumber daya manusia di Kabupaten Sukabumi menjadi sehat, unggul, berpendidikan dan berakhlak mulia. Harus berjuang melahirkan perda-perda yang pro kesejahteraan masyarakat kecil dan petani serta keluar lainnya,” sambung Yuyum.

Baca Juga: Ironi Guru Honorer Tertua di Sukabumi, Pensiun Tanpa Mendapat Tunjangan

Pasutri yang tinggal di Goalpara, Desa Cisarua Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi ini menegaskan pilihan mereka terjun ke politik praktis melalui PSI (Partai Solidaritas Indonesia) karena arah perjuangannya. “PSI adalah partai yang konsen terhadap gerakan anti korupsi serta anti intoleransi. PSI ini partai anak muda yang tidak harus protokoler, sehingga lebih bermasyarakat,” ungkap Yuyum dan Retno Eko.

Pilihan tersebut juga tidak terlepas dari posisi politik Retno Eko dalam sejumlah pemilu di Indonesia sebelumnya. Ia adalah pengurus simpul relawan Jokowi (Joko Widodo) di Sukabumi saat Pilpres 2014 dan 2019. Ia juga masih menjabat sebagai Ketua DPC POSRAYA INDONESIA cabang Sukabumi Raya.

Baca Juga: Cerita Petani di Kadudampit Sukabumi, 5 Bulan Berjuang Lawan Kemarau

Ia adalah salah satu warga Sukabumi yang beruntung, karena sudah tiga kali mengikuti upacara perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) di istana negara, dengan udangan langsung dari Presiden Joko Widodo.

Politik memang bukan hal baru bagi Retno Eko, yang sempat juga mencalonkan diri sebagai kepala desa di wilayah Kecamatan Sukaraja. Bersama sang istri, orang tua dari 2 anak perempuan ini, berharap bisa terus memberikan sumbangsih lebih banyak dan nyata kepada warga Sukabumi.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life05 Mei 2024, 22:08 WIB

Tindak Lanjuti Perilaku Buruk, 7 Cara Terbaik untuk Melakukan Time-Out Pada Balita

Dengan konsistensi dan penegakan aturan yang tenang, kerja keras Anda dalam menerapkan time-out yang besar kemungkinan akan menghasilkan hasil berupa lebih banyak perilaku yang baik.
Ilustrasi cara melakukan time-out pada balita. | Sumber Foto : pexels.com/@Arina Krasnikova
Sukabumi05 Mei 2024, 21:12 WIB

Diperbaiki Swadaya, Rumah Lansia di Surade Sukabumi Terdampak Gempa Garut Mulai Dipugar

Rumah Lansia di Surade Sukabumi terdampak Gempa M6,2 Garut diperbaiki secara swadaya.
Terdampak gempa M6,2 di laut Garut, Rumah Maemunah Warga Surade Sukabumi mulai diperbaiki secara swadaya, Minggu (5/5/2024). (Sumber : SU/Ragil)
Sehat05 Mei 2024, 21:00 WIB

2 Cara Menghilangkan Rasa Sakit Asam Urat dalam Waktu 10 Menit

Pengobatan rumahan terbaik untuk meringankan rasa sakit akibat asam urat dalam 10 menit atau kurang.
Ilustrasi - Pengobatan rumahan terbaik untuk meringankan rasa sakit akibat asam urat  dalam 10 menit atau kurang. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic)
Sukabumi05 Mei 2024, 20:30 WIB

Pria Lajang di Cibadak Sukabumi Tewas Tergantung, Ditemukan oleh Sang Kakak

Berikut kronologi seorang pria lajang di Cibadak Sukabumi ditemukan tewas tergantung oleh sang kakak di dalam rumahnya.
Ilustrasi. Pria lajang di Cibadak Sukabumi ditemukan tewas tergantung di dalam rumah. Diduga depresi. | Sumber Foto: Istimewa
Motor05 Mei 2024, 20:00 WIB

Ganti Oli Teratur! 5 Cara Merawat Motor Injeksi Agar Awet dan Tetap Prima

Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat menjaga motor injeksi Anda agar tetap awet dan performanya optimal.
Ilustrasi. Kendaraan roda dua. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat menjaga motor injeksi Anda agar tetap awet dan performanya optimal. Sumber foto : Pexels/Quang Nguyen Vinh
Sukabumi05 Mei 2024, 19:42 WIB

Warga Keluhkan Bau Menyengat Sampah, Menumpuk di Belakang Pasar Surade Sukabumi

Warga keluhkan bau menyengat dari tumpukan sampah di belakang Pasar Surade Sukabumi.
Kondisi tumpukan sampah di belakang Pasar Surade, Kampung Cihideung, Surade Sukabumi. (Sumber : SU/Ragil Gilang)
Life05 Mei 2024, 19:30 WIB

Bunda Harus Tahu, Usia yang Tepat dan Kapan Menggunakan Teknik Disiplin Time-Out untuk Anak

Saat menggunakan Time-out, perhatikan baik-baik reaksi anak dan ikuti observasi Anda tentang cara terbaik memanfaatkan.
Ilustrasi - Saat menggunakan Time-out, perhatikan baik-baik reaksi anak dan ikuti observasi Anda tentang cara terbaik memanfaatkan. (Sumber : pexels.com/@Alexander Dummer).
Sehat05 Mei 2024, 19:00 WIB

Terselip di Balik Lemak! 7 Penyebab Kolesterol Tinggi yang Harus Anda Ketahui

Kolesterol diam-diam berbahaya, dan Anda harus mengetahui apa saja penyebabnya.
Ilustrasi - Kolesterol diam-diam berbahaya, dan Anda harus mengetahui apa saja penyebabnya. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
Life05 Mei 2024, 18:30 WIB

Konsistensi Adalah Kuncinya, 5 Teknik dan Ide Disiplin Anak yang Bisa Bunda Terapkan

Ada berbagai teknik disiplin tentang yang bisa Anda terapkan pada anak yang dimana hal ini dapat berdampak positif.
Ilustrasi - Ada berbagai teknik disiplin tentang yang bisa Anda terapkan pada anak yang dimana hal ini dapat berdampak positif. (Sumber : pexels.com/@PNW Production).
Life05 Mei 2024, 18:00 WIB

Amalan dan Doa yang Dianjurkan Sebelum Menunaikan Ibadah Haji, Jemaah Harus Tahu!

Ada beberapa amalan dan doa yang dianjurkan dikerjakan oleh jemaah haji sebelum berangkat ke tanah suci.
Ilustrasi - Ada beberapa amalan dan doa yang dianjurkan dikerjakan oleh jemaah haji sebelum berangkat ke tanah suci. | (Sumber : kemenag.go.id)