Retno Eko, Petani Warga Sukabumi Ini Sudah 3 Kali Upacara HUT RI di Istana Negara

Sabtu 20 Agustus 2022, 14:53 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Seorang petani bunga potong warga Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, kembali diundang Presiden Joko Widodo atau Jokowi melalui Menteri Sekretariat Negara untuk hadir ke Istana Negara di Jakarta pada peringatan puncak perayaan HUT RI ke 77. Bukan pertama, Retno Eko (41 tahun) ternyata sering menyaksikan langsung upacara Bendera Merah Putih di Istana Merdeka.

Pada puncak peringatan HUT RI ke 77 tahun 2022 kemarin, warga Desa Cisarua RT 01 RW 03 Kecamatan Sukaraja ini kembali datang ke istana merdeka. Bersama sang istri Yuyum Yumanah, Eko hadir sore hari 17 Agustus 2022, untuk mengikuti langsung detik-detik prosesi penurunan bendera pusaka di Istana Merdeka, Jakarta.

Bersama banyak undangan lainnya, eko dan istri duduk di salah satu tenda tamu undangan yang berada  sebelah kanan podium utama. Tenda tamu undangan ini bisa langsung melihat seluruh proses puncak peringatan peringatan HUT RI yang dipusatkan di lapang tengah Istana Merdeka.

"Alhamdulilah saya bisa ke istana.  Tentu rasa bangga dan rasa haru bisa hadir Istana Merdeka menyaksikan langsung puncak peringatan HUT RI ke 77," jelas Eko kepada sukabumiupdate.com, Sabtu 20 Agustus 2022 melalui pesan singkat.

Baginya ini suatu kehormatan karena tidak semua orang diundang untuk menyaksikan langsung prosesi kenegaraan di Istana Merdeka. Di sana kami menyaksikan langsung acara tersebut, termasuk sesi-seri pendukung upacara, seperti tarian tradisional Indonesia dan bisa melihat langsung kondisi lingkungan istana negara," sambung bapak 2 anak yang sehari-hari menjadi petani bunga potong dari perkebunan agro di Cianjur Jawa Barat.

Eko diundang sebagai wakil dari relawan Jokowi di Sukabumi. Alumni Fakultas Pertanian Agronomi Universitas Bung Karno, Jakarta ini adalah Ketua DPC POSRAYA INDONESIA cabang Sukabumi Raya.  Ini adalah kali ketiga Eko hadir di Istana Merdeka pada puncak peringatan HUT RI setiap 17 Agustus, sebagai tamu undangan Presiden Joko Widodo.

photoRetno Eko bersama istri (Yuyum Yumanah) saat hadiri upacara HUT RI ke 77 di Istana Merdeka Jakarta - (dok pribadi)</span

Setidaknya sudah 6 kali Eko diundang untuk prosesi kenegaraan ini, dimana tiga diantaranya hadir langsung ke Istana Negara dan dua lainnya via zoom. "Yang via zoom itu tahun 2020 dan 2021 yaitu HUT RI ke 75 dan 76, karena situasi pandemi covid-19. Kalau HUT RI ke 72, 74, 77 ini undangan untuk hadir langsung ke istana merdeka. Tahun ini (2022) saya bersama istri hadir sore, menyaksikan langsung upacara penurunan bendera dan atraksi budaya Indonesia yang luar biasa," lanjut Eko.

Eko dan istri, datang ke istana merdeka menggunakan transportasi publik. Mereka naik kereta dari Bogor untuk kemudian lanjut menggunakan kendaraan umum lainnya ke Istana Merdeka. 

Baca Juga :

Wakili Sukabumi di Tim Paduan Suara GBN, Mahasiswi Nusa Putra Ini Tampil di Istana

"Belajar dari pengalaman HUT Ri yang ke 72. Susah parkir kalau naik kendaraan pribadi. Jadi dari sukabumi kami naik kendaraan pribadi diparkirkan di Bogor," beber Eko.

Ia juga bercerita ada sejumlah souvenir dari panitia upacara untuk para tamu undangan yang menjadi benda bersejarah bagi keluarganya. "Hanya souvenir, untuk biaya transportasi kita sendiri. Sudah diundang langsung sama pak Jokowi adalah suatu kehormatan bagi saya dan keluarga," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Bola25 April 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, Klik Disini!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Life25 April 2024, 20:59 WIB

Dapat Tekanan dari Orang Tua Lain, Berikut 4 Penyebab Penerapan Pola Asuh Helikopter

Pola asuh helikopter berarti orang tua sepenuhnya menyetir anak mereka agar menjadi orang yang mereka inginkan karena beberapa penyebab.
Ilustrasi penyebab penerapan pola asuh helikopter. | Sumber Foto: Freepik/@freepik
DPRD Kab. Sukabumi25 April 2024, 20:29 WIB

DPRD Sukabumi Apresiasi Capaian Otonomi Daerah dan Harapan untuk Kemajuan Lebih Mandiri

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi, Usep Wawan, menyampaikan apresiasi atas capaian otonomi daerah yang mandiri
Usep Wawan, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Nasional25 April 2024, 20:03 WIB

Surya Paloh Deklarasikan NasDem Dukung Penuh Pemerintahan Prabowo-Gibran

Hal itu disampaikan Surya Paloh usai melakukan pertemuan dengan Prabowo Subianto, Kamis, 25 April 2024.
Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto saat menerima kedatangan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. (Sumber : IG Sufmi Dasco)
Sehat25 April 2024, 20:00 WIB

11 Kebiasaan Ini Bantu Jaga Gula Darah Anda Tetap Normal, Yuk Lakukan

Beberapa kebiasaan ini harus dimulai dari sekarang jiga ingin menjaga gula darah tetap normal.
Ilustrasi - Beberapa kebiasaan ini harus dimulai dari sekarang jiga ingin menjaga gula darah tetap normal.  (Sumber : Freepik/Lifestylememory)
Life25 April 2024, 19:46 WIB

Hindari 8 Aktivitas Berikut Agar Hubungan Orang Tua Dengan Anak Lebih Erat Harmonis

Ikuti tips berikut untuk memiliki hubungan yang lebih sehat dengan anak-anak Anda dalam jangka panjang.
Ilustrasi hubungan orang tua dengan anak | Foto : Sumber : Freepik/@tim kita
Sukabumi25 April 2024, 19:36 WIB

Peringati Hari Bumi, Pemuda Pabuaran Sukabumi Tebar 15.000 Bibit Ikan di Sungai Cikaso

Dalam rangka memperingati Hari Bumi, sejumlah pemuda di Pabuaran Sukabumi tebar ribuan bibit ikan di Sungai Cikaso.
Sejumlah pemuda di Pabuaran Sukabumi tebar ribuan bibit ikan di Sungai Cikaso. (Sumber : Istimewa)
Life25 April 2024, 19:32 WIB

Dapat Menurunkan Rasa Percaya Diri, Ini 5 Dampak Pola Asuh Helikopter Pada Anak

Pola asuh helikopter dapat berdampak negatif pada anak, karena penerapan pola asuh ini melibatkan orang tua sepenuhnya terhadap kegiatan anak.
Ilustrasi dampak pola asuh helikopter | Foto : Freepik/@jcomp
Sukabumi Memilih25 April 2024, 19:04 WIB

Fikri Abdul Aziz Daftar ke PAN: Siap Dampingi Asjap di Pilkada Sukabumi

Daftar ke PAN, Fikri Abdul Aziz memiliki keinginan untuk mendampingi Asep Japar (Asjap) di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024.
Fikri Abdul Aziz mendaftarkan diri ke Desk Pilkada DPD PAN Kabupaten Sukabumi, Kamis (25/04/2024). (Sumber : Istimewa)
Life25 April 2024, 19:00 WIB

10 Cara Menghilangkan Rasa Sedih Agar Hidup Bahagia Kembali

Mengelola perasaan sedih dan mencapai kebahagiaan bisa menjadi perjalanan yang panjang.
Ilustrasi. Cara Menghilangkan Rasa Sedih Agar Hidup Bahagia Kembali (Sumber : pixabay.com/@Pexels)