Cegah Polarisasi Masyarakat Jelang Tahun Politik 2024, Ini 6 Ciri Intoleransi!

Senin 11 September 2023, 16:00 WIB
Ilustrasi. Rasis | Cegah Polarisasi Masyarakat Jelang Tahun Politik 2024, Ini 6 Ciri Intoleransi! (Sumber : pixabay.com/@MarkusWinkler)

Ilustrasi. Rasis | Cegah Polarisasi Masyarakat Jelang Tahun Politik 2024, Ini 6 Ciri Intoleransi! (Sumber : pixabay.com/@MarkusWinkler)

SUKABUMIUPDATE.com - Indonesia, kini hanya tinggal menghitung bulan menuju Tahun Politik Pemilu 2024. Demokrasi dan polarisasi masyarakat menjadi salah satu fokus terkait dengan potensi isu intoleransi jelang Pemilu 2024.

Proses demokrasi di masyarakat perlu pengelolaan yang baik agar Tahun Politik 2024 mendatang tidak menjadi boomerang bagi Indonesia. Hal itu disampaikan oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel, yang dikutip dari PMJ News.

Pengelolaan tersebut, menurut Rycko, bertujuan agar tidak menyebabkan friksi, khususnya dalam menghadapi Intoleransi.

“Faktor Intoleransi adalah bibit utama dari radikalisme, kalau tidak dikelola dengan baik akan ada friksi-friksi di masyarakat,” ujar Rycko dikutip dari laman BNPT via PMJ News, Senin (11/9/2023).

Baca Juga: 10 Penyebab Anak Sulit Diatur, Masalah Mental hingga Keluarga

Hal tersebut disampaikan Rycko dengan mengacu pada hasil survei Litbang Kompas 2023 yang menempatkan intoleransi di posisi pertama sebagai faktor penyebab polarisasi masyarakat jelang Pemilu 2024.

Faktor-faktor yang harus diwaspadai dalam intoleransi ini misalnya hoaks, politik pemecah belah dan lain sebagainya yang merebak di tengah masyarakat.

Rycko menambahkan perlunya mekanisme bersama dari pemerintah, tokoh agama, masyarakat, serta akademisi dan media turut serta membangun kesadaran dan membangun ketahanan nasional.

Baca Juga: 15 Cara Mengetahui Apakah Seseorang Terkena Gangguan Kesehatan Mental

Selain itu, iklim demokrasi yang sehat juga perlu diciptakan oleh seluruh Warga Negara Indonesia.

“Harus dibuat mekanisme secara kebersamaan, dengan tokoh agama, masyarakat, melibatkan semua pihak, jangan kita jadikan demokrasi untuk melakukan kebebasan yang kebablasan,” tandasnya.

Pengertian Intoleransi

Intoleransi adalah sikap atau perilaku ketika seseorang atau kelompok tertentu menolak, tidak menerima, tidak menghargai perbedaan, pandangan, atau keyakinan orang lain yang berbeda dengan mereka. Hal ini dapat mencakup intoleransi terhadap perbedaan agama, budaya, ras, gender, orientasi seksual, hingga pandangan politik.

Ada beberapa ciri intoleransi yang bisa diidentifikasi, merangkum dari berbagai sumber, berikut informasinya:

Ciri-Ciri Intoleransi

1. Tidak Menerima Perbedaan

Orang atau kelompok yang intoleran sering tidak menerima perbedaan dalam pandangan, keyakinan, atau nilai-nilai yang dipercaya orang lain.

2. Diskriminasi

Intoleransi dapat mengarah pada diskriminasi, yang mana seseorang atau kelompok diberikan perlakuan tidak adil. Kelompok ini cenderung dibatasi hak-haknya berdasarkan perbedaan tertentu.

3. Prejudis dan Stereotip

Orang yang intoleran cenderung memiliki stereotip negatif atau prasangka terhadap orang atau kelompok tertentu.

4. Kebencian dan Kekerasan

Intoleransi dapat bermuara pada kebencian, kekerasan, atau tindakan diskriminatif yang ekstrem terhadap orang atau kelompok yang dianggap berbeda.

5. Menutup Dialog

Orang yang intoleran sering tidak mau berdialog atau berkomunikasi dengan orang atau kelompok yang memiliki pandangan atau keyakinan yang berbeda.

6. Menyebarkan Pesan Kebencian

Orang yang intoleran dapat menyebarkan pesan-pesan kebencian, diskriminatif, atau merendahkan kelompok tertentu. Tujuan ujaran kebencian ini dapat meracuni opini publik.

Baca Juga: 8 Dampak Masalah Mental Terhadap Perilaku Anak, Ayah Bunda Wajib Tahu!

Intoleransi dapat berdampak negatif pada hubungan sosial, lingkungan kerja, dan masyarakat secara keseluruhan. Hal ini juga dapat memicu konflik, ketegangan, dan ketidakstabilan dalam masyarakat.

Oleh karena itu, menjelang tahun politik Pemilu 2024 mendatang penting untuk mempromosikan toleransi, penghargaan terhadap perbedaan, dan dialog antarbudaya sebagai cara untuk membangun masyarakat yang lebih inklusif dan harmonis.

Pendidikan, kesadaran, dan upaya bersama dalam mengatasi intoleransi sangat diperlukan untuk menciptakan dunia yang lebih baik.

Sumber: PMJ News

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Entertainment18 Juli 2024, 12:30 WIB

Rumah Mewah Drake Terkena Banjir Akibat Hujan Badai di Toronto

Rumah mewah rapper asal Kanada, Drake terendam banjir usai daerah Toronto mengalami hujan badai dahsyat yang terjadi pada Selasa, 16 Juli 2024, waktu setempat.
Rumah Mewah Drake Terkena Banjir Akibat Hujan Badai di Toronto (Sumber : Instagram/@champagnepapi)
Bola18 Juli 2024, 12:00 WIB

Persib vs PSM: Suporter Tim Tamu Tetap Dilarang Hadir di Piala Presiden 2024

Suporter tim tamu tetap dilarang hadir menyaksikan tim kesayangannya langsung ke stadion di Piala Presiden 2024.
Suporter tim tamu tetap dilarang hadir menyaksikan tim kesayangannya langsung ke stadion di Piala Presiden 2024. (Sumber : PERSIB.co.id/Sutanto Nurhadi Permana).
Sukabumi18 Juli 2024, 11:51 WIB

Daftar Dinas Terbaik, Pemkot Sukabumi Buka Data Kinerja SKPD Triwulan II 2024

Asep menyatakan bahwa data kinerja semakin membaik.
Balai Kota Sukabumi. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Musik18 Juli 2024, 11:30 WIB

Antusias Penggemar Tinggi, Konser Sheila on 7 Tambah Tiket dan Pindah Venue

Promotor konser grup band Sheila on 7, Antara Suara dan GoldLive mengumumkan adanya perubahan venue yang lebih besar untuk tur ‘Tunggu Aku Di’ di beberapa kota di Indonesia, serta ada penambahan tiket.
Antusias Penggemar Tinggi, Konser Sheila on 7 Tambah Tiket dan Pindah Venue (Sumber : Instagram/@sheilaon7)
Sukabumi18 Juli 2024, 11:11 WIB

Tekan Risiko Bencana, BPBD Kota Sukabumi Pangkas Pohon di Citamiang

Petugas BPBD menggunakan sejumlah alat khusus untuk memangkas batang pohon.
Petugas BPBD memangkas pohon di lingkungan asrama Koramil 0607-02 Kota Sukabumi Selatan, Jalan RH Didi Sukardi, Kelurahan Gedongpanjang, Kecamatan Citamiang. | Foto: Istimewa
Life18 Juli 2024, 11:00 WIB

Orang Stres Akibat Harga Diri Rendah, Cek Penyebab & Cara Mengatasinya

Merasa rendah diri dan mengalami stres adalah tantangan yang berat, tetapi dengan pendekatan yang tepat, seseorang dapat mengembangkan rasa percaya diri dan meningkatkan kesejahteraan emosional mereka.
Ilustrasi. Orang Stres Karena Rendah Diri (Sumber : Freepik/@cookie_studio)
Keuangan18 Juli 2024, 10:40 WIB

Total Rp 9,1 Miliar, RS Bunut Sukabumi Mulai Kembalikan Uang Hasil Temuan BPK

Pembayaran ganda Rp 7,9 miliar ini terjadi pada 581 karyawan ASN sepanjang 2023.
Plt Direktur UOBK RSUD R Syamsudin SH Kota Sukabumi atau RS Bunut Yanyan Rusyandi. | Foto: SU/Asep Awaludin
Aplikasi18 Juli 2024, 10:14 WIB

Layanan Iklan Digital Terbaik di Jombang? Cek lantarandigital.co.id!

Di era digital seperti sekarang, hampir semua orang mengandalkan internet untuk mencari informasi, produk, atau layanan.
Ilustrasi. | Foto: Pixabay
Sukabumi18 Juli 2024, 10:01 WIB

Warga Curugkembar Sukabumi Tewas Tersetrum, Pegang Pohon Bambu yang Menempel Kabel

Ketika membersihkan rerumputan dan ilalang, korban melihat ada pohon bambu.
Pohon bambu yang dipegang korban sebelum meninggal tersetrum di Kampung Cieundeur RT 03/01 Desa Mekartanjung, Kecamatan Curugkembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life18 Juli 2024, 10:00 WIB

8 Ciri Inner Child Terluka, Tidak Terlihat Tapi Dampaknya Sungguh Nyata

Inner child adalah bagian dari diri kita yang terhubung dengan masa kanak-kanak. Di dalamnya terdapat emosi, kenangan, dan pengalaman yang tersimpan sejak kecil.
Ilustrasi - Inner child adalah bagian dari diri kita yang terhubung dengan masa kanak-kanak. Di dalamnya terdapat emosi, kenangan, dan pengalaman yang tersimpan sejak kecil. (Sumber : Freepik.com)