Pemilu 2024 Didominasi Pemilih Muda, Perlu Antisipasi Hoaks Politik Identitas

Sabtu 18 Februari 2023, 17:22 WIB
Pemilih muda pada pemilu 2024 mencapai 60 presen, hoak politik identitas harus diantisipasi | Foto : Istimewa

Pemilih muda pada pemilu 2024 mencapai 60 presen, hoak politik identitas harus diantisipasi | Foto : Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Komposisi pemilih dalam Pemilu 2024 didominasi oleh kelompok pemilih muda. Jumlah kelompok ini disebut mencapai 60 persen dari total pemilik suara sah.

Hal tersrebut disampaikan anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI August Mellaz saat menjadi narasumber acara KPU “Sumbang Suara Kaum Muda dalam Peran Menciptakan Pemilu 2024 Damai yang Bermartabat dan Deklarasi “Zillenial Dukung Pemilu Damai, Indonesia Bangkit Berdaya”, Jumat, 17 Februari 2023.

"Berdasarkan data DP4 (Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu) dari pemerintah proporsi pemilih 2024 yang jatuh pada 14 februari 2024 nanti yang mencapai usia 17-39 tahun itu berkisar antara 55 sampai 60 persen," ungkap August seperti dilansir tempo.co Sabtu, (18/02/2023).

August menyampaikan data pemilih dalam Pemilihan Umum (Pemilu) di atas secara teoretis berasal dari Gen Z dan Milenial. Melihat komposisi pemilih yang ada saat ini, kata August, KPU sebagai penyelenggara pemilu harus menangkap momentum ini dengan baik.

Pasalnya, kelompok pemilih yang tumbuh dan hidup di Indonesia ini secara genetika berbeda. Bahkan, juga kata August, partai politik juga perlu melihat paradigma pemilih ini.

"Mereka ramah dengan pemanfaatan teknologi informasi, mereka termasuk individu-individu bukan hanya ramah, tapi sumber informasi yang bisa didapatkan dengan cepat," ucapnya.

August menilai KPU tak terlalu khawatir para anak muda tersebut akan terjangkit politik identitas. Pasalnya, menurut dia anak muda memiliki mekanisme sendiri untuk menangkal hal itu.

"Karena pada dasarnya justru anak muda yang ada di Indonesia itu sudah dalam kehidupannya bersosial, berkomunitas, itu biasanya memang berinteraksi dengan punya preferensi yang berbeda-beda," katanya

Yang membuat August khawatir adalah penyebaran hoaks politik identitas melalui media sosial dan pemanfaatan teknologi lainnya.

"Kita punya kekhawatiran mungkin harus antisipasi politik identitas efek dari pemanfaatan teknologi, hoaks segala macem ya. Itu satu hal kita harus antisipasi," ucapnya.

Para pemilih dianjurkan memiliki cara memilah dan memfilter informasi. Dia menilai, para pemilih muda harus memiliki cara untuk memilah dan memfilter informasi yang beredar.

Menurut August, lembaga survei yang kredibel menyebutkan anak muda punya cara sendiri untuk memilih informasi, setidaknya ada tiga untuk memilah dan memilih kata August.

"Pertama apakah informasi itu sah atau tidak kalau diproduksi oleh lembaga yang otoritatif misalnya KPU, resmi," kata dia.

Tak hanya itu, para anak muda juga dinilai akan mengonfirmasi dengan selektif media apa yang menyebarkan informasi itu.

"Apakah informasi tersebut dikonsumsi oleh media mainstream. Tetap mereka punya komunitas-komunitas kecil misalnya di sekolah atau melalui medsos mereka itu layak nggak dikonsumsi," ucapnya

Yang terakhir, kata August Mellaz, filtrasi informasi itu bisa dilakukan dari lapisan terkecil yakni keluarga, orang tua dengan berdiskusi saat makan malam bersama.

"Itu yang selain apakah informasi itu sah karena dari lembaga resmi, dan menjadi tren karena dikonsumsi media resmi," kata dia

sumber : suara.co

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Entertainment18 Juli 2024, 12:30 WIB

Rumah Mewah Drake Terkena Banjir Akibat Hujan Badai di Toronto

Rumah mewah rapper asal Kanada, Drake terendam banjir usai daerah Toronto mengalami hujan badai dahsyat yang terjadi pada Selasa, 16 Juli 2024, waktu setempat.
Rumah Mewah Drake Terkena Banjir Akibat Hujan Badai di Toronto (Sumber : Instagram/@champagnepapi)
Bola18 Juli 2024, 12:00 WIB

Persib vs PSM: Suporter Tim Tamu Tetap Dilarang Hadir di Piala Presiden 2024

Suporter tim tamu tetap dilarang hadir menyaksikan tim kesayangannya langsung ke stadion di Piala Presiden 2024.
Suporter tim tamu tetap dilarang hadir menyaksikan tim kesayangannya langsung ke stadion di Piala Presiden 2024. (Sumber : PERSIB.co.id/Sutanto Nurhadi Permana).
Sukabumi18 Juli 2024, 11:51 WIB

Daftar Dinas Terbaik, Pemkot Sukabumi Buka Data Kinerja SKPD Triwulan II 2024

Asep menyatakan bahwa data kinerja semakin membaik.
Balai Kota Sukabumi. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Musik18 Juli 2024, 11:30 WIB

Antusias Penggemar Tinggi, Konser Sheila on 7 Tambah Tiket dan Pindah Venue

Promotor konser grup band Sheila on 7, Antara Suara dan GoldLive mengumumkan adanya perubahan venue yang lebih besar untuk tur ‘Tunggu Aku Di’ di beberapa kota di Indonesia, serta ada penambahan tiket.
Antusias Penggemar Tinggi, Konser Sheila on 7 Tambah Tiket dan Pindah Venue (Sumber : Instagram/@sheilaon7)
Sukabumi18 Juli 2024, 11:11 WIB

Tekan Risiko Bencana, BPBD Kota Sukabumi Pangkas Pohon di Citamiang

Petugas BPBD menggunakan sejumlah alat khusus untuk memangkas batang pohon.
Petugas BPBD memangkas pohon di lingkungan asrama Koramil 0607-02 Kota Sukabumi Selatan, Jalan RH Didi Sukardi, Kelurahan Gedongpanjang, Kecamatan Citamiang. | Foto: Istimewa
Life18 Juli 2024, 11:00 WIB

Orang Stres Akibat Harga Diri Rendah, Cek Penyebab & Cara Mengatasinya

Merasa rendah diri dan mengalami stres adalah tantangan yang berat, tetapi dengan pendekatan yang tepat, seseorang dapat mengembangkan rasa percaya diri dan meningkatkan kesejahteraan emosional mereka.
Ilustrasi. Orang Stres Karena Rendah Diri (Sumber : Freepik/@cookie_studio)
Keuangan18 Juli 2024, 10:40 WIB

Total Rp 9,1 Miliar, RS Bunut Sukabumi Mulai Kembalikan Uang Hasil Temuan BPK

Pembayaran ganda Rp 7,9 miliar ini terjadi pada 581 karyawan ASN sepanjang 2023.
Plt Direktur UOBK RSUD R Syamsudin SH Kota Sukabumi atau RS Bunut Yanyan Rusyandi. | Foto: SU/Asep Awaludin
Aplikasi18 Juli 2024, 10:14 WIB

Layanan Iklan Digital Terbaik di Jombang? Cek lantarandigital.co.id!

Di era digital seperti sekarang, hampir semua orang mengandalkan internet untuk mencari informasi, produk, atau layanan.
Ilustrasi. | Foto: Pixabay
Sukabumi18 Juli 2024, 10:01 WIB

Warga Curugkembar Sukabumi Tewas Tersetrum, Pegang Pohon Bambu yang Menempel Kabel

Ketika membersihkan rerumputan dan ilalang, korban melihat ada pohon bambu.
Pohon bambu yang dipegang korban sebelum meninggal tersetrum di Kampung Cieundeur RT 03/01 Desa Mekartanjung, Kecamatan Curugkembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life18 Juli 2024, 10:00 WIB

8 Ciri Inner Child Terluka, Tidak Terlihat Tapi Dampaknya Sungguh Nyata

Inner child adalah bagian dari diri kita yang terhubung dengan masa kanak-kanak. Di dalamnya terdapat emosi, kenangan, dan pengalaman yang tersimpan sejak kecil.
Ilustrasi - Inner child adalah bagian dari diri kita yang terhubung dengan masa kanak-kanak. Di dalamnya terdapat emosi, kenangan, dan pengalaman yang tersimpan sejak kecil. (Sumber : Freepik.com)