Keju Kambing dan 6 Jenis Keju Lain yang Sehat Dikonsumsi

Minggu 01 September 2019, 04:29 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Keju salah satu bahan makanan yang digunakan sebagai penambah cita rasa. Meskipun keju mengandung lemak jenuh dan natrium yang lebih tinggi daripada camilan atau bumbu lainnya, keju enak dan mengenyangkan.

Selain itu keju memberikan banyak nutrisi yang Anda butuhkan untuk merasa kenyang lebih lama, serta memberikan mineral penting yang Anda butuhkan untuk kesehatan secara keseluruhan. Anda tidak perlu banyak mengkonsumsi keju, sekitar 1/4 cangkir atau 1 ons irisan mengandung 80-110 kalori tergantung pada jenis dan kadar lemak. Melansir laman Good Housekeeping, ada beberapa keju sehat yang bisa ditambahkan ke dalam makanan atau kudapan.

Jenis-jenis keju yang sehat untuk dikonsumsi

1. Keju mozzarella

Keju yang lebih lunak ini membutuhkan lebih sedikit garam daripada keju yang lebih keras, yang membuatnya lebih rendah natrium. Kebanyakan kurang dari 10 persen dari asupan natrium harian yang direkomendasikan.

Dengan 200mg kalsium per sajian, ini juga merupakan keju yang mengandung nutrisi yang berfungsi sebagai sumber mineral pembentuk tulang yang hebat dan menyediakan hingga delapan gram protein per 1 ons sajian. Tambahkan sedikit mozzarella dalam salad, sebagai topping pada sup, sandwich, atau omelet, atau tambahkan dengan tomat dan kemangi segar dengan sedikit minyak zaitun untuk salad caprese yang lezat.

2. Keju Swiss

Sebagai keju semi-keras yang terbuat dari susu sapi, keju Swiss adalah pilihan yang baik untuk seseorang yang mencari keju yang rendah lemak dan natrium. Ingatlah bahwa merek akan bervariasi, jadi jika Anda memilih keju ini karena kandungan natriumnya lebih rendah, lihat yang mengandung 140 mg natrium atau kurang per sajian.

Kandungan vitamin B12 di dalamnya juga lebih tinggi daripada kebanyakan keju lainnya, yang sangat penting untuk fungsi sel, otot, dan saraf secara keseluruhan, dan Anda masih akan mendapatkan sekitar 20 persen dari nilai harian Anda untuk kalsium. Setiap irisan berkisar sekitar 100 kalori, jadi ini adalah pilihan makan siang yang sempurna.

3. Keju parmesan

Dikemas dengan nutrisi, terutama kalsium dan fosfor, keduanya penting untuk kesehatan tulang. Selain itu, keju yang lebih keras seperti parmesan cenderung lebih rendah lemak dan lebih tinggi protein (sekitar 9 gram per sajian), dan sementara mereka juga mungkin lebih tinggi dalam natrium, keindahan keju seperti parm adalah bahwa hanya sedikit berjalan jauh.

Ilustrasi keju mozarella. Mastercook.com

4. Keju Bleu

Walaupun keju bleu cenderung mengandung natrium lebih tinggi, keju ini memberikan lebih banyak kalsium, yang merupakan nutrisi penting untuk kesehatan tulang yang optimal. Mirip seperti parmesan Anda hanya perlu beberapa crumbles untuk menambahkan rasa pada salad, sup, atau makanan pembuka buatan sendiri.

5. Keju cottage

Protein lebih tinggi daripada keju lain dan rendah kalori, keju cottage merupakan pilihan tepat untuk ditambahkan dalam makanan dan camilan. Keju cottage juga mengandung selenium, yang merupakan antioksidan kunci yang membantu mengurangi risiko peradangan kronis

6. Keju ricotta

Keju Italia terbuat dari sapi, kambing, domba, atau susu kerbau, keju ricotta kebanyakan mengandung protein whey, yang mengandung semua asam amino esensial. Protein whey telah sering dicatat untuk mempromosikan pertumbuhan otot dan dapat membantu dalam manajemen berat badan serta kesehatan jantung.

7. Keju kambing

Keju kambing mungkin lebih mudah bagi sebagian orang untuk dicerna daripada keju yang terbuat dari susu sapi. Ini secara alami lebih rendah laktosa dan mengandung A2 kasein.  Sangat bagus bila ditambahkan ke salad atau taburan roti panggang.

Sumber: TEMPO.CO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi28 Maret 2024, 21:11 WIB

Tingkatkan Pelayanan, Perumdam TJM Sukabumi Pasang Jaringan Pipa Baru di Cikembar

Perumdam TJM Sukabumi cabang Cikembar melakukan pemasangan koneksi jaringan baru pada Kamis (28/3/2024) pagi.
Perumdam TJM Sukabumi melakukan uji coba sambungan pipa distribusi baru di Cikembar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:01 WIB

CSR PT Dwiharta Logistindo, Ini Daftar Lomba Agama di Cisande Cicantayan Sukabumi

Gebyar Ramadhan merupakan salah satu bentuk penyaluran CSR perusahaannya yang berkantor pusat di Jakarta
Pembukaan gebyar Ramadhan di Masjid Jami Al-Ikhlas RT 15/05 Kampung Cikukulu, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (28/3/2024). | Foto: Istimewa
Sehat28 Maret 2024, 21:00 WIB

Banyak Ditemui Pas Buka Puasa, 9 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan (Sumber : Freepik/freepik)
Inspirasi28 Maret 2024, 20:42 WIB

5 Skill yang Wajib Dipelajari dalam Dunia Kerja agar Disayang Atasan

Penting untuk memiliki keterampilan yang tidak hanya relevan dengan bidang pekerjaan yang diinginkan, tetapi juga mencakup kemampuan interpersonal, manajemen waktu, dan adaptabilitas.
Ilustrasi dunia kerja. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi28 Maret 2024, 20:02 WIB

Disdik Sukabumi Ungkap Alasan Rekrut Kepala Sekolah SD dari Guru SMP dan TK

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Khusyairin menjelaskan proses rekrutmen sebagian calon kepala sekolah yang tidak hanya berasal dari guru SD saja, namun juga dari Guru SMP dan guru TK.
Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sy
Sehat28 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Makanan Yang Membantu Mengatasi Asam Lambung, Yuk Cobain

Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung.
Ilustrasi Yoghurt - Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung. | Foto: Pixabay/Pexels
Bola28 Maret 2024, 19:45 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A

Berikut link live streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC di pekan ke-30 Liga 1
Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A (Sumber : Instagram/persib, bhayangkarafc)
Life28 Maret 2024, 19:23 WIB

6 Cara Sederhana untuk Menjadi Orang Bijaksana dalam Hidup, Ini Kuncinya

Menjadi orang yang bijaksana sangat penting untuk membantu diri lebih arif dan tidak mudah tergesa-gesa serta mengerti tentang hakikat kehidupan.
Ilustrasi orang bijaksana. (Sumber foto : Pexels/Daryl Johnson)
KATA WARGANET28 Maret 2024, 19:13 WIB

Yusril, Sang Maha Guru untuk Jabatan

Pernyataan Mahfud MD yang beredar di sosmed bahwa Yusril Ihza Mahendra adalah Mahaguru Hukum Tatanegara, kini viral
Syaefufin Simon, Penulis | Foto : dok.pribadi
Life28 Maret 2024, 19:00 WIB

10 Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin

Catin Yuk Simak, Ini Sederet Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin!
Ilustrasi. Cincin Pernikahan | 10 Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin (Sumber : pixabay.com/@JeffBalbalosa)