Buah Zaitun, Khasiatnya Segudang! Rahasia Bugar Raja Salman?

Sabtu 04 Maret 2017, 01:49 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Menilik sorot mata Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud yang tajam dan tegas, di usianya yang 82, itu  sosoknya pun tampak masih kuat dan bugar. Apakah buah zaitun yang tumbuh subur di tanah Arab ini rahasianya? Ini mengingat, di hampir setiap hidangan dari tanah Arab, selalu ada unsur ini. Entah itu minyaknya, atau buahnya. 

Di Indonesia, umumnya lebih mengenal minyak zaitun daripada buah zaitun. Dokter Spesialis Gizi Klinik Inge Permadhi, mengatakan buah zaitun memang sangat jarang ditemukan di Indonesia. "Paling di hotel mewah masih ada yang menyajikan salad yang ada buah zaitunnya," kata Inge kepada Tempo, Jumat, (3/3).

Inge menjelaskan pohon zaitun banyak ditemukan di daerah mediteraniaa. Di sana pohon zaitun sangat banyak buahnya dan rimbun. Menurut Inge, buah zaitun kaya akan manfaat dan sebaiknya dikonsumsi setiap hari. "Buat kesehatan dan kecantikan," kata dia. 

Berikut Ini menjelaskan beberapa manfaat dari buah zaitun.

-Kecantikan
Zaitun hitam kaya akan asam lemak dan antioksidan yang melembabkan, menghidrasi, dan melindungi kulit dan rambut. Kandungan vitamin E dalam buah zaitun juga terbukti melindungi kulit dari radiasi ultraviolet, dan melindungi kulit dari kanker kulit dan penuaan prematur.

-Menurunkan berat badan
Lemak tak jenuh tunggal yang ada pada zaitun, yang menggantikan lemak jenuh, dapat memicu penurunan berat badan. 

-Mengurangi Rasa Sakit
Zaitun hijau ala Spanyol, zaitun ala Kalamata, dan berbagai ragam penyajian zaitun memberikan berbagai antioksidan dan nutrisi anti inflamasi yang dapat berfungsi sebagai ibuprofen alami. Minyak zaitun mengandung oleocanthal, cairan anti inflamasi. Minyak zaitun merupakan zat yang menghambat pertumbuhan cyclooxygenase (COX).

-Kesehatan pencernaan
Konsumsi rutin vitamin E dan lemak tak jenuh tunggal yang dimiliki oleh buah zaitun hitam sering dihubungkan dengan penurunan kanker usus. Kedua nutrisi tersebut membantu mencegah kanker usus dengan menetralisir radikal bebas. Fungsi proteksi minyak zaitun juga memiliki dampak yang positif pada maag dan radang perut. 

-Sumber zat besi
Buah zaitun, terutama yang berwarna hitam, kaya akan zat besi. Kemampuan sel darah merah untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh disebabkan oleh adanya zat besi pada darah. Zat besi juga berperan penting dalam produksi energi. 

-Kesehatan mata
Zaitun membantu mata dalam membedakan terang dan gelap, sehingga membantu penglihatan pada malam hari. Vitamin A juga dipercaya efektif dalam mengatasi katarak, degenerasi macula, glaucoma, dan penyakit mata lainnya.

-Pencegahan kanker
Kandungan antioksidan dan anti-inflamasi yang dimiliki oleh zaitun merupakan perlindungan alami dari

kanker karena stre s kronis oksidatif dan inflamasi kronis. Stres kronis oksidatif dan inflamasi kronis merupakan penyebab utama dari pertumbuhan kanker.

 

Sumber: Tempo

 

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Tags :
Berita Terkini
Nasional03 Mei 2024, 01:02 WIB

Jokowi Teken UU Desa Baru, Kades Dapat Uang Pensiun dan Bisa Menjabat Hingga 16 Tahun

Presiden Jokowi menandatangani pengesahan UU Desa baru, Kades dapat uang pensiun hingga jabat 2 periode.
Ilustrasi Kepala Desa atau Kades. | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat03 Mei 2024, 00:01 WIB

Bahas UHC, Sekda Kabupaten Sukabumi Hadiri Monev Implementasi JKN

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman hadiri acara monev Implementasi Inpres Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program JKN di Bandung.
Sekda Kabupaten Sukabumi didampingi perangkat daerah hadiri acara monev implementasi inpres terkait JKN di Bandung. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi02 Mei 2024, 22:39 WIB

Longsor di Parungkuda Sukabumi, Akses Jalan Desa Langensari Tertutup Dapuran Bambu

Akses jalan Desa Langensari Parungkuda Sukabumi tertutup longsor dapuran bambu.
P2BK bersama sejumlah relawan tengah melakukan penanganan longsor dapuran bambu yang menutup badan jalan di Kampung Sindangsari RT 1/2, Desa Langensari, Parungkuda Sukabumi, Kamis (2/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Opini02 Mei 2024, 22:12 WIB

Mengarahkan Kompas Pendidikan: Sebuah Renungan di Hari Pendidikan Nasional

Sistem pendidikan harus menyediakan ruang yang cukup untuk pembelajaran empati, kejujuran, dan keberanian moral.
Ilustrasi. Seputar Hardiknas 2024 | Foto: Pixabay/sasint
Keuangan02 Mei 2024, 21:56 WIB

Masih Dibuka, Pendaftar Tahara di BPR Cicurug Sukabumi Diprediksi Terus Meningkat

Pendaftaran calon nasabah Tabungan Hari Raya (Tahara) Perumda BPR Sukabumi cabang Cicurug masih dibuka hingga 8 Mei 2024.
Kepala Pemasaran BPR Sukabumi Cabang Cicurug, Jujun Junaedi. (Sumber : SU/Ibnu)
Opini02 Mei 2024, 21:33 WIB

Menjadi Pembaca Kritis: Memilah Informasi di Era Media Baru

Pembaca kritis tidak hanya menerima informasi mentah-mentah, tertapi mampu memahami konteks informasi, menganalisis isi dan sumbernya, serta mengevaluasi kebenarannya.
Ilustrasi memilah informasi di zaman hadirnya media baru. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi02 Mei 2024, 21:17 WIB

Pengantar ke Neraka! Bank Emok-Rentenir Dilarang Keras Masuk Kutamara Sukabumi

Spanduk tolak rentenir dan bank emok terbentang di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. Praktik riba disebut sudah rusak rumah tangga dan pengantar ke neraka.
Spanduk penolakan hadirnya praktik riba akibat rentenir hingga bank emok yang dipasang ormas Gempa di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Bola02 Mei 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Irak di Perebutan Tempat ke-3 Piala Asia U-23 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sehat02 Mei 2024, 20:30 WIB

Sulit Tidur dan Sangat Mengganggu! 4 Cara Mengobati Sakit Asam Urat di Malam Hari

Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari.
Ilustrasi - Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari. (Sumber : Freepik.com/DC Studio).
Life02 Mei 2024, 20:15 WIB

6 Minuman yang Bisa Menenangkan Pikiran saat Stres, Cemas dan Galau, Yuk Dicoba!

Sejumlah minuman bermanfaat untuk membantu menenangkan pikiran di saat sedang mengalami stres, cemas dan galau. Patut menjadi rekomendasi sebagai menu harian.
Ilustrasi minuman yang menenangkan pikiran. | Sumber foto : Pexels/Anna Tarazevich