Mengenal Totok Aura dan Jaripunktur

Jumat 17 Februari 2017, 09:07 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Berbagai cara dilakukan orang untuk menyembuhkan penyakit yang dideritanya, mulai dari pengobatan medis, alternatif, sampai tradisional. Salah satu pengobatan yang dilirik banyak orang adalah tradisional Cina.

Salah satu pengobat tradisional Cina yang cukup terkenal adalah M. Ferry Wong. Ilmu pengobatan seperti akupuntur, tuina, herbal, dan qi kung sudah dipelajarinya sejak muda. Guru pertamanya adalah kakeknya yang seorang pengobat tradisional atau shin se.

Mendiang ibunya juga memiliki kemampuan mengobati secara tradisional, sehingga kepandaian itu menurun kepada anaknya yang sempat menuntut ilmu di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Selain akupuntur, jenis pengobatan keahliannya di antara lain totok dan jaripunktur (pengobatan dengan menggunakan jari).

Kepada Tempo, Ferry mengatakan totok aura merupakan salah satu terapi yang mampu melancarkan aliran darah dan energi di wajah dan tubuh sehingga aura menjadi lebih bersinar. Ia juga mengingatkan setiap orang untuk selalu berpikir positif karena hal itu juga termasuk jenis terapi.

“Berpikir positif dan memandang sesuatu dengan sudut pandang yang lebih baik. Selalu bersyukur juga terapi, apapun, walau hanya mendapat sedikit tetap bersyukur,” ujarnya. Jangan lupa, Ferry melanjutkan, selalu berkumpul dengan orang-orang atau lingkungan yang auranya baik karena biasanya akan menular.

Pria berumur 41 tahun itu juga menyebut cahaya bulan purnama bisa berdampak baik buat tubuh. Jadi, bukan hanya sinar matahari yang bisa buat “mandi”. Dengan “mandi” sinar bulan kala purnama maka kita akan menyerap energi Yin atau dingin untuk mengimbangi Yang yang panas. Mandi air laut atau air asin juga disebutnya bisa membuang ion-ion negatif dari tubuh.

Pengobatan lain yang juga diberikan Ferry kepada mereka yang membutuhkan adalah jaripunktur. Ia pernah mencatata rekor MURI pada 2010 untuk pelatihan jaripunktur dengan murid terbanyak, yakni 1.000 orang. Lewat tekanan jari di titik-titik tertentu pada tubuh, sumber-sumber penyakit berusaha disembuhkan.

Salah satu contohnya adalah sakit kepala. Jari akan ditekankan pada ubun-ubun dan dua titik di antara leher dan rambut, yang terletak di bagian ujung leher sebelah kiri dan kanan. Selain ditekan atau dipijit, titik-titik tersebut juga bisa ditotok atau ditekan-tekan.

“Cara ini akan melancarkan aliran energi di kepala sehingga semua penyakit, seperti migrain, sakit kepala, dan kurang konsentrasi akan hilang,” kata lelaki asal Singkawang, Kalimantan Barat, itu.

Selama berpraktek , ia mengatakan telah menangani berbagai penyakit rumit, termasuk kanker dan stroke. Sulit atau mudahnya pengobatan tergantung riwayat penyakit tersebut. Semakin dini ditangani maka proses pengobatan semakin cepat.

 

Sumber:  TEMPO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Tags :
Berita Terkini
Sehat05 Mei 2024, 14:00 WIB

7 Pengobatan Rumahan untuk Mengatasi Sakit Lambung, Instan dan Efektif

Sakit lambung bisa diatasi dengan pengobatan rumahan untuk menenangkannya.
Ilustrasi - ASakit lambung bisa diatasi dengan pengobatan rumahan untuk menenangkannya. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Life05 Mei 2024, 13:30 WIB

Kenali Dampak Buruknya! 6 Bahaya Perselingkuhan Orang Tua kepada Anak

Perselingkuhan orang tua tentu akan berdampak buruk terhadap anak. Hal ini yang seharusnya dihindari oleh orang tua demi keutuhan keluarga
Ilustrasi - Perselingkuhan orang tua tentu akan berdampak buruk terhadap anak. Hal ini yang seharusnya dihindari oleh orang tua demi keutuhan keluarga. (Sumber : Pexels/Junery Docto).
Sukabumi05 Mei 2024, 13:19 WIB

Pelaku Duel Maut Pelajar SMP di Cikembar Sukabumi Ditangkap, Polisi Sebut Ada Peran Alumni

Tangkap pelaku duel maut yang tewaskan pelajar SMP di Cikembar Sukabumi, polisi sebut ada peran alumni dalam kejadian ini.
Ilustrasi borgol. Polisi tangkap pelaku duel maut yang tewaskan pelajar SMP di Cikembar Sukabumi. |Foto: Pixabay/jhusemannde.
Sehat05 Mei 2024, 13:00 WIB

Diet Kolesterol: 10 Makanan Dianjurkan Dikonsumsi dan Mana yang Harus Dihindari!

Beberapa makanan ini dianjurkan dimakan dan diantaranya harus dihindari bagi penderita kolesterol.
Ilustrasi gorengan - Beberapa makanan ini dianjurkan dimakan dan diantaranya harus dihindari bagi penderita kolesterol. | (Sumber : instagram/@inspirasianeka_gorengan)
Sukabumi05 Mei 2024, 12:39 WIB

Puluhan Tahun Rusak, Jembatan Gantung Cibodas di Cidadap Sukabumi Bikin Waswas Warga

Belum tersentuh pemerintah, Jembatan gantung Cibodas yang puluhan tahun menjadi akses penghubung dua kecamatan di Cidadap Sukabumi ini bikin waswas warga.
Kondisi jembatan gantung Cibodas penghubung dua kecamatan di Kabupaten Sukabumi yang rusak, Sabtu (4/5/2024). (Sumber : Istimewa/Bayong Hasan)
Sukabumi Memilih05 Mei 2024, 12:30 WIB

Ayep Zaki Gelar Aksi Sosial Bagi-Bagi Tempe dan Jalan Santai Bersama Warga Sukabumi

Kegiatan bagi-bagi tempe ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Bacalon Wali Kota Sukabumi Ayep Zaki terhadap ekonomi masyarakat lokal.
Bacalon Wali Kota Sukabumi Ayep Zaki menyapa langsung masyarakat dengan kegiatan bagi-bagi tempe dan jalan santai di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi, Minggu (5/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Bola05 Mei 2024, 12:00 WIB

Jadwal Lengkap Championship Series Liga 1 2023/2024, Persib Lawan Bali United!

Jadwal Championship Series telah dirilis dan Persib siap menghadapi Bali United.
Jadwal Championship Series telah dirilis dan Persib siap menghadapi Bali United. (Sumber : Freepik.com/@fwstudio/Ist).
Life05 Mei 2024, 11:45 WIB

6 Dampak Buruk Sering Bertengkar di Depan Anak, Orang Tua Wajib Tahu!

Sering bertengkar di depan anak rupanya tidak baik. Oleh sebabnya, setiap orang tua harus lebih hati-hati jika sedang berselisih, jangan ditampakkan di hadapan anak.
Ilustrasi. Bertengkar di depan anak. | Sumber foto : Pexels/Monstera Production
Sukabumi05 Mei 2024, 11:09 WIB

Duel Maut Satu Lawan Satu, Pelajar SMP di Cikembar Sukabumi Tewas Dibacok Celurit

Berikut kronologi kejadian duel maut satu lawan satu ala gladiator pelajar SMP di Cikembar Sukabumi. Satu orang tewas dibacok celurit.
Ilustrasi duel satu lawan satu. Pelajar SMP di Cikembar Sukabumi tewas dibacok celurit. (Sumber : Free)
Sehat05 Mei 2024, 11:00 WIB

8 Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan, Rempah Untuk Menurunkan Asam Urat

Yuk Ketahui Sederet Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan, Salah Satu Rempah Untuk Menurunkan Asam Urat hingga Mengatasi Nyeri Gigi.
Ilustrasi. Cengkeh mengandung sejumlah antioksidan yang dapat membantu melawan kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas dalam tubuh. Foto: Instagram/@spinus.official