7 Minuman Herbal Untuk Meredakan Radang Sendi Akibat Asam Urat, Dijamin Ampuh!

Senin 27 Mei 2024, 11:30 WIB
Ilustrasi minuman herbal  yang dapat mengobati asam urat dan redakan radang sendinya (Sumber : Freepik.com/@8photo)

Ilustrasi minuman herbal yang dapat mengobati asam urat dan redakan radang sendinya (Sumber : Freepik.com/@8photo)

SUKABUMIUPDATE.com - Ketika terserang asam urat, mengkonsumsi makanan dan suplemen bukanlah satu-satunya cara untuk meningkatkan kesehatan sendi. Ada beberapa cara, salah satunya meminum minuman herbal.

Radang sendi karena asam urat bisa menyerang orang-orang dari segala usia, namun lebih sering terjadi pada wanita dan orang dewasa yang lebih tua.

Meskipun radang atau nyeri sendi mungkin tidak tampak seperti masalah kesehatan yang serius, tapi penyakit ini dapat mengganggu mobilitas secara signifikan dan berdampak pada kualitas hidup seseorang.

Mengutip dari sebuah artikel pada laman healthshots.com yang diunggah tanggal 4 Maret 2024, ada 7 minuman herbal yang ampuh untuk meredakan radang sendi karena asam urat. Berikut diantaranya:

Baca Juga: 6 Kesalahan Orang Tua Saat Mendidik yang Membuat Anak Hidup Miskin di Masa Depan

1. Susu Kunyit Hangat

Kunyit mengandung kurkumin, senyawa anti inflamasi alami, yang dapat meringankan gejala radang sendi. Susu kunyit hangat telah ada sejak lama dan potensi manfaatnya termasuk mengurangi peradangan serta nyeri sendi.

Kurkumin mengandung sifat anti inflamasi sehingga dapat membantu meringankan gejala yang berhubungan dengan radang sendi akibat asam urat atau penyakit lainnya.

2. Teh Hijau

Teh hijau terkenal karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk sifat anti-inflamasinya. Selain itu kaya akan antioksidan yang disebut polifenol di dalam teh hijau dapat membantu mengurangi peradangan, meningkatkan kesehatan sendi dan otot rangka. Ditambah, ini adalah minuman menyegarkan dan menghidrasi yang dapat dinikmati sepanjang hari.

3. Jus Ceri

Ceri adalah buah yang terkenal dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidannya. Khususnya untuk Jus Ceri, telah mendapat perhatian karena potensi manfaatnya dalam mengurangi nyeri radang sendi.

Baca Juga: Begini Cara Buat Teh Jahe Untuk Obati Asam Urat, Simpel Banget!

4. Teh Jahe

Jahe telah lama dikenal karena sifat anti inflamasinya. Minum teh jahe bisa dapat menjadi pilihan yang menenangkan bagi penderita radang sendi. Karena bisa membantu mengurangi nyeri sendi dan peradangan.

5. Smoothie Ceri Asam

Ceri asam mirip dengan ceri manis ya itu mengandung senyawa anti inflamasi yang dapat membantu meringankan gejala radang sendi. Mereka juga mengandung antosianin, yang telah terbukti mengurangi peradangan dan meredakan nyeri sendi.

6. Kaldu Tulang

Kaldu tulang kaya akan kolagen, glukosamin, dan kondroitin, nutrisi yang mendukung kesehatan sendi serta mungkin bermanfaat bagi penderita radang sendi. Khususnya kolagen karena merupakan komponen kunci tulang rawan dan dapat membantu menjaga fungsi sendi.

Baca Juga: Memahami Bagaimana Kristal Asam Urat Terbentuk dan 3 Cara Mengobatinya

7. Teh Kembang Sepatu

Teh kembang sepatu adalah minuman herbal terbuat dari kelopak bunga kembang sepatu yang dikeringkan ini tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga dapat melawan gejala radang sendi.

Selain itu, teh kembang sepatu juga kaya akan antosianin dan antioksidan lainnya yang dapat berkontribusi mengurangi peradangan pada sendi.

Memasukkan minuman-minuman herbal ini ke dalam rutinitas harian dapat menjadi cara yang efektif untuk mengatasi nyeri sendi dan gejala radang sendi terutama akibat asam urat. Jadi cobalah membuatnya di rumah!

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat13 Juni 2024, 09:00 WIB

10 Rekomendasi Sarapan untuk Penderita Asam Lambung dan Cara Penyajiannya

Ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk sarapan bagi penderita asal lambung (GERD).
Ilustrasi Crepes - Ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk sarapan bagi penderita asal lambung (GERD). (Sumber : pexels.com/@ The Castlebar).
Sukabumi Memilih13 Juni 2024, 08:25 WIB

Beredar Foto Bareng Asjap untuk Pilkada Sukabumi, Anjak: Aspirasi Pendukung

Anjak mengungkapkan gambar itu bukan diunggah oleh akun Instagram pribadinya.
Ketua Bappilu PKS Kabupaten Sukabumi Anjak Priatama Sukma. | Foto: SU
Sehat13 Juni 2024, 08:00 WIB

8 Daging Jeroan Ini Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat, Jangan Dimakan?

Jeroan mengandung kadar purin yang sangat tinggi. Purin adalah senyawa yang, ketika dipecah oleh tubuh, menghasilkan asam urat.
Ilustrasi. Contoh Daging Jeroan yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat, Jangan Dimakan? (Sumber : Freepik/@Racool_studio)
Life13 Juni 2024, 07:00 WIB

Lebih Percaya Diri, Ini 13 Ciri Anak Memiliki Mental Kuat Secara Psikologis!

Mental yang kuat secara psikologis sangat penting untuk perkembangan anak ke depannya dan membantu mereka menghadapi berbagai tantangan hidup dengan lebih baik.
Ilustrasi Anak yang psikologisnya matang. (Sumber : Pexels.com/@RDNEstockproject)
Sukabumi13 Juni 2024, 06:26 WIB

Warga Tewas Tersambar Petir Di Ciemas Sukabumi, Alami Luka Di Wajah Seperti Terbakar

Pihak kepolisian mengatakan dari keterangan para saksi bahwa saat kejadian kondisi cuaca hujan gerimis disertai petir, diketahui korban sedang duduk diatas Bale - bale bambu sambil main Hp, diduga sedang teleponan
Kapolsek Ciemas saat mengunjungi ruma duka korban tewas tersambar petir di pantai Palangpang Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi13 Juni 2024, 06:02 WIB

2 Warga Tewas, Polisi Akan Selidiki Kasus Dugaan Keracunan Massal di Sagaranten Sukabumi

Kepolisian Resort Sukabumi akan melakukan penyelidikan terkait kasus keracunan massal yang menewaskan dua orang di Kampung Cimanggir, Desa Pasangrahan, Kecamatan Sagaranten.
Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo | Foto : Ilyas Supendi
Food & Travel13 Juni 2024, 06:00 WIB

8 Resep Menu Makan Ramah Gula Darah untuk Penderita Diabetes: Sarapan hingga Camilan

Menu-menu yang ramah untuk penderita diabetes ini dirancang untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil dan memberikan energi yang tahan lama sepanjang hari.
Ilustrasi. 8 Resep Menu Makan Ramah Gula Darah untuk Penderita Diabetes: Sarapan hingga Camilan (Sumber : Pexels/JennaHamra)
Science13 Juni 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 13 Juni 2024, Siang Hari Berpotensi Turun Hujan

Berikut prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dimana sebagian besar wilayah berpotensi hujan saat siang.
Ilustrasi.Berikut prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dimana sebagian besar wilayah berpotensi hujan saat siang.  | Foto: Pixabay/adege
Sukabumi13 Juni 2024, 01:54 WIB

Korban Cabul Pensiunan BUMN di Sukabumi Bertambah Jadi 3 Orang Anak

Polisi mengabarkan bahwa korban pencabulan pria pensiunan BUMN di Sukabumi bertambah jadi tiga orang anak.
(Foto Ilustrasi) Tiga anak jadi korban cabul pria pensiunan BUMN di Sukabumi. | Foto: Pixabay
Sukabumi12 Juni 2024, 23:45 WIB

Diduga Bunuh Diri, IRT di Nyalindung Sukabumi Ditemukan Tergantung di Pohon Melinjo

Seorang ibu rumah tangga inisial ST (35 tahun) warga Desa Wangunreja, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi ditemukan tewas tergantung di pohon Melinjo, Selasa (11/6/2024).
Proses evakuasi korban oleh petugas Kepolisian Polsek Nyalindung Mapolres Sukabumi pada Selasa (11/6/2024) | Foto Asep Awaludin