Demam dan Sakit Punggung Bawah? Hati-hati 5 Gejala Tak Biasa Asam Urat

Jumat 24 Mei 2024, 14:00 WIB
Ilustrasi - Gejala tak biasa asam urat ini harus diwaspadai oleh para penderitanya. (Sumber : Freepik.com).

Ilustrasi - Gejala tak biasa asam urat ini harus diwaspadai oleh para penderitanya. (Sumber : Freepik.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Sakit asam urat biasanya ditandai dengan nyeri sendi yang ekstrem, bengkak, rasa hangat, dan kemerahan pada kulit. Kondisi tersebut merupakan hail dari penumpukan kristal asam urat di persendian.

Asam urat juga biasanya menyerang di jempol kaki, tumit, pergelangan kaki, atau lutut. Namun, tidak semua kasus asam urat memiliki ciri-ciri yang sama. Sendi yang berbeda dapat terkena dampaknya dan tanda serta gejala yang kurang umum mungkin bisa saja muncul.

Nah berikut ini ada 5 tanda dan gejala asam urat yang tidak biasa namun mungkin terjadi, dihimpun dari laman arthritis-health.

Baca Juga: 5 Kunci Sukses Mencegah Asam Urat Agar Tidak Kembali Kambuh di Masa Depan

1. Demam

Peradangan yang dialami selama serangan asam urat bisa menjadi cukup parah hingga menyebabkan demam dan gejala mirip flu lainnya, seperti kelelahan dan perasaan tidak enak badan secara umum. Gejala-gejala ini kemungkinan besar terjadi ketika serangan asam urat menyerang dua sendi atau lebih.

Pasien dan dokter harus mengingat bahwa:

  • Peradangan pada satu atau lebih sendi, demam, dan gejala mirip flu lainnya dapat disebabkan oleh asam urat atau bentuk artritis lain, seperti artritis reumatoid atau artritis septik .
  • Ada kemungkinan menderita asam urat dan bentuk radang sendi lainnya.

Baca Juga: 7 Cara Ampuh untuk Penderita Asam Urat Agar Bisa Tidur Nyenyak di Malam Hari

Ketika nyeri sendi terjadi disertai demam dan gejala mirip flu, diagnosis mungkin menjadi sangat sulit. Seorang dokter akan melakukan evaluasi klinis dan wawancara pasien dan mungkin memerintahkan pengujian laboratorium dan pencitraan medis.

Bersama-sama, alat diagnostik ini dapat digunakan untuk menyingkirkan kondisi medis lainnya dan memberikan diagnosis yang akurat.

2. Sakit Punggung Bawah

Meskipun asam urat jarang menyerang punggung bagian bawah, para ahli menyarankan agar diagnosis asam urat dipertimbangkan jika nyeri pinggang disertai demam dan tidak merespons pengobatan lain.

Baca Juga: 5 Gaya Hidup Sehat untuk Menaklukan Asam Urat Agar Tidak Kembali Kambuh

Asam urat di punggung bawah dapat mempengaruhi tulang belakang lumbal dan/atau sendi sakroiliaka. Sendi sakroiliaka terletak di kedua sisi panggul antara sakrum dan ilium. Asam urat pada persendian ini dapat menyebabkan nyeri punggung bawah dan/atau nyeri pinggul.

Asam urat juga mungkin menyerang tulang belakang bagian tengah dan atas. Ketika asam urat menyerang bagian mana pun dari tulang belakang, hal itu dapat menyebabkan saraf terjepit dan kerusakan tulang belakang.

3. Batu Ginjal

Peradangan asam urat bisa terjadi ketika terlalu banyak asam urat dalam aliran darah. Biasanya, ginjal menyaring asam urat dari darah, dan asam urat yang disaring dikeluarkan dari tubuh. Jika ginjal tidak dapat melakukan tugasnya, atau jika tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat, kristal asam urat dapat menumpuk dan membentuk batu ginjal.

Baca Juga: 7 Perubahan Gaya Hidup untuk Mencegah Serangan Asam Urat di Masa Depan

Batu ginjal asam urat menyumbang 16,5% dari seluruh batu ginjal. Batu ginjal bisa sangat menyakitkan namun bisa diobati. Batu ginjal yang tidak diobati dapat menyebabkan kerusakan ginjal.

4. Nyeri Pergelangan Tangan

Orang yang mengalami nyeri pergelangan tangan akibat asam urat biasanya menderita asam urat poliartikular, artinya asam urat menyerang lebih dari satu sendi. Jarang terjadi nyeri asam urat yang hanya muncul di pergelangan tangan.

Diagnosis asam urat yang akurat mungkin sulit ditegakkan bila gejalanya terjadi pada sendi yang kurang rentan terhadap timbunan asam urat. Ketika gejala muncul di pergelangan tangan, penyedia layanan kesehatan mungkin menggunakan USG dan pendapat dokter untuk mendapatkan diagnosis yang akurat.

Baca Juga: 10 Cara Mengobati dan Mencegah Serangan Asam Urat Agar Tidak Kambuh Lagi

5. Benjolan di Bawah Kulit (Tophi)

Penderita asam urat kronis dapat mengalami benjolan di bawah kulit dekat sendi. Benjolan yang disebut tophi ini dapat dilihat dan dirasakan.

Tophi berkembang ketika kelebihan kristal asam urat berkumpul dan membentuk nodul kecil berkapur. Tophi biasanya muncul pada persendian, terutama pada jari kaki, buku jari, lutut, dan siku, namun dapat terjadi di bagian tubuh mana pun, termasuk saluran tulang belakang.

Tophi dapat berkembang jika asam urat tidak diobati atau tidak diobati selama bertahun-tahun. Kebanyakan tophi tidak menimbulkan rasa sakit dan mengganggu. Dalam banyak kasus, tophi dapat dilarutkan dan hilang sama sekali dengan bantuan obat untuk menurunkan kadar urat dalam darah.

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life15 Juni 2024, 12:30 WIB

10 Cara Ampuh yang Dapat Orang Tua Lakukan Untuk Memotivasi Anak Berbakat

Orang tua yang memiliki anak berbakat seringkali kewalahan dan merasa kecewa karena kurangnya prestasi.
Ilustrasi cara ampuh yang orang tua lakukan untuk memotivasi anak berbaka (Sumber : Pexels.com/@jonasmohamadi)
Sukabumi15 Juni 2024, 12:18 WIB

Minta Tolong Netizen! Keluarga Korban Celurit Geng Motor di Sukabumi Cari Pelaku

Keluarga Ardi Aulia Muhammad (21 tahun), pemuda yang jari tangannya nyaris putus disabet celurit geng motor di Nanggeleng Citamiang Kota Sukabumi, Jumat, 14 Juni 2024, butuh pertolongan netizen.
Ilustrasi citizen journalism. Keluarga berharap netizen yang melihat peristiwa itu speak up dan memberikan data tentang para pelaku kepada pihak kepolisian. (Sumber: editorandpublisher.com)
Life15 Juni 2024, 12:00 WIB

Ayah Bunda Harus Tahu, 4 Cara Mengasuh Anak Berbakat Agar Lebih Terarah

Anak berbakat seringkali membuat orang tuanya bingung bahkan merasa dirinya tidak berdaya. Namun jangan khawatir, berikut tips yang bisa diterapkan untuk mengasuh anak berbakat
Ilustrasi cara orang tua dalam mengasuh anak berbakat (Sumber : Pexels.com/@Yan Krukau)
Sukabumi15 Juni 2024, 11:35 WIB

Rekaman Perang Senjata Tajam di Sukabumi, Tengah Malam di Jalur Baru Sukaraja

Jumat dini hari (14/6/2024), dua kelompok anak muda terlibat perang senjata tajam di jalan raya Baru Sukaraja, Desa Pasirhalang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi.
Perang senjata tajam dua kelompok pemuda di jalan baru Sukaraja Kabupaten Sukabumi, Sabtu dini hari (15/6/2024) (Sumber: cctv)
Life15 Juni 2024, 11:30 WIB

20 Penyebab Nyeri Panggul Saat Kehamilan yang Perlu Diwaspadai Para Ibu

Mengalami nyeri panggul saat sedang hamil bisa jadi menakutkan. Berikut cara mengetahui apakah gejalanya normal atau memerlukan perhatian medis.
Ilustrasi ibu hamil mengalami nyeri panggul selama masa kehamilan (Sumber : Freepik.com)
Film15 Juni 2024, 11:00 WIB

Harta, Tahta, dan Raisa, Film Dokumenter yang Mengisahkan Perjalanan Karir Raisa

Film Harta, Tahta, Raisa, adalah film dokumenter yang mengisahkan perjalanan karir raisa sebagai seorang penyanyi di Indonesia dan penyanyi perempuan pertama yang bisa menggelar konser tunggal di GBK
Poster film Harta, Tahta, dan Raisa, Film Dokumenter yang Mengisahkan Perjalanan Karir Raisa (Sumber : instagram/@raisa6690)
Sukabumi15 Juni 2024, 10:55 WIB

Dinkes Kota Sukabumi Angkat Bicara Soal Bayi 3 Bulan Meninggal Dunia Usai Imunisasi

Dinas Kesehatan Kota Sukabumi memberikan tanggapan terkait kasus meninggalnya seorang bayi laki-laki berusia tiga bulan, Muhammad Kenzie Arifin, yang diduga akibat imunisasi yang diterimanya.
Ilustrasi Bayi meninggal usai imunisasi di Puskesmas Warudoyong Kota Sukabumi (Sumber : Freepik/sacyks)
Sehat15 Juni 2024, 10:30 WIB

Asam Urat Kambuh Di Malam Hari? Simak Ulasan Berikut Agar Tidur Lebih Nyenyak

Asam urat adalah kondisi kronis dan menyakitkan yang dapat menyebabkan gangguan tidur jika kambuhnya terjadi di malam hari
Ilustrasi asam urat kambuh di malam hari (Sumber : Freepik.com/@lookstudio)
Life15 Juni 2024, 10:00 WIB

Bukan Sekadar Modal Ganteng, 10 Tipe Pria yang Pantas Kamu Perjuangkan untuk Jadi Pasangan Hidup

Ada beberapa tipe pria yang pantas diperjuangkan untuk menjadi belahan jiwa
Ilustrasi - Ada beberapa tipe pria yang pantas diperjuangkan untuk menjadi belahan jiwa. (Sumber : Freepik.com/@marymarkevich)
Sehat15 Juni 2024, 09:45 WIB

Bolehkah Penderita Diabetes Konsumsi Santan? Simak Alasan dan Makanan Penggantinya

Penderita diabetes wajib mengetahui apakah santan aman dikonsumsi olehnya atau tidak serta bahan makanan pengganti santan yang diperbolehkan
Ilustrasi santan apakah boleh dikonsumsi bagi penderita diabetes (Sumber : Pixabay.com/@Lisa Redfern)