Galau Asam Urat Sering Kambuh? Cobain 6 Makanan Ini untuk Mengobatinya

Sabtu 18 Mei 2024, 20:00 WIB
Ilustrasi. Beberapa makanan ini ampuh untuk mengatasi asam urat. (Sumber : Freepik/lifeforstock)

Ilustrasi. Beberapa makanan ini ampuh untuk mengatasi asam urat. (Sumber : Freepik/lifeforstock)

SUKABUMIUPDATE.com - Bagi Anda yang menderita asam urat pastinya akan merasa pusing karena penyakit ini sering datang tiba-tiba dan menyerang di waktu yang tidak tepat. Apalagi saat kambuh, rasa sakitnya sungguh luar biasa dan membuat sulit beraktivitas.

Pastinya Anda pun bertanya-tanya dengan asam urat ini apakah bisa diatasi dan bisakah dikendalikan? Jawabannya adalah bisa, pola makanan tertentu dapat mengendalikan asam urat dan mencegahnya kambuh kembali.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa menjaga dan menurunkan asam urat secara alami.

Baca Juga: 5 Alasan Mengendalikan Kadar Asam Urat dalam Tubuh Sangat Penting

1. Pisang

Pisang secara alami mengandung sangat rendah purin senyawa alami yang terurai menjadi asam urat menjadikannya pilihan yang baik untuk pengobatan asam urat Anda. Penelitian yang dipublikasikan di Nutrients ini menunjukkan hal yang sama.

Pisang menjadi jawaban yang tepat, karena dengan mengonsumsi buah satu ini, akan membantu menurunkan asam urat dalam darah dan mencegah risiko kambuh lagi di masa depan.

2. Apel

Apel memiliki kandungan serat makanan yang tinggi. Ini membantu Anda menurunkan kadar asam urat. Serat bekerja menyerap asam urat dalam aliran darah dan menghilangkan dari tubuh si penderitanya.

Baca Juga: 5 Kunci Sukses Mencegah Asam Urat Agar Tidak Kembali Kambuh di Masa Depan

Apalagi apel kaya asam malat yang bisa menetralkan efek kelebihan asam urat dalam tubuh. Penelitian yang dipublikasikan di Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition ini juga membahas tentang dampak apel terhadap kadar asam urat.

3. Ceri

Jika Anda ingin memilih satu saja makanan dari daftar ini untuk menurunkan asam urat, pilihlah buah ceri. Jika Anda ingin mengetahui cara menurunkan asam urat dengan buah ceri, penting untuk dipahami bahwa buah ceri memiliki komponen anti inflamasi alami yang disebut antosianin yang mengatur kadar asam urat.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Arthritis and Rheumatology menemukan bahwa orang yang makan ceri memiliki risiko lebih rendah terkena serangan asam urat dibandingkan mereka yang tidak. Dengan mengurangi peradangan, ceri juga mencegah kristalisasi asam urat dan penumpukan asam urat di persendian, yang merupakan penyebab utama asam urat.

Baca Juga: Solusi Taklukan Serangan Asam Urat: 8 Cara Mengobatinya di Rumah dengan Bahan Alami

4. Kopi

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa risiko asam urat menurun ketika partisipan mengonsumsi kopi. Namun, jika Anda juga memiliki kondisi lain, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum memasukkan kopi ke dalam menu makanan Anda.

5. Buah Jeruk

Buah-buahan seperti jeruk dan lemon adalah sumber yang kaya vitamin C dan asam sitrat. Menambahkan makanan ini dapat membantu menjaga kadar asam urat yang sehat dalam tubuh, karena dapat menghilangkan kelebihan asam urat secara efektif.

6. Teh Hijau

Beberapa penelitian membuktikan bahwa ekstrak teh hijau mampu menurunkan produksi asam urat dalam tubuh sehingga menjadikannya minuman yang baik bagi penderita asam urat atau memiliki kadar asam urat yang tinggi dalam darahnya.

Baca Juga: Hidup dengan Asam Urat: Makanan yang Aman Dikonsumsi dan Harus Dihindari

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi12 Juli 2024, 23:56 WIB

Diduga Pakai Sianida, Pengolahan Emas di Bojong Pari Sukabumi Picu Kekhawatiran Warga

Sungai pun turut tercemar, aktivitas pengolahan emas di Bojong Pari Waluran Sukabumi tersebut hingga saat ini kata warga belum tersentuh oleh penegak hukum.
Tong tempat pengolahan emas di Kampung Bojong Pari, Desa Waluran Mandiri, Waluran Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Inspirasi12 Juli 2024, 22:52 WIB

Puluhan UMKM Ramaikan Event Jampang Ngabhuana 2 di Surade Sukabumi

Sebanyak 40 pelaku UMKM meramaikan event tahunan Jampang Ngabhuana 2 di lapang Lodaya Setra Surade Sukabumi.
Pelaku UMKM ramaikan event Jampang Ngabhuana 2 di lapang lodaya setra Kelurahan/Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ragil)
DPRD Kab. Sukabumi12 Juli 2024, 22:32 WIB

Dukung Aksi Demo HMI soal Truk ODOL, DPRD Sukabumi Minta Dishub Tegakan Aturan

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar dukung aksi unjuk rasa HMI kepada Dishub terkait penegakan aturan jam operasional truk ODOL.
Demo massa HMI cabang Sukabumi di kantor Dishub Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi12 Juli 2024, 22:05 WIB

Disdik Kabupaten Sukabumi Beri Beasiswa Tahfidz Quran untuk 64 Pelajar

Disdik Kabupaten Sukabumi memberikan beasiswa tahfidz quran tingkat SMP tahun 2024 kepada 64 pelajar. Ini harapannya.
64 pelajar SMP yang mendapatkan beasiswa Hafidz Quran di Kantor Disdik Kabupaten Sukabumi, Jumat (12/7/2024). (Sumber : Istimewa)
Nasional12 Juli 2024, 21:35 WIB

Lewat Perpres, Jokowi Obral HGU IKN ke Investor hingga 190 Tahun

Presiden Jokowi teken Perpres kebut pembangunan IKN Nusantara, investor bisa pakai HGU hingga 190 Tahun.
Presiden Joko Widodo saat melakukan groundbreaking pembangunan gedung kantor PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk di Kawasan IKN Nusantara Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur pada Rabu, 5 Juni 2024. (Sumber : BPMI Setpres)
Sukabumi12 Juli 2024, 21:15 WIB

Dinilai Tak Tegas Tegakan Aturan Jam Operasional Truk, Dishub Sukabumi Digeruduk HMI

HMI Cabang Sukabumi geruduk kantor Dishub Kabupaten Sukabumi di Cikembar, desak tegakkan Perda terkait jam Operasional Truk ODOL.
Aksi unjuk rasa HMI di depan kantor Dishub Kabupaten Sukabumi,  Jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Cikembar, Jumat (12/7/2024). (Sumber : SU/Ibnu)
Life12 Juli 2024, 21:00 WIB

8 Bahasa Tubuh Pria yang Menyukaimu Secara Diam-diam

Bahasa tubuh pria saat jatuh cinta atau menyukai seseorang dapat dilihat dan dikenali.
Ilustrasi - Bahasa tubuh pria saat jatuh cinta atau menyukai seseorang dapat dilihat dan dikenali. (Sumber : Freepik/Pressfoto)
Sehat12 Juli 2024, 20:00 WIB

8 Pengobatan Rumahan untuk Mengatasi Kolesterol Tinggi

Mengelola kolesterol tinggi dengan perubahan gaya hidup dan, jika perlu, obat-obatan adalah kunci untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.
Ilustrasi. Olahraga Rutin. Pengobatan rumahan adalah salah satu cara untuk mengatasi kolesterol tinggi. Sumber: Freepik/freepik
Sukabumi12 Juli 2024, 19:32 WIB

Potensi Cisolok, Surga Wisata Alam hingga Budaya di Kabupaten Sukabumi

Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, merupakan salah satu kecamatan yang memiliki kekayaan alam dan budaya yang luar biasa
Kantor Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa
Sehat12 Juli 2024, 19:28 WIB

Bupati Sukabumi Apresiasi RSUD Sekarwangi dan RSHS Kerja Sama Pengampuan Layanan KJSU

Apresiasi kerja sama RSUD Sekarwangi dan RSHS Bandung dalam pengampuan layanan KJU, ini harapan Bupati Sukabumi Marwan Hamami.
Jajaran RSUD Sekarwangi dan RSHS Bandung berfoto bersama Bupati Sukabumi Marwan Hamami. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)